Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Umroh Backpacker

Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Umroh Backpacker

Persiapan untuk Umroh Backpacker,Kebanyakan jamaah umroh menjalankan ibadah ini dengan bantuan agen atau biro umroh. Alasan umroh dengan agen bermacam-macam, seperti pengurusan administrasi yang dibantu hingga umroh dengan artis atau publik figur yang sering menjadi daya tarik tersendiri. Mungkin belum banyak yang tahu, jika ibadah umroh bisa dilakukan dengan cara backpacker.

umroh backpacker
umroh backpacker

Umroh backpacker memang belum terlalu terkenal di tanah air. Biaya yang dibutuhkan untuk umroh dengan agen antara Rp 20.000.000,- hingga Rp 30.000.000,- untuk umroh reguler. Biaya yang bisa dibilang mahal, terlebih lagi untuk kalangan menengah ke bawah. Padahal umroh bisa dilakukan dengan biaya yang lebih hemat. Salah satunya dengan cara backpacker, berikut informasi selengkapnya.

Lebih Terjangkau dengan Cara Umroh Backpacker

Travelling ala backpacker mungkin sudah akrab di telinga, namun untuk umroh belum banyak yang tahu. Umroh backpacker sendiri merupakan pilihan untuk Anda yang ingin menekan biaya ibadah agar lebih murah. Jika promo umroh rata-rata biayanya sekitar Rp 15.000.000,- hingga Rp 20.000.000,-, backpacker untuk umroh bisa di bawah Rp 10.000.000,-. Selisih biaya ini memang lumayan banyak, terlebih lagi jika dibandingkan dengan umroh yang paket reguler. Biaya yang terjangkau ini adalah salah satu yang membedakannya dengan umroh biasa. Selisih biaya tersebut cukup menguntungkan dan bisa dialihkan untuk urusan lain, seperti belanja oleh-oleh atau jalan-jalan di kota Mekah.

Namun besarnya biaya umroh secara backpacker ini sangat tergantung dari tarif pesawat yang digunakan. Biaya penerbangan tersebut memang menjadi komponen dengan biaya paling besar dalam perjalanan umroh. Maka dari itu, jika Anda ingin umroh backpacker perlu lebih rajin untuk berburu tiket pesawat murah. Untuk tarif pesawat non promo harga biasanya di atas Rp 11.000.000,-. Tarif tersebut untuk tiket pulang pergi Jakarta-Jeddah. Harganya bisa lebih mahal tergantung dari pesawat yang digunakan. Misalnya saja Anda menggunakan Ettihad Airlines mungkin memerlukan biaya lebih besar dibandingkan Anda menggunakan pesawat Saudi Arabia. Tiket Rp 11.000.000,- ini pun bisa berubah, tergantung waktu keberangkatan.

Apabila pergi saat high season, mungkin Anda akan kesulitan untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah. Keberangkatan di hari-hari biasa merupakan salah satu cara untuk bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah. Umroh backpacker ini memang mengharuskan Anda untuk pintar-pintar mencari pesawat dengan tiket yang lebih murah. Misalnya saja mencari promo tiket pesawat pulang pergi. Seperti Malaysian Airlines yang beberapa kali mengadakan promo Malaysia-Jeddah hanya sekitar Rp 1.300.000,- pulang pergi. Jika Anda berhasil mendapatkan promo tersebut, berarti Anda sangat beruntung. Biasanya pesawat dari negara tetangga ini menyediakan bagasi gratis untuk kapasitas 30 kg setiap penumpang. Anda pun tidak perlu membayar biaya bagasi lagi, asalkan barang bawaannya cukup yang penting untuk umroh.

Sayangnya tiket promo yang begitu murah ini sulit untuk didapatkan. Ada beberapa hal yang membuat tidak mudah untuk memperoleh tiket promo Rp 1.300.000,- ini. Salah satunya adalah promo yang bisa berubah harganya dengan cepat hanya dalam hitungan detik. Hal tersebut memang bisa terjadi, apalagi pemburu tiket ini sangat banyak. Anda juga harus bersiap-siap dengan koneksi internet karena terlalu banyak orang yang mengakses promo tersebut, bisa membuat sistem down. Kesulitan-kesulitan seperti ini memang menjadi salah satu yang harus dihadapi oleh jamaah umroh backpacker. Tiketnya pun biasanya jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatan.

