Perlengkapan Umroh yang Wajib Anda Bawa

Sebelum berangkat umroh, beberapa perlengkapan umroh yang harus Anda bawa tentu tidak boleh terlupakan. Bahkan, semua itu bisa Anda persiapkan jauh-jauh hari. Lalu apa sebenarnya manfaat dari perlengkapan ini? sesuai dengan arti katanya, perlengkapan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang harus dikenakan ketika umrah, atau juga bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang nantinya akan Anda butuhkan ketika umrah. Maka dari itu, pastikan jika tidak ada satupun perlengkapan yang tidak dibawa. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami sampaikan mengenai list perlengkapan umroh yang wajib Anda persiapkan bahkan mulai dari sekarang.

Perlengkapan Umroh

Daftar Perlengkapan Umroh yang Harus Dipersiapkan

  1. Tukarkan rupiah dengan Riyal

Penukaran Riyal ini bisa Anda lakukan dari jauh-jauh hari. Hal ini bisa Anda lakukan sebagai salah satu langkah antisipasi sehingga ketika mendekati hari H Anda tidak perlu repot-repot lagi ke money changer. Atau jika memang pada saat itu sedang musim umrah, pastikan Anda sudah menukarkan uang ke money changer karena barangkali stok Riyal di money changer kota Anda sudah kosong.

  1. Persiapan untuk pakaian

Pakaian yang dikenakan selama umrah bukanlah pakaian yang sembarang. Pakaian wajib yang harus dibawa adalah pakaian ihram berjumlah 2 set. Satu set bisa langsung dipakai dan satu set lagi dijadikan sebagai pakaian ganti. Selain baju ihram, baju non ihram juga harus dibawa sebanyak 3 pakaian yang tidak ketat dan panjang. Selain itu, pastikan Anda juga membawa celana panjang yang tidak nerawang, jaket, kerudung panjang, pakaian dalam, kaos kaki, pantyliner, tutup kepala, filter hidung, peepis kantong urine ketika umrah.

  1. Perlengkapan umrah khusus alas kaki

Selain perlengkapan pakaian, perlengkapan alas kaki juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Alas kaki yang harus Anda bawa diantaranya adalah sandal gunung, sepatu kets yang tidak memiliki tali, dan sandal jepit. Ketiga jenis alas kaki ini memiliki fungsi masing-masing.

  1. Perlengkapan umrah untuk tidur

Tentu saja Mekkah akan sangat berbeda sekali dengan Indonesia, maka dari itu penting bagi Anda untuk memikirkan secara detail mengenai barang-barang yang Anda perlukan selama menjalani aktivitas salah satunya adalah ketika tidur. Untuk perlengkapan tidur, pastikan Anda membawa pakaian 2 sampai dengan 3 stel pakaian berbentuk daster dan tidak tersingkap pada saat dikenakan tidur, sarung bantal berjumlah 2 buah, dan juga kain panjang sejumlah 2 lembar yang bisa dijadikan sebagai alas tidur atau juga untuk selimut.

  1. Perlengkapan ibadah

Perlengkapan ibadah yang harus Anda bawa diantaranya adalah atasan khususnya untuk mukena berjumlah 2 buah dan juga sajadah tipis dengan ukuran standar berjumlah 2 buah. Pastikan Anda memilih perlengkapan yang tidak nerawang, mudah dilipat, dan nyaman ketika dikenakan.

  1. Perlengkapan khusus untuk perawatan wajah dan tubuh

Perlengkapan umrah yang penting juga untuk dibahas yaitu tabir surya, pemebab wajah, face spray, pelembab tubuh, bedak, pelembab bibir, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, dan pastikan Anda tidak membawa perlengkapan make up yang biasanya Anda kenakan sehari-hari atau selama menjalani kegiatan sehari-hari selain ketika umrah.

Nah, enam jenis perlengkapan yang sudah dibahas secara mendetail di atas bisa Anda jadikan sebagai patokan sehingga list perlengkapan  yang sudah Anda persiapkan benar-benar lengkap dan susah sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa memilih jasa umroh Elharamina wisata yang bisa menjadi partner umrah Anda.

