Ingin Segera Umroh? Rencanakan Tabungan Umroh Mulai Sekarang

Salah satu impian umat muslim adalah menunaikan ibadah haji maupun umroh. Banyak orang menunaikan ibadah umroh terlebih dahulu sebelum menjalankan ibadah haji karena mereka tidak perlu menunggu jatah keberangkatan terlalu lama. Mindset kebanyakan orang menganggap bahwa beribadah umroh hanya bisa dilakukan oleh orang kaya saja. Anda dapat merencanakan tabungan umroh dari sekarang untuk mewujudkan impian pergi ke tanah suci. Ibadah umroh bukan sekadar impian lagi bagi Anda yang mau berusaha.

tabungan umroh

Tips Menabung untuk Mewujudkan Ibadah Umroh

 

Bagi Anda yang mendambakan untuk pergi umroh ke tanah suci namun memiliki dana terbatas, cobalah untuk menabung dari sekarang. Berikut terdapat beberapa tips bagi Anda yang ingin merencanakan tabungan umroh untuk segera mewujudkan mimpi ke tanah suci.

  • Mempersiapkan mental dan luruskan niat untuk beribadah umroh

Anda perlu mempersiapkan diri secara mental sebelum membuat tabungan umroh. Anda perlu membuat beberapa persiapan seperti target waktu untuk berangkat umroh dan menyesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Selain itu, luruskan kembali niat Anda. Hal ini berguna sebagai motivasi bagi diri sendiri untuk mewujudkan impian umroh tersebut. Perbaiki niat bahwa menjalankan umroh semata-mata untuk beribadah kepada Allah. Anda dapat berniat untuk melaksanakan umroh pada usia mudah. Hal ini mampu mendorong Anda semakin giat menabung ke depannya karena memiliki target.

  • Memperbaiki lifestyle Anda

Jika Anda sudah memiliki niat yang kuat untuk membuat tabungan umroh, maka Anda juga harus menerima risikonya. Risiko tersebut yaitu memperbaiki gaya hidup Anda. Lifestyle ini turut mempengaruhi seseorang dalam upaya menabung untuk tujuan tertentu. Anda harus menanamkan pola hidup hemat namun tetap sewajarnya. Jangan mudah tergiur dengan berbagai diskon atau potongan harga ketika berbelanja. Belilah sesuatu sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan.

  • Memilih bank yang tepat untuk menabung biaya umroh

Langkah selanjutnya yaitu menetapkan jenis tabungan umroh dari berbagai lembaga keuangan. Anda dapat membuat perbandingan terlebih dahulu sebelum memilih program yang tepat. Sebaiknya Anda memilih jenis tabungan dan bank yang sesuai dengan finansial Anda. Anda dapat memilih bank syariah sebagai tempat untuk menabung biaya umroh. Selain itu, target biaya umroh dan lamanya menabung juga menjadi pertimbangan penting. Selain dalam bentuk tabungan rencana, Anda dapat memilih reksadana syariah maupun deposito syariah untuk menyimpan uang Anda. Pilihlah jenis tabungan rencana yang memiliki jangka waktu tertentu sehingga tidak dapat diambil sewaktu-waktu. Hal ini dapat menahan godaan untuk mengambil tabungan umroh sewaktu-waktu.

  • Membandingkan beberapa biro perjalanan umroh dan pilih yang tepat

Anda tidak boleh malas untuk membandingkan beberapa biro perjalanan umroh. Biro ini memiliki peran penting untuk memberikan kenyamanan Anda selama menjalankan umroh. Selain legalitas dari biro tersebut, biaya juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Anda dapat menyesuaikan paket umroh sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda. Hal ini berguna untuk mendapatkan biro perjalanan umroh yang tepat. Dalam hal ini Anda harus rajin untuk mencari berbagai informasi terkait umroh.

  • Memilih paket umroh sesuai dengan kemampuan

Pilihlah sebuah paket perjalanan umroh sesuai dengan kemampuan Anda. Biaya umroh yang ditawarkan setiap paket dan fasilitasnya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Anda tidak perlu memilih paket mahal dengan fasilitas mewah jika ingin finansial Anda terbatas. Namun, kenyamanan selama perjalanan yang perlu diperhatikan.

  • Menyisihkan uang per bulan untuk ditabung

Setelah memilih lembaga keuangan sebagai tempat untuk menabung umroh, langkah selanjutnya adalah menentukan besarnya uang yang akan ditabung secara rutin setiap bulannya. Misalnya Anda menyisihkan uang seratus ribu per bulan secara rutin. Maka dalam beberapa tahun kemudian Anda bisa mencapai target tabungan. Sebelum menyetorkan pada bank atau lembaga keuangan lainnya, Anda bisa membuat celengan sederhana sebagai tempat untuk menyimpan tabungan umroh.

  • Disiplin dan Konsisten

Hal ini penting dilakukan karena semua usaha Anda akan sia-sia jika Anda tidak disiplin dalam menabung. Anda bisa membuat alarm atau notifikasi sebagai pengingat untuk menyetor uang setiap bulannya. Selain itu, jagalah komitmen agar Anda selalu konsisten dalam upaya mewujudkan ibadah umroh ini. Jangan mudah menyerah dan selalu berupaya untuk tetap konsisten.

  • Melakukan investasi untuk menambah penghasilan

Jika Anda memiliki penghasilan yang terbatas, maka carilah penghasilan tambahan dengan pekerjaan sampingan. Misalnya memanfaatkan waktu luang saat weekend untuk berjualan atau menjalankan usaha kecil-kecilan di rumah. Selain itu, Anda juga bisa berinvestasi dalam bentuk lain untuk tambahan biaya umroh. Salah satunya dengan membeli emas dan menyimpannya. Harga emas yang cenderung naik ini akan aman dan dapat Anda jual ketika saatnya tiba.

  • Membuat jadwal keberangkatan umroh

Tips selanjutnya adalah menentukan jadwal keberangkatan umroh yang tepat. Sebaiknya Anda berangkat umroh pada saat low season. Hindari untuk berangkat umroh pada libur panjang atau pada bulan puasa karena pada saat tersebut banyak orang yang pergi umroh. Hal ini dapat menyebabkan biaya umroh menjadi semakin naik pada musim tersebut. Anda dapat berangkat umroh pada low season di mana tidak banyak jamaah yang mengantre untuk umroh sehingga bisa mendapatkan harga normal.

Kini apakah Anda semakin bersemangat untuk membuat rencana tabungan umroh? Jika ya, segera wujudkan rencana tersebut dan mulailah memilih travel agen yang tepat untuk menemani Anda selama perjalanan umroh. Bagi Anda yang ingin menikmati perjalanan umroh dengan nyaman dan berkesan, Elharamain Wisata menjadi pilihan yang tepat.

 

Mengapa Elharamain Wisata?

Eharamain Wisata menjadi pilihan tepat bagi Anda untuk merealisasikan tabungan umroh menjadi perjalanan indah ke tanah suci yang tak terlupakan. Berikut beberapa keunggulan biro perjalanan tersebut:

  • Elharamain Wisata sudah memiliki izin resmi dari Kementerian Agama
  • Memiliki kantor resmi secara fisik di Bekasi yang dapat Anda cek keberadaannya
  • Terdapat fasilitas pembimbing selama melaksanakan perjalanan umroh
  • Memberikan paket travel umroh yang ekonomis dan dapat dijangkau oleh masyarakat

Elharamain Wisata menawarkan berbagai paket umroh ekonomis bagi Anda yang memiliki tabungan umroh terbatas. Selain itu, paket umroh plus city tour juga dihadirkan bagi Anda yang ingin menjalankan ibadah umroh sekaligus berziarah dan berwisata mengunjungi berbagai tempat terkait sejarah Islam. Harga yang ditawarkan beragam mulai dari 19,9 juta hingga 39 juta Rupiah per paket. Beberapa pilihan paket tersebut yaitu:

  • Umroh plus City Tour Turki
  • Umroh Ekonomis
  • Paket Umroh Hemat
  • Umroh Plus Turki
  • Umroh Plus Mesir
  • Umroh Plus Aqsa

Ingin segera melaksanakan ibadah umroh saat usia muda? Mulailah dengan membuat tabungan umroh. Setelah mengetahui tips terkait merencanakan umroh dan memilih biro perjalanan umroh yang tepat, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mewujudkan impian berupa menjalankan ibadah umroh. Rencanakan berangkat umroh sedini mungkin dan dapat Anda mulai dari sekarang juga. Jangan ragu lagi, mari menabung dari sekarang untuk impian umroh Anda.

Ketahui Tentang Biaya Haji Plus Bagi Anda yang Ingin Segera Melaksanakan Ibadah Haji

Melaksanakan ibadah haji tentu menjadi tujuan umat Islam di seluruh dunia. Ibadah haji tergolong sebagai rukun Islam kelima dan menjadi sebuah kewajiban bagi mereka yang mampu. Mampu di sini berkaitan dengan kemampuan secara fisik maupun finansial. Bagi Anda yang tidak ingin terlalu lama menunggu giliran keberangkatan haji, biaya haji plus dapat menjadi salah satu solusinya.

 

biaya haji plus

Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk umat muslim yang banyak, memberikan konsekuensi tersendiri dalam hal keberangkatan ibadah haji. Semakin meningkatnya jumlah umat muslim yang ingin menunaikan ibadah haji, membuat pemerintah mengambil aturan dengan membatasi kloter haji setiap tahunnya Hal ini juga berkaitan dengan  jatah kloter keberangkatan haji yang diberikan pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia. Inilah yang menyebabkan terjadinya antrean haji. Akibatnya, orang yang ingin mendaftar haji membutuhkan waktu lama untuk menunggu giliran keberangkatannya. Masa menunggu itu bisa memakan waktu sekitar 15 tahun hingga 25 tahun atau bahkan lebih.

Anda yang telah memiliki biaya haji tidak bisa langsung berangkat begitu saja karena harus menunggu antrean yang lama dan panjang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda merencanakan ibadah haji sejak sedini mungkin yaitu pada usia muda. Namun bagi Anda yang ingin segera menunaikan ibadah haji, terdapat solusi khusus agar jangka waktu menunggu keberangkatannya tidak terlalu lama yaitu dengan memanfaatkan program khusus berupa biaya haji plus.

 

Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui dari Biaya Haji Plus

Apakah Anda sudah familiar dengan adanya biaya haji plus? Mungkin kebanyakan orang lebih mengenal tentang haji secara reguler. Mendaftar haji secara reguler membutuhkan waktu yang lama hingga proses keberangkatan. Oleh karena itu muncullah alternatif berupa kuota haji plus.

Kuota haji plus merupakan salah satu cara untuk mendaftar haji khusus yang diperuntukkan bagi orang yang ingin berangkat haji tanpa harus menunggu antrean yang sangat lama seperti ketika mendaftar haji reguler. Haji plus ini diselenggarakan oleh biro perjalanan khusus yang diawasi secara langsung oleh Kementerian Agama. Konsekuensinya adalah adanya pembebanan biaya haji plus yang lebih mahal daripada biaya haji reguler.

Biaya haji plus yang lebih mahal ini sebanding dengan fasilitas yang akan diterima oleh para calon jamaah haji. Fasilitas yang akan didapatkan di antaranya:

  • Para calon jamaah haji tidak menunggu waktu keberangkatan yang terlalu lama

Meskipun menggunakan jenis haji plus, namun para calon jamaah haji masih harus tetap mengantre keberangkatan. Meskipun begitu, antrean haji tersebut tidak akan selama haji reguler. Lama waktu menunggu sekitar 7 hingga 8 tahun. Hal ini lebih cepat beberapa puluh tahun dari pada haji reguler.

  • Adanya fasilitas hotel bintang lima

ELAF MASHAIR

Biaya yang mahal tersebut juga sebanding dengan fasilitas yang akan didapatkan para jamaah. Jamaah haji akan mendapatkan fasilitas berupa tempat tinggal atau hotel sekelas bintang lima selama melaksanakan ibadah haji. Selain itu, hotel tersebut biasanya dekat dengan tempat untuk menjalankan rangkaian ibadah haji seperti Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sehingga dapat memudahkan para jamaah dan membuat mereka lebih nyaman selama berada di tanah suci.

  • Waktu pelaksanaan haji menjadi lebih cepat

Waktu pelaksanaan haji menjadi lebih cepat daripada haji reguler yaitu sekitar 25 hingga 27 hari saja. Sementara waktu yang diperlukan untuk melaksanakan haji reguler memakan waktu sekitar 38 hingga 40 hari.

Lalu berapakah biaya haji plus yang harus dibayarkan oleh calon jamaah haji? Biaya ONH plus yang harus dikeluarkan oleh para calon jamaah minimal sekitar Rp 106.984.000 yang disetorkan untuk mendapatkan nomor porsi. Jika Anda menggunakan biro perjalanan haji atau umroh maka prose pengurusan pendaftaran menjadi lebih mudah dan biaya keseluruhan bisa mencapai kurang lebih 130 juta rupiah. Biaya yang dikeluarkan tersebut sudah termasuk untuk biaya maskapai, penginapan, dan komponen lain seperti living allowance.

Bagaimana cara mendaftar haji plus?

Bagi Anda yang sudah memiliki biaya haji plus dapat mendaftar melalui KEMENAG untuk mendapatkan SPPH atau Surat Permohonan Pergi Haji. Kemudian Anda harus menyetorkan sejumlah uang minimal biaya ONH plus untuk mendapatkan nomor porsi atau nomor kuota. Anda dapat melunasi seluruh proses pembayaran apabila sudah diketahui waktu keberangkatan secara pasti. Anda juga bisa menggunakan jasa perjalanan umroh untuk memudahkan proses pendaftaran. Penyedia jasa akan membantu mengurus segala proses tersebut.

Selain menggunakan biaya haji plus, bagi Anda yang ingin segera berangkat haji tanpa harus menunggu antrean haji dapat menggunakan alternatif lain. Alternatif tersebut yaitu haji plus non kuota yang juga dikenal dengan program visa undangan atau Visa Furoda. Mengapa bisa demikian? Karena visa ini merupakan visa undangan kerajaan dari pemerintah Arab Saudi. Lebih mudahnya, para calon jamaah menggunakan jatah kuota pemerintah Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Namun tentu saja biaya yang dikeluarkan lebih mahal. Bahkan biaya pengurusan Visa Furoda ini melebihi biaya haji plus.

Pendaftaran haji plus dan haji menggunakan Visa Furoda tentu memerlukan biaya yang sangat banyak dan biasanya hanya dilakukan oleh masyarakat dengan penghasilan menengah ke atas. Namun bagi Anda yang ingin merasakan nikmatnya berkunjung ke tanah suci namun memiliki penghasilan terbatas tidak perlu khawatir. Anda dapat mewujudkan impian untuk pergi ke tanah suci dengan cara menjalankan ibadah umroh terlebih dahulu. Anda hanya perlu memastikan untuk memilih agen perjalanan umroh terbaik.

Elharamain Wisata dapat Anda jadikan sebagai pilihan travel terbaik untuk menemani perjalanan umroh ke tanah suci. Berbagai paket umroh dengan harga terjangkau juga tersedia. Berikut terdapat beberapa pilihan paket yang paling banyak diminati oleh para calon jamaah umroh:

  • Umroh Ekonomis

Paket umroh ekonomis ini menjadi pilihan banyak orang yang ingin menjalankan ibadah umroh. Harga yang ditawarkan mulai dari 19,9 jutaan untuk sekamar berempat, 20,9 juta untuk sekamar bertiga, hingga 21,9 juta untuk sekamar berdua. Selain menjalankan ibadah umroh, Anda akan berziarah dan mengelilingi beberapa situ bersejarah di Kota Mekah dan Madinah.

  • Umroh Plus City Tour Turki

Paket ini menawarkan rangkaian kegiatan umroh sekaligus berwisata ke berbagai objek wisata di Turki seperti Blue Mosque, Hagia Sophia, Hippodrome, Tokapi Place, dan lain-lain. Anda akan melakukan perjalanan sekitar 10 hari. Harga yang ditawarkan mulai dari 23,8 juta untuk fasilitas sekamar berempat atau 24,8 juta untuk sekamar bertiga, dan 25,8 juta untuk sekamar berdua.

Melaksanakan ibadah umroh dapat menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang ingin segera mengunjungi tanah suci mengingat umroh tidak memerlukan antrean yang lama seperti haji reguler maupun layanan biaya haji plus. Anda bisa menabung untuk biaya umroh setelah menentukan target biaya sesuai dengan paket umroh yang disediakan oleh Elharamain Wisata. Ada banyak paket yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan. Ada juga paket yang disertai dengan wisata ziarah ke beberapa tempat seperti Turki, Mesir, Al Aqsa, dan sebagainya

Tips yang Harus Dilakukan selama Melakukan Perjalanan Haji dan Umroh

Haji serta umroh merupakan perjalanan spiritual yang wajib dilakukan oleh umat Islam yang mampu secara finansial dan fisik. Perjalanan spiritual ini merupakan perjalanan yang panjang. Sehingga, menyiapkan segala sesuatu dengan matang dan terperinci merupakan kewajiban bagi orang-orang yang akan menunaikan ibadah haji sekaligus umroh. Sehingga, kualitas ibadah haji dan umroh tidak akan rusak karena hal-hal sepele yang tidak dipersiapkan sejak dini.

tips Perjalanan Haji dan Umroh
tips Perjalanan Haji dan Umroh

Jika ada persiapan yang terlewatkan, jamaah haji atau umroh sudah kehilangan konsentrasi dalam melakukan ibadah, sehingga ibadah haji atau umroh yang mereka lakukan tidak diterima oleh Allah SWT. Sehingga, mereka tidak bisa memperoleh gelar haji yang mabrur. Supaya perjalanan haji dan umroh bisa berlangsung dengan kualitas yang sempurna, jamaah haji serta umroh harus menerapkan tips-tips di bawah ini.

  • Belajar Kosa Kata Bahasa Arab

Tips pertama yang harus dilakukan supaya mendapatkan perjalanan haji dan umroh yang berkualitas adalah dengan mempelajari kosa kata bahasa Arab yang sederhana. Tips yang satu ini sering kali diabaikan oleh jamaah haji atau umroh. Mereka beranggapan bahwa perjalanan haji atau umroh hanya sebentar, sehingga tidak perlu menguras otak untuk mempelajari bahasa Arab. Padahal mempelajari bahasa Arab menjadi bekal yang penting bagi jamaah haji atau umroh. Jika mempelajari bahasa Arab, mereka tidak perlu kerepotan mencari penerjemah saat ingin bertanya atau mencari sesuatu. Bahkan, bahasa Arab menjadi bekal yang penting bagi jamaah haji yang ingin berbelanja oleh-oleh khas Arab di pasar. Mereka bisa mendapatkan harga yang murah jika melakukan tawar menawar dengan menggunakan bahasa Arab. Sehingga, tidak ada salahnya mempelajari kosa kata bahasa Arab yang sederhana, seperti minta tolong, menanyakan arah, menanyakan lokasi fasilitas umum, menolak atau menyetujui ajakan, meminta maaf, dan berterima kasih.

  • Minum Air Putih dalam Jumlah yang Cukup

Arab adalah negara dengan iklim yang ekstrem. Pada siang hari, Arab memiliki temperatur udara yang sangat panas, hingga mencapai 42 derajat Celcius. Sebaliknya, temperatur udara di Arab menjadi sangat dingin saat malam hari. Sehingga, disarankan jamaah haji dan umroh untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup supaya terhindar dari dehidrasi dan bisa fokus mengikuti rangkaian ibadah haji serta umroh. Namun, jangan berlebihan dalam meminum air putih karena bisa mengganggu konsentrasi beribadah dengan terlalu sering pergi ke toilet. Apalagi toilet di Mekah dan Madinah jaraknya jauh dan memiliki antrean yang panjang.

  • Tidak Disarankan Membawa Anak Kecil

Jamaah haji dan umroh tidak disarankan untuk membawa anak yang masih kecil atau usianya belum akil balig. Hal ini dikarenakan perjalanan haji atau umroh merupakan perjalanan yang panjang dan menguras banyak tenaga. Membawa anak yang masih kecil akan sangat merepotkan dan merusak konsentrasi beribadah. Anak pun merasa tidak nyaman dengan iklim di Arab yang sangat ekstrem. Sehingga, jamaah haji serta umroh harus berbesar hati untuk menitipkan anak pada keluarga besar atau kerabat yang ada di Indonesia.

  • Jaga Keamanan Barang Bawaan

Setiap tahunnya jumlah jamaah haji dan umroh semakin bertambah banyak. Sehingga, keamanan menjadi hal yang perlu diwaspadai oleh jamaah haji atau umroh. Sering kali jamaah haji atau umroh salah mengambil barang atau barangnya diambil oleh orang lain. Sehingga, demi menjaga keamanan barang bawaan, tidak ada salahnya memberikan tanda atau label pada barang-barang tersebut, misalnya sandal, mukena, Al Quran, tempat makan, dan botol minum.

  • Hindari Membawa Makanan yang Berlebihan

Makanan merupakan hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan perjalanan haji dan umroh. Makanan tersebut bisa dibawa dari Tanah Air atau membeli ketika berada di Arab. Namun, tidak disarankan membawa makanan dalam jumlah yang banyak supaya tidak menimbulkan banyak sampah.

  • Lakukan Ibadah di Tepian

Jamaah haji atau umroh wajib mempraktekkan tips ini supaya tidak kehilangan kekhusyukan atau fokus selama melakukan ibadah. Jamaah haji atau umroh yang ingin melakukan salat di masjid sebaiknya memilih bagian tepi masjid. Hal ini disebabkan bagian tengah masjid merupakan tempat untuk lalu lalang orang yang bisa mengganggu konsentrasi beribadah.

  • Bawa Pakaian dalam Jumlah yang Cukup

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Mekah dan Madinah memiliki temperatur udara yang tinggi. Selain itu, Mekah dan Madinah berada di sekitar padang pasir sehingga ada banyak debu yang beterbangan. Tidak heran jika tubuh jamaah haji menjadi lebih mudah berkeringat dan kotor. Sehingga, selama melakukan ibadah, jamaah haji atau umroh harus sering mengganti pakaian yang bersih supaya tubuh tetap nyaman. Bawalah pakaian yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat supaya tubuh tidak merasa kegerahan.

  • Siapkan Mata Uang Arab

Selain menunaikan rangkaian ibadah haji serta umroh, jamaah haji serta umroh di Arab kerap berbelanja oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di Tanah Air. Sehingga, sudah menjadi kewajiban bagi jamaah haji atau umroh untuk memiliki mata uang Arab yaitu Riyal. Jamaah haji atau umroh bisa menukar mata uang Rupiah dengan Riyal di lobi hotel atau tempat penukaran uang yang ada di bandara.

 

Haji dan umroh bisa menjadi perjalanan spiritual yang mengesankan dan tidak terlupakan jika dilakukan dengan penuh kesungguhan. Salah satu cara supaya perjalanan haji serta umroh mengesankan adalah dengan menggunakan paket haji serta umroh Elharamain Wisata. Elharamain Wisata sudah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun dalam mendampingi jamaah haji atau umroh di Indonesia.

 

Ketahui Tata Cara Menunaikan Ibadah Haji Mabrur

Menunaikan ibadah haji merupakan kewajiban bagi umat Islam yang sudah mampu. Tentu saja umat Islam yang menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci memiliki keinginan untuk menjadi haji yang mabrur. Haji yang mabrur merupakan umat Islam yang pergi menunaikan ibadah haji dan ibadahnya tersebut telah diterima oleh Allah SWT. Haji mabrur bukanlah orang yang menunaikan ibadah haji karena syariat Islam semata. Untuk mendapatkan gelar haji yang mabrur, umat Islam harus menunaikan ibadah haji dengan penuh kesungguhan dan kekhusyukan. Sehingga, doa yang dipanjatkan selama melakukan ibadah haji bisa dikabulkan oleh Allah SWT. Selain itu, haji yang mabrur harus melakukan ibadah haji sesuai dengan tata cara yang telah ditetapkan oleh syariat Islam.

Tata Cara Menunaikan Ibadah Haji Mabrur
Tata Cara Menunaikan Ibadah Haji Mabrur

Di bawah ini adalah tata cara ibadah haji yang harus dilakukan supaya mendapatkan gelar haji mabrur.

  • Ihram

Wajib hukumnya bagi umat Islam yang ingin menjadi haji mabrur melakukan ihram. Ihram diartikan sebagai niat atau kesungguhan di dalam hati umat Islam untuk menunaikan ibadah haji karena Allah SWT. Ihram bisa dilakukan saat berada di miqat dengan cara melafalkan doa ihram dengan khusyuk sambil menghadap ke arah kiblat.

Setelah mengucapkan doa ihram, jamaah haji harus mengganti pakaiannya dengan pakaian ihram. Pakaian ihram untuk laki-laki terdiri dari dua helai kain berwarna putih yang digunakan sebagai sarung dan penutup tubuh bagian atas. Sedangkan, pakaian ihram untuk perempuan menyerupai mukena yang berwarna putih dan menutupi seluruh aurat.

Setelah melakukan ihram, jamaah haji mabrur dilarang melakukan hal-hal berikut ini: berhubungan badan, bertengkar karena masalah yang sepele, melakukan perbuatan berdosa, mengenakan pakaian dengan jahitan, menggunakan minyak wangi, memotong rambut, bulu, dan kuku, serta menikah.

  • Mabit

Kegiatan lain yang wajib dilakukan oleh jamaah haji mabrur adalah mabit. Mabit merupakan aktivitas bermalam di Mina. Jamaah haji akan melakukan perjalanan menuju Mina pada tanggal 8 Dzulhijjah setelah matahari terbit dan sampai di Mina saat waktu salat Zuhur sudah tiba. Setelah sampai di Mina, jamaah haji akan menunaikan salat Zuhur sebanyak dua rakaat dan salat Asar sebanyak dua rakaat. Salat terebut dilakukan dengan cara qasar, begitu pula dengan salah Magrib dan salat Isya.

  • Wukuf

Jamaah haji mabrur tidak boleh melewatkan kegiatan yang satu ini, yaitu wukuf yang dilakukan di Padang Arafah. Wukuf merupakan aktivitas yang menjadi puncak dari ibadah haji. Wukuf di Padang Arafah dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah setelah jamaah haji menyelesaikan mabit di Mina. Selama berada di Padang Arafah, jamaah haji akan melakukan salat Zuhur sebanyak dua rakaat dan salah Magrib sebanyak dua rakaat dengan cara jama’ taqdim atau jama’ qasar. Selama melakukan wukuf di Padang Arafah, jamaah haji bisa menggunakan waktu untuk berzikir, berdoa, dan memohon ampun kepada Allah SWT. Wukuf di Arafah berakhir saat matahari sudah terbenam.

  • Mabit

Jamaah haji mabrur tidak hanya melakukan mabit atau bermalam selama sekali. Jamaah haji harus melakukan mabit lagi di Muzdalifah. Mabit di Muzdalifah ini dilakukan setelah menunaikan wukuf di Padang Arafah. Setelah mencapai Muzdalifah, jamaah haji wajib menunaikan salat Magrib sebanyak tiga rakaat dan salat Isya sebanyak dua rakaat dengan cara jama’ takhir. Kemudian, malam hari di Muzdalifah dihabiskan dengan berdoa dan berzikir sampai azan salat Subuh berkumandang.

  • Melempar Jumrah

Aktivitas yang tidak boleh dilewatkan oleh jamaah haji adalah melempar jumrah yang dilakukan dilakukan sebelum matahari terbit pada tanggal 8 Dzulhijjah. Jamaah haji diminta untuk mengambil batu kerikil dengan ukuran sebesar biji kacang. Kemudian, batu tersebut dilemparkan sebanyak tujuh kali sambil mengucapkan kalimat takbir. Perlu diketahui bahwa lemparan jumrah ke arah kiri merupakan arah ke Baitullah. Sedangkan, lemparan jumrah ke arah kanan merupakan arah ke Mina. Jika lemparan jumrah meleset atau jatuh ke kolam, jamaah haji bisa mengulang kembali proses pelemparan jumrah.

  • Bercukur

Setelah melakukan pelemparan jumrah, jamaah haji wajib mencukur rambut mereka. Jamaah haji yang laki-laki harus menggunduli kepala mereka. Sedangkan, jamaah haji yang perempuan mencukup rambut dengan panjang satu ruas jari.

  • Tawaf

Jamaah haji tidak boleh melewatkan aktivitas yang satu ini, yaitu tawaf atau berkeliling Kabah. Tawaf dilakukan dengan cara berjalan mengelilingi Kabah sebanyak tujuh kali putaran dengan arah yang melawan jarum jam. Sepanjang melakukan tawaf, jamaah haji akan mengucapkan kalimat takbir dan doa. Setelah menunaikan tawaf, jamaah haji diwajibkan menunaikan salat sunah sebanyak dua rakaat yang dilaksanakan pada bagian belakang makam Nabi Ibrahim.

  • Sa’i

Jamaah haji harus melakukan sa’i. Sa’i adalah kegiatan berlari kecil yang dimulai dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah sebanyak tujuh kali bolak-balik seperti yang dilakukan oleh Siti Hajar. Selama melakukan sa’i, jamaah haji harus membaca ‘laa ilaaha illallah’ dan ‘allohu akbar’ sebanyak tiga kali sambil mengarah ke arah kiblat.

  • Mabit

Jamaah haji harus kembali ke Mina untuk melakukan mabit selama dua sampai dengan tiga hari. Kemudian, jamaah haji akan melempar jumrah kubro, sugro, dan wusto pada tanggal 11 Dzulhijjah.

 

Haji mabrur menjadi harapan bagi semua umat Islam yang menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Oleh karena itu, demi mendapatkan gelar haji yang mabrur, memilih jasa travel haji yang berkualitas diperlukan yaitu Elharamain Wisata. Jasa travel haji tersebut akan membantu proses ibadah haji supaya berjalan dengan lancar dan penuh kekhusyukan

Nikmati Paket Daftar Haji Dan Umroh Menarik Serta Wisata ke Istanbul

Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang masuk dalam rukun islam yang ke lima. Ibadah haji hanya bagi yang mampu, tidak seperti ibadah lain misalnya sholat dan puasa. Ibadah haji ditunaikan apabila mampu secara harta maupun secara fisik atau kesehatan. Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia banyak yang mengantre untuk daftar haji. Antrean tersebut bisa dibilang cukup panjang. Namun, akhir-akhir ini banyak sekali masyarakat mencari alternatif untuk pergi ke tanah suci Mekkah dengan menunaikan ibadah haji umroh. Berbeda dengan daftar haji, daftar umroh memang lebih cepat. Apalagi jika dibandingkan daftar haji yang bisa dilaksanakan bulan Dzulhijah saja. Selain itu, biayanya juga lebih kecil karena jama’ah hanya tinggal di tanah suci selama beberapa hari saja.

Paket Daftar Haji Dan Umroh
Paket Daftar Haji Dan Umroh

Salah satu paket travel haji atau umroh yaitu Elharamain Wisata. Elharamain Wisata menyediakan berbagai paket haji atau umroh yang sangat menarik. Paket tour yang tersedia akan membuat Anda sangat nyaman. Selain itu, harga yang ditawarkan oleh Elharamain Wisata juga cukup bersahabat dengan kantong Anda. Elharamain Wisata sudah memiliki perizinan dari Kementerian Agama sehingga tidak akan ada unsur penipuan. Anda dapat daftar haji atau umroh secara langsung di kantor Elharamain Wisata. Kantor resmi Elharamain Wisata sendiri berada di wilayah Bekasi. Anda akan disuguhkan dengan berbagai fasilitas menarik dan juga pembimbing haji atau umroh yang sudah profesional serta berkualitas, sehingga Anda dapat melaksanakan haji atau umroh dengan nyaman dan khusyuk.

Jadwal Paket Daftar Haji Dan Umroh Elharamain Wisata

Jasa travel haji atau umroh ini menyuguhkan fasilitas yang membuat jama’ah nyaman dan aman. Apabila Anda daftar haji atau umroh dengan jasa Elharamain Wisata, Anda akan mendapati paket haji atau umroh yang disediakan diantaranya yaitu paket umroh dan tour ke Istanbul dan paket umroh serta tour ke Al Quds, Palestina. Berikut ini adalah rangkaian perjalanan yang akan Anda tempuh selama umroh dengan paket wisata Istanbul, Turki.

 

  • Hari pertama : Jakarta-Istanbul

Jama’ah akan diberangkatkan melalui Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, melalui terminal keberangkatan gate 2D dan take off menggunakan pesawat Turkish Airline. Jama’ah akan tiba di Bandara Attaturk, Turk. Jama’ah diarahkan menuju Hotel  Rich Mond, Istanbul.

  • Hari kedua 

Jama’ah akan menikmati perjalanan di Istanbul dengan tujuan atau destinasi meliputi Masjid Biru, Hippodrome, Masjid Hagia Sophia, Masjid Ayub Al Anshar.

  • Hari ketiga

Jama’ah masih diarahkan untuk tour menuju Selat Bosphorus menggunakan private boat, grand bazar, serta Egypt Market.

  • Hari keempat : Istanbul-Madinah

Jama’ah diberangkatkan menuju Madinah. Setelah tiba di Madinah, jama’ah harus melalui proses pengurusan imigarsi di Madinah, kemudian dilanjutkan check in hotel.

  • Hari kelima 

Jama’ah diarahkan untuk sholat subuh di Masjid Nabawi. Jama’ah kemudian dibawa untuk berziarah di sekitar Masjid Nabawi, makam Rasulullah SAW, dan para sahabat. Kemudian, jama’ah mengunjungi museum di sekitar Masjid Nabawi. Jama’ah sholat Dzuhur, Ashar, Maghrib, serta Isya di Masjid Nabawi. Untuk makan siang, serta makan malam akan dibawa ke hotel kembali. Jama’ah akan diajak untuk ziarah dalam raudhoh.

  • Hari keenam : Ziarah Madinah

Sholat subuh dilaksanakan di Masjid Nabawi. Setelah sarapan di hotel, jama’ah dibawa untuk berziarah di luar Kota Madinah dengan tujuan Masjid Quba, Jabal Uhud, Masjid Qiblatain, percetakan Al Qur’an, serta kebun kurma. Jama’ah diarahkan untuk sholat Dzuhur, sholat Ashar, Maghrib, Isya , serta ibadah lain di Majid Nabawi dan istirahat di hotel. Setelah Isya jama’ah diarahkan untuk manasik sebelum diberangkatkan ke Mekkah.

  • Hari ketujuh : Madinah-Mekah

Jama’ah melaksanakan sholat subuh dan Dzuhur di Nabawi Mosque serta sarapan di hotel. Miqat berada di Masjid Bir Ali. Berkumpul di hotel dan bersiap-siap melaksanakan ibadah haji umroh.

  • Hari kedelapan : Mekah

Sholat Subuh serta ibadah lainnya dilaksanakan di Majidil Haram. Makan dan istirahat dilaksanakan di hotel. Jama’ah memperbanyak ibadah di Masjidil Haram. Jama’ah diarahkan untuk sholat Ashar, Maghrib, Isya  serta melaksankan ibadah seperti tilawah Al Qur’an, berdzikir, dan thawaf sunnah di Majidil Haram. Jama’ah kembali makan malam dan istirahat di hotel.

  • Hari kesembilan : Ziarah

Jama’ah akan melaksanakan ziarah di Mekah dan mengunjungi Jabal Nur, Jabal Tsur, Jabal Rahmah, Mina, dan Muzdalifah.

Jama’ah kembali ke Masjidil Haram untuk sholat Dzuhur dan istirahat di hotel. Jama’ah kembalinke Masjidil Haram untuk Sholat Ashar dan beribadah di Masjidil Haram.

  • Hari kesepuluh 

Sholat subuh dilaksanakan di Masjidil Haram dan sarapan di hotel. Ibadah dilanjutkan di Masjidil Haram. Jama’ah melaksanakan sholat Dzuhur, Ashar, dan ibadah lain di Masjidil Haram. Istirahat dilaksanakan di hotel setelah Sholat Dzuhur. Sholat Maghrib, sholat Isya, dan ibadah lain dilaksanakan kembali di Masjidil Haram. Jama’ah kembali ke hotel untuk istirahat dan makan malam.

  • Hari kesebelas : Mekah-Jedah-Istanbul

Sholat subuh dilaksanakan di Masjidil Haram dan kembali ke hotel untuk sarapan. Jama’ah kembali ke Masjidil Haram untuk thawaf wada. Jama’ah diarahkan menuju Jeddah dan melaksanakan tour dengan tujuan destinasi pusat perbelanjaan Cornice, Masjid terapung, laut merah. Tour dilaksanakan jika waktunya memungkinkan. Jama’ah diarahkan menuju Bandara King Abdul Aziz untuk menuju ke Istanbul.dan kemudian ke Indonesia.

  • Hari kedua belas: Istanbul-Jakarta

Jama’ah tiba di Bandara Attaturk, Istanbul, kemudian diarahhkan untuk menunggu keberangkatan ke Jakarta.

Rangkaian acara tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Namun, pihak jasa travel akan menginformasikan pada jama’ah yang telah daftar haji atau umroh melalui Elharamain Wisata.

Bagaimana? menarik bukan? Bagi Anda yang akan melaksanakan haji atau umroh, pastikan diri Anda untuk segera daftar haji atau umroh melalui jasa travel ini. Daftar haji atau umroh cukup mudah. Anda dapat menghubungi pihak tour travel melalui nomor telepon 082177397288 atau datang ke kantor Elharamain Wisata. Selamat menikmati. Semoga ulasan kali ini dapat menjadi acuan bagi Anda yang ingin berangkat umroh dengan menggunakan agen perjalanan yang terpercaya.  Selamat menjalankan ibadah, semoga segalanya dipermudah. amin!

Temukan Cara Daftar Haji Umroh Plus Wisata Al Aqsa Secara Mudah

Haji merupakan rukun islam yang wajib ditunaikan bagi orang yang mampu baik secara harta maupun secara fisik. Haji merupakan ibadah yang ditunaikan di tanah suci Mekah. Hampir semua umat islam mengidam-idamkan untuk naik haji. Mahalnya biaya haji terkadang menjadi kendala seseorang untuk melaksanakan ibadah ini. Selain itu, cara daftar haji atau umroh juga sedikit ribet. Pasalnya, calon jama’ah harus mengurus paspor, visa, dan cek kesehatan.

Cara Daftar Haji Umroh Plus
Cara Daftar Haji Umroh Plus

Namun, Anda tak perlu khawatir. Saat ini, banyak sekali jasa tour travel yang menyediakan layanan untuk haji serta umroh. Anda dapat melaksanakan haji maupun umroh melalui jasa layanan tersebut. Salah satu jasa tour travel yang menawarkan berbagai fasilitas dan pelayanan yang menarik adalah Elharamain Wisata. Anda akan ditawarkan berbagai macam fasilitas yang akan membuat Anda nyaman dan aman. Jasa tour dan travel ini telah memiliki izin yang sah dari Kementerian Agama, sehingga Anda tak perlu khawatir karena pihak tour travel tidak mungkin melakukan penipuan dan kecurangan.

Cara Daftar Haji Umroh Plus

Anda tak perlu pusing dan repot-repot memikirkan cara daftar haji atau umroh melalui Elharamain Wisata. Pasalnya, cara daftar haji dan umroh melalui biro tour dan travel ini sangatlah mudah. Cara daftar haji dan umroh melalui biro tour travel Elharamain Wisata diantaranya, Anda perlu mengumpulkan beberapa persyaratan administrasi yang berkaitan dengan proses imigrasi. Adapun persyaratan daftar haji atau umroh yaitu :

  • Paspor negara Indonesia yang masih berlaku minimal selama 7 bulan terakhir. Paspor mencantumkan nama sebanyak tiga suku kata. Misalnya : Muhammad Abdul Latif
  • Pas foto tampak fokus berukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.
  • Photocopy Kartu Tanda Penduduk ( KTP) dan Kartu Keluarga ( KK )
  • Buku hasil vaksin meningitis. Anda diwajibkan untuk melakukan vaksin meningitis sebelum berangkat menuju tanah suci Mekah. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penularan virus meningitis.
  • Bagi anak-anak, diwajibkan untuk mengumpulkan surat akta kelahiran asli serta kartu keluarga asli.
  • Untuk wanita di atas usia 45 tahun, diwajibkan mengumpulkan KTP yang asli.
  • Bagi pasangan suami istri, wajib mengumpulkan scan surat keterangan nikah yang berwarna  resmi.

Fasilitas Umroh Elharamain Wisata

Bagaimana? Mudah bukan cara daftar haji atau umroh melalui Elharamaim Wisata. Setelah Anda mengetahui cara daftar haji dan umroh di Elharamain Wisata, Anda tentunya penasaran bukan dengan fasilitas yang ditawarkan di paket haji atau umroh ini. Fasilitas yang akan Anda dapatkan pada kesempatan haji atau umroh melalui paket haji atau umroh ini yaitu :

  • Tiket PP penerbangan pesawat kelas ekonomi.
  • Asuransi jiwa
  • Tempat penginapan berupa hotel yang berlokasi di dejat masjid.
  • Visa haji atau umroh.
  • Manasik haji atau umroh sebanyak dua kali yang akan dilaksanakan di Indonesia dan Madinah.
  • Bagasi dengan berat maksimal 30 kg.
  • Makan sebanyak tiga kali sehari dengan menu makanan khas Indonesia.
  • Kunjungan untuk ziarah di Mekkah dan Madinah.
  • Mutawwif (penunjuk wisata yang profesional dan berpengalaman).
  • Perlengkapan haji umroh seperti koper, tas, ihram dan mukena, sandal, baju batik, tas paspor, dan sebagainya.
  • Kunjungan tambahan untuk berziarah menuju Hudaibiyah serta kunjungan ke museum Ka’bah.
  • Air zam-zam sebanyak 5 liter.
  • Transportasi selama di Mekah menggunakan bis kelas VIP.
  • DVD berisi dokumentasi selama perjalanan haji umroh.

 

Bagaimana? Banyak fasilitas yang menarik bukan? Selain cara daftar haji umroh yang mudah, fasilitas yang ditawarkan juga banyak. Biaya pendaftaran haji umroh melalui Elharamain wisata relatif bersahabat dengan kantong calon jama’ah. Harga untuk keberangkatan haji umroh disesuaikan dengan paket hemat yang ditawarkan. Untuk paket haji umroh yang ditawarkan juga bermacam-macam. Beberapa paket haji umroh yang ditawarkan diantaranya yaitu paket haji umroh plus Al Alqsa, paket haji umroh plus Mesir, paket haji umroh plus Turki. Harga yang ditawarkan untuk umroh plus Al Aqsa yaitu sebesar Rp36.000.000,- dengan lama waktu perjalanan selama 9 hari. Paket umroh plus Turki ditawarkan dengan harga Rp31.000.000,- dengan lama waktu perjalanan selama 12 hari. Paket umroh plus Mesir ditawarkan dengan harga Rp28.000.000,- dengan lama waktu perjalanan yaitu 9 hari. Harga yang ditawarkan tersebut tidak termasuk dalam pembuatan paspor, vaksin meningitis, biaya keperluan pribadi seperti laundry, surat mahram, tour diluar paket hemat, serta kelebihan muatan bagasi.

paket wisata umroh plus Al Aqsa

Anda sudah paham bukan dengan pendaftaran haji atau umroh? Nah, sekarang Anda pasti penasaran dengan paket wisata umroh plus Al Aqsa bukan? Perjalanan yang akan dilaksanakan yaitu selama 9 hari.

Apabila Anda berminat untuk melaksanakan ibadah haji umroh, Anda tak perlu repot untuk mencari biro perjalanan haji dan umroh. Anda dapat mendaftarkan diri Anda untuk melaksanakan haji atau umroh melalui Elharamain Wisata. Terkait informasi pendaftaran haji dan umroh melaui biro perjalanan Elharamain Wisata, Anda dapat menghubungi pihak Elharamain Wisata melalui nomor telepon 082177397288. Selain itu, untuk informasi lebih jauh mengenai pendaftaran serta ketentuan haji dan umroh melalui Elharamain Wisata, Anda juga dapat mengunjungi kantor resmi Elharamain yang berlokasi di wilayah Bekasi.

Cukup mudah bukan cara daftar haji. Jadi tunggu apa lagi? Bagi Anda yang akan melaksanakan haji dan umroh segera daftarkan diri Anda sekarang juga. Dapatkan pelayanan terbaik, aman, dan nyaman bersama biro haji dan umroh Elharamain Wisata. Jadi bagaimana? Anda sudah tidak bingung lagi mengenai pendaftaran haji dan umroh kan? Selamat menjalankan ibadah!

Tata Cara Ibadah Haji yang Benar

Seperti yang kita ketahui bahwa rukun Islam yang kelima adalah menunaikan haji bagi yang mampu. Oleh sebab itu setiap tahunnya pasti banyak umat Islam dari berbagai dunia untuk pergi haji ke tanah suci Mekah. Indonesia sendiri merupakan suatu negara demokratis dengan mayoritas agama Islam, otomatis masyarakat yang berangkat ibadah haji setiap tahunnya sangat banyak.

Berangkat Ibadah Haji Untuk beribadah kepada Allah

Dengan berangkat haji ini, umat Islam akan melaksanakan serangkaian amal ibadah uang telah sesuai dengan rukun yang telah ditentukan. Banyak umat Islam yang berharap keberangkatannya ini sangat khusyuk agar sepulangnya nanti menjadi haji yang mabrur atau haji seseorang yang sudah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah di tanah suci dengan benar, ikhlas, tidak tercampur dosa, menggunakan biaya halal, dan setelah pergi haji menjadi orang yang lebih baik lagi.

travel ibadah haji dan umroh
travel ibadah haji dan umroh

Ibadah haji ini dilaksanakan biasanya pada bulan Dzulhijah dan kebanyakan melaksanakan haji ini berada 40 hari di tanah suci Mekah. Agar melakukan ibadah dengan benar, maka Anda harus memenuhi beberapa rukun haji, wajib haji, dan sunah haji.

Rukun Ibadah haji terdiri dari 6 perkara, diantaranya adalah:

  1. Ihram yang merupakan niat untuk memulai ibadah haji dengan memakai kain putih. Ibadah ini dilaksanakan atau dimulai tepat setelah sampai di Miqat atau di batas yang sudah ditetapkan yaitu Miqat Zamani dan Miqat Makani.
  2. Wukuf di Arafah merupakan acara berhenti di padang arafah dari mulai tergelincirnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijah sampai dengan terbit fajar pada tanggal 10 Dzulhijjah.
  3. Thawaf Ifadhah yang merupakan acara dimana umat mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali.
  4. Sa’i adalah lari kecil atau jalan cepat antara bukit Shafa dan Marwah.
  5. Mencukur atau menggunting rambut sedikitnya 3 helai rambut.
  6. Tertib menjalankan rukun haji.

Kemudian untuk wajib haji terdiri dari 7 perkara, diantaranya adalah:

  1. Ihram dimulai dari Miqat
  2. Bermalam di Muzdalifah pada malam hari raya haji sesudah dari padang Arafah
  3. Melempar Jumrotul Aqobah
  4. Melempar tiga Jumroh yaitu jumroh Aqobah, jumroh Ula, dan jumroh Wastho setiap tanggal 11, 12, dan 13 pada bulan haji
  5. Bermalam di Mina
  6. Thowaf Wada
  7. Menjauhkan diri dari larangan atau perbuatan yang diharamkan dalam ihrom dan umroh

Sedangkan sunah haji terdiri dari 6 perkara, yaitu:

  1. Cara mengerjakan haji terdapat 3 cara yaitu ifrad yakni melakukan ibadah haji di awal, tamattu yakni melaksanakan ibadah setelah umroh, dan qiran yakni melakukan ibadah dan umroh bersamaan.
  2. Membaca talbiyah selama melakukan ibadah dan umroh bersamaan.
  3. Berdoa setelah membaca talbiyah.
  4. Berdzikir sewaktu thawaf.
  5. Shalat dua rakaat sesudah thawaf.
  6. Masuk ke ka’bah.

Dalam mengerjakan haji harus sesuai dengan rukun haji, wajib haji, dan juga sunah haji. Tetapi selain itu ada juga larangan saat mengerjakan haji. Hal-hal yang dilarang oleh orang yang sudah memakai pakaian ihram dan sudah berniat untuk beribadah adalah:

  1. Melakukan hubungan seksual atau apapun yang mengarah pada perbuatan hubungan seksual
  2. Melakukan perbuatan tercela dan maksiat
  3. Membuat keributan dengan orang lain
  4. Memakai pakaian yang berjahit untuk laki-laki
  5. Memakai wangi-wangian
  6. Memakai khuff yaitu kaos kaki atau sepatu yang menutup mata kaki
  7. Melakukan akad nikah
  8. Memotong kuku
  9. Mencukur atau mencabut rambut
  10. Memakai pakaian yang mempunyai bau harum
  11. Membunuh binatang buruan
  12. Memakan daging binatang buruan

Dalam melaksanakan ibadah haji, Anda juga harus mengetahui bahwa ternyata ada beberapa macam haji yaitu haji ifrad, haji tamattu, dan haji qiran seperti yang disebutkan dalam sunah haji. Berikut penjelasannya:

  1. Haji Ifrad yaitu membedakan antara haji dan umroh. Dimana haji dan umroh ini dikerjakan dengan sendiri-sendiri. Pelaksanaannya haji akan dilakukan terlebih dahulu kemudian setelah selesai barulah melakukan umroh. Semua dilakukan ketika masih berada dalam bulan haji. Anda dapat melaksanakan ihram dari miqat dengan niat haji dan ihram dari miqat dengan niat umroh.
  2. Haji Tamattu adalah melakukan umroh terlebih dahulu pada bulan haji, kemudian setelah selesai baru melakukan haji. Untuk orang yang akan melakukan haji tamattu ini wajib membayar hadyu atau denda dengan menyembelih seekor kambing. Jika tidak mampu dapat digantikan dengan berpuasa selama 10 hari pada 3 hari di tanah suci, dan 7 hari setelah kembali ke tanah air. Haji ini dilakukan dengan ihram dari miqat dengan niat umroh dan melaksanakan haji setelah selesai semua amalan umroh.
  3. Haji qiran adalah melaksanakan ibadah haji dan umroh secara bersamaan. Dengan begitu segala amalan umroh sudah tercakup dalam amalan haji. Untuk melaksanakan haji qiran ini ihram dari miqat dengan niat untuk haji dan umroh sekaligus dan melakukan seluruh amalan haji.

Setelah Anda mengetahui beberapa hal tentang ibadah haji dan umroh, maka Anda juga harus mengetahui cara keberangkatan Anda. Anda lebih baik mengetahui travel mana yang terbaik dan terpercaya. Sehingga Anda tidak terkena tiup dan menghabiskan uang yang telah Anda kumpulkan. Adalah PT. Dhiyaa El Haramain El Mubarakah yang merupakan salah satu travel yang sudah terpercaya dan sudah mendapatkan izin dan legalitas resmi dari pemerintah Indonesia. Dengan travel ibadah haji dan umroh ini, Anda