Menjalani Ibadah Umroh dengan Paket Umroh Pebruari

Umroh adalah ibadah umat Islam yang harus dilakukan dengan benar dan khusyuk. Niat untuk umroh memang sangat baik, bahkan Malaikat akan langsung mencatat niat baik tersebut meski belum melakukan umroh. Jika Anda mungkin merasa uang untuk bisa berangkat ke tanah suci belum mencukupi, cobalah untuk ikut paket umroh Pebruari agar bisa sedikit meringankan beban Anda. Meski paket yang dimaksud pemotongan harganya tidak terlalu besar, tapi kadang itu sedikit membantu Anda. Lumayan ada sisa beberapa rupiah jika dibandingkan melakukan perjalanan umroh tanpa mengikuti program paket dari beberapa biro perjalanan umroh. Akan tetapi, semuanya harus diperhatikan pula, agar tidak terjebak dengan modus penipuan berkedok agen perjalan umroh.

paket umroh Pebruari

Makkah adalah tanah suci yang siapa saja bagi umat Islam di seluruh dunia ingin mengunjunginya. Bila ke sana, kebanyakan umat Islam untuk melakukan ibadah haji ataupun melakukan ibadah umroh agar bisa menyempurnakan rukun Islam yang terakhir. Untuk rukun Islam yang satu ini, memang tidak semua umat Islam bisa menyanggupinya. Beruntunglah bagi orang-orang yang telah terpanggil ke tanah suci untuk bisa melaksanakan rukun Islam kelima tersebut untuk datang ke tanah suci. Mereka yang belum pernah melaksanakannya sudah pasti menginginkan untuk datang ke sana. Beberapa biro atau agen perjalanan umroh memang banyak yang mengadakan paket umroh Pebruari yang mungkin harganya lebih murah dibandingkan dengan harga umroh yang biasanya.

Melakukan ibadah suci seperti umroh memang tidak boleh sembarangan, diawali dengan niat dan usaha yang tekun untuk bisa datang mengunjungi Baitullah yang ada di Negeri Makkah sana. Jika niat sudah ada berada digenggaman kita, tinggal menonjolkan lagi usaha kita dengan bekerja keras agar bisa mendaftarkan diri di paket umroh Pebruari. Akan tetapi, usaha Anda janganlah terhenti hanya gara-gara Anda menggunakan paket umroh Pebruari yang belum ada benarnya, karena memang zaman sekarang banyak sekali penipuan yang berkedok agen perjalanan umroh. Karena nanti jika Anda tidak teliti, nantinya Anda sendiri yang repot dan sangat dirugikan.

Dalam hukum Islam, ada yang mengatakan apabila rukun umroh memang semuanya harus terpenuhi agar bisa tercapai umrohnya dengan baik, jika salah satu rukun umroh tidak dikerjakan, maka nanti kita harus membayar denda atau biasa disebut dam saat sudah tiba di tanah air, sebelum mempersiapkan segalanya, ada baiknya Anda perlu tahu apa saja rukun umroh:

  1. Ihram

  2. Tawaf

  3. Sa’i

  4. Tahalul

  5. Tertib

Semuanya harus dilakukan secara urut. Jangan sampai Anda tidak melaksanakan atau melewati salah satunya, atau nanti ibadah umroh Anda tidak diterima oleh Allah SWT. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan ibadah umroh

Selain memperhatikan dalam memilih paket umroh Pebruari dan juga tahu syarat serta rukun umroh, Anda juga harus mempersiapkan segalanya. Dari mulai dana, kesehatan dan barang-barang yang harus Anda bawa ke tanah suci. Semuanya harus dipersiapkan dengan baik dan benar. Berikut ada hal-hal yang harus Anda persiapkan sebelum berangkat umroh, agar di sana tidak ketar-ketir :

  1. Pelajarilah segalanya tentang umroh. Tentu akan sangat aneh jika kita akan umroh, tapi tidak mempelajarinya terlebih dahulu. Jika yang sudah umroh berkali-kali mungkin merasa masih ingat, jadi tidak perlu mempelajarinya lagi. Akan tetapi, jika orang yang baru berangkat umroh, mempelajarinya itu wajib. Dan mungkin sedikit-sedikit Anda harus tahu bahasa arab agar saat di sana mungkin tersesat, bisa bertanya pada orang sana.
  2. Jangan lupa untuk mempersiapkan fisik Anda sebelum berangkat ke tanah suci. Karena suhu di sana dan tanah air jelas sekali berbeda, pastinya Anda akan kaget, maka dari itu, agar tubuh Anda bisa bertahan di suhu yang berbeda dengan tanah air, lebih baik mengecek kondisi kesehatan Anda, dan mintalah vitamin kepada dokter, agar pada saat di sana Anda bisa menunaikan ibadah dengan baik dan benar.
  3. Persiapkanlah barang bawaan yang harus Anda bawa. Untuk baju-baju atau barang-barang yang tidak terlalu penting, dimasukkan ke koper. Dan untuk barang yang memang sangat penting seperti obat, tasbih atau minyak angin lebih baik dimasukkan ke tas kecil agar Anda bisa dengan mudah mengambilnya.
  4. Persiapkan pula biaya atau uang untuk keluarga yang ditinggal di tanah air. Rata-rata umroh memang hanya 10 hari, akan tetapi, keluarga yang ada di tanah air juga harus tetap dibiayai agar bisa mencukupi kebutuhannya dengan baik.
  5. Selalu mengecek kondisi terkini dalam pendaftaran Anda di paket umroh Pebruari. Karena mungkin ada perubahan seperti jadwal atau hal lainnya yang harus Anda ketahui.

Dengan banyaknya kasus-kasus penipuan yang menawarkan paket umroh Pebruari, sekarang masyarakat lebih waspada dalam memilih agen umroh yang terpercaya. Untungnya, pemerintah juga peduli akan kekhawatiran rakyatnya dalam menangani kasus seperti ini. Termasuk juga dalam memilih paket umroh Pebruari. Anda harus sangat hati-hati akan hal itu. Jika Anda tidak teliti dalam memilih, bisa saja uang Anda lenyap begitu saja dalam kasus penipuan paket umroh Pebruari tersebut. Lalu bagaimana untuk bisa mengetahui agen travel umroh tersebut penipu atau tidak, Anda harus berani meminta tempat tersebut menunjukkan dokumen-dokumen yang menunjukkan bahwa perusahaan tersebut berdiri atas ijin dari pemerintah.

Surat-surat yang ditunjukkan memang cukup banyak, dan jika perusahaan tersebut adalah perusahaan yang benar-benar berdiri dengan atas dasar legalitas yang sah, sudah pasti akan memiliki :

  1. Tempat tersebut memiliki surat izin tetap usaha pariwisata.

  2. Memiliki NPWP perusahaan asli.

  3. SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Sebagai penyalur dan penyelenggara umroh)

  4. SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (yang mengadakan perjalanan haji dengan jalur khusus).

  5. Surat Keterangan Domisili Perusahaan

  6. SK Menteri Kehakimah: Akta Pendirian Perusahaan

  7. Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah yang didapat dari Dewan Syariah Nasional MUI.

  8. Sertifikat Anggota Amphuri.

Jika agen atau biro yang mengadakan paket umroh Pebruari tersebut mempunyai itu semua, sudah pasti memang benar bahwa tempat tersebut tidak menipu dan benar keberadaannya. Lalu untuk membuktikannya lagi bahwa tempat yang menawarkan paket umroh Pebruari itu benar-benar bukan penipuan, Anda juga harus patut meneliti dari beberapa ulasan dari orang-orang yang sudah melakukan umroh di sana. Dengan melihat ulasan-ulasan tersebut, kita bisa tahu apakah mereka memang benar-benar agen perjalanan umroh yang bagus atau tidak. Jangan sampai Anda tertipu dan terkecoh dengan beberapsa tempat yang memberikan harga murah tapi tidak tahu kebenarannya. Di Elharamain Wisata, Anda bisa percayakan perjalanan umroh Anda, karena Elharamain Wisata sudah jelas dalam mengatur urusan haji dan umroh bagi para calon jamaahnya.

Memilih Tour Travel Terbaik Untuk Mengunjungi Hajar Aswad

Umroh merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh banyak umat Islam khususnya tentu bagi Anda yang berada di Indonesia. Mengunjungi tanah suci untuk melakukan doa tentu tujuan utama dari Umroh itu sendiri. Tempat yang sangat dinantikan oleh umat yang melakukan Umroh tentu saja untuk mengunjungi Hajar Aswad. Selain Umroh, sebenarnya terdapat program Haji yang dapat digunakan oleh Anda. Namun harga yang tinggi dan waktu yang cukup lama untuk mengikuti antrean yang disediakan setiap tahunnya oleh Kemenag, tentu membuat Umroh menjadi salah satu alternatif utama yang bagus untuk Anda. Umroh memiliki waktu yang lebih fleksibel dan tidak dipungkiri memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan menunaikan ibadah Haji.

Travel Umroh Terbaik

Meskipun  sama-sama mengunjungi tanah suci, namun terdapat beberapa hal yang berbeda antara Umroh dan Haji. Beberapa tata cara yang digunakan hampir serupa hanya saja perbedaannya di bagian Wukuf saja. Selain itu terdapat beberapa rukun dan doa yang pastinya berbeda antara Umroh dan Haji. Anda tentunya mengetahui bahwa Haji juga memiliki tata cara dalam berpakaian yang wajib untuk dilakukan, namun Umroh tidak memiliki kewajiban tersebut dan dapat menggunakan pakaian yang dijahit. Hal yang sama beberapa di antaranya tentu berdoa di Hajar Aswad yang memang dinantikan oleh para jama’ah Umroh suatu tour travel.

Mencium Hajar Aswad

Apabila Anda juga ingin memiliki cita-cita menyentuh dan berdoa di Hajar Aswad, Anda sebelumnya harus memilih agen tavel Umroh yang tepat yang dapat membantu keberangkatan Anda dengan aman dan memiliki fasilitas yang terbaik. Seperti yang Anda tahu, beberapa agen travel sekarang ini harus diamati dengan baik. Beberapa kecurangan, ketidak sesuaian fasilitas, hingga keberangkatan yang terkadang tertunda harus kita hindari dengan memilih agen yang tepat. Terdapat beberapa tips bagi Anda untuk mengantisipasi hal terburuk dalam memilih agen tersebut :