Inilah Perlengkapan Umroh Yang Harus Ada

Hai sobat Elharamain Wisata Umroh adalah ibadah sunah. Banyak orang yang menganggap bahwa ibadah umroh hanya sebagai kegiatan berziarah saja bagi umat muslim. Anggapan ini tak sepenuhnya salah, namun ternyata ibadah umroh memilki makna yang lebih dalam dari hanya sekadar ziarah semata bagi umat Islam ketika menjalankannya. Hal ini bisa dilihat dari perlengkapan umroh yang digunakan bahwa seseorang yang menjalankan ibadah umroh sesungguhnya sedang menerapkan hidup yang sederhana. Berikut adalah beberapa makna dari ibadah umroh yang terkadang belum disadari oleh umat muslim yang menjalankan ibadah umroh.

Perlengkapan Umroh
Perlengkapan Umroh

Inilah Perlengkapan Umroh Yang Harus Ada

  1. Kesederhanaan

Walaupun ibadah umroh merupakan salah satu ibadah yang memiliki biaya cukup besar untuk bisa menunaikannya, namun dalam ibadah ini sesungguhnya terkandung makna kesederhanaan yang ingin diajarkan agama pada umatnya. Kesederhanaan ini bisa dilihat dari pakaian yang dikenakan oleh seorang jamaah umroh. Seorang jamaah tidak diperbolehkan mengenai pakaian lain selain kain ihram yang merupakan perlengkapan umroh dimana kain ini tidak memiliki jahitan apapun untuk laki-laki dan warnanya polos. Lewat pakaian ihram yang dikenakan oleh jamaah umroh inilah, seorang muslim diajarkan untuk hidup secara sederhana dan tidak berlebih-lebihan. Selain itu, melalui pakaian ihram tersebut, seorang manusia menampakkan ketidakberdayaannya di hadapan Allah. Hal inilah yang memberikan makna bagi seorang muslim untuk selalu bertaqwa pada Allah SWT.

  1. Bersyukur

Menjalani ibadah umroh memang berbeda dari ibadah-ibadah lain yang bisa dilaksanakan tanpa mengeluarkan biaya. Untuk bisa menunaikan ibadah umroh, biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit, karena harus naik pesawat, mengurus passport, visa serta kebutuhan-kebutuhan lainnya. Oleh karena itu, bagi umat muslim yang berkesempatan untuk bisa menunaikan ibadah umroh haruslah menjadi seorang hamba yang bersyukur karena diberikan nikmat berupa rezeki yang berlebih sehingga bisa menunaikan ibadah umroh.

  1. Pengingat akan Hari Kiamat

Salah satu ibadah yang harus dilakukan ketika melakukan ibadah umroh adalah wukuf di Padang Arafah. Ketika menjalani ibadah wukuf, maka para jamaah umroh diingatkan akan hari kiamat dimana nanti semua umat manusia akan dikumpulkan di Padang Mahsyar dengan menggunakan pakaian serba putih. Di Padang Mahsyar inilah nanti manusia akan dipertemukan dengan Allah SWT di hari kiamat.

  1. Berkumpulan Umat Muslim

Mekkah adalah tempat berkumpul seluruh umat muslim dari berbagai penjuru dunia, yaitu pada dua ibadah, ibadah umroh dan ibadah haji.

Perlengkapan umroh yang harus di siapkan di tanah suci

Sebelum berangkat ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah umroh, tentu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan oleh para calon jamaah umroh. Berikut adalah beberapa perlengkapan umroh yang harus dipersiapkan oleh calon jamaah umroh:

  1. Kesiapan Fisik

Seorang jamaah umroh harus memiliki kekuatan fisik yang baik dan sehat untuk bisa menunaikan ibadah umroh. Hal ini penting karena ketika menjalankan ibadah umroh, terdapat banyak rangkaian ibadah yang harus ditunaikan dan semuanya membutuhkan kekuatan fisik. Beberapa ibadah yang memerlukan kekuatan fisik yang besar antara lain adalah ketika menjalankan ibadah sa’i, yaitu berlari-lari kecil dari bukit Sofa ke bukit Marwah. Selain itu, kesiapan fisik yang bagus sangat penting karena cuaca di Mekkah sering kali berubah secara drastis dari panas menuju suhu yang dingin. Tentu saja perubahan ini membutuhkan kesiapan fisik yang baik agar jamaah tidak sakit ketika berada di Mekkah.

  1. Kesiapan Mental

Kesiapan mental merupakan kesiapan yang tidak bisa dianggap remeh. Jamaah umroh harus memiliki kesiapan mental yang baik agar dapat melaksanakan setiap ibadah dengan baik dan tanpa halangan apapun.

  1. Kesiapan Materi

Ibadah umroh adalah ibadah yang memerlukan biaya cukup besar, walaupun lebih sedikit dari pada ibadah haji. Biaya ini diperlukan untuk biaya transportasi, passport, visa serta berbagai akomodasi yang diperlukan jamaah ketika berada di tanah suci. Oleh karena itu, kesiapan materi sangat dibutuhkan agar ibadah umroh dapat berjalan dengan baik dan lancar.

  1. Kesiapan Dokumen Penting

Seperti halnya berkunjung ke negara lain, menjalani ibadah umroh pun mengharuskan kesiapan dokumen yang matang. Hal ini merupakan kewajiban administratif yang harus dipenuhi. Dokumen penting yang harus dimiliki antara lain adalah passport dan visa khusus untuk ibadah umroh. Dokumen yang lengkap akan menjamin keamanan para jamaah umroh ketika berangkat, tiba dan kembali dari tanah suci. Dokumen ini salah satu perlengkapan umroh yang cukup penting untuk dipenuhi.

Namun, Islam telah mengatur hal-hal penting yang hukumnya wajib digunakan oleh seorang jamaah umroh sebagai perlengkapan umroh. Berikut adalah beberapa perlengkapan umroh yang harus dikenakan oleh jamaah umroh:

  1. Pakaian Ihram

Perlengkapan pertama dari ibadah umroh yang harus dipenuhi adalah pakaian ihram. Pakaian ihram adalah pakaian berwarna polos yang disunahkan berwarna putih. Untuk laki-laki, pakaian ihram terdiri dari dua kain tanpa jahitan sama sekali. Kain pertama digunakan untuk menutup tubuh bagian bawah seperti sarung, yakni dari pusar hingga mata kaki, sedangkan kain yang satu lagi digunakan untuk menutup tubuh bagian atas dengan cara digunakan sebagai selempang. Pakaian ihram bagi perempuan adalah baju yang menutup seluruh badan, kecuali bagian wajah dan telapak tangan. Pakaian ihram disunahkan berwarna putih polos.

  1. Alas kaki

Perlengkapan umroh yang selanjutnya adalah alas kaki. Ketika menjalankan ibadah umroh, jamaah tidak diperbolehkan mengenakan alas kaki yang berlebihan dan bermewah-mewahan. Dianjurkan untuk mengenakan alas kaki dari karet yang dapat menutup kaki dengan baik dan anti air.

Ada beberapa hal yang dilarang untuk dikenakan ketika menjalankan ibadah umroh, antara lain mengenakan kaus tangan dan cadar atau penutup muka untuk wanita. Hal ini karena kaus tangan nantinya akan menutupi seluruh tangan sedangkan telapak tangan harus terbuka, sedangkan penutup muka atau cadar tidak boleh dikenakan karena dapat menutupi muka dan hal ini dilarang.

Seluruh perlengkapan umroh tersebut biasanya akan disediakan oleh jasa perjalanan umroh yang sudah dipilih. Jasa travel umroh memang sangat penting ketika memutuskan untuk melaksanakan ibadah umroh karena jasa perjalanan umroh akan membantu dalam pengurusan setiap dokumen dan segala perlengkapan yang dibutuhkan ketika akan, sedang dan setelah menjalankan ibadah umroh. Saat ini ada banyak sekali jasa penyedia perjalanan ibadah umroh, namun harus berhati-hati dalam menentukan jasa perjalanan ibadah umroh yang berkualitas dan tidak menipu.

Salah satu jasa penyedia perjalanan ibadah umroh adalah Elharamain Wisata Travel Haji dan dan Umroh. Travel ini menyediakan berbagai paket menarik untuk perjalanan umroh Anda. Segala dokumen penting, persyaratan, dan perlengkapan umroh akan disiapkan dengan baik sehingga para jamaah tidak perlu lagi repot dalam mengurus segala persyaratan dan perlengkapan umroh. Elharamain Wisata ini selain berkualitas dari segi pelayanan, juga menawarkan harga yang ekonomis bagi jamaah. Selain menyediakan paket umroh, para jamaah pun dapat memilih paket yang menyertakan perjalanan ke negara jazirah Arab lainnya seperti Turki, Masjidil Aqsa, dan masih banyak lagi kota-kota di sekitar Mekkah yang bisa dikunjungi.