Liburan Akhir Tahun dengan Melakukan Wisata dan Umroh

Liburan identik dengan melakukan wisata ke beberapa destinasi hiburan seperti pantai, gunung, atau taman bermain. Namun tahukah Anda bahwa ternyata banyak sekali yang melakukan liburan akhir tahun dengan melakukan ibadah ke tanah suci untuk melaksanakan Umroh? Beberapa orang memiliki cita-cita terkait dengan kehidupan beragama. Salah satunya melakukan ibadah dengan khusyu’ ke tanah suci. Umroh adalah pilihan yang tepat apabila Anda selalu sibuk dan hanya memiliki waktu senggang di akhir tahun saja. Umroh tidak terpaut dengan usia, Anda tentunya dapat membawa serta keluarga Anda agar dapat melakukan ibadah bersama.

liburan akhir tahun

Seperti yang Anda tahu memang Umroh dapat dilakukan sebagai alternatif liburan akhir tahun, namun tidak semua agen tour memiliki fasilitas ini. Anda dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu pada jadwal yang disediakan di website online dari agen tour yang akan Anda pilih. Terdapat pilihan waktu yang dapat Anda isi dan tentunya masih akan dibuka selama kuota belum terpenuhi.

Meskipun merupakan pengganti liburan, persiapan yang baik akan menyempurnakan ibadah Anda selama Umroh di tanah suci. Beberapa dari Anda tentu membutuhkan bimbingan tentang tata cara, kewajiban yang perlu dilakukan, hingga hal kecil seperti apa saja yang harus dibawa saat berada di tanah suci. Sebagai gambaran untuk Anda, berikut perlengkapan yang dapat disiapkan sedari awal:

