Panduan Umroh Bagi Anda yang Hendak Berangkat ke Tanah Suci

Umroh merupakan salah satu ibadah yang ingin dijalankan oleh banyak umat muslim di seluruh dunia. Banyak orang melaksanakan ibadah umroh terlebih dahulu karena tidak peru menunggu lama terkait waktu keberangkatannya. Bagi Anda yang sudah terdaftar sebagai calon jamaah umroh, kenali panduan umroh berikut ini untuk memudahkan Anda selama pelaksanaannya.

panduan umroh elharamain wisata

Panduan Umroh Mulai dari Persiapan Hingga Selesainya Rangkaian Ibadah Umroh

Bagi Anda yang kurang memahami seluruh rangkaian kegiatan umroh tidak perlu khawatir karena jika Anda bergabung dengan biro perjalanan umroh, biasanya dilakukan manasik umroh terlebih dahulu. Berikut beberapa panduan umroh khusus bagi Anda yang akan segara pergi ke tanah suci:

  • Melakukan persiapan ibadah umro

Sebelum ibadah umroh dilaksanakan, terdapat beberapa persiapan yang perlu dilakukan, di antaranya:

Membersihkan diri sebelum memulai ihram

Para jamaah umroh sebaiknya membersihkan diri terlebih dahulu sebelum memulai seluruh rangkaian ibadah umroh. Membersihkan diri yang dimaksud dapat berupa mandi dengan berniat akan melaksanakan ihram, menggunting kuku, dan berwudu.

Menggunakan pakaian ihram

Selanjutnya, para jamaah menggunakan pakaian ihram. Pakaian ihram yang digunakan kaum laki-laki berupa dua lembar kain yang tidak dijahit, sementara bagi kaum perempuan menggunakan pakaian yang disunahkan berwarna putih dan dapat menutupi tubuh kecuali bagian muka dan telapak tangan.

Berangkat menuju tempat Miqat

Para jamaah akan berangkat menuju miqat yaitu batas yang telah ditentukan sebagai tempat untuk mengucapkan niat beribadah umroh. Miqat setiap rombongan bisa berbeda karena ditentukan berdasarkan kedatangan para jamaah.

Melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan umroh

panduan umroh

Panduan umroh selanjutnya mengenai rukun melaksanakan ibadah umroh yang terdiri dari:

Ihram

Ihram merupakan rangkaian ibadah umroh yang pertama berupa mengucapkan niat setelah sampai di Miqat. Setelah itu perjalanan dilakukan menuju Mekah untuk melaksanakan rangkaian ibadah selanjutnya dan para jamaah dapat membaca kalimat talbiyah selama perjalanan. Setelah melakukan ihram, maka terdapat beberapa larangan yang harus dihindari jamaah selama melaksanakan ibadah umroh.

Tawaf

Tawaf berupa mengelilingi Ka’bah 7 kali yang dapat dimulai dari Hajar Aswad hingga kembali ke Hajar Aswad pula. Para jamaah umroh dapat berdoa maupun berzikir selama melakukan tawaf. Sebelum tawaf, para jamaah diharuskan dalam keadaan suci dan dapat dilakukan dengan berwudu dahulu. Setelah tawaf selesai, jamaah dapat melaksanakan sholat dua rakaat di belakang makam Nabi Ibrahim atau di tempat mana saja yang memungkinkan untuk sholat. Kemudian para jamaah dapat meminum air zam-zam.

Sa’i

Rukun selanjutnya yaitu melakukan perjalanan dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah secara bolak-balik dengan total 7 kali. Sa’i boleh dilakukan oleh wanita yang sedang mengalami halangan atau datang bulan karena tidak diharuskan dalam keadaan suci.

Tahalul

Panduan umroh selanjutnya membahas rangkaian terakhir dari kegiatan umroh yaitu tahalul. Tahalul berupa mencukur sebagian atau seluruh rambut. Bagi jamaah wanita dapat menggunting minimal tiga helai rambut saja. Hal ini menandakan bahwa rangkaian kegiatan umroh telah selesai.

Setelah mengetahui panduan umroh, apakah Anda sudah siap menuju ke tanah suci? Bagi Anda yang masih bingung memilih jasa biro perjalanan umroh, Anda dapat menggunakan Elharamina Wisata. Elharamina Wisata merupakan biro perjalanan umroh yang tepat untuk menemani Anda selama melaksanakan ibadah umroh. Selain itu, terdapat berbagai pilihan paket umroh yang dapat dipilih sesuai keinginan Anda.