Waspadai Paket Umroh Bodong dengan Aplikasi Umroh cerdas

Sebagai salah satu negara dengan mayoritas umat muslim terbesar di dunia, Indonesia kerap mengirimkan jamaahnya untuk haji ataupun umroh. Untuk mempermudah pengurusan berkas, sebagai jamaah, kita dibantu oleh keberadaan agen perjalanan yang khusus mengurus umroh dan haji. Banyak jamaah yang menggunakan jasa travel atau agen perjalanan dan mengambil paket umroh agar lebih mudah dan nyaman selama beribadah. Dilansir dari kumparan.com, Indonesia merupakan negara dengan jamaah umroh terbesar kedua setelah Pakistan. Pada tahun 2017 saja Indonesia mengirimkan sebanyak 875.958 jemaah haji. Angka ini mengalami kenaikan sekitar 25 persen dari tahun sebelumnya.

Paket Umroh Terpercaya

Bagi umat muslim, ibadah umroh merupakan sunnah muakkad, yaitu salah satu sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan tanpa penekanan kuat. Ibadah umroh baik untuk dijalankan jika memiliki kemampuan dari segi finansial, mental, maupun fisik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merealisasikan ibadah ini. Salah satunya dengan mendaftarkan diri ke jasa travel untuk mengambil paket umroh.

 

Saat ini telah banyak jasa travel umroh yang bisa Anda jadikan pilihan, baik dari pihak pemerintah maupun swasta. Perjalanan yang ditawarkan biasanya berupa paket umroh yang di dalamnya sudah termasuk tiket pesawat, penginapan hotel, seragam, dan kebutuhan lainnya sesuai dengan travel yang Anda pilih.

Umroh Cerdas Dengan Paket Umroh Terpercaya

Di antara keuntungan yang didapatkan tersebut, jika Anda tidak pintar-pintar memilah jasa travel umroh yang benar, Anda bisa saja tertipu. Sebab, banyak sekali kasus penipuan terhadap calon jamaah umroh yang hingga kini masih santer terdengar. Bahkan, baru-baru ini terdapat kasus penggelapan dana umroh milik ratusan calon jamaah haji salah satu jasa travel milik desainer ternama.

umroh cerdas

Mengapa hal ini bisa terjadi? Ibadah umroh tidak seperti ibadah haji yang dilakukan dalam satu waktu dalam setahun. Ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja Anda mampu, sehingga jelas saja potensi untuk jasa travel tak bertanggung jawab melakukan penipuan terhadap calon jamaahnya sangat besar. Untuk itu, Anda perlu cermat memilih jasa travel umroh terpercaya.

Percayakan keberangkatan umroh Anda dengan paket umroh menggunakan jasa travel terpercaya dan jelas memiliki kredibilitas yang baik. Jangan pernah menentukan jasa travel hanya karena mereka menawarkan harga yang jauh lebih rendah daripada travel lainnya. Jangan terbujuk rayu oleh penawaran fasilitas-fasilitas mewah dengan harga rendah. Apalagi, terpengaruh pada kalimat-kalimat persuasif yang disangkut-pautkan dengan agama. Jasa travel umroh bodong atau ‘nakal’ akan melakukan apa saja demi menarik untung yang besar dari para jamaah.

Dikatakan bodong, karena biasanya travel umroh nakal seperti demikian tiak memiliki surat-surat lengkap syarat legalnya jasa travel umroh yang terdaftar di Kemenag bisa di cek di aplikasi Umroh Cerdas. Mereka hanya memikirkan keuntungan semata, tanpa memikirkan nasib para jamaahnya.

Ciri Ciri Jasa Travel Umroh Bodong

Maka dari itu, kami akan memberikan beberapa ciri dari jasa travel umroh yang bodong. Anda harus membaca dengan saksama, karena penting untuk Anda ketahui. APalagi bagi Anda yang ingin mengambul paket umroh dari jasa travel.

  1. Tidak terdaftar dalam website Kemenag

Sebelum memilih jasa travel, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan nama jasa travel apakah terdaftar di website Kemenag ataukah tidak. Di sana, tersedia lengkap travel mana saja yang sudah dinyatakan legal dan memiliki surat-surat jalan resmi.

  1. Sering menawarkan harga murah dengan fasilitas mewah

Meski harga murah tidak bisa memastikan bahwa jasa travel yang Anda pilih adalah jasa travel bodong, Anda bisa melihat dari kewajaran harganya. Jika sebuah jasa travel menawarkan jasa yang paket umroh begitu mewah dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan harga normal, tentunya Anda patut untuk mencurigainya. Perlu diketahui paket umroh yang ditawarkan jasa travel, biasanya mulai dari harga 17 jutaan.