Apabila Anda tertarik mendapatkan promo tersebut, tipsnya adalah dengan tetap berhubungan dengan penyedia promo. Seperti dengan mengikuti website maskapai penerbangan tersebut. Biasanya untuk pengikut yang menyertakan email akan dikirimi pemberitahuan atau news letter, apabila ada promo atau informasi terbaru. Anda pun bisa lebih cepat menerima informasi dan berburu tiket. Kecepatan untuk mendapatkan tiket promo adalah hal penting bagi Anda yang ingin umroh backpacker. Tips lain agar bisa dapat info promo lebih cepat adalah bergabung dengan grup yang memiliki tujuan sama. Biasanya di media sosial banyak dibuat grup yang khusus berisi informasi promo maskapai komersial. Bergabung dengan grup tersebut bisa membuat Anda lebih banyak informasi dan cepat mendapatkan pemberitahuan, apabila ada promo.

Selain tiket pesawat, jamaah umroh backpacker juga harus bersiap-siap mengurus dokumen visa. Berbeda dengan visa negara lain, untuk umroh ini hanya bisa dilakukan oleh penyelenggara ibadah haji dan umroh yang sudah terdaftar di Kementerian Agama secara resmi. Visa umroh atau ke Arab Saudi ini tidak bisa dilakukan perorangan. Jadi Anda tetap harus berhubungan dengan agen umroh, walaupun perginya secara backpacker. Anda harus pintar mencari agen yang bersedia melayani jasa pembuatan visa tersebut. Namun kebanyakan agen biasanya menyertakan akomodasi dalam jasa umroh untuk backpacker. Sangat jarang ada agen yang mau melayani jasa hanya untuk membantu membuatkan visa.

Perbedaan layanan agen umroh untuk jamaah reguler dengan backpacker adalah beberapa item yang dihilangkan. Seperti tidak ada seragam, koper, mukena, dan souvenir untuk ibadah umroh lainnya. Perlengkapan seperti itu tidak didapatkan oleh jamaah umroh backpacker. Jadi tidak heran biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih hemat. Namun untuk akomodasi selama di tanah suci tidak ada yang berbeda dengan jamaah reguler. Bagi backpacker tetap menggunakan hotel yang menjadi mitra agen sebagai penginapannya. Untuk di Madinah biasanya menggunakan hotel bintang 4 untuk menginap 2 hari 1 malam. Penginapan 5 hari 4 malam di Mekah umumnya menggunakan hotel bintang 5. Jatah makan pun sama yakni standar 3 kali setiap harinya.

Buku panduan umroh, slayer, dan name tag biasanya akan tetap diberikan kepada jamaah backpacker. Selain itu, jamaah umroh yang bukan reguler ini pun umumnya diberi jatah air zam-zam sekitar 5 liter. Semua perlengkapan tersebut akan diberikan tergantung dari agen yang Anda gunakan. Apabila Anda bisa memperoleh agen yang hanya menguruskan visa, penginapan bisa diatur sendiri. Jika ingin yang lebih murah, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan masjidil haram di Mekah atau masjid Nabawi. Tentu tidak masalah bagi jamaah umroh backpacker untuk menginap di hotel yang sedikit jauh. Walaupun harus jalan kaki nantinya, itu bisa memberikan pengalaman baru dan berbeda untuk Anda.

Walaupun backpacker, Anda tetap harus memilih agen yang bisa melayani dengan baik. Pilih biro umroh yang memiliki track record bagus. Seperti Elharamain Wisata yang siap membantu Anda mewujudkan perjalanan ibadah ke tanah suci. Anda akan dilayani dengan pelayanan terbaik dan profesional. Selain umroh biasa, agen ini juga menawarkan umroh plus dengan tambahan ke beberapa negara muslim. Selain umroh backpacker, Anda juga bisa menjelajah negara-negara lain yang memiliki hubungan dengan Islam. Jika Anda backpacker yang suka berpetualang, penawaran ini adalah kesempatan yang menarik. Bagi Anda yang ingin menjalankan ibadah umroh dengan cara backpacker, Anda harus memperhatikan hal-hal penting. Seperti memilih agen umroh murah yang bagus dan terpercaya. Selamat Umroh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *