Rincian Biaya Umroh 2018 yang Perlu Dikeluarkan

Rincian Biaya Umroh 2018 yang Perlu Dikeluarkan

Indonesia menjadi salah satu negara yang mengirim jamaah haji dan umroh paling banyak setiap tahunnya. Berbeda dengan ibadah haji, ibadah umroh dapat dilakukan kapan saja. Selain itu biaya umroh 2018 juga berbeda dengan biaya untuk melakukan ibadah haji. Dana yang perlu disiapkan bagi jamaah yang ingin beribadah umroh lebih rendah dibandingkan dengan calon jamaah haji.

Kementerian agama menetapkan biaya standar untuk pelaksanaan umroh sebesar 20 juta. Namun biaya tersebut hanya sebagai patokan saja, karena masing-masing penyelenggara atau biro umroh memasang tarif yang berbeda-beda. Mengenai rincian dan kisaran biaya untuk ibadah umroh adalah sebagai berikut.

 biaya umroh 2018

Rincian Biaya Ibadah Umroh Tahun 2018

  1. Biaya pengurusan visa dan paspor

Dua dokumen penting yakni paspor dan visa dapat diurus pembuatannya oleh biro umroh. Namun untuk pengurusan tersebut biasanya akan dikenakan biaya kurang lebih 800 ribu hingga 1 juta. Biaya umroh 2018 bagi jamaah yang baru pertama kali umroh tidak akan dikenai biaya pembuatan visa. Namun untuk jamaah yang sebelumnya sudah pernah umroh di tahun yang sama akan dikenai tambahan biaya untuk visa sebesar 2 ribu Real. Peraturan mengenai tambahan biaya visa ini berlaku untuk jamaah yang akan berangkat umroh di tahun 2018 ini.

  1. Biaya untuk tiket pesawat

Biaya penerbangan merupakan biaya paling besar dalam pelaksanaan umroh. Untuk tiket pulang pergi yang paling murah saja di kisaran 12 juta. Setiap biro perjalanan bisa memasang biaya umroh 2018 yang berbeda tergantung pesawat yang digunakan. Waktu keberangkatan umroh juga menjadi salah satu faktor besar kecilnya biaya umroh. Pada musim-musim liburan saat tiket pesawat banyak diburu akan mempengaruhi juga biaya penerbangan umroh Anda. Namun untuk biro umroh yang sudah profesional tentu dapat meminimalkan kenaikan tiket pesawat tersebut. Biasanya pemesanan jauh-jauh hari atau memang sudah ada kerjasama antara biro perjalanan umroh dengan maskapai penerbangan, biaya untuk terbang ke tanah suci dapat lebih stabil.

  1. Biaya untuk penginapan

Kebanyakan biro perjalanan umroh memang tidak menjelaskan secara rinci mengenai detail biaya umroh. Namun salah satu yang masuk dalam komponen dasar biaya umroh 2018 adalah untuk penginapan. Biaya untuk hotel kurang lebih 5 juta hingga 8 juta per jamaah. Biaya tersebut umumnya merupakan biaya penginapan hotel di Mekah dan Madinah. Di tanah suci Mekah sendiri rata-rata tarif hotel antara 700 ribu hingga 1 juta per malam. Sedangkan hotel-hotel di Madinah biaya menginap per malam antara 600 hingga 800 ribu. Fasilitas hotel bisa digunakan untuk Anda memastikan biaya umroh yang ditetapkan adalah wajar.

  1. Biaya untuk makan

Kebutuhan makan atau konsumsi bagi jamaah umroh diatur sedemikian rupa oleh biro perjalanan. Umumnya untuk makan 3 kali, biro perjalanan umroh memasang tarif antara 700 ribu hingga 1 juta. Untuk makan, baik di Mekah atau Madinah per kotaknya sekitar 35 hingga 50 ribu. Namun ada pula yang bisa memberikan jatah makan dengan biaya yang lebih rendah. Agen-agen umroh yang sudah lama biasanya dapat memberikan fasilitas makan dengan biaya lebih murah dibandingkan agen umroh yang baru atau belum memiliki relasi kuat di sana.

  1. Biaya untuk administrasi agen umroh

Penyelenggaraan ibadah umroh tidak pernah sepi setiap tahunnya. Tidak heran, jika sekarang banyak bermunculan agen perjalanan ibadah umroh. Para agen umroh ini tentunya memasang biaya administrasi bagi setiap jamaah. Biaya umroh 2018 untuk administrasi biro perjalanan tidak sama antara satu dengan lainnya. Normalnya untuk biaya administrasi bagi setiap jamaah sekitar 750 ribu sampai dengan 1 juta. Biaya administrasi merupakan komponen pokok, selain pesawat, akomodasi, konsumsi, dan pengurusan dokumen.

  1. Biaya di luar paket umroh

Paket umroh yang banyak ditawarkan memasang harga yang berbeda-beda, mulai dari 19 juta hingga 28 juta. Pemerintah sendiri menetapkan biaya standar untuk umroh minimal 20 juta. Ada agen yang menawarkan paket umroh dengan harga tersebut yang mencakup keseluruhan biaya. Namun ada pula agen yang menyediakan paket umroh dengan beberapa biaya yang tidak masuk dalam paket. Seperti biaya untuk handling di bandara dan juga airport tax. Bagi Anda yang berencana berangkat umroh, tidak ada salahnya untuk menanyakan apakan biaya umroh 2018 yang disepakati sudah untuk semuanya atau hanya untuk komponen dasar saja.

  1. Biaya tambahan untuk tour

Umroh dengan tambahan perjalanan ke kota-kota Islam sudah menjamur. Peminat paket perjalanan umroh plus tour tersebut pun cukup tinggi. Untuk umroh dengan tambahan city tour di sekitaran kota suci tentu tidak terlalu jauh berbeda dengan biaya umroh 2018 standar. Kisaran biayanya antara 20 hingga 23 juta untuk umroh dengan tambahan city tour. Besar kecilnya biaya tergantung dari banyak hal. Seperti salah satunya adalah kendaraan yang akan digunakan selama city tour. Terdapat beberapa pilihan kendaraan seperti bis eksekutif Mercedes dan bis-bis buatan Cina. Jenis kendaraan untuk mengantar jamaah berkeliling kota tentunya akan mempengaruhi besarnya biaya umroh.

  1. Biaya tour ke luar Mekah dan Madinah

Kota Mekah dan Madinah menjadi kota utama yang dikunjungi jamaah umroh. Setelah pelaksanaan umroh selesai, jamaah dapat berkeliling kota atau city tour. Jamaah bahkan dapat jalan-jalan ke luar kota suci tersebut. Kini biro perjalanan umroh menarik jamaah dengan menawarkan paket umroh plus tour ke negara-negara Islam. Biaya umroh 2018 dapat lebih mahal, jika Anda memiliki paket umroh dengan tour tambahan ke luar Mekah dan Madinah. Seperti tambahan perjalanan ke negara Mesir dan Palestina. Untuk umroh dengan tambahan wisata ke Mesir, biayanya sekitar 28 juta. Sedangkan untuk umroh plus Palestina atau Masjid Al-Aqsa, biayanya kurang lebih 36 juta.

  1. Biaya umroh plus wisata Eropa

Negara di benua biru memang penduduk mayoritas bukan dari kalangan muslim. Namun di Eropa ada juga negara yang memiliki jejak Islam di dalamnya yakni Turki. Negara yang dikenal dengan kejayaan Konstantinopel tersebut sering dijadikan destinasi wisata tambahan untuk jamaah umroh. Biaya umroh 2018 dengan tambahan wisata religi ke Turki bisa mencapai 32 juta. Walaupun mahal, peminat umroh plus Turki cukup banyak. Ada banyak hal menarik yang dapat diperoleh jamaah yang mengikuti paket umroh plus ini. Jika Anda tertarik, ada banyak biro perjalanan yang menawarkan paket umroh plus Turki. Salah satunya adalah Elharamain Wisata yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin umroh dan juga berwisata religi ke Turki. Lamanya perjalanan wisata tersebut kurang lebih hingga 12 hari.

Jika Anda sudah memiliki niat yang mantap tetapi dananya terbatas, sebaiknya pilih paket umroh biasa yang biayanya standar. Namun untuk Anda yang mampu dengan biaya umroh 2018 yang tinggi, bisa memiliki paket umroh plus tour.