  1. Membayar DP dan Dijanjikan Keberangkatan

Travel umroh bodong akan memberikan syarat pembayaran di awal atau menggunakan uang muka untuk pembiayaan dalam jumlah besar. Keberangkatannya biasanys dijanjikan satu sampai dua tahun setelah melakukan pembayaran. Padahal, sejatinya umroh tidak seperti haji yang hanya bisa dilaksanakan setahun sekali. Umroh bisa dilakukan kapan saja Anda mau dan siap secara fisik, mental, dan finansial. Jasa travel yang memberikan jaminan DP, bisa jadi ingin menggunakan dana tersebut untuk modal usaha atau dibawa kabur.

  1. Alamat kantor palsu

“Kesana kemari membawa alamat, namun yang kutemui bukan dirinya”. Sepenggal lagu ini bisa menggambarkan betapa jasa travel bodong berani memberikan alamat palsu pada para calon jamaahnya. Untuk itu, pastikan keberadaan kantor jasa travel. Jangan sampai Anda dengan mudahnya memberikan uang Anda begitu saja kepada jasa travel.

  1. Tidak memiliki Website Resmi

Jasa travel umroh resmi pasti sudah terorganisir dengan baik. Mereka akan melakukan cara paling mutakhir untuk melakukan promosi. Sadar akan kemajuan teknologi, mereka tentu akan menggunakan promosi melalui website resmi. Biasanya jasa travel umroh sudah dilengkapi dengan website resmi yang dikelola secara profesional dna juga mudah di akses via Google. Jika jasa travel yang akan Anda gunakan tidak memiliki website resmi, sebaiknya patut diwaspadai.

  1. Pelunasan pembayaran dengan rekening individu

Jangan buru-buru memutuskan mengambil paket umroh dari jasa travel, jika transaksi pembayaran dilakukan menggunakan rekening individu. Hanya percayakan perjalanan religi Anda menggunakan jasa travel yang menerapkan transaksi pembayaran perbankan menggunakan rekening perusahaan. Selain terlihat lebih profesional, jasa travel ini sudah tentu terpercaya dan aman.

  1. Tidak ada pembimbingan jamaah

Usahakan menggunakan jasa travel umroh yang melakukan pembimbingan hingga ke tanah suci. Sebab, memang itulah yang membedakan travel agen dan travel umroh. Travel agen hanya menjual produk travel dari travel umroh atau umum yang berupa tiket pesawat, paket tour wisata, paket umroh, dan sebagainya. Travel agen tidak menyediakan jasa pembimbingan pada para calon jamaah. Sedangkan travel umroh adalah perusahaan yang menyusun, menjual, hingga menyelenggarakan paket perjalanan umroh. Karenanya, melakukan pembimbingan terhadap para calon jamaah dari mulai persiapan, keberangkatan, hingga pemulangan adalah tanggung jawab dari travel umroh.

  1. Memberikan tanggung jawab untuk mengajak orang lain menjadi downline

Jika Anda mendaftarkan diri Anda pada salah satu travel agen, diiming-imingi biaya murah, dan diberikan tanggung jawab untuk mencari downline dengan jumlah tertentu, baiknya diwaspadai. Cara tersebut persis dengan cara-cara kerja MLM yang tentu saja tidak baik. Biasanya jasa travel yang menerapkan cara tersebut hanyalah sekadar mencari keuntungan semata.

 

Ciri-ciri tersebut harus diperhatikan guna menjauhkan Anda pada praktik-praktik tak jujur yang dilanggengkan jasa travel umroh. Biasanya yang dilakukan para jasa travel umroh bodong adalah uang jamaah disalahgunakan. Mereka menggunakan dana umroh para calon jamaah untuk modal cepat atau ditaruh di pasar ruang. Jika mendapatkan keuntungan, maka bisa saja betul-betul diberangkatkan. Namun, jika rugi, mereka tak segan untuk kebur dan menghilangkan uang jutaan rupiah.

Karenanya, selalu memilih paket umroh yang menawarkan harga masuk akal dan sesuai dengan fasilitas yang akan kita dapatkan nantinya. Salah satu jasa travel yang sudah terjamin dan terpercaya adalah jasa travel Elharamain Wisata yang sudah berpengalaman menangani banyak jamaah untuk menjalankan ibadah umroh dengan lancar. Elharamain Wisata sudah terbukti kredibilitasnya dan terdaftar Kemenag.