  • Pilih agen yang akan menuntun Anda menuju Hajar Aswad yang memang resmi dan sudah terdaftar pada Kemenag atau Kementerian Agama. Kemenag memiliki agen mana saja yang sudah mendaftarkan diri dan dapat dilihat secara transparan oleh calon jama’ah. Anda juga dapat melihat segala SK atau Surat Keputusan yang memang sudah resmi dikeluarkan oleh Kemenag. Daftar ini pastinya membuktikan bahwa agen tersebut sudah mengurus segala macam hal yang terkait dengan perizinan, keamanan, dan tentunya memiliki tanggung jawab kepada para calon jama’ahnya.
  • Setiap keberangkatan Umroh sudah memiliki jadwal yang pasti dan tentu sudah disetujui oleh Kemenag. Anda dapat melihat jadwal tersebut secara online pada sistem yang dikeluarkan oleh Kemenag yaitu Sitem Terpadu Umroh dan Haji. Apabila nama dari tour travel Anda belum masuk dalam sistem tersebut, Anda jangan langsung percaya dan cari tahu lebih lanjut atau Anda dapat memilih agen yang lain. Setiap agen yang terpercaya tidak pernah merahasiakan tanggal keberangkatan apalagi jika menunda tanggal keberangkatan tanpa alasan yang rasional.
  • Menyentuh Hajar Aswad dan berdoa saat melakukan Umroh memerlukan prinsip-prinsip yang harus dipegang oleh para calon jama’ah. Agen tour yang baik meskipun memasukkan wisata ke beberapa kota di tengah-tengah Umroh, selalu menerapkan prinsip Syar’i dalam setiap kegiatan yang dilakukan.
  • Ada baiknya untuk Anda yang baru melaksanakan ibadah Umroh, pilihlah agen tour yang dapat mendampingi ibadah Anda dari awal hingga akhir. Pendampingan biasanya dilakukan secara intensif dan bertahap kepada calon jama’ah Umroh dan menggunakan pendamping yang sudah terpercaya. Pendamping atau pembimbing yang diberikan adalah ustadz yang memang merupakan lulusan terbaik dari Timur Tengah yang sudah pasti mengetahui medan dan prinsip yang harus dijalankan selama Umroh.
  • Pilihlah fasilitas dan pelayanan yang memang akan mempermudah Anda untuk sampai di Hajar Aswad dengan baik. Suhu udara, makanan, dan beberapa hal tentu akan menjadi sesuatu yang baru bagi Anda. Anda tidak perlu memiliki fasilitas yang sangat mewah dengan harga yang tinggi. Namun cukup agar agen tour mengetahui kebutuhan Anda dapat memberikan yang Anda butuhkan agar ibadah Anda tetap nyaman dan dapat terlaksana dengan baik tanpa hambatan fasilitas yang tidak memadai.
  • Terakhir, banyak agen tour yang menawarkan harga terbaik. Hanya saja pilih dan pilah yang harganya tidak terlalu rendah di bawah batas wajar. Dibandingkan memilih harga yang rendah, Anda dapat melihat program apa saja yang ditawarkan dengan harga kompetitif dengan agen tour yang lainnya. Banyak pilihan seperti melakukan tour di luar melakukan Umroh dan menyentuh Hajar Aswad, adanya souvenir yang diberikan, atau bahkan program tambahan yang dilakukan sebelum jama’ah berangkat ke tanah suci. Anda harus cermat untuk menyikapi pilihan terkait harga tersebut.

Sekarang ini, Anda dapat melakukan pendaftaran secara online dengan mudah kapan saja apabila Anda sudah memiliki anggaran yang dibutuhkan. Umroh memiliki waktu yang fleksibel dibandingkan Haji baik dari segi keberangkatan hingga berapa lama Anda berada di tanah suci. Penawaran tersebut akan berpengaruh pada biaya yang ditawarkan. Umumnya Umroh hanya dapat dilakukan selama tiga hari, namun beberapa agen tour memberikan destinasi tambahan di luar kewajiban Umroh dan menyentuh Hajar Aswad yaitu mengunjungi kota lain yang dekat atau melakukan ziarah. Biasanya waktu yang dibutuhkan sekitar 9 hingga 10 hari perjalanan dengan biaya berkisar kurang lebih 22 juta.

hajar aswad

Beberapa kegiatan lain yang biasanya dilakukan adalah mengunjungi Turki dan menikmati kota tersebut, berkeliling ke Saudi Arabia, melakukan perjalanan ke Istanbul, hingga salah satu yang merupakan paket Umroh plus adalah Umrah Aqsa yang memiliki harga paling tinggi dengan waktu terlama dibandingkan Umroh yang lain. Sesuaikan waktu Umroh Anda dengan aktivitas atau pekerjaan Anda agar tidak meninggalkan hal yang penting selama melakukan ibadah.

Anda tidak perlu khawatir dalam mempersiapkan perlengkapan Umroh, karena biasanya pihak agen travel telah mempersiapkan dan memberikan daftar barang apa saja yang akan dapat Anda bawa. Agen tour yang terpercaya juga mempersiapkan koper, setelan baju yang dapat digunakan, audio haji selama perjalanan, hingga beberapa tas dan tentunya buku yang diperlukan untuk menuntun para jama’ah Umroh agar dapat melakukan ibadah dan dapat melakukan doa di Hajar Aswad dengan baik. Tidak semua agen memberikan fasilitas tersebut, maka dari itu pilih agen yang dapat membantu Anda hingga hal detail seperti barang bawaan selama Umroh.

Meskipun dapat memesan dan melakukan pendaftaran secara mudah melalui online, cari sumber yang terpercaya dan tentu pastikan alamat agen tour Anda. Salah satu pilihan yang dapat Anda kunjungi dan pilih adalah Elharamain Wisata, agen tour travel yang dapat membimbing Anda melakukan Umroh dan menyentuh serta berdoa di Hajar Aswad. Segala hal mengenai fasilitas, pelayanan, bahkan tentunya izin dari Kemenag sudah ditangani dengan baik. Anda dapat melakukan pemesanan untuk keberangkatan Umroh pada agen yang terpercaya ini dan memilih jadwal yang paling sesuai.

Waspadai Paket Umroh Bodong dengan Aplikasi Umroh cerdas

Sebagai salah satu negara dengan mayoritas umat muslim terbesar di dunia, Indonesia kerap mengirimkan jamaahnya untuk haji ataupun umroh. Untuk mempermudah pengurusan berkas, sebagai jamaah, kita dibantu oleh keberadaan agen perjalanan yang khusus mengurus umroh dan haji. Banyak jamaah yang menggunakan jasa travel atau agen perjalanan dan mengambil paket umroh agar lebih mudah dan nyaman selama beribadah. Dilansir dari kumparan.com, Indonesia merupakan negara dengan jamaah umroh terbesar kedua setelah Pakistan. Pada tahun 2017 saja Indonesia mengirimkan sebanyak 875.958 jemaah haji. Angka ini mengalami kenaikan sekitar 25 persen dari tahun sebelumnya.

Paket Umroh Terpercaya

Bagi umat muslim, ibadah umroh merupakan sunnah muakkad, yaitu salah satu sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan tanpa penekanan kuat. Ibadah umroh baik untuk dijalankan jika memiliki kemampuan dari segi finansial, mental, maupun fisik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merealisasikan ibadah ini. Salah satunya dengan mendaftarkan diri ke jasa travel untuk mengambil paket umroh.

 

Saat ini telah banyak jasa travel umroh yang bisa Anda jadikan pilihan, baik dari pihak pemerintah maupun swasta. Perjalanan yang ditawarkan biasanya berupa paket umroh yang di dalamnya sudah termasuk tiket pesawat, penginapan hotel, seragam, dan kebutuhan lainnya sesuai dengan travel yang Anda pilih.

Umroh Cerdas Dengan Paket Umroh Terpercaya

Di antara keuntungan yang didapatkan tersebut, jika Anda tidak pintar-pintar memilah jasa travel umroh yang benar, Anda bisa saja tertipu. Sebab, banyak sekali kasus penipuan terhadap calon jamaah umroh yang hingga kini masih santer terdengar. Bahkan, baru-baru ini terdapat kasus penggelapan dana umroh milik ratusan calon jamaah haji salah satu jasa travel milik desainer ternama.

umroh cerdas

Mengapa hal ini bisa terjadi? Ibadah umroh tidak seperti ibadah haji yang dilakukan dalam satu waktu dalam setahun. Ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja Anda mampu, sehingga jelas saja potensi untuk jasa travel tak bertanggung jawab melakukan penipuan terhadap calon jamaahnya sangat besar. Untuk itu, Anda perlu cermat memilih jasa travel umroh terpercaya.

Percayakan keberangkatan umroh Anda dengan paket umroh menggunakan jasa travel terpercaya dan jelas memiliki kredibilitas yang baik. Jangan pernah menentukan jasa travel hanya karena mereka menawarkan harga yang jauh lebih rendah daripada travel lainnya. Jangan terbujuk rayu oleh penawaran fasilitas-fasilitas mewah dengan harga rendah. Apalagi, terpengaruh pada kalimat-kalimat persuasif yang disangkut-pautkan dengan agama. Jasa travel umroh bodong atau ‘nakal’ akan melakukan apa saja demi menarik untung yang besar dari para jamaah.

Dikatakan bodong, karena biasanya travel umroh nakal seperti demikian tiak memiliki surat-surat lengkap syarat legalnya jasa travel umroh yang terdaftar di Kemenag bisa di cek di aplikasi Umroh Cerdas. Mereka hanya memikirkan keuntungan semata, tanpa memikirkan nasib para jamaahnya.

Ciri Ciri Jasa Travel Umroh Bodong

Maka dari itu, kami akan memberikan beberapa ciri dari jasa travel umroh yang bodong. Anda harus membaca dengan saksama, karena penting untuk Anda ketahui. APalagi bagi Anda yang ingin mengambul paket umroh dari jasa travel.

  1. Tidak terdaftar dalam website Kemenag

Sebelum memilih jasa travel, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan nama jasa travel apakah terdaftar di website Kemenag ataukah tidak. Di sana, tersedia lengkap travel mana saja yang sudah dinyatakan legal dan memiliki surat-surat jalan resmi.

  1. Sering menawarkan harga murah dengan fasilitas mewah

Meski harga murah tidak bisa memastikan bahwa jasa travel yang Anda pilih adalah jasa travel bodong, Anda bisa melihat dari kewajaran harganya. Jika sebuah jasa travel menawarkan jasa yang paket umroh begitu mewah dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan harga normal, tentunya Anda patut untuk mencurigainya. Perlu diketahui paket umroh yang ditawarkan jasa travel, biasanya mulai dari harga 17 jutaan.

  1. Membayar DP dan Dijanjikan Keberangkatan

Travel umroh bodong akan memberikan syarat pembayaran di awal atau menggunakan uang muka untuk pembiayaan dalam jumlah besar. Keberangkatannya biasanys dijanjikan satu sampai dua tahun setelah melakukan pembayaran. Padahal, sejatinya umroh tidak seperti haji yang hanya bisa dilaksanakan setahun sekali. Umroh bisa dilakukan kapan saja Anda mau dan siap secara fisik, mental, dan finansial. Jasa travel yang memberikan jaminan DP, bisa jadi ingin menggunakan dana tersebut untuk modal usaha atau dibawa kabur.

  1. Alamat kantor palsu

“Kesana kemari membawa alamat, namun yang kutemui bukan dirinya”. Sepenggal lagu ini bisa menggambarkan betapa jasa travel bodong berani memberikan alamat palsu pada para calon jamaahnya. Untuk itu, pastikan keberadaan kantor jasa travel. Jangan sampai Anda dengan mudahnya memberikan uang Anda begitu saja kepada jasa travel.

  1. Tidak memiliki Website Resmi

Jasa travel umroh resmi pasti sudah terorganisir dengan baik. Mereka akan melakukan cara paling mutakhir untuk melakukan promosi. Sadar akan kemajuan teknologi, mereka tentu akan menggunakan promosi melalui website resmi. Biasanya jasa travel umroh sudah dilengkapi dengan website resmi yang dikelola secara profesional dna juga mudah di akses via Google. Jika jasa travel yang akan Anda gunakan tidak memiliki website resmi, sebaiknya patut diwaspadai.

  1. Pelunasan pembayaran dengan rekening individu

Jangan buru-buru memutuskan mengambil paket umroh dari jasa travel, jika transaksi pembayaran dilakukan menggunakan rekening individu. Hanya percayakan perjalanan religi Anda menggunakan jasa travel yang menerapkan transaksi pembayaran perbankan menggunakan rekening perusahaan. Selain terlihat lebih profesional, jasa travel ini sudah tentu terpercaya dan aman.

  1. Tidak ada pembimbingan jamaah

Usahakan menggunakan jasa travel umroh yang melakukan pembimbingan hingga ke tanah suci. Sebab, memang itulah yang membedakan travel agen dan travel umroh. Travel agen hanya menjual produk travel dari travel umroh atau umum yang berupa tiket pesawat, paket tour wisata, paket umroh, dan sebagainya. Travel agen tidak menyediakan jasa pembimbingan pada para calon jamaah. Sedangkan travel umroh adalah perusahaan yang menyusun, menjual, hingga menyelenggarakan paket perjalanan umroh. Karenanya, melakukan pembimbingan terhadap para calon jamaah dari mulai persiapan, keberangkatan, hingga pemulangan adalah tanggung jawab dari travel umroh.

  1. Memberikan tanggung jawab untuk mengajak orang lain menjadi downline

Jika Anda mendaftarkan diri Anda pada salah satu travel agen, diiming-imingi biaya murah, dan diberikan tanggung jawab untuk mencari downline dengan jumlah tertentu, baiknya diwaspadai. Cara tersebut persis dengan cara-cara kerja MLM yang tentu saja tidak baik. Biasanya jasa travel yang menerapkan cara tersebut hanyalah sekadar mencari keuntungan semata.

 

Ciri-ciri tersebut harus diperhatikan guna menjauhkan Anda pada praktik-praktik tak jujur yang dilanggengkan jasa travel umroh. Biasanya yang dilakukan para jasa travel umroh bodong adalah uang jamaah disalahgunakan. Mereka menggunakan dana umroh para calon jamaah untuk modal cepat atau ditaruh di pasar ruang. Jika mendapatkan keuntungan, maka bisa saja betul-betul diberangkatkan. Namun, jika rugi, mereka tak segan untuk kebur dan menghilangkan uang jutaan rupiah.

Karenanya, selalu memilih paket umroh yang menawarkan harga masuk akal dan sesuai dengan fasilitas yang akan kita dapatkan nantinya. Salah satu jasa travel yang sudah terjamin dan terpercaya adalah jasa travel Elharamain Wisata yang sudah berpengalaman menangani banyak jamaah untuk menjalankan ibadah umroh dengan lancar. Elharamain Wisata sudah terbukti kredibilitasnya dan terdaftar Kemenag.

Tips Mencari Travel Umroh Jakarta Terpercaya

Umroh adalah salah satu kegiatan beribadah yang banyak dilakukan oleh para jamaah yang masih menunggu antrean ibadah haji atau mereka yang rindu ingin kembali mengunjungi tanah suci. Ibadah ini dapat dilakukan sepanjang tahun asalkan Anda siap baik secara biaya maupun secara jasmani dan rohani. Agen perjalanan atau travel umroh Jakarta menjadi salah satu agen perjalanan umroh yang banyak dicari karena banyak calon jamaah yang merasa nyaman menggunakan agen perjalanan yang berasal dari ibukota. Apalagi banyaknya kasus penipuan yang terjadi pada agen perjalanan umroh yang berada di daerah karena masyarakat yang tidak tahu menahu mengenai kejelasan agen umroh tersebut. Padahal, ada juga travel dari Jakarta yang juga melakukan penipuan serupa. Hal yang menjadi kunci sebenarnya adalah kejelian kita dalam memilih agen perjalanan yang tepat.

Travel Umroh Jakarta
travel umroh Jakarta

Harga Travel Umroh Jakarta

Penipuan mengatasnamakan agen perjalanan umroh sedang sangat sering kita dengar di berbagai media pemberitaan. Penipuan macam ini juga terjadi di berbagai kota di Indonesia. Kedoknya hampir sama, semua mengatasnamakan agen perjalanan umroh yang murah. Banyak sekali orang yang tergiur dengan biaya umroh yang murah dan kemudian tertipu. Nyatanya umroh memang dapat dijalankan dengan biaya yang murah asalkan masih masuk akal. Jadi, sebagai calon peserta umroh yang sedang mencari travel umroh Jakarta, Anda harus jeli dan pandai-pandai memilih travel dan agen perjalanan yang tepat. Kriteria yang utama adalah yang memiliki harga ekonomis tetapi tetap masuk di akal dan sesuai dengan apa yang akan kita dapatkan nantinya selama perjalanan umroh.

Nah, bagi Anda yang ingin memilih travel umroh Jakarta dengan harga yang terjangkau, Anda bisa menggunakan pertimbangan berikut ini untuk mengetahui apakah travel umroh tersebut merupakan travel umroh yang terpercaya. Adapun bahan pertimbangan harga yang dapat Anda jadikan sebagai referensi diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Fasilitas

Harga atau biaya umroh yang ditawarkan akan sangat dipengaruhi dengan fasilitas seperti apa yang akan kita dapatkan. Semakin baik fasilitas yang kita dapatkan, maka akan semakin besar pula biaya yang akan kita dapatkan. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga atau biaya umroh yang terlampau murah dengan fasilitas yang terlampau mewah. Hal tersebut tentunya tidak akan masuk akan dan tidak mungkin bisa terjadi. Harga yang tidak masuk akal sebenarnya tidak hanya sangat murah, tetapi bisa jadi juga sangat mahal dengan fasilitas yang tidak memuaskan. Beberapa jamaah mungkin pernah mengeluhkan hal yang demikian.

  1. Nilai Rupiah

Harga atau biaya umroh yang ditawarkan oleh travel umroh Jakarta juga sangat dipengaruhi oleh nilai Rupiah. Jika nilai Rupiah sedang menguat, dan nilai USD sedang turun, harga yang lebih murah tentunya bisa kita dapatan. Hal ini karena berbagai transaksi yang dilakukan di luar negeri sangat dipengaruhi oleh nilai tukar Rupiah. Biaya pesawat, akomodasi, makan, sampai transportasi selama di tanah suci akan terpengaruh dari nilai tukar Rupiah.

  1. Tempat kunjungan tambahan

Nah, harga yang ditawarkan travel umroh Jakarta juga akan dipengaruhi oleh tempat kunjungan tambahan yang akan dikunjungi selain melaksanakan ibadah umroh. Kini sedang tren melakukan ibadah umroh yang disertai dengan tour ke berbagai daerah di sekitar tanah suci. Daerah yang banyak dikunjungi salah satunya adalah Turki elharamain wisata menyediakan umroh plus turki dengan harga yang ekonomis ,Ada banyak travel perjalanan umroh yang menawarkan destinasi satu ini sebagai tempat tambahan yang dikunjungi. Ada juga yang mengunjungi negara lain seperti Malaysia atau Singapura dengan teknik transit.

 

Tips Mencari Agen Umroh Terpercaya

Tujuan utama dari melakukan umroh adalah untuk melaksanakan ibadah dengan hukum sunnah. Ibadah umroh dapat mengobati kerinduan Anda pada tanah suci. Banyak calon jamaah yang dengan sabar menabung agar dapat mengunjungi tanah suci barang satu kali. Oleh karenanya, perjalanan umroh yang diinginkan banyak orang adalah ibadah umroh yang memberikan kenyamanan dan keleluasaan bagi kita untuk beribadah. Tiap jamaah bisa jadi memiliki tolak ukur tersendiri mengenai kenyamanan seperti apa yang diinginkan selama beribadah. Nah, pemilihan travel umroh Jakarta yang tepat akan memberikan semua kenyamanan yang Anda inginkan selama melakukan ibadah di tanah suci tersebut.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, mencari agen travel umroh Jakarta tentunya sudah menjadi hal yang wajar. Nah, agar Anda terhindar dari penipuan, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan. Adapun tips yang dapat Anda ikuti adalah sebagai berikut.

  1. Memeriksa legalitas perusahaan travel umroh

Tips pertama yang dapat Anda ikuti adalah dengan memeriksa legalitas. Pastikan perusahaan Anda merupakan perusahaan asli, bukan perusahaan travel abal-abal. Perusahaan travel umroh dan haji yang legal ditandai dengan terdaftar di kementerian agama. Anda bisa mengeceknya secara langsung melalui situs resmi  kementerian agama. Ada banyak orang tertipu karena perusahaan umroh tidak terdaftar secara resmi di kementerian agama. Sebagai calon jamaah yang cerdas, pandai memilih dengan mencari tahu legalitas perusahaan travel umroh untuk kelancaran ibadah Anda adalah hal yang penting untuk dilakukan untuk menghindari tindak penipuan seperti yang kini marak terjadi.

  1. Mencari tahu trackrecord perusahaan

Mencari tahu trackrecord perusahaan travel umroh Jakarta menjadi hal yang juga penting untuk dilakukan. Mengapa? Hal ini karena kenyamanan melaksanakan ibadah umroh sangat dipengaruhi oleh hal tersebut. Dengan mencari tahu track record perusahaan, Anda akan mengetahui bagaimana perusahaan travel tersebut melayani para jamaah. Anda bisa menanyakan secara langsung bagaimana pelayanan perusahaan travel kepada pelanggan yang sudah pernah menggunakan jasa layanan mereka. Anda juga bisa menanyakan pertimbangan pada teman terdekat. Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu track record perusahaan berdasarkan seberapa lama perusahaan tersebut berdiri. Semakin lama perusahaan berdiri dapat menjadi tolak ukur baik tidaknya sebuah perusahaan. Perusahaan yang dipercaya oleh pelanggan tentunya dapat bertahan lama. Walaupun, lama tidaknya berdiri bukan tolak ukur satu-satunya.

  1. Biaya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, masalah biaya menjadi salah satu masalah yang sangat rentan penipuan. Oleh karenanya, memilih perusahaan yang menawarkan harga yang realistis menjadi hal yang harus Anda lakukan. Adapun cara mengetahui apakah sebuah harga atau biaya yang ditawarkan tersebut masuk akal atau tidak dapat dilihat dari beberapa bahan pertimbangan seperti yang sudah dibahas pada ulasan sebelumnya.

Itu tadi ulasan mengenai tips memilih travel umroh yang terpercaya. Bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah umroh, Anda dapat mengikuti tips di atas sebagai referensi Anda dalam mencari agen perjalanan atau travel umroh Jakarta yang tepat. Salah satu rekomendasi travel umroh yang dapat Anda jadikan sebagai travel untuk perjalanan umroh Anda adalah PT. Dhiyaa El Haramain El Mubarakah. Perusahaan satu ini memiliki trackrecord yang baik dan menyediakan aneka paket ibadah umroh yang dapat Anda sesuaikan dengan biaya dan fasilitas yang didapatkan.

Tips Memilih Tour and Travel untuk Liburan

Berwisata menggunakan jasa tour and travel kini sudah semakin sering dijadikan pilihan. Apalagi untuk kita yang tak mau direpotkan dengan segala urusan tiket wisata, penginapan, transportasi serta konsumsi. Pihak agen travel yang akan mengurusnya sehingga kita bisa menikmati liburan dengan lebih tenang. Jangan dulu berpikir bahwa menggunakan jasa agen travel ini akan menghabiskan banyak dana, karena kenyataannya justru sebaliknya. Kita bisa menghemat banyak dana berkat jaringan luas yang dimiliki pihak agen travel. Ini memungkinkan mereka menetapkan harga lebih murah bagi kita, terutama untuk akomodasi dan transportasi. Biaya yang dibayarkan juga sudah termasuk aneka keperluan seperti tour guide, bensin hingga tiket masuk objek wisata.

Kelebihan menggunakan jasa tour and travel Elharamain Wisata

Kelebihan lain dari menggunakan jasa tour and travel ialah keamanan akan dijamin. Kita juga takkan tersasar di tempat tujuan karena ada tour guide yang akan menunjukkan jalan serta memandu di tengah perjalanan. Tour guide juga biasanya adalah warga lokal dan telah dibekali ilmu seputar objek wisata yang dikunjungi. Ini artinya, kita bisa menambah wawasan terkait objek wisata tersebut. Kenyamanan juga akan dijamin oleh pihak agen travel. Sebagai penyedia layanan jasa, tentunya mereka takkan mengecewakan kita yang menjadi konsumennya. Paket wisata yang tersedia di agen travel ini sendiri biasanya beragam, mulai dari wisata satu hari, 2 hari 1 malam, 3 hari 2 malam hingga paket bulan madu, umroh plus turki. Semuanya bisa dipilih sesuai keinginan masing-masing.

tour and travel

Memesan jasa tour and travel juga semakin mudah berkat adanya kecanggihan teknologi. Kita bisa mengakses website resmi dari agen travel tersebut untuk melihat daftar paket wisata yang ditawarkan, lengkap dengan biaya, fasilitas yang didapat serta tempat-tempat yang dikunjungi. Kita juga dapat melakukan survey harga antara satu agen travel dengan agen travel yang lain. Dengan begini, kita akan mendapatkan jasa agen travel terbaik dengan harga yang sepadan. Selain itu, kita juga butuh tips-tips khusus dalam memilih agen travel mana yang sebaiknya digunakan. Pasalnya, tak semua agen travel memberikan sesuai apa yang mereka janjikan.

Tips Memilih Tour & Travel Terbaik

Kita juga pasti tak ingin liburan berakhir kacau karena kesalahan pemilihan agen travel. Berikut adalah beberapa tips memilih tour and travel terbaik sebagai partner liburan:

  1. Mulailah dari memilih agen travel profesional. Profesionalitas ini akan sangat penting karena berpengaruh pada kualitas layanan serta kenyamanan kita nantinya selama dalam perjalanan. Agen travel yang profesional juga akan memberi detail seputar tempat wisata yang hendak dikunjungi, penjelasan lengkap mengenai paket wisata yang dipilih hingga tampilan website yang menarik serta mudah dipahami. Agar dapat memperoleh agen travel profesional, kita bisa meminta rekomendasi dari teman atau kerabat yang sebelumnya sudah pernah menggunakan jasa tersebut. Agen travel yang baik umumnya akan selalu berusaha dalam membangun hubungan jangka panjang bersama klien, sehingga tak sekadar mengejar transaksi yang tengah berlangsung pada saat itu saja. Kita juga bisa menilai seberapa profesional agen travel dari website resminya, mulai dari tampilan website, caranya promosi hingga jam terbang dari agen travel tersebut, yaitu sudah berapa lama mereka beroperasi.
  2. Tips berikutnya dalam memilih tour and travel ialah jangan mudah tergiur iming-iming harga murah. Banyak memang agen travel yang menggaet calon konsumen dengan cara memasang harga murah. Namun, dengan harga yang ditawarkan tersebut kita harus turut mempertimbangkan fasilitas apa yang didapat. Misalnya, apakah sudah termasuk hotel, konsumsi serta tiket masuk tempat wisata? Seringkali memang ada pilihan wisata murah dari agen travel, dengan catatan harga yang disebutkan belum termasuk biaya hotel. Kita tentu harus mengeluarkan lebih banyak uang lagi untuk kebutuhan tersebut. Bisa jadi kita akan mengeluarkan biaya yang lebih besar karena paket wisata tak termasuk hotel. Pastikan fasilitas dari agen travel tersebut memang memadai serta takkan merepotkan kita.
  3. Tips lain agar kita bisa mendapatkan tour and travel terbaik ialah dengan memilih agen travel dengan jaringan luas. Pastikan agen travel tersebut telah memiliki jaringan kuat yang terkait dengan industri pariwisata, termasuk asosiasi agen perjalanan, jaringan hotel, maskapai penerbangan, kereta api, tur operator hingga perusahaan rental mobil. Jaringan yang luas ini akan mencerminkan bahwa agen itu memang kredibel dan profesional. Selain itu, adanya jaringan luas dari agen travel akan membuat biaya yang dikeluarkan untuk aneka fasilitas seperti akomodasi serta transportasi menjadi lebih murah.
  4. Selanjutnya, penting juga bagi kita dalam memperhatikan rute perjalanan wisata yang diambil. Pilih agen tour and travel yang akan menawarkan paket wisata sejalan dengan keinginan kita. Sebagai contoh, apabila ada 10 objek wisata yang ditawarkan, maka pastikan setidaknya ada 6 atau 7 objek yang memang ada dalam daftar keinginan kita. Jika kita lebih ingin menghabiskan waktu sendirian daripada bersama rombongan, pilih agen yang pilihan kunjungan wisatanya sedikit dan waktu bebasnya lebih banyak tersedia.
  5. Berikutnya, pahami itinerary tour and travel dengan baik. Informasi yang diberikan agen travel mulai dari objek wisata yang dikunjungi, lama perjalanan, lama kunjungan hingga fasilitas apa saja yang diberikan harus diperhatikan betul-betul. Ketahui dari awal juga hotel yang digunakan sebagai tempat menginap agar kita bisa mengenali seluk beluk lokasinya.
  6. Bedakan juga antara tour leader serta tour guide. Tour leader ialah mereka yang membantu serta menemani kita dari titik keberangkatan sampai kembali lagi. Sementara tour guide ialah pemandu yang akan menunjukkan jalan serta menjelaskan objek-objek wisata yang dikunjungi selama perjalanan. Pastikan apakah nantinya dalam perjalanan wisata kita akan ditemani tour leader atau tour guide. Jangan sampai salah menafsirkan tour leader sebagai tour guide agar tak menyesal nantinya.
  7. Terakhir, kita juga bisa mengecek testimoni maupun sharing info traveler lain yang sebelumnya telah menggunakan jasa tour and travel tersebut. Testimoni ini biasanya sudah banyak tersedia dan jangan ragu untuk mencari karena dari sini kita juga bisa menilai seberapa baik jasa yang ditawarkan agen travel tersebut. Biasanya kolom testimoni ini akan kita temukan di website resmi agen travel.

 

Itulah aneka tips dalam memilih agen travel profesional sebagai partner liburan mendatang. Apalagi bagi kita yang baru pertama kali menggunakan jasa agen travel, akan penting untuk memperhatikan aneka tips di atas. Tips di atas juga bermanfaat bagi kita yang tengah memilih biro perjalanan umroh. Mungkin kita sedikit takut akan adanya kasus penipuan jamaah umroh yang tengah ramai belakangan ini. Untuk meminimalisirnya, kita bisa memilih agen tour and travel yang telah terbukti profesionalitasnya, salah satunya adalah Elharamain Wisata. Perjalanan ibadah ke Tanah Suci akan bisa dilaksanakan dengan semakin tenang serta nyaman bersama agen travel yang berpengalaman dan terpercaya.

Keutamaan Umroh Ramadhan yang Belum Banyak Diketahui

Umroh termasuk dalam salah satu ibadah yang dapat dilaksanakan umat Muslim apabila telah memiliki cukup biaya. Ini karena dibutuhkan dana besar untuk menuju Tanah Suci. Selain itu, dibutuhkan pula kekuatan fisik karena banyaknya jamaah di Mekkah serta panjangnya perjalanan yang harus dilalui. Umroh Ramadhan termasuk dalam umroh yang diyakini memiliki banyak keutamaan dibanding umroh di bulan-bulan yang lain. Bagi pemeluk agama Islam, bulan Ramadhan memang adalah bulan penuh berkah di mana pahala dari tiap amal kebaikan yang dilakukan akan dilipatgandakan. Tak heran banyak orang memilih untuk melakukan ibadah umroh di bulan ini agar amalnya berlipat ganda pula. Namun, benarkah demikian?

umroh Ramadhan

3 Pendapat ulama tentang umroh di bulan ramadhan

Diriwayatkan Ibnu Abbas r.a, Rasulullah shallalllahu ‘alaihi wa sallam pernah menyarankan seorang wanita Anshar untuk melakukan ibadah umroh di bulan Ramadhan, karena nilainya sama seperti naik haji bersama beliau. Para ulama kemudian saling berbeda pendapat terkait umroh Ramadhan ini. Setidaknya ada tiga pendapat ulama terkait masalah ini.

  1. Pertama, menurut sebagian ulama, keutamaan umroh di bulan Ramadhan hanya berlaku bagi wanita serta tidak berlaku bagi yang lainnya. Salah satu ulama yang meyakini ini adalah Said bin Jubair, murid Ibnu Abbas ra. Hadis Ummu Ma’qil terutama mendukung pendapat ini. Namun, tambahan keterangan dari Ummu Ma’qil terbilang lemah sehingga tak dapat diterima sebagai dalil yang sahih.
  2. Kedua, ada pula yang mengatakan bahwa keutamaan dari umroh Ramadhan hanya berlaku bagi orang yang telah memiliki niat haji namun tak mampu melaksanakannya. Barulah ia mengganti ibadah hajinya dengan umroh di bulan Ramadhan, sehingga ia mendapat pahala haji yang sempurna. Walau hanya umroh, namun niatnya adalah berangkat haji bersama Rasulullah.
  3. Pendapat ketiga adalah bahwa keutamaan ini berlaku untuk semua kaum muslimin. Pendapat ini diyakini sebagian besar ulama dari empat mazhab serta menjadi pendapat yang paling kuat. Alasannya karena banyak sahabat Rasulullah yang turut meriwayatkan hadist ini sehingga keutamannya tak hanya berlaku bagi Ummu Ma’qil. Selain itu, pendapat yang menyatakan bahwa keutamaan ini hanya berlaku bagi mereka yang niat haji tapi tak mampu melakukannya sebenarnya kurang tepat. Orang yang sungguh-sungguh ingin naik haji dan melakukan aneka usaha namun mendapat halangan yang berada di luar kehendaknya, maka Allah memberi pahala seperti orang yang mengamalkannya. Hal ini karena ada semangat kebaikan dalam diri orang tersebut.

keutamaan umroh Ramadhan

Selain perdebatan terkait keutamaan umroh Ramadhan, ada lagi yang mempertanyakan manakah yang lebih utama antara umroh di bulan Ramadhan dengan umroh di bulan Dzulqa’dah. Seperti telah dibahas sebelumnya bahwa umroh yang dilakukan pada bulan Ramadhan akan memiliki pahala setara ibadah haji serta berlaku secara umum untuk semua orang. Sementara itu, orang yang melakukan umroh secara berulang-ulang, misalnya keluar masuk Mekkah maka tidak akan termasuk dalam orang yang pahala umrohnya setara ibadah haji. Kita juga harus memperhatikan perkara pahala yang didapat. Mungkin ada yang bertanya-tanya, mengapa umroh yang lebih sederhana dari haji bisa mendapat pahala yang sama besarnya?

Hal ini sebenarnya sama dengan sabda Nabi terkait membaca surat Al Ikhlas yang sama pahalanya dengan 1/3 Al Quran, padahal surat Al Ikhlas itu sendiri hanya terdiri dari 4 ayat saja. Yang disamakan di sini adalah pahala yang didapat, walau ibadah haji ada lebih banyak aktivitas dan juga kesulitan yang dialami. Lalu, manakah yang lebih utama antara umroh Ramadhan dengan umroh di bulan Dzulqa’dah? Sebenarnya, tidak ada satu pun penjelasan yang berasal dari Rasulullah terkait keutamaan umroh pada bulan Dzulqa’dah. Namun, ada juga satu fakta di mana semua ibadah umroh yang dilaksanakan Rasulullah selalu pada bulan tersebut. Dari sinilah muncul perdebatan mengenai mana yang lebih utama antara umroh pada bulan Ramadhan atau bulan Dzulqa’dah.

Terkait hal ini, para jumhur ulama mengemukakan pendapat bahwa umroh Ramadhan lebih memiliki keutamaan dibanding umroh pada bulan Dzulqa’dah. Hal ini terkait tidak adanya dalil yang menguatkan keutamaan umroh di bulan tersebut, kecuali jika hanya ingin menyesuaikan dengan apa yang sering dilakukan Rasulullah. Umroh pada bulan Ramadhan sendiri telah dijelaskan keutamaannya pada dalil-dalil sahih sehingga lebih kuat dan dapat dipercaya. Jelas bahwa umroh pada bulan Ramadhan memiliki pahala setara ibadah haji, sementara umroh pada bulan Dzulqo’dah hanya mengikuti kebiasaan Rasulullah saja.

Agen travel umroh Ramadhan yang terpercaya

Satu hal lain yang harus turut diperhatikan terkait keutamaan umroh Ramadhan ialah memilih biro travel yang akan membawa kita ke Tanah Suci. Belakangan ini tengah ramai pembicaraan seputar kasus penipuan agen umroh yang korbannya mencapai ribuan orang. Tentu kita merasa takut dan khawatir akan turut tertipu juga. Memang penting memilih agen travel yang berpengalaman serta terpercaya agar bisa melakukan perjalanan ibadah dengan tenang serta nyaman.

Untuk bisa memilih agen travel umroh Ramadhan yang terpercaya, salah satunya adalah kita harus memastikan apakah agen travel tersebut profesional. Pastikan agen travel memang memiliki reputasi bagus dan jam terbangnya tinggi. Kita bisa lihat juga testimoni dari konsumen terdahulu agar bisa menilai seberapa bagus pelayanan yang diberikan, terutama dari segi harga serta fasilitas apa saja yang akan didapat dengan harga demikian. Tiap agen travel umumnya akan memasang harga yang berbeda untuk layanan yang berbeda, misalnya umroh dengan fasilitas mewah maupun fasilitas yang biasa saja namun tetap memadai.

Kita bisa memilih paket umroh Ramadhan yang sesuai ketersediaan dana masing-masing. Tentu harga akan menentukan kualitas, sehingga sebaiknya kita tak tergoda dengan penawaran harga murah yang terkadang akan dibarengi fasilitas yang kurang memadai. Lebih baik jika kita memilih agen travel umroh berdasarkan rekomendasi dari orang-orang terpercaya yang sudah pernah mencobanya, misalkan rekomendasi teman, kerabat ataupun keluarga. Cara ini akan memastikan kita mendapat layanan terbaik dari agen travel pilihan yang sudah pasti bisa dipercaya serta tak melakukan tindak penipuan. Cek juga fasilitas apa yang akan kita dapat berdasarkan paket yang dipilih serta harga yang dibayarkan. Pastikan semua fasilitas yang didapat itu sesuai biaya yang sudah kita keluarkan.

Salah satu agen travel umroh yang bisa kita pilih adalah Elharamain Wisata. Dengan pengalaman dan jam terbang tinggi, agen travel umroh satu ini dapat dipilih sebagai partner dalam melakukan perjalanan ibadah ke Tanah Suci. Jangan lupa juga untuk persiapkan kesehatan sebaik mungkin karena ibadah satu ini akan sangat menguras fisik kita. Perjalanan jauh serta aktivitas yang padat membuat kita harus selalu memiliki tubuh yang sehat agar bisa mengikuti semua kegiatan yang dijadwalkan. Umroh Ramadhan bersama Elharamain Wisata travel umroh terpercaya bisa jadi salah satu cara bagi kita dalam semakin mendekatkan diri pada Yang Kuasa karena ibadahnya dianggap setara dengan ibadah haji.

Tips yang Harus Dilakukan selama Melakukan Perjalanan Haji dan Umroh

Haji serta umroh merupakan perjalanan spiritual yang wajib dilakukan oleh umat Islam yang mampu secara finansial dan fisik. Perjalanan spiritual ini merupakan perjalanan yang panjang. Sehingga, menyiapkan segala sesuatu dengan matang dan terperinci merupakan kewajiban bagi orang-orang yang akan menunaikan ibadah haji sekaligus umroh. Sehingga, kualitas ibadah haji dan umroh tidak akan rusak karena hal-hal sepele yang tidak dipersiapkan sejak dini.

tips Perjalanan Haji dan Umroh
tips Perjalanan Haji dan Umroh

Jika ada persiapan yang terlewatkan, jamaah haji atau umroh sudah kehilangan konsentrasi dalam melakukan ibadah, sehingga ibadah haji atau umroh yang mereka lakukan tidak diterima oleh Allah SWT. Sehingga, mereka tidak bisa memperoleh gelar haji yang mabrur. Supaya perjalanan haji dan umroh bisa berlangsung dengan kualitas yang sempurna, jamaah haji serta umroh harus menerapkan tips-tips di bawah ini.

  • Belajar Kosa Kata Bahasa Arab

Tips pertama yang harus dilakukan supaya mendapatkan perjalanan haji dan umroh yang berkualitas adalah dengan mempelajari kosa kata bahasa Arab yang sederhana. Tips yang satu ini sering kali diabaikan oleh jamaah haji atau umroh. Mereka beranggapan bahwa perjalanan haji atau umroh hanya sebentar, sehingga tidak perlu menguras otak untuk mempelajari bahasa Arab. Padahal mempelajari bahasa Arab menjadi bekal yang penting bagi jamaah haji atau umroh. Jika mempelajari bahasa Arab, mereka tidak perlu kerepotan mencari penerjemah saat ingin bertanya atau mencari sesuatu. Bahkan, bahasa Arab menjadi bekal yang penting bagi jamaah haji yang ingin berbelanja oleh-oleh khas Arab di pasar. Mereka bisa mendapatkan harga yang murah jika melakukan tawar menawar dengan menggunakan bahasa Arab. Sehingga, tidak ada salahnya mempelajari kosa kata bahasa Arab yang sederhana, seperti minta tolong, menanyakan arah, menanyakan lokasi fasilitas umum, menolak atau menyetujui ajakan, meminta maaf, dan berterima kasih.

  • Minum Air Putih dalam Jumlah yang Cukup

Arab adalah negara dengan iklim yang ekstrem. Pada siang hari, Arab memiliki temperatur udara yang sangat panas, hingga mencapai 42 derajat Celcius. Sebaliknya, temperatur udara di Arab menjadi sangat dingin saat malam hari. Sehingga, disarankan jamaah haji dan umroh untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup supaya terhindar dari dehidrasi dan bisa fokus mengikuti rangkaian ibadah haji serta umroh. Namun, jangan berlebihan dalam meminum air putih karena bisa mengganggu konsentrasi beribadah dengan terlalu sering pergi ke toilet. Apalagi toilet di Mekah dan Madinah jaraknya jauh dan memiliki antrean yang panjang.

  • Tidak Disarankan Membawa Anak Kecil

Jamaah haji dan umroh tidak disarankan untuk membawa anak yang masih kecil atau usianya belum akil balig. Hal ini dikarenakan perjalanan haji atau umroh merupakan perjalanan yang panjang dan menguras banyak tenaga. Membawa anak yang masih kecil akan sangat merepotkan dan merusak konsentrasi beribadah. Anak pun merasa tidak nyaman dengan iklim di Arab yang sangat ekstrem. Sehingga, jamaah haji serta umroh harus berbesar hati untuk menitipkan anak pada keluarga besar atau kerabat yang ada di Indonesia.

  • Jaga Keamanan Barang Bawaan

Setiap tahunnya jumlah jamaah haji dan umroh semakin bertambah banyak. Sehingga, keamanan menjadi hal yang perlu diwaspadai oleh jamaah haji atau umroh. Sering kali jamaah haji atau umroh salah mengambil barang atau barangnya diambil oleh orang lain. Sehingga, demi menjaga keamanan barang bawaan, tidak ada salahnya memberikan tanda atau label pada barang-barang tersebut, misalnya sandal, mukena, Al Quran, tempat makan, dan botol minum.

  • Hindari Membawa Makanan yang Berlebihan

Makanan merupakan hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan perjalanan haji dan umroh. Makanan tersebut bisa dibawa dari Tanah Air atau membeli ketika berada di Arab. Namun, tidak disarankan membawa makanan dalam jumlah yang banyak supaya tidak menimbulkan banyak sampah.

  • Lakukan Ibadah di Tepian

Jamaah haji atau umroh wajib mempraktekkan tips ini supaya tidak kehilangan kekhusyukan atau fokus selama melakukan ibadah. Jamaah haji atau umroh yang ingin melakukan salat di masjid sebaiknya memilih bagian tepi masjid. Hal ini disebabkan bagian tengah masjid merupakan tempat untuk lalu lalang orang yang bisa mengganggu konsentrasi beribadah.

  • Bawa Pakaian dalam Jumlah yang Cukup

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Mekah dan Madinah memiliki temperatur udara yang tinggi. Selain itu, Mekah dan Madinah berada di sekitar padang pasir sehingga ada banyak debu yang beterbangan. Tidak heran jika tubuh jamaah haji menjadi lebih mudah berkeringat dan kotor. Sehingga, selama melakukan ibadah, jamaah haji atau umroh harus sering mengganti pakaian yang bersih supaya tubuh tetap nyaman. Bawalah pakaian yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat supaya tubuh tidak merasa kegerahan.

  • Siapkan Mata Uang Arab

Selain menunaikan rangkaian ibadah haji serta umroh, jamaah haji serta umroh di Arab kerap berbelanja oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di Tanah Air. Sehingga, sudah menjadi kewajiban bagi jamaah haji atau umroh untuk memiliki mata uang Arab yaitu Riyal. Jamaah haji atau umroh bisa menukar mata uang Rupiah dengan Riyal di lobi hotel atau tempat penukaran uang yang ada di bandara.

 

Haji dan umroh bisa menjadi perjalanan spiritual yang mengesankan dan tidak terlupakan jika dilakukan dengan penuh kesungguhan. Salah satu cara supaya perjalanan haji serta umroh mengesankan adalah dengan menggunakan paket haji serta umroh Elharamain Wisata. Elharamain Wisata sudah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun dalam mendampingi jamaah haji atau umroh di Indonesia.

 

Umroh Plus Turki dengan Agen Umroh Terpercaya

Pengalaman Umroh Plus Turki dengan Agen Umroh Terpercaya,Haji menjadi salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan bagi yang mampu. Namun waktu tunggu untuk berangkat haji yang lama, membuat beberapa muslim lebih memilih untuk umroh. Beribadah ke tanah suci sekaligus berwisata ke salah satu negara Eropa yang memiliki muslim cukup banyak.

umroh plus Turki

Terlebih lagi sekarang ada umroh plus Turki yang menarik untuk diikuti. Paket umroh plus ini pun kemudian menjadi tren dan banyak diminati masyarakat tanah air. Beberapa tempat menarik seperti yang ada di Istanbul adalah yang ditawarkan dari paket ini. Berbeda dengan umroh reguler yang biasanya hanya melakukan city tour atau keliling Mekah. Umroh plus ini akan mengajak Anda menikmati lebih banyak pengalaman, seperti pengalaman-pengalaman berikut.

umroh plus Turki
umroh plus Turki

Pengalaman di Tanah Suci dan Turki

Hal utama yang menjadi pengalaman paling luar biasa tentu saja adalah berkunjung ke masjidil haram. Kota suci yang ingin dituju oleh semua umat muslim di dunia. Untuk umroh plus Turki ini kebanyakan melalui bandara internasional Ataturk di Turki. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke tanah suci, bisa ke Madinah atau Mekah terlebih dahulu. Selama di tanah suci, Anda bisa beribadah lebih banyak dengan khusyuk. Berdoa di dekat kabah atau tempat-tempat mustajab lain di kota Mekah. Pengalaman mengunjungi kota Alharam ini tentu menjadi yang paling berharga bagi setiap muslim. Melihat langsung tempat-tempat suci dan berbagai peninggalan bersejarah.

Perlu diingat untuk yang melakukan umroh tanpa mahram biasanya memerlukan surat keterangan. Selain beribadah di Mekah dan Madinah, jamaah umroh plus Turki pun bisa menikmati dua kota suci tersebut. City tour biasanya mengajak jamaah untuk melihat bazar atau pusat oleh-oleh di Mekah dan Madinah. Tempat tersebut bisa menjadi pilihan untuk jamaah yang ingin membeli kurma asli atau pun buah tangan lain untuk oleh-oleh. Tidak jarang pula, jamaah yang membeli emas Arab di tempat-tempat tersebut. Pedagang di sana pun biasanya bisa mengucapkan beberapa kata dalam Bahasa Indonesia, bahkan ada yang bisa berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Anda bisa menawar di sana, tetapi sebaiknya jika Anda sudah tawar, beli barang tersebut. Pedagangnya memang ramah, namun bisa saja berubah karena tidak jadi membeli.

Pengalaman tambahan yang hanya bisa diperoleh melalui umroh plus Turki tentu saja adalah wisata ke negara bekas kekaisaran Ottoman. Pengalaman yang berharga karena bisa menjelajah beberapa tempat menarik di sana. Apalagi Anda bisa sekalian lebih mengenal peradaban Islam di Eropa tersebut. Turki bahkan menjadi salah satu negara terbaik untuk Anda mempelajari peradaban Islam terbesar di seluruh dunia. Negara ini memiliki banyak benda-benda bersejarah, seperti bekas telapak kaki dan janggut Nabi Muhammad SAW. Di Turki, jamaah bisa melihat pedang peninggalan khalifah-khalifah zaman dulu.

Pengalaman yang tak kalah menarik adalah mengunjungi beberapa destinasi wisata favorit yang begitu indah. Ada beberapa tempat menarik seperti masjid biru hingga Hagia Shopia. Semua bangunan yang memiliki cerita Islam tersebut bisa dijumpai saat Anda mengikuti umroh plus Turki. Seperti yang sudah diketahui, bahwa Hagia Shopia merupakan salah satu landmark kota Istanbul. Bangunan tersebut pun memiliki banyak cerita menarik di dalamnya. Cerita sebelum Hagia Shopia menjadi museum. Anda pun bisa menikmati keindahan arsitek bangunan Hagia Shopia di dalamnya, seperti yang paling terkenal yakni mozaik bergambar bunda Maria dan juga kaligrafi.

Perjalanan umroh dan wisata ke Turki akan mengajak Anda melihat lebih banyak sisi dari kota Istanbul yang mungkin belum Anda ketahui. Umroh plus Turki ini menawarkan pengalaman menarik untuk melihat budaya dan tradisi di negara Eropa tersebut. Turki sendiri memiliki budaya yang unik karena pertautan dari budaya Eropa sendiri dan juga budaya dari Asia. Geografis negara ini pun unik sehingga pemandangan alamnya cukup berbeda dengan yang ada di tanah air. Jamah pun bisa memiliki kesempatan untuk melihat selat Bosphorus yang sangat terkenal. Selat tersebut menjadi pemisah negara Turki dengan negara lain.

Jadi pastikan Anda membawa kamera untuk mengabadikan pemandangan yang dijumpai di Turki. Bangunan-bangunan sejarah Ottoman dan peninggalan Konstantinopel bisa menjadi objek menarik untuk foto. Selain beribadah umroh, Anda pun bisa mendapatkan foto-foto terbaik selama mengikuti umroh plus Turki. Objek yang paling sering difoto antara lain adalah museum Hagia Shopia dan juga Blue Mosque. Dua bangunan tersebut memang begitu indah dengan arsitektur yang sangat megah. Banyak wisatawan yang terpana dengan keindahan bangunan tersebut. Seperti warna biru yang mendominasi Blue Mosque. Keramik marmer dan berbagai material dari batu berharga menjadi penghias bangunan tersebut. Kisah di baliknya pun cukup menarik untuk Anda simak.

Hal yang tidak boleh terlewat saat umroh dan wisata ke Turki adalah mencicipi makanan khas di setiap negara tersebut. Mungkin untuk makanan selama di Mekah dan Madinah sudah cukup akrab untuk masyarakat tanah air. Namun makanan-makanan khas dari Turki adalah yang tidak boleh terlewatkan. Makanan dari negara ini sudah banyak yang terkenal, seperti kebab. Jamaah umroh plus Turki berkesempatan untuk menikmati kebab asli dari asalnya. Mencicipi aneka makanan dari tempat aslinya tentu menjadi pengalaman yang berbeda. Namun untuk sebagian besar masyarakat tanah air memang tidak begitu cocok dengan cita rasa khas Turki. Walaupun tidak begitu suka, makan makanan khas Turki tersebut akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Pengalaman wisata religi seperti umroh memang selalu memberikan sesuatu yang berbeda. Berbeda dengan wisata ke tempat-tempat lain, perjalanan ke tanah suci sering memberikan perubahan positif pada orangnya. Melalui berbagai hal yang mungkin tidak disangka-sangka terjadi di sana. Umroh plus Turki ini tentunya akan memberikan lebih banyak pengalaman. Seperti halnya pengalaman naik pesawat komersial terbaik di dunia. Perjalanan ke Turki biasanya menggunakan maskapai seperti Ettihad. Bagi yang belum pernah merasakan naik pesawat terbaik tersebut, pastinya akan menjadi pengalaman paling berkesan. Fasilitas di dalam pesawat serta makanan yang khas di dalamnya. Tidak kalah menariknya adalah pengalaman melakukan perjalanan lebih dari 13 jam di dalam pesawat. Beberapa penerbangan biasanya langsung, namun ada pula yang transit.

Ada begitu banyak agen umroh yang menyelenggarakan umroh plus tersebut. Pilihlah agen perjalanan umroh yang bagus dan pelayanannya profesional. Anda bisa menggunakan Elharamain Wisata untuk perjalanan umroh dan wisata ke Turki. Jika Anda ingin merasakan pengalaman luar biasa beribadah ke tanah suci dan wisata ke negara Konstantinopel, bisa mengikut paket umroh plus Turki dari agen terbaik ini. Anda bisa beribadah dengan khusyuk selama umroh, dan setelahnya bisa menikmati banyak hal menarik di Turki. Agen umroh terpercaya ini menawarkan paket umroh plus ke Turki dengan pelayanan dan harga terbaik. Perjalanan ke tanah suci dan Turki ini tentu menarik dan banyak diminati.

Nikmati Paket Daftar Haji Dan Umroh Menarik Serta Wisata ke Istanbul

Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang masuk dalam rukun islam yang ke lima. Ibadah haji hanya bagi yang mampu, tidak seperti ibadah lain misalnya sholat dan puasa. Ibadah haji ditunaikan apabila mampu secara harta maupun secara fisik atau kesehatan. Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia banyak yang mengantre untuk daftar haji. Antrean tersebut bisa dibilang cukup panjang. Namun, akhir-akhir ini banyak sekali masyarakat mencari alternatif untuk pergi ke tanah suci Mekkah dengan menunaikan ibadah haji umroh. Berbeda dengan daftar haji, daftar umroh memang lebih cepat. Apalagi jika dibandingkan daftar haji yang bisa dilaksanakan bulan Dzulhijah saja. Selain itu, biayanya juga lebih kecil karena jama’ah hanya tinggal di tanah suci selama beberapa hari saja.

Paket Daftar Haji Dan Umroh
Paket Daftar Haji Dan Umroh

Salah satu paket travel haji atau umroh yaitu Elharamain Wisata. Elharamain Wisata menyediakan berbagai paket haji atau umroh yang sangat menarik. Paket tour yang tersedia akan membuat Anda sangat nyaman. Selain itu, harga yang ditawarkan oleh Elharamain Wisata juga cukup bersahabat dengan kantong Anda. Elharamain Wisata sudah memiliki perizinan dari Kementerian Agama sehingga tidak akan ada unsur penipuan. Anda dapat daftar haji atau umroh secara langsung di kantor Elharamain Wisata. Kantor resmi Elharamain Wisata sendiri berada di wilayah Bekasi. Anda akan disuguhkan dengan berbagai fasilitas menarik dan juga pembimbing haji atau umroh yang sudah profesional serta berkualitas, sehingga Anda dapat melaksanakan haji atau umroh dengan nyaman dan khusyuk.

Jadwal Paket Daftar Haji Dan Umroh Elharamain Wisata

Jasa travel haji atau umroh ini menyuguhkan fasilitas yang membuat jama’ah nyaman dan aman. Apabila Anda daftar haji atau umroh dengan jasa Elharamain Wisata, Anda akan mendapati paket haji atau umroh yang disediakan diantaranya yaitu paket umroh dan tour ke Istanbul dan paket umroh serta tour ke Al Quds, Palestina. Berikut ini adalah rangkaian perjalanan yang akan Anda tempuh selama umroh dengan paket wisata Istanbul, Turki.

 

  • Hari pertama : Jakarta-Istanbul

Jama’ah akan diberangkatkan melalui Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, melalui terminal keberangkatan gate 2D dan take off menggunakan pesawat Turkish Airline. Jama’ah akan tiba di Bandara Attaturk, Turk. Jama’ah diarahkan menuju Hotel  Rich Mond, Istanbul.

  • Hari kedua 

Jama’ah akan menikmati perjalanan di Istanbul dengan tujuan atau destinasi meliputi Masjid Biru, Hippodrome, Masjid Hagia Sophia, Masjid Ayub Al Anshar.

  • Hari ketiga

Jama’ah masih diarahkan untuk tour menuju Selat Bosphorus menggunakan private boat, grand bazar, serta Egypt Market.

  • Hari keempat : Istanbul-Madinah

Jama’ah diberangkatkan menuju Madinah. Setelah tiba di Madinah, jama’ah harus melalui proses pengurusan imigarsi di Madinah, kemudian dilanjutkan check in hotel.

  • Hari kelima 

Jama’ah diarahkan untuk sholat subuh di Masjid Nabawi. Jama’ah kemudian dibawa untuk berziarah di sekitar Masjid Nabawi, makam Rasulullah SAW, dan para sahabat. Kemudian, jama’ah mengunjungi museum di sekitar Masjid Nabawi. Jama’ah sholat Dzuhur, Ashar, Maghrib, serta Isya di Masjid Nabawi. Untuk makan siang, serta makan malam akan dibawa ke hotel kembali. Jama’ah akan diajak untuk ziarah dalam raudhoh.

  • Hari keenam : Ziarah Madinah

Sholat subuh dilaksanakan di Masjid Nabawi. Setelah sarapan di hotel, jama’ah dibawa untuk berziarah di luar Kota Madinah dengan tujuan Masjid Quba, Jabal Uhud, Masjid Qiblatain, percetakan Al Qur’an, serta kebun kurma. Jama’ah diarahkan untuk sholat Dzuhur, sholat Ashar, Maghrib, Isya , serta ibadah lain di Majid Nabawi dan istirahat di hotel. Setelah Isya jama’ah diarahkan untuk manasik sebelum diberangkatkan ke Mekkah.

  • Hari ketujuh : Madinah-Mekah

Jama’ah melaksanakan sholat subuh dan Dzuhur di Nabawi Mosque serta sarapan di hotel. Miqat berada di Masjid Bir Ali. Berkumpul di hotel dan bersiap-siap melaksanakan ibadah haji umroh.

  • Hari kedelapan : Mekah

Sholat Subuh serta ibadah lainnya dilaksanakan di Majidil Haram. Makan dan istirahat dilaksanakan di hotel. Jama’ah memperbanyak ibadah di Masjidil Haram. Jama’ah diarahkan untuk sholat Ashar, Maghrib, Isya  serta melaksankan ibadah seperti tilawah Al Qur’an, berdzikir, dan thawaf sunnah di Majidil Haram. Jama’ah kembali makan malam dan istirahat di hotel.

  • Hari kesembilan : Ziarah

Jama’ah akan melaksanakan ziarah di Mekah dan mengunjungi Jabal Nur, Jabal Tsur, Jabal Rahmah, Mina, dan Muzdalifah.

Jama’ah kembali ke Masjidil Haram untuk sholat Dzuhur dan istirahat di hotel. Jama’ah kembalinke Masjidil Haram untuk Sholat Ashar dan beribadah di Masjidil Haram.

  • Hari kesepuluh 

Sholat subuh dilaksanakan di Masjidil Haram dan sarapan di hotel. Ibadah dilanjutkan di Masjidil Haram. Jama’ah melaksanakan sholat Dzuhur, Ashar, dan ibadah lain di Masjidil Haram. Istirahat dilaksanakan di hotel setelah Sholat Dzuhur. Sholat Maghrib, sholat Isya, dan ibadah lain dilaksanakan kembali di Masjidil Haram. Jama’ah kembali ke hotel untuk istirahat dan makan malam.

  • Hari kesebelas : Mekah-Jedah-Istanbul

Sholat subuh dilaksanakan di Masjidil Haram dan kembali ke hotel untuk sarapan. Jama’ah kembali ke Masjidil Haram untuk thawaf wada. Jama’ah diarahkan menuju Jeddah dan melaksanakan tour dengan tujuan destinasi pusat perbelanjaan Cornice, Masjid terapung, laut merah. Tour dilaksanakan jika waktunya memungkinkan. Jama’ah diarahkan menuju Bandara King Abdul Aziz untuk menuju ke Istanbul.dan kemudian ke Indonesia.

  • Hari kedua belas: Istanbul-Jakarta

Jama’ah tiba di Bandara Attaturk, Istanbul, kemudian diarahhkan untuk menunggu keberangkatan ke Jakarta.

Rangkaian acara tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Namun, pihak jasa travel akan menginformasikan pada jama’ah yang telah daftar haji atau umroh melalui Elharamain Wisata.

Bagaimana? menarik bukan? Bagi Anda yang akan melaksanakan haji atau umroh, pastikan diri Anda untuk segera daftar haji atau umroh melalui jasa travel ini. Daftar haji atau umroh cukup mudah. Anda dapat menghubungi pihak tour travel melalui nomor telepon 082177397288 atau datang ke kantor Elharamain Wisata. Selamat menikmati. Semoga ulasan kali ini dapat menjadi acuan bagi Anda yang ingin berangkat umroh dengan menggunakan agen perjalanan yang terpercaya.  Selamat menjalankan ibadah, semoga segalanya dipermudah. amin!

Bagaimana Cara Menyempurnakan Rukun Umroh?

Bagaimana Cara Menyempurnakan Rukun Umroh?,Umroh adalah ibadah populer di masyarakat. Islam memang agama yang mengajarkan untuk selalu memaknai kehidupan, sebagai bekal di kehidupan selanjutnya, demikian juga yang coba diajarkan Islam pada ibadah umroh. Salah satu hal yang diajarkan ketika menjalankan ibadah umroh adalah mematuhi setiap bentuk ibadah dengan runtut yang disebut dengan rukun umroh.

Ibadah umroh menjadi ibadah yang digemari oleh masyarakat, karena biayanya yang lebih murah dari pada haji dan bisa dilaksanakan kapan saja. Bahkan ibadah umroh di kalangan artis menjadi ibadah yang rutin dilakukan, bersama dengan keluarga besar. Banyak orang yang memaknai ibadah umroh sebagai salah satu cara untuk berziarah ke tanah suci dan menjalankan ibadah-ibadah yang diwajibkan ketika umroh. Namun, sesungguhnya terdapat hal-hal bermakna yang terselip dalam ibadah umroh dan makna tersebut sangat mendalam untuk dimaknai oleh umat muslim.

 

Cara Menyempurnakan Rukun Umroh
Cara Menyempurnakan Rukun Umroh

Bagi para calon jamaah umroh, rukun umroh pastinya harus dipahami terlebih dahulu. Rukun dalam ibadah umroh sifatnya wajib dan harus dipatuhi. Namun, sebelum memahami rukun dalam ibadah umroh, haruslah memahami terlebih dahulu syarat sahnya ibadah umroh. Berikut adalah syarat sahnya ibadah umroh yang harus diketahui dan dilaksanakan oleh para jamaah umroh ketika berada di tanah suci.

  1. Islam

Rukun yang pertama ini sifatnya wajib dan mutlak, yaitu seorang jamaah umroh haruslah beragama Islam.

  1. Berakal

Rukun yang kedua adalah berakal, dimana seorang jamaah umroh haruslah memiliki akal yang sehat lagi baik, artinya tidak memiliki kelainan dalam mentalnya seperti gila. Hal ini karena ketika menjalankan ibadah umroh, seorang jamaah harus dapat menuntaskan setiap rangkaian ibadah dengan baik, dengan penuh kesadaran dan pemaknaan yang mendalam.

  1. Mampu

Mampu dalam Islam disebut dengan Istitaah, yang memiliki arti bahwa setiap muslim yang ingin menunaikan ibadah umroh haruslah memiliki kemampuan, baik secara finansial maupun kemampuan fisik. Kemampuan finansial ini dibutuhkan karena untuk bisa menjalankan ibadah umroh harus mengeluarkan biaya untuk transportasi, perlengkapan, perjalanan dan akomodasi yang lainnya. Selain kemampuan finansial, kemampuan lain yang harus dimiliki oleh seorang jamaah umroh adalah kemampuan fisik. Kemampuan fisik diperlukan karena ketika menjalankan ibadah umroh nanti dibutuhkan fisik yang kuat dan sehat untuk melaksanakan setiap rangkaian ibadah di tanah suci.

  1. Baligh

Seorang jamaah umroh haruslah sudah baligh, karena ketika sudah baligh seseorang dianggap telah memiliki tanggung jawab atas dirinya sendiri dalam menjalankan ibadah.

  1. Merdeka

Seorang jamaah umroh adalah seorang hamba yang merdeka, bukan merupakan hamba sahaya dari seorang tuan. Merdekanya seorang umat muslim yang menjalankan ibadah umroh penting karena ibadah umroh berlangsung berhari-hari, sehingga harus meninggalkan segala aktivitasnya terlebih dahulu. Apabila seorang umat muslim belum merdeka, maka kewajiban yang harus dilakukannya untuk sang tuan akan terganggu.

Rukun Umroh

Semua syarat dari ibadah umroh tersebut harus dipenuhi apabila ingin ibadah umrohnya sah di hadapan Allah SWT. Setelah segala syarat umroh tersebut dapat dipenuhi, maka yang selanjutnya harus dipenuhi adalah rukun umroh. Rukun umroh terdiri dari lima hal, yaitu :

  1. Ihram

Ihram merupakan pakaian wajib yang dikenakan ketika menjalankan ibadah umroh. Ihram bagi laki-laki dan perempuan memiliki ketentuan yang berbeda. Bagi laki-laki, pakaian ihram terdiri dari dua kain polos yang disunahkan berwarna putih dengan tanpa jahitan sama sekali. Kain pertama digunakan untuk menutup tubuh bagian bawah, yaitu mulai dari pusar hingga di atas mata kaki. Kemudian, kain yang berikutnya adalah kain yang dislempangkan untuk menutupi tubuh bagian atas, depan dan belakang. Bagi jamaah perempuan, pakaian ihram berupa baju yang menutup seluruh badan, kecuali bagian wajah dan telapak kaki. Untuk kerudung, dianjurkan untuk memakai kerudung yang menutupi bagian dada. Namun, jamaah perempuan tidak boleh mengenakan kaus tangan karena dapat menutupi telapak tangan dan tidak boleh mengenakan cadar karena bisa menutupi wajah.

  1. Tawaf

Sama halnya dengan ibadah haji, rukun yang harus dijalankan pada ibadah umroh adalah tawaf, yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali.

  1. Sa’i

Rangkaian ibadah selanjutnya yang wajib dijalankan ketika ibadah umroh adalah sa’i. Sa’i dilakukan dengan berlari-lari kecil dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah, yang dilakukan sebanyak 7 kali.

  1. Tahalul

Tahalul merupakan rangkaian ibadah umroh yang terakhir yaitu mencukur sebagian rambut kepala. Dilaksanakannya tahalul menandakan bahwa jamaah sudah tuntas dalam menunaikan ibadah umroh.

  1. Tertib

Rukun umroh yang terakhir adalah tertib, maksudnya adalah bahwa setiap rangkaian dalam ibadah umroh harus dilakukan secara urut, tidak boleh hilang salah satu dan tidak boleh dilakukan secara acak.

Dalam menjalankan ibadah umroh, rukun umroh harus disempurnakan dengan kewajiban-kewajiban lain dalam melaksanakan ibadah umroh sehingga rukun umroh dapat sempurna dan ibadah umroh menjadi sah diterima. Kewajiban-kewajiban sebagai pelengkap dari rukun umroh tersebut antara lain adalah:

  1. Niat Ihram dan Miqot
  2. Meninggalkan hal-hal yang dilarang untuk dilakukan oleh jamaah ketika ibadah umroh. Hal-hal yang dilarang ini seperti :
  • mengenakan pakaian yang memiliki jahitan pada laki-laki
  • mengenakan penutup kepala yang sifatnya menempel pada kepala seperti kupluk atau topi, tapi diperbolehkan menggunakan payung untuk menangkal panas matahari.
  • memakai sepatu yang menutup mata kaki bagi laki-laki, karena mata kaki harus terlihat.
  • memakai wewangian ketika mengenakan pakaian ihram, hal ini berlaku bagi laki-laki maupun perempuan.
  • memotong kuku atau bercukur
  • membunuh hewan jenis apapun
  • merusak tumbuhan sehingga tumbuhan mati
  • melangsungkan pernikahan, melamar ataupun menjadi saksi dalam suatu acara pernikahan.
  • Berjimak dengan istri atau suami
  • Bertengkar baik secara fisik maupun perkataan dengan orang lain.

Semua larangan tersebut apabila dijauhi dapat menyempurnakan rukun umroh yang memang wajib untuk dilaksanakan. Dalam menjalankan ibadah umroh, selain berbagai syarat dan rukun yang harus dipenuhi, jamaah juga memerlukan penyedia jasa perjalanan umroh. Jasa perjalanan umroh ini memiliki banyak sekali manfaat, antara lain dalam hal pengurusan dokumen-dokumen penting yang menjadi syarat bepergian ke Mekkah seperti passport, visa dan lain-lain yang harus diurus ke lembaga pemerintah. Saat ini dalam memilih jasa perjalanan umroh haruslah dipilih jasa yang berkualitas, mengutamakan keamanan dan tidak menipu para jamaah.

Saat ini sudah ada Elharamain Wisata yang akan menjamin segala keperluan jamaah baik dalam persiapan menuju ibadah juga ketika berada di tanah suci. Elharamain Wisata menjamin pelayanan umroh dengan tidak meninggalkan segala persyaratan dan rukun umroh yang sudah diwajibkan untuk dipenuhi oleh agama. Elharamain Wisata tidak hanya menyediakan paket untuk ibadah umroh di tanah suci saja, tetapi juga tersedia paket ibadah umroh sekaligus juga berwisata ke negara-negara jazirah Arab. adanya jasa perjalanan umroh juga menjamin asuransi jamaah, transportasi, akomodasi, penginapan dan berbagai keperluan umroh lainnya.

Temukan Cara Daftar Haji Umroh Plus Wisata Al Aqsa Secara Mudah

Haji merupakan rukun islam yang wajib ditunaikan bagi orang yang mampu baik secara harta maupun secara fisik. Haji merupakan ibadah yang ditunaikan di tanah suci Mekah. Hampir semua umat islam mengidam-idamkan untuk naik haji. Mahalnya biaya haji terkadang menjadi kendala seseorang untuk melaksanakan ibadah ini. Selain itu, cara daftar haji atau umroh juga sedikit ribet. Pasalnya, calon jama’ah harus mengurus paspor, visa, dan cek kesehatan.

Cara Daftar Haji Umroh Plus
Cara Daftar Haji Umroh Plus

Namun, Anda tak perlu khawatir. Saat ini, banyak sekali jasa tour travel yang menyediakan layanan untuk haji serta umroh. Anda dapat melaksanakan haji maupun umroh melalui jasa layanan tersebut. Salah satu jasa tour travel yang menawarkan berbagai fasilitas dan pelayanan yang menarik adalah Elharamain Wisata. Anda akan ditawarkan berbagai macam fasilitas yang akan membuat Anda nyaman dan aman. Jasa tour dan travel ini telah memiliki izin yang sah dari Kementerian Agama, sehingga Anda tak perlu khawatir karena pihak tour travel tidak mungkin melakukan penipuan dan kecurangan.

