Tips Terhindar dari Penipuan Umroh Murah

Tips Terhindar dari Penipuan Umroh Murah

Pergi ke tanah suci merupakan impian bagi semua umat Muslim. Namun tidak semua bisa pergi ke sana mengingat biaya yang dikeluarkan cukup besar. Beberapa orang pun kemudian memilih umroh murah karena biaya haji mahal. Selain itu waktu perjalanan umroh pun lebih singkat. Tidak heran jika jamaah umroh setiap tahunnya selalu tinggi. Umumnya untuk berangkat, jamaah menggunakan agen haji dan umroh.

Tips Terhindar dari Penipuan Umroh Murah
Tips Terhindar dari Penipuan Umroh Murah

Ada begitu banyak agen seperti itu yang bisa diandalkan untuk membantu keberangkatan ibadah umroh Anda. Dalam memilih agen sebaiknya berhati-hati, terutama untuk agen yang menawarkan harga murah. Supaya tidak terkena penipuan atau hal lain yang tidak diinginkan, berikut beberapa tips untuk Anda yang tertarik dengan umroh yang murah.

Tips Terhindar Penipuan Agen Umroh Murah

Memastikan agen umroh telah terdaftar secara resmi adalah hal paling penting. Namun ada beberapa hal lain berikut yang perlu diperhatikan agar tidak salah pilih agen umroh.

  1. Melihat kantor biro umroh

Mungkin beberapa orang sering beranggapan untuk tidak melihat dari luar saja. Namun untuk agen atau biro umroh yang bagus bisa dilihat dari kantornya. Anda bisa cek alamat kantor pusat atau pun cabang dari biro yang menawarkan umroh murah. Agen atau biro perjalanan umroh yang bonafit umumnya memiliki kantor yang tertata dengan bagus. Semua informasi bisa didapatkan dari kantor tempat operasional biro umroh tersebut. Jika ada hal-hal yang mencurigakan atau seperti ada yang ditutup-tutupi, Anda bisa curiga terhadap agen umroh itu.

  1. Membandingkan harga dan fasilitas

Siapa yang tidak tertarik dengan umroh murah. Jika ada yang menawarkan perjalanan umroh dengan biaya murah sebaiknya jangan langsung dipercaya. Pastikan terlebih dulu yang menawarkan tersebut sudah memiliki izin dari pemerintah. Selain mengecek izinnya, sebaiknya perhitungkan biaya dan juga fasilitas yang diberikan. Umumnya untuk perjalanan umroh memiliki harga standar sekitar 20 hingga 30 juta. Apabila ada yang menawarkan harga murah, cek terlebih dulu untuk memastikan fasilitas dan biaya umroh masuk akal.

  1. Memastikan waktu keberangkatan dan kepulangan

Sudah banyak kasus yang berkaitan dengan kegagalan jamaah umroh berangkat ke tanah suci. Tentunya hal tersebut tidak diinginkan terjadi. Namun ada saja hal-hal yang bisa membuat keberangkatan tertunda. Jika Anda mengikuti umroh murah, jangan lupa untuk memastikan waktu berangkat dan pulang. Apabila terjadi penundaan tanpa ada alasan yang jelas, Anda perlu waspada. Biasanya pemerintah sudah mengatur kuota untuk agen perjalanan umroh yang memang sudah terdaftar di Kementerian Agama. Jadi peluang kegagalan keberangkatan pun cukup kecil. Namun ada pula hal yang tidak bisa diduga yang membatalkan keberangkatan, seperti regulasi atau peraturan dari pemerintah Arab Saudi sendiri.

  1. Hindari ajakan door to door

Semua agen perjalanan wisata umroh atau pun haji pastinya melakukan promo sebanyak mungkin untuk memperkenalkan dan mengajak jamaah untuk ikut. Berbagai cara dilakukan supaya jamaah tertarik untuk mengikuti umroh dengan agen tersebut. Seperti menawarkan umroh murah dengan biaya yang tentunya lebih terjangkau dari kebanyakan agen. Jika kredibilitas agen umroh tersebut bagus, tidak ada salahnya untuk mengikuti promo umroh yang murah. Namun jika Anda ragu dan belum terlalu mengenal perusahaan atau agen umroh, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dulu. Patut dicurigai jika ada yang menawarkan perjalanan umroh biaya murah secara door to door.

  1. Pelayanan dan pengurusan dokumen

Untuk bisa berangkat umroh, ada beberapa dokumen yang peru disiapkan. Paspor dan visa adalah dokumen yang paling penting. Jika Anda mengalami kesusahan untuk mengurusnya, jangan ragu meminta bantuan dengan agen umroh. Penyelenggara umroh yang profesional tentu akan membantu pengurusan dokumen sebagai salah satu layanan untuk konsumennya. Walaupun menggunakan paket umroh murah, setiap jamaah akan diperlakukan dengan baik dan layanan yang profesional. Jika agen umroh memberikan penawaran murah namun pelayanannya tidak memuaskan, sebaiknya batalkan rencana Anda mengikuti paket umroh tersebut. Jamaah umroh pantas memperoleh pelayanan yang baik, mulai dari persiapan keberangkatan, saat umroh, hingga setelah kepulangan dari tanah suci.

  1. Waktu untuk perjalanan umroh

Sebenarnya di bulan-bulan Maret, April, dan Mei sangat memungkinkan untuk sebuah agen menawarkan umroh murah. Hal tersebut memang banyak terjadi pada agen-agen umroh. Setelah musim haji, jumlah jamaah umroh tidak begitu banyak. Jadi untuk meningkatkannya, agen umroh menawarkan perjalanan dengan biaya yang lebih terjangkau agar lebih banyak yang tertarik. Biaya umroh pun akan diturunkan beberapa persen supaya jumlah jamaah bisa meningkat. Sedangkan pada bulan lain seperti Ramadhan atau musim haji, biaya untuk umroh umumnya lebih tinggi. Jika Anda ditawari umroh yang murah di bulan-bulan tersebut, sebaiknya dipikir ulang untuk menerima tawarannya.

  1. Jaringan atau mitra agen umroh

Sering kali jamaah umroh dibuat bimbang dan bingung, apakah agen umroh yang diikuti bisa dipercaya atau tidak. Untuk biro perjalanan umroh yang bagus tentu bisa dilihat dari berbagai hal. Misalnya saja jaringan atau partner biro umroh dalam mengadakan perjalanan. Jika memang agen umroh memiliki rekam yang bagus, tentu ada banyak perusahaan yang mau menjadi mitranya. Anda bisa mempercayai sebuah agen umroh yang memiliki banyak mitra, walaupun menggunakan paket umroh murah. Namun tetap perlu berhati-hati dan waspada sebagus apapun perusahaan penyelenggara umroh tersebut. Simpan semua surat atau dokumen yang berhubungan dengan pendaftaran umroh Anda di agen. Dokumen tersebut bisa menjadi bukti, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti agen kabur atau melakukan penipuan.

  1. Komunikasi yang baik

Sebuah kebahagiaan bagi semua Muslim yang berkesempatan mengunjungi tanah suci. Sayangnya hal tersebut sering kali berakhir menyedihkan karena umroh yang gagal. Ada banyak hal yang bisa membuat jamaah umroh tidak jadi ke tanah suci. Faktor dari pemerintah Arab, kondisi jamaah, cuaca, bahkan faktor tak terduga seperti penipuan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya selalu jaga komunikasi dengan agen umroh. Apabila penyelenggara umroh bagus, tentu akan tetap berkomunikasi saat jamaah membutuhkan informasi. Jika komunikasi dilayani dengan sangat lambat, Anda perlu waspada terhadap agen tersebut.

  1. Mencari informasi dari jamaah

Agen umroh yang kredibel umumnya memiliki jamaah yang cukup banyak. Semakin banyak jamaah yang mengikuti perjalanan umroh, berarti tingkat kepercayaan terhadap agen tersebut juga bagus. Anda bisa bertanya kepada jamaah sebagai testimoni apakah umroh murah yang ditawarkan bukan lah sebuah penipuan. Cari informasi sebanyak mungkin dari jamaah yang sebelumnya sudah melakukan umroh dengan agen Anda. Informasi dari jamaah tersebut biasanya benar atau apa adanya. Anda bisa bertanya mengenai layanan yang diberikan agen umroh bagus atau tidak. Apabila Anda berencana umroh dan ingin dilayani dengan baik serta profesional, Anda bisa menggunakan Elharamainwisata yang sudah terdaftar secara resmi di Kementerian Agama.

Demikian beberapa tips untuk menghindari penipuan promo umroh murah. Semakin banyak agen umroh yang bermunculan, disarankan untuk Anda lebih berhati-hati dalam memilih biro perjalanan umroh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.