Sebelum Umroh, Yuk Pelajari Tata Cara Umroh Bagi Para Jemaah

Sebelum Umroh, Yuk Pelajari Tata Cara Umroh Bagi Para Jemaah

Tanah Suci Mekkah merupakan tempat yang sangat mulia, khususnya bagi kaum Muslimin. Setiap Muslim tentu memiliki impian untuk menginjakkan kakinya di sana. Tidak ada yang tidak mungkin. Jika belum sekarang, maka suatu saat nanti Insya Allah Anda akan bisa pergi ke sana. Untuk itu, mari kita ketahui tata cara umroh dalam pembahasan kali ini.

Tata Cara Umroh Untuk Jemaah Umroh

Umroh termasuk bagian dari ibadah mahdoh, yaitu merupakan sebuah ibadah yang syarat, rukun, tempat, hingga waktunya telah ditetapkan. Sehingga sangat perlu untuk mengetahui tata caranya sebelum Anda melaksanakannya. Umroh dimulai dengan ihram atau niat umroh, kemudian diakhiri dengan bertahalul atau mencukur sebagian rambut. Lalu, bagaimana tata cara selengkapnya?

Tata Cara Umroh
Tata Cara Umroh

Tata cara umroh yang pertama adalah ihram. Untuk berihram tentu ada tempat dan waktunya. Tempat ihram yaitu antara tanah suci Mekah dengan tanah biasa yang berada di sekitarnya atau disebut dengan miqat. Kapan waktunya? Tentu sebelum Anda memasuki tanah suci Mekkah. Jadi, jamaah umroh tidak boleh memasuki tanah suci tanpa melakukan ihram atau niat lebih dulu. Sebelum ihram, yang perlu Anda lakukan adalah mandi, mengenakan pakaian ihram, berwudlu, serta shalat sunnah ihram 2 raka’at. Kemudian membaca niat ihram. Jika saat Anda akan berihram adalah waktu shalat wajib, maka dahulukan untuk shalat.

Ada lagi yang perlu diingat ketika Anda sudah melakukan ihram, yaitu terkait beberapa hal yang tidak boleh dilakukan. Diantaranya, tidak boleh menggunakan wangi-wangian, odol untuk sikat gigi, memakai sandal, peci dan pakaian lain selain pakaian ihram, serta berhubungan suami-istri. Khususnya bagi wanita juga dilarang menutup muka dan berkaos tangan.

Tata cara umroh yang kedua yaitu Anda memulai perjalanan ke Mekkah, maka di jalan perbanyaklah dzikir dengan melantunkan “Labbaikallaahuma labbaik, labbaika laa syarikalaka labbaik, Innal hamda wan ni’mata laka wal mulka laa syarika lak.” Bacaan tata cara umroh ini memiliki arti “Aku datang memenuhi panggilan-Mu Ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu tidak ada sekutu bagi-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu”. Ketiga, saat tiba di Masjid Al-Haram, dahulukan untuk memasukinya dengan kaki kanan.

Keempat, melakukan tawaf mengelilingi kabah sebanyak 7 kali. Saat Anda berjalan mengelilingi kabah, arah putarannya yaitu dengan posisi kabah di sebelah kiri Anda, artinya berlawanan dengan arah jarum jam. Untuk tata cara umroh melakukan tawaf, disunnahkan untuk berlari-lari kecil saat melakukan 3 putaran pertama, sementara pada 4 putaran terakhir berjalan biasa. Putaran tawaf ini dimulai di Hajar Aswad kemudian berakhir di Hajar Aswad pula. Pada setiap putarannya Anda harus menghadapnya dan membaca “Allahu akbar” atau “Bismillah Allahu akbar”. Juga mengusap dan menciumnya.

Namun, untuk mengusap dan menciumnya Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara sesuai dengan kondisi Anda. Yaitu jika memungkinkan untuk mengusap dan menciumnya sungguhan maka lakukanlah hal tersebut. Namun, jika kondisi Anda misalnya saat itu sangat tidak memungkinkan, seperti berdesak-desakkan, maka Anda bisa melakukannya cukup dengan mengusap lalu mencium tangan Anda yang digunakan untuk mengusap Hajar Aswad. Jika kedua cara sebelumnya juga tidak memungkinkan, cara terakhir yaitu lakukanlah dengan isyarat kepadanya dengan menggunakan tangan. Namun untuk cara terakhir, Anda tidak perlu mencium tangan yang digunakan untuk melakukan isyarat mengusap Hajar Aswad.

Kelima, tata cara umroh setelah melakukan tawaf, yaitu melakukan ibadah shalat 2 rakaat di depan makam Ibrahim. Pada rakaat pertama, membaca surat Al-Fatihah kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al-Kafiruun. Pada rakaat kedua, membaca surat Al-Fatihah kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas. Sesudah shalat 2 rakaat, Anda bisa beristirahat sejenak. Saat beristirahat, minumlah air zam-zam sambil membaca doa “Allohumma Inni Asaluka ‘Ilman Nafi’an Wa Rozqon Wasi’an Wa Syifaa’an Min Kuli Daa’in Wa Saqomin Bi Rohmatika Yaa Arhamar Roohimiin.”. Arti dari bacaan doa ini yaitu “Ya Allah aku mohon pada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari segala sakit dan penyakit dengan rahmat-Mu. Ya Allah, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih”.

Keenam, urutan adalah melakukan sa’i. Sa’i yaitu berjalan antara bukit Safa ke bukit Marwah sebanyak 7 kali. Perjalanan Sa’i dimulai dari bukit Safa dan berakhir di bukit Marwah. Selanjutnya tata cara yang terakhir yaitu tahallul. Pada tata cara umroh ini dilakukan dengan bercukur. Bagi jamaah laki-laki lebih baik jika dicukur sampai habis atau gundul. Sementara untuk perempuan dicukur sekedarnya. Saat mencukur rambut, jamaah melakukannya dengan membaca doa. Doanya yaitu “Allahumaj’al likulli sya’ratin nuuran yaumal qiyaamah”, yang artinya “Ya Allah jadikanlah untuk setiap helai rambut (yang aku gunting) cahaya pada hari kiamat”.

Itulah tata cara umroh yang dilakukan saat Anda melakukan ibadah umroh. Mulai dari ihram sampai tahallul, tata cara tersebut harus dilakukan secara urut karena “tertib” merupakan rukun umroh yang harus dijalankan. Nah, semoga rejeki Anda selalu dilancarkan sehingga bisa segera menginjakkan kaki di tanah suci Mekkah untuk menjalankan ibadah umroh. Sekali lagi, tidak ada yang tidak mungkin. Siapa saja bisa mengunjungi tanah suci Mekkah untuk beribadah umroh, bahkan beribadah haji. Tak harus menabung dalam jumlah yang sangat banyak karena kini tersedia banyak paket umroh murah. Anda bisa memilih paket umroh yang paling sesuai dengan kemampuan Anda. Jika tujuannya adalah beribadah, maka Anda tak harus memilih paket yang neko-neko seperti yang menyediakan fasilitas berwisata. Asalkan bisa menginjakkan kaki di tanah suci Mekah tentu sudah merupakan nikmat yang luar biasa.

Nah, jika memilih paket murah, tentu biasanya akan ada kekhawatiran tentang bagaimana kualitas layanan perjalanan umroh Anda. Apalagi mengingat beberapa waktu lalu telah terjadi kasus yang sangat memukul bagi para calon jemaah umroh karena adanya agen nakal yang tidak bertanggungjawab. Untuk itu, pastikan Anda memilih agen umroh terpercaya dengan kualitas bagus baik fasilitas maupun layanannya. Di Indonesia, masih banyak agen umroh yang bisa Anda andalkan dan Anda percaya untuk jadi fasilitator perjalanan umroh Anda. Anda akan bisa melakukan tata cara umroh dengan lega dengan melakukan perjalanan ibadah umroh bersama agen terpercaya.

Elharamainwisata merupakan agen travel Umroh terpercaya yang bisa Anda andalkan untuk memfasilitasi perjalanan umroh Anda. Kualitas dan harga yang ditawarkan begitu bersaudara. Agen travel ini juga telah mendapatkan izin resmi dari kementerian agama sehingga Anda tak perlu khawatir lagi. Bertempat di Bekasi, Anda bisa mengunjunginya untuk lebih memantapkan pilihan. Selain mencatat bagaimana tata cara umroh yang sudah kita bahas tadi, jangan lupa juga untuk mencatat agen travel yang satu ini. Setelah tabungan terkumpul, segera daftarkan diri ke agen travel terpercaya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.