Cara Daftar Haji Umroh Plus

Anda tak perlu pusing dan repot-repot memikirkan cara daftar haji atau umroh melalui Elharamain Wisata. Pasalnya, cara daftar haji dan umroh melalui biro tour dan travel ini sangatlah mudah. Cara daftar haji dan umroh melalui biro tour travel Elharamain Wisata diantaranya, Anda perlu mengumpulkan beberapa persyaratan administrasi yang berkaitan dengan proses imigrasi. Adapun persyaratan daftar haji atau umroh yaitu :

  • Paspor negara Indonesia yang masih berlaku minimal selama 7 bulan terakhir. Paspor mencantumkan nama sebanyak tiga suku kata. Misalnya : Muhammad Abdul Latif
  • Pas foto tampak fokus berukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.
  • Photocopy Kartu Tanda Penduduk ( KTP) dan Kartu Keluarga ( KK )
  • Buku hasil vaksin meningitis. Anda diwajibkan untuk melakukan vaksin meningitis sebelum berangkat menuju tanah suci Mekah. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penularan virus meningitis.
  • Bagi anak-anak, diwajibkan untuk mengumpulkan surat akta kelahiran asli serta kartu keluarga asli.
  • Untuk wanita di atas usia 45 tahun, diwajibkan mengumpulkan KTP yang asli.
  • Bagi pasangan suami istri, wajib mengumpulkan scan surat keterangan nikah yang berwarna  resmi.

Fasilitas Umroh Elharamain Wisata

Bagaimana? Mudah bukan cara daftar haji atau umroh melalui Elharamaim Wisata. Setelah Anda mengetahui cara daftar haji dan umroh di Elharamain Wisata, Anda tentunya penasaran bukan dengan fasilitas yang ditawarkan di paket haji atau umroh ini. Fasilitas yang akan Anda dapatkan pada kesempatan haji atau umroh melalui paket haji atau umroh ini yaitu :

  • Tiket PP penerbangan pesawat kelas ekonomi.
  • Asuransi jiwa
  • Tempat penginapan berupa hotel yang berlokasi di dejat masjid.
  • Visa haji atau umroh.
  • Manasik haji atau umroh sebanyak dua kali yang akan dilaksanakan di Indonesia dan Madinah.
  • Bagasi dengan berat maksimal 30 kg.
  • Makan sebanyak tiga kali sehari dengan menu makanan khas Indonesia.
  • Kunjungan untuk ziarah di Mekkah dan Madinah.
  • Mutawwif (penunjuk wisata yang profesional dan berpengalaman).
  • Perlengkapan haji umroh seperti koper, tas, ihram dan mukena, sandal, baju batik, tas paspor, dan sebagainya.
  • Kunjungan tambahan untuk berziarah menuju Hudaibiyah serta kunjungan ke museum Ka’bah.
  • Air zam-zam sebanyak 5 liter.
  • Transportasi selama di Mekah menggunakan bis kelas VIP.
  • DVD berisi dokumentasi selama perjalanan haji umroh.

 

Bagaimana? Banyak fasilitas yang menarik bukan? Selain cara daftar haji umroh yang mudah, fasilitas yang ditawarkan juga banyak. Biaya pendaftaran haji umroh melalui Elharamain wisata relatif bersahabat dengan kantong calon jama’ah. Harga untuk keberangkatan haji umroh disesuaikan dengan paket hemat yang ditawarkan. Untuk paket haji umroh yang ditawarkan juga bermacam-macam. Beberapa paket haji umroh yang ditawarkan diantaranya yaitu paket haji umroh plus Al Alqsa, paket haji umroh plus Mesir, paket haji umroh plus Turki. Harga yang ditawarkan untuk umroh plus Al Aqsa yaitu sebesar Rp36.000.000,- dengan lama waktu perjalanan selama 9 hari. Paket umroh plus Turki ditawarkan dengan harga Rp31.000.000,- dengan lama waktu perjalanan selama 12 hari. Paket umroh plus Mesir ditawarkan dengan harga Rp28.000.000,- dengan lama waktu perjalanan yaitu 9 hari. Harga yang ditawarkan tersebut tidak termasuk dalam pembuatan paspor, vaksin meningitis, biaya keperluan pribadi seperti laundry, surat mahram, tour diluar paket hemat, serta kelebihan muatan bagasi.

paket wisata umroh plus Al Aqsa

Anda sudah paham bukan dengan pendaftaran haji atau umroh? Nah, sekarang Anda pasti penasaran dengan paket wisata umroh plus Al Aqsa bukan? Perjalanan yang akan dilaksanakan yaitu selama 9 hari.

Apabila Anda berminat untuk melaksanakan ibadah haji umroh, Anda tak perlu repot untuk mencari biro perjalanan haji dan umroh. Anda dapat mendaftarkan diri Anda untuk melaksanakan haji atau umroh melalui Elharamain Wisata. Terkait informasi pendaftaran haji dan umroh melaui biro perjalanan Elharamain Wisata, Anda dapat menghubungi pihak Elharamain Wisata melalui nomor telepon 082177397288. Selain itu, untuk informasi lebih jauh mengenai pendaftaran serta ketentuan haji dan umroh melalui Elharamain Wisata, Anda juga dapat mengunjungi kantor resmi Elharamain yang berlokasi di wilayah Bekasi.

Cukup mudah bukan cara daftar haji. Jadi tunggu apa lagi? Bagi Anda yang akan melaksanakan haji dan umroh segera daftarkan diri Anda sekarang juga. Dapatkan pelayanan terbaik, aman, dan nyaman bersama biro haji dan umroh Elharamain Wisata. Jadi bagaimana? Anda sudah tidak bingung lagi mengenai pendaftaran haji dan umroh kan? Selamat menjalankan ibadah!

Tips Memilih Paket Umroh Desember yang Terpercaya

Hampir sama dengan sistem yang ada di perusahaan, biasanya agen atau travel juga memiliki target yang besar untuk bisa dicapai setiap tahunnya. Aneka promo pun kerap ditawarkan agen haji dan umroh. Akhir tahun sering dijadikan sebagai waktu tepat untuk bisa menunaikan ibadah umroh. Hal ini karena harga paket umroh Desember yang relatif lebih murah daripada paket-paket yang lainnya. Maka dari itu, tidak salah jika umroh akhir tahun akan menjadi salah satu agenda rutin yang akan dilakukan dengan memberikan berbagai jenis paket dengan harga menarik dan super murah dengan fasilitas yang tidak kalah lengkap. Selain itu, ada banyak keuntungan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan. Mau tau apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Promo Paket Umroh Desember
Promo Paket Umroh Desember

Promo Paket Umroh Desember

Paket umroh Desember ini tentu saja akan sangat cocok sekali dipilih oleh Anda yang memiliki banyak sekali kesibukan. Apalagi jika Anda bekerja di tempat-tempat yang memiliki waktu kerja yang rutin atau istilahnya Anda bukanlah pegawai lepas, tentu saja pengajuan izin sekitar dua minggu akan menjadi hal yang sangat sulit dan penuh pertimbangan. Nah, bulan Desember tentu saja memberikan kesempatan kepada Anda untuk bisa menunaikan ibadah umroh tanpa harus terlalu lama izin dari kantor. Dua minggu bertepatan dengan liburan sekolah, liburan natal, dan juga liburan tahun baru akan menjadi momen terbaik untuk bisa umroh bersama keluarga tercinta.

Banyak sekali agen dan travel umroh yang berlomba-lomba menawarkan paket umroh dengan harga super murah dan tentunya dengan fasilitas yang super menarik. Nah, bagi Anda yang sudah lama menunggu kesempatan baik ini jangan buru-buru mendaftar atau gegabah dengan penawaran salah satu agen travel. Akan lebih baik Anda pastikan terlebih dahulu apakah agen tersebut adalah agen perjalanan umroh yang terpercaya atau kah tidak. Jangan sampai, Anda tidak membandingkan terlebih dahulu dari agen ke agen yang lainnya. Tentu saja, dengan mencari agen secara cermat dan teliti akan lebih memberikan kemudahan Anda untuk bisa mendapatkan paket umroh Desember dengan harga yang super murah dan dengan penawaran fasilitas yang super menarik.

Peningkatan jumlah jamaah dari tahun ke tahun tentu saja menjadi hal yang sangat perlu untuk diperhatikan. Mengapa demikian? Tentu saja hal ini bisa berdampak buruk pada agen secara langsung. Jika ternyata jumlah jamaah membludak tentu saja fasilitas yang ada di tanah suci akan lebih susah diakses karena akan ada banyak sekali jamaah yang menggunakannya. Bisa saja Anda menjadi korban penelantaran karena hal ini. Sekali lagi, akan lebih baik Anda memastikan langsung kepada agen perjalanan yang akan Anda pilih mengenai kejelasan dari paket umroh Desember yang ditawarkan tersebut.

Paket umroh Desember tentunya menjadi perbincangan yang sangat hangat menjelang akhir tahun. Nah, sebelum berangkat umroh tentu saja Anda akan mendapatkan fasilitas secara langsung dari agen perjalanan Anda untuk ikut serta menjalani manasik umroh atau gladi bersih sebelum pemberangkatan. Lalu wajib tidak hukumnya mengikuti manasik tersebut? manasik umroh tentu saja berperan penting atas kelancaran perjalanan Anda selama di tempat suci. Biasanya, manasik akan dilakukan antara dua kali sampai dengan tiga kali. Melalui manasik tersebut, Anda akan mengetahui banyak sekali hal meliputi perlengkapan yang harus dibawa selama perjalanan, persiapan apa saja yang harus dipersiapkan, apa yang harus dilakukan ketika berada di sana, apa saja peraturan yang diperlakukan ketika di tanah suci dan masih banyak lagi.

Sama seperti di paket-paket yang lainnya, manasik umroh yang ditawarkan di paket umroh Desember tentunya akan memberi Anda banyak pemahaman mengenai seluk beluk umroh, pakaian apa yang akan dikenakan dan bagaimana cara mengenakannya. Pakaian yang digunakan ketika sedang menjalani ibadah umroh disebut ihram. Karena ketika menggunakan ihram ini tidak diperkenankan menggunakan pakaian dalam maka tentunya ada cara khusus untuk bisa mengenakannya dengan cepat, mudah, dan tentu saja memberikan kenyamanan ketika menggunakannya. Nah, hal-hal tersebut akan dengan mudah Anda pahami.

Paket umroh Desember juga akan memberikan pelatihan kepada Anda mengenai cara tawaf dan juga sai. Tawaf atau yang sering disebut dengan mengelilingi ka’bah selama tujuh kali ini akan Anda ketahui tata cara pelaksanaannya secara lengkap mulai dari cara menghitung ketika mengelilingi, adab dan persiapan apa yang perlu untuk dilakukan dan tentu saja doa-doa yang bisa dibaca ketika sedang mengelilingi ka’bah tersebut. Sedangkan sai yaitu salah satu hal yang dilakukan ketika haji atau umroh dengan berlari-lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwa. Lari-lari kecil ini dulunya dilakukan oleh Siti Hajar yang ditinggal oleh nabi Ibrahim dalam keadaan membawa Ismail yang sedang kehausan. Di kawasan tersebut, Anda akan menemukan sumur zam-zam yang merupakan hasil dari hentakan kaki ismail yang menangis ketika kecil.

Ketika manasik, Anda juga akan diberikan vaksin khusus yang akan sangat bermanfaat ketika Anda menjalani ibadah umroh. Vaksin tersebut secara langsung akan melindungi tubuh Anda dari bakteri berbahaya ketika bertemu dengan orang-orang asing. Selain itu, penyuntikan vaksin ini juga menjadi salah syarat utama dalam pengajuan visa yang secara resmi dari pemerintahan Saudi Arabia. Lalu seperti apa tips untuk bisa mendapatkan paket umroh Desember yang memuaskan dan tidak mengecewakan? Nah, akan lebih mudah lagi Anda memilih travel yang pernah digunakan oleh orang yang Anda kenal. Tanyakan mengenai testimoni mereka yang pernah menggunakan jasa layanan perjalanan umroh tersebut. Salah satu travel umroh terpercaya adalah travel  Elharamain Wisata yang bisa menjadi pilihan Anda.