  • Dokumen penting adalah syarat yang harus Anda simpan dengan baik. Apabila Anda selalu mempersiapkan paspor hingga visa jika berlibur di luar negeri tertentu, maka tidak jauh berbeda jika Anda akan berangkat liburan akhir tahun ke tanah suci. Persiapkan dan lakukan penyimpanan yang baik dan mudah dijangkau beberapa dokumen yang diperlukan seperti visa khusus Umroh yang biasanya disiapkan bersama agen travel, paspor, kartu atm bahkan kartu kredit untuk penarikan tunai yang memang dapat digunakan di luar negeri termasuk di Saudi Arabia. Apabila diperlukan, Anda dapat mengurus kartu ATM atau kredit Anda kepada bank terkait untuk dapat digunakan selama Umroh.
  • Buku saku atau panduan untuk melakukan Umroh tidak boleh Anda tinggalkan meskipun Anda sudah melakukan hafalan di luar kepala. Sebenarnya bentuk dari buku ini tidak harus sesuatu barang yang besar, Anda dapat meletakkan buku saku secara digital melalui handphone atau smartphone Anda, jika memang lebih nyaman jika menggunakan cara tersebut.
  • Melakukan liburan akhir tahun untuk beribadah, itu artinya jangan melupakan segala macam perlengkapan ibadah Anda. Barang yang harus dibawa yaitu kain ihram bagi jama’ah laki-laki dan mukena atau Anda dapat menggunakan pakaian panjang yang menutup seluruh aurat bagi jama’ah perempuan. Menutup aurat bukan berarti hanya memiliki kain yang panjang, namun pastikan bahwa kain atau pakaian Anda tidak menerawang dan terlalu ketat di tubuh Anda. Tips bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan Umroh, selalu sediakan sajadah dengan bahan tipis yang mudah dibawa dan digunakan saat melakukan ibadah pada tempat yang terbuka.
  • Hal penting yang tidak boleh tertinggal adalah obat pribadi. Bagi Anda yang memiliki penyakit khusus, jangan sampai tidak membawa obat tersebut. Apabila tidak memiliki penyakit yang khusus Anda dapat membawa beberapa obat umum seperti obat batuk, diare, demam, sakit kepala, dan vitamin yang dibutuhkan. Sebagai antisipasi yang dapat Anda lakukan, periksakan diri ke dokter dan pastikan bahwa kesehatan tidak akan mengganggu ibadah Anda selama Umroh.
  • Terkadang meskipun sudah memiliki tempat penginapan, namun tidak ada salahnya pada liburan akhir tahun untuk selalu membawa peralatan mandi serta kosmetik. Hal yang ditakutkan adalah dalam hotel tersebut sikat gigi atau sabun yang diberikan tidak cocok untuk Anda, dan akan lebih mudah jika Anda membawa sendiri dari murah. Sedangkan kosmetik sendiri digunakan untuk mencegah kulit kering yang mudah terjadi pada cuaca di Negara yang berbeda. Suhu dan cuaca di tanah suci termasuk ekstrem untuk kulit masyarakat Indonesia.
  • Agen tour tanah suci selama liburan akhir tahun memang selalu memastikan dengan baik apakah jama’ah telah mengikuti perjalanan dengan baik selama hari yang ditentukan. Namun alat komunikasi yang dapat membantu koordinasi jama’ah dengan baik merupakan poin yang sangat penting. Hal ini juga antisipasi yang dapat membantu jika Anda terpisah sejenak dari rombongan jama’ah Anda.
  • Pakaian yang cukup selama liburan akhir tahun di tanah suci juga perlu Anda perhatikan. Jangan terlalu banyak dalam membawa pakaian karena yang ditakutkan Anda hanya akan memberatkan koper Anda. Sebaiknya hitung jumlah pakaian dengan baik dan sertakan kantong wudhu yang akan memudahkan Anda dalam beribadah tanpa harus lama mengantre di suatu tempat.
  • Uang tunai yang cukup harus Anda persiapkan sebagai langkah antisipasi jika ingin melakukan pembelian dengan cara tunai. Akan membutuhkan waktu lama jika Anda harus selalu menarik tunai menggunakan kartu ATM berkali-kali selama perjalanan.
  • Buku doa dan tentunya Al-Qur’an jangan sampai Anda lewatkan pada liburan akhir tahun di tanah suci. Umroh adalah salah satu ibadah dengan pahala yang besar, melewatkan untuk melakukan amalan yang baik tentu menjadi suatu kerugian bagi Anda. Perlu Anda ketahui bahwa banyak tempat yang mustajab bagi Anda yang berdoa dengan khusyu’.
  • Terakhir, hal yang terkadang luput adalah menggunakan alas kaki yang nyaman. Perjalanan saat Umroh tidaklah mudah dengan medan yang terjal. Alas kaki akan melindungi kaki Anda dan membuat perjalanan ibadah Anda semakin nyaman di tanah suci.

Beberapa perlengkapan di atas biasanya sudah diberitahukan pula oleh agen tour yang terpercaya untuk kenyamanan jama’ahnya. Selain perlengkapan yang telah disebutkan, pilihlah agen tour yang terpercaya dan memiliki tanggung jawab atas keberangkatan rombongannya. Agen resmi yang terdaftar dan sudah disetujui oleh Kemenag akan sangat membantu sebagai referensi dari agen tour travel yang dipilih untuk liburan akhir tahun.

Umroh memiliki pilihan berapa lama waktu yang dibutuhkan biasanya berkisar 3 hingga 14 hari dan akan mempengaruhi harga yang ditawarkan. Kisaran harganya kurang lebih 22 juta sudah termasuk dengan fasilitas penginapan, pelayanan tambahan seperti koper, pendampingan dengan Ustadz yang terpercaya, dan bantuan mengurus visa Umroh yang tidak bisa sembarangan dimiliki oleh Anda yang tidak terdaftar dengan agen tertentu.

Anda dapat melakukan pencarian melalui online agen yang melayani Umroh pada akhir tahun. Salah satu agen tour yang sudah terpercaya dan memberikan pelayanan tersebut adalah Elharamain Wisata dengan fasilitas yang memadai untuk melakukan ibadah Anda. Bimbingan juga dilakukan sebelum melakukan perjalanan Umroh agar rombongan atau jama’ah dapat mengetahui tata cara yang dibutuhkan . Selain melakukan perjalanan ke tanah suci, agen tour ini juga dapat melayani liburan akhir tahun Anda dengan mengunjungi tempat wisata indah seperti Turki atau berkeliling di Saudi Arabia

Berbagai Hal Unik yang Bisa Ditemui Saat Umroh Akhir Tahun

Akhir tahun adalah saat yang banyak dimanfaatkan banyak orang untuk liburan. Apa Anda sudah menentukan liburan akhir tahun Anda? Jika Anda merasa liburan hanya pemborosan dan kurang bermanfaat, bagaimana jika mengalihkan dana liburan Anda untuk beribadah. Anda bisa lho menjalankan ibadah umroh saat akhir tahun. Umroh akhir tahun dapat menjadi pilihan saat Anda memiliki waktu libur panjang dan anggaran yang memadai. Dibandingkan melakukan kegiatan liburan yang hanya hura-hura, umroh justru akan menambah pahala karena Anda dapat menjalankan ibadah yang disunnahkan tersebut. Liburan akhir tahun Anda akan lebih bermakna dan anggaran yang Anda keluarkan akan lebih bermanfaat. Selain itu, Anda tetap dapat merasakan holiday vibe karena ada banyak ibadah umroh yang satu paket dengan kunjungan ke negara terdekat dan melakukan wisata singkat.

Umroh Akhir Tahun

Hal Unik yang Dapat Dirasakan saat Melakukan Umroh Akhir Tahun

 

Selain menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat dalam memanfaatkan libur akhir tahun, ada juga hal unik yang akan Anda rasakan saat melakukan umroh akhir tahun. Hal unik yang dapat Anda rasakan yang akan Anda rasakan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pas dengan saat liburan

Hal unik pertama yang akan Anda rasakan adalah waktunya yang bertepatan dengan liburan membuat Anda tidak perlu melakukan cuti yang panjang. Hal ini membuat Anda lebih mudah menjalankan ibadah umroh akhir tahun. Jika Anda melakukan ibadah umroh pada bulan lainnya, Anda bisa jadi kesulitan mengajukan cuti karena Anda harus mengajukan cuti yang cukup panjang untuk dapat menjalankan ibadah ini. Anda tentunya sudah tahu jika ibadah umroh sekurang-kurangnyanya membutuhkan waktu 9 hari. Hal ini tentunya akan sangat menyusahkan karena cuti yang sangat panjang biasanya akan cukup sulit terutama jika Anda bekerja di perusahaan besar atau perusahaan pelayanan. Pada saat akhir tahun, Anda juga akan lebih mudah saat hendak membawa serta keluarga karena anak-anak juga dalam kondisi liburan jadi Anda bisa mengajak serta anak-anak menjalankan ibadah umroh dan mengajak mereka untuk lebih mengenal dan dekat dengan Allah SWT.

  1. Hal yang mengesankan untuk menutup tahun

Keunikan umroh akhir tahun yang kedua adalah momen yang berharga. Mengapa umroh di akhir tahun dapat menjadi salah satu momen yang berharga? Hal ini karena umroh di akhir tahun dapat menjadi salah satu kegiatan tutup tahun yang berkesan. Setelah kita bekerja keras selama setahun penuh dalam mencari nafkah, akan sangat berkesan jika kita menikmati hasil kerja keras kita untuk mendekatkan diri pada Allah SWT dengan menjalankan ibadah umroh. Kita tahu bahwa ibadah umroh tidak dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini karena tidak semua orang memiliki cukup anggaran untuk berangkat ke tanah suci. Tidak semua orang memiliki kesehatan untuk dapat pergi walaupun memiliki anggaran yang cukup. Ada banyak rintangan, sehingga dapat melaksanakan umroh dan bertempat dengan akhir tahun tentunya dapat menjadi hal yang sangat berkesan bukan?

  1. Cuaca bersahabat di tanah suci

Walaupun kita sudah terbiasa dengan cuaca yang panas dan udara yang lembab karena biasa tinggal di daerah tropis, namun, cuaca di tanah suci masih termasuk ekstrem bahkan bagi orang Indonesia. Hal ini karena suhu udaranya yang terlampau panas pada saat siang hari dan kadang sangat dingin di malam hari. Perbedaan suhu yang ekstrem tersebut keram membuat kesehatan jamaah umroh down. Apalagi jika kita tidak pandai menjaga kesehatan. Nah, keunikan umroh akhir tahun juga ada pada cuaca. Pada saat akhir tahun, kita akan merasakan cuaca tanah suci yang lebih bersahabat. Hal ini karena perbedaan cuaca yang tidak terlalu ekstrem sehingga kita dapat melaksanakan ibadah umroh dengan lebih nyaman.

 

3 keunikan tersebut yang membuat umroh akhir tahun dapat menjadi salah satu hal yang patut Anda pertimbangkan. Apalagi, umroh akhir tahun biasanya juga diikuti dengan promo menarik dari berbagai agen travel umroh terpercaya sehingga dapat Anda jadikan sebagai pilihan.

Persiapkan Kesehatan Sebelum Umroh Akhir Tahun

Umroh adalah kegiatan ibadah yang cukup berat bahkan bagi kita yang masih muda. Jadi, jangan remehkan ibadah satu ini. Selain membutuhkan waktu yang panjang, ibadah umroh juga dilakukan di tanah suci yang notabene sangat jauh dari Indonesia dan memiliki banyak perbedaan seperti perbedaan cuaca, perbedaan makan, dan sebagainya. Oleh sebab itu Anda perlu melakukan beberapa persiapan sebelum melakukan ibadah satu ini. Apa saja persiapan yang kira-kira perlu Anda lakukan? Persiapan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menjaga kebugaran tubuh

Menjaga kebugaran tubuh menjadi modal yang sangat penting sebelum menjalankan ibadah umroh. Hal ini karena umroh nanti kita akan banyak melakukan kegiatan yang berkaitan dengan jalan kaki, bagi Anda yang tidak terbiasa jalan kaki jauh, Anda dapat mulai berlatih jalan kaki agar terbiasa, dengan demikian Anda tidak akan cepat lelah saat melakukan ibadah umroh nantinya.

  1. Packing dengan tepat

Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah melakukan packing dengan tepat. Jangan sampai Anda terlalu banyak membawa barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan namun lupa membawa hal penting yang seharusnya diprioritaskan. Hal yang tidak boleh Anda lupa adalah obat-obatan pribadi yang harus Anda bawa, terutama jika Anda memiliki penyakit yang membutuhkan obat khusus seperti asma dan sebagainya. Pastkan Anda melakukan packing jauh hari dan membuat list agar tidak ada yang tertinggal. Jangan terlalu banyak membawa baju dan bawa hal-hal yang sangat diperlukan. Selain membawa koper, pastikan Anda membawa tas kecil untuk meletakan dompet, paspor, gadget, kacamata, dan hal penting lainnya. Melakukan persiapan dengan matang akan mengurangi risiko lupa.

  1. Persiapkan mental

Selain menjaga kebugaran tubuh, menyiapkan mental juga diperlukan agar Anda tidak mengalami stress saat berada di tanah suci nantinya. Latihan mental dapat dilakukan dengan mencari tahu kondisi riil saat di tanah suci nantinya. Seperti apa cuaca yang akan kita hadapi, ibadah seperti apa yang akan kita jalankan, berapa lama waktu perjalanan yang dibutuhkan, dan dengan kendaraan yang seperti apa. Hal ini diperlukan agar kita mengenal medan dan lebih siap saat nantinya kita berada di tanah suci. Beradaptasi dengan cepat akan memudahkan kita dalam melakukan ibadah dengan nyaman.

Nah, itu tadi ulasan mengenai berbagai hal unik yang akan Anda rasakan saat melakukan kegiatan umroh akhir tahun dan apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum Anda melakukan umroh. Ada persiapan kesehatan tubuh dan mental serta kesiapan dalam bentuk barang yang akan kita bawa nantinya. Ha tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan Anda. Untuk informasi mengenai umroh yang terpercaya, pastikan Anda mengunjungi laman resmi Elharamain Wisata.

Alasan Pilih Umroh Desember dan Tips Menjaga Kesehatan Saat Umroh

Menentukan bulan saat hendak berangkat umroh menjadi hal yang sangat penting. Hal ini karena bulan yang tepat akan mempengaruhi banyak hal, misalnya izin cuti, anggaran yang dibutuhkan, dan berbagai hal lainnya. Oleh karenanya, memilih bulan yang tepat sangat perlu dipertimbangkan. Desember atau akhir tahun dapat menjadi bulan pilihan. Umroh Desember dapat menjadi solusi Anda saat menentukan bulan yang tepat. Bulan Desember dapat menjadi salah satu bulan yang tepat karena banyak alasan. Nah, ulasan kali ini membahas mengenai bulan keberangkatan umroh dan alasan mengapa bulan Desember dapat menjadi bulan pilihan yang tepat bagi Anda. Penasaran? Mari kita simak ulasannya pada bahasan berikut ini.

 

Umroh Desember

Mengapa Umroh Desember Menjadi Pilihan?

 

Hal pertama yang dibahas pada ulasan kali ini adalah alasan masuk akal yang membuat umroh pada bulan Desember menjadi umroh yang banyak dicari terutama untuk keberangkatan tahun ini dan tahun depan. Umroh Desember banyak dipilih tentunya bukan tanpa alasan. Di sini dibahas mengenai 4 alasan mengapa kini banyak orang yang tertarik berangkat umroh pada akhir tahun yaitu bulan Desember. Adapun alasannya adalah sebagai berikut.

  1. Promo akhir tahun maskapai penerbangan

Alasan pertama mengapa banyak rang tertarik untuk melakukan umroh Desember adalah karena ada banyak maskapai penerbangan yang memberikan diskon pada akhir tahun. Hal ini membuat biaya penerbangan menuju tanah suci menjadi lebih rendah. Tidak heran jika ada banyak travel umroh yang juga menawarkan harga yang rendah pada keberangkatan akhir tahun ini. Memang kita perlu waspada pada agen umroh yang menawarkan harga umroh terlampau murah, namun, selama harga yang ditawarkan oleh jasa travel masuk akal dengan harga penerbangan yang memang sedang promo, kesempatan tersebut tentunya tidak boleh Anda abaikan bukan?

  1. Mudah mendapatkan cuti

Akhir tahun memang jadwalnya para pekerja mengambil cuti. Apalagi ada dua hari libur besar yang berdekatan sehingga Desember kerap menjadi bulan pilihan untuk melakukan umroh. Kita tahu bahwa dalam melakukan ibadah umroh membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Setidaknya kita membutuhkan 9 sampai dengan 12 hari untuk melakukan ibadah satu ini. Selain karena jarak ke tanah suci membutuhkan waktu yang panjang, uraian ibadah yang harus dilaksanakan juga cukup panjang sehingga banyak orang yang kesulitan dalam pengurusan cuti panjang tersebut. Umroh Desember dapat menjadi pilihan karena pada bulan ini, Anda bisa mengambil cuti dengan lebih mudah. Rentetan libur tahun baru dapat menjadi alasan Anda untuk mengisi liburan dengan beribadah umroh. Anda juga dapat menjadikan ini sebagai liburan akhir tahun bersama keluarga. Menyenangkan bukan?

  1. Lebih lega

Umroh Desember pada tahun ini dan beberapa tahun ke depan kemungkinan masih jauh dari waktu ibadah haji dan bulan ramadhan. Hal ini membuat kita dapat melakukan ibadah ini dengan tempat yang lebih lega. Puncak kunjungan ke tanah suci tentunya ada pada saat bulan haji. Bulan puncak jamaah kedua adalah saat bulan ramadhan. Hal ini karena pada bulan ramadhan, ada banyak jamaah yang sengaja ingin melakukan ibadah full di tanah suci dan merasakan secara langsung suasana puasa di tanah suci. Bagi Anda yang ingin melakukan ibadah dengan suasana yang lebih lega, Anda bisa memilih bulan Desember jika keberangkatan Anda pada tahun ini atau beberapa tahun ke depan.

  1. Cuaca yang bersahabat

Kita tahu bahwa cuaca di tanah suci sangat ekstrem. Suhu udara di sana cenderung sangat panas terutama pada siang hari. Itulah sebabnya, sebaiknya ibadah umroh dan haji dilakukan oleh mereka yang masih sehat dan memiliki kondisi fisik prima. Nah, pada bulan Desember, cuaca di tanah suci masuk dalam kategori cukup sejuk sehingga membuat Anda nyaman dalam melakukan ibadah. Anda juga tidak mudah lelah karena paparan panas. Walaupun demikian, pastikan Anda dalam kondisi sehat saat berangkat ke tanah suci agar Anda dapat melakukan ibadah dengan lancar.

Itu tadi alasan mengapa banyak orang ingin melakukan ibadah umroh di bulan Desember. Ada beberapa hal yang membuat pertimbangan umroh Desember menjadi hal yang menyenangkan.

Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Umroh

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, untuk dapat menjalankan ibadah umroh Desember dengan lancar, kita harus menjaga kesehatan kita. Sebisa mungkin jaga stamina agar kita dapat melakukan tiap rukun umroh dengan khusyuk. Bagi Anda yang sedang bersiap umroh Desember ini, Anda harus mengetahui hal penting yang harus Anda lakukan dalam menjalankan ibadah umroh agar stamina kita tetap terjaga. Adapun beberapa hal yang dapat Anda lakukan ialah sebagai berikut.

 

  1. Banyak minum air putih

Karena udara di tanah suci sangat lembab, kita akan sangat mudah berkeringat. Hal ini membuat kita akan semakin mudah dehidrasi. Untuk menghindari tubuh kekurangan air dan dehidrasi, pastikan Anda minum air putih yang cukup. Minum air putih cukup juga dapat menjaga tubuh Anda tetap prima selama beraktivitas.

  1. Makan teratur

Saat di tanah suci, pastikan Anda makan dengan teratur. Ada banyak jenis makanan yang dapat Anda cicipi, pastikan Anda makan secukupnya dan tidak berlebihan. Jika Anda termasuk picky eater, pastikan Anda membawa senjata agar Anda dapat makan dengan lebih selera, misalnya saja membawa mi instan dan sbeagainya sebagai cadangan saat Anda tidak berselera. Anda juga dapat memilih jasa travel yang menyediakan makanan khas Indonesia sehingga tidak ada alasan Anda tidak dapat beradaptasi dengan makanan yang disediakan. Kini, banyak travel umroh yang berani menjamin siap untuk menyediakan masakan indonesia.

  1. Perbanyak buah dan sayur

Agar tubuh Anda tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit, memakan banyak buah dan sayur dapat menjadi solusi. Buah dan sayur dengan kandungan serat yang tinggi juga dapat membantu Anda dalam memperlancar buang air besar. Beberapa vitamin memang bisa didapatkan dari konsumsi vitamin, namun, tidak ada salahnya untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda dengan banyak makan sayur dan buah.

  1. Istirahat cukup

Satu hal lagi yang tidak boleh Anda lupakan adalah melakukan istirahat yang cukup. Walaupun ibadah merupakan hal yang utama, namun, menjaga kesehatan dan kebugaran badan juga sangat penting. Jangan paksakan diri Anda untuk beribadah terus menerus tanpa istirahat. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk istirahat yang cukup sehingga Anda dapat menyelesaikan ibadah umroh Anda dengan sehat, lancar, dan tentunya kusyuk tanpa gangguan sakit.

 

Umroh Desember memang dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan umroh dengan nyaman bersama keluarga. Jika Anda ingin mendapatkan agen travel yang tepat dengan harga yang terjangkau dan terpercaya, Anda dapat mengandalkan Elharamain Wisata sebagai agen umroh Anda. Anda akan dimanjakan dengan pelayanan prima dan tentunya harga yang masuk akal.