Paket Perjalanan Umroh Plus Turki

Umat muslim di Indonesia termasuk yang paling tinggi dalam ibadah haji dan umrah. Setiap tahun ribuan jamaah haji dan umrah merupakan muslim dari Indonesia. Kini masyarakat muslim di tanah air memiliki tren baru yakni umroh plus Turki. Tren perjalanan religi tersebut memang baru beberapa tahun belakangan ini. Sebelumnya jamaah haji hanya melakukan umrah di Mekah dan Madinah, setelah itu langsung pulang. Kini dengan banyak agen perjalanan yang menawarkan paket umrah dan wisata ke Turki menjadi tren baru di masyarakat tanah air. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar paket umroh plus wisata religi ke Turki.

Umroh dan Wisata ke Turki

Sebenarnya ada berapa negara yang sering ditawarkan bersama paket umroh. Namun Turki menjadi salah satu yang paling banyak diminati. Untuk sedikit mengerti perjalanan wisata ke tanah suci dan Turki ini, berikut beberapa ulasan singkatnya.

  1. Ibadah di tanah suci

Kegiatan utamanya tentu saja adalah ibadah umroh. Beberapa paket perjalanan ada yang umroh terlebih dulu dan kemudian baru ke Turki. Namun ada pula yang ke Turki terlebih dulu, setelah itu melakukan ibadah umroh di tanah suci. Umumnya dalam paket  umroh plus Turki, jamaah terlebih dulu masuk ke Madinah. Melakukan ibadah di Masjid Nabawi dan mengunjungi beberapa tempat wisata religi yang ada di Madinah. Setelah itu, biasanya perjalanan dilanjutkan ke Mekah. Mengambil miqat di Masjid Bir Ali dan kemudian melakukan ibadah umrah wajib. Meliputi tawaf, sa’I, dan tahalul. Sebagian besar biro perjalanan akan memberikan waktu lebih untuk jamaah bisa melakukan lebih banyak ibadah di kompleks masjidil haram.

  1. Wisata ziarah di Turki

Tidak hanya di Mekah dan Madinah saja untuk melakukan ibadah. Saat berada di Turki pun, perjalanan dilanjutkan dengan ibadah. Seperti biro perjalanan umroh plus Turki yang umumnya menawarkan wisata religi ke beberapa tempat penting yang berhubungan dengan Islam di Eropa khususnya Turki. Turki memang menjadi salah satu negara di Eropa yang memiliki banyak sejarah Islam. Ibadah yang dilakukan di negara tersebut umumnya adalah ibadah biasa namun di tempat yang luar biasa. Seperti shalat di Masjid Biru yang menjadi salah satu destinasi populer yang dimiliki Turki.

  1. Wisata di tanah suci

Perjalanan selama di tanah suci, baik Madinah atau pun Mekah tidak hanya untuk ibadah. Layanan perjalanan umroh plus Turki biasanya memberikan paket wisata ke beberapa tempat di tanah suci, selain kompleks masjidil haram. Seperti wisata ke kebun kurma dan pasar oleh-oleh yang ada di Mekah atau Madinah. Saat wisata ini lah kebanyakan jamaah Indonesia akan memborong banyak oleh-oleh khas Arab Saudi. Walaupun oleh-oleh haji sekarang mudah di temukan di tanah air, namun membeli oleh-oleh langsung di Arab Saudi memang lebih mantap. Kebanyakan jamaah Indonesia membeli kurma dan sajadah atau perlengkapan shalat sebagai oleh-oleh nanti ketika pula ke rumah.

  1. City tour di Turki

Turki memiliki banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Untuk para jamaah umroh plus Turki umumnya akan diarahkan oleh pembimbing. Tempat-tempat yang biasa dipilih agen perjalanan umroh dan Turki antara lain adalah masjid biru, hagia shopia, hippodrome, Masjid Ayub al Ansar, dan bahkan ada yang menyediakan perjalanan di Bosphorus cruise. Masjid biru atau blue mosque merupakan tempat wajib bagi kebanyakan paket perjalanan umroh dan Turki. Masjid yang didesain dengan ribuan keping keramik berwarna biru tersebut masih dipergunakan sebagai tempat ibadah. Jadi untuk pengunjung muslim bisa melakukan shalat di sana. Berbeda lagi dengan Hagia Shopia yang kini sudah berubah menjadi museum. Bangunan terkenal yang dulunya merupakan gereja dan diubah menjadi masjid tersebut menjadi salah satu tempat wajib untuk dikunjungi di Turki. Hagia Shopia terkenal dengan arsitek bangunannya yang megah dan juga kaligrafi serta gambar Bunda Maria yang masih terjaga.

  1. Belanja di tanah suci

Bagi masyarakat Indonesia, belanja oleh-oleh sudah seperti budaya saat berwisata. Tidak terkecuali saat wisata umroh plus Turki. Untuk Anda yang ikut wisata umroh dan juga wisata religi ke Turki bisa berbelanja di tanah suci atau di Turki. Untuk berburu oleh-oleh di tanah suci sebaiknya Anda sudah menyiapkan mata uang riyal. Anda harus bisa pandai menawar untuk bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Hal tersebut penting dilakukan karena pedagang di sana bisa saja menaikan harga barang hingga 5 kali lipat. Berusahalah lebih dekat dengan pedagang agar bisa memperoleh harga yang lebih rendah.

  1. Belanja di Turki

Tidak hanya saat di tanah suci saja Anda bisa berbelanja oleh-oleh. Untuk Anda yang ikut umroh plus Turki bisa juga berburu oleh-oleh di Turki. Apalagi hampir sebagian paket perjalanan memasukan grand bazaar dalam daftar destinasi wisata. Grand bazaar merupakan tempat terbaik untuk Anda berbelanja selama di Turki. Grand bazaar adalah pusat perbelanjaan tertua yang ada di Turki. Ada banyak produk dari berbagai kebudayaan di dunia yang bisa dijumpai di Grand Bazaar. Seperti di pasar, Anda bisa melakukan penawaran untuk membuat kesepakatan harga. Jika pandai dalam tawar-menawar, Anda bisa memperoleh barang dengan harga separuh atau 50% saja.

  1. Lamanya perjalanan

Setiap biro perjalanan menyediakan paket wisata umroh dan ke Turki dengan waktu yang berbeda-beda. Ada yang menawarkan paket umroh plus Turki selama 12 hari. Ada pula yang menyediakan paket perjalanan 10 hari umroh dan ke Turki. 5 hari di tanah suci dan 5 hari di Turki. Kebanyakan paket perjalanan semacam ini juga menggunakan pesawat pulang pergi. Jadi jika Anda datang ke Turki dulu, maka pulangnya pun melalui bandara Ataturk, Turki lagi. Anda bisa memilih paket perjalanan mana yang sesuai dengan jadwal yang Anda miliki.

  1. Biaya perjalanan

Biaya paket umroh dan Turki tentu lebih mahal dari harga paket umroh biasa. Paket umroh plus Turki umumnya sekitar 20 juta ke atas. Biaya perjalanan tergantung dari lamanya perjalanan wisata. Selain itu, juga tergantung dari layanan dan akomodasi yang diberikan selama umroh. Anda bisa cek di masing-masing agen perjalanan yang Anda gunakan. Pastikan harga atau biaya perjalanan dengan layanan yang akan didapatkan sesuai. Untuk Anda yang mencari paket perjalanan umroh dan wisata ke Turki yang ekonomis, Anda bisa memilih Elharamain Wisata. Travel umroh tersebut sudah terdaftar secara resmi di Kemenag. Bukan hanya umroh dan wisata ke Turki, biro perjalanan yang satu ini juga menawarkan paket umroh plus Mesir dan paket umroh plus Aqsa.

Itulah beberapa informasi terkait paket perjalanan umroh plus Turki yang mulai banyak diminati masyarakat tanah air. Selain beribadah ke tanah suci, Anda juga akan diajak menapaki sejarah Islam di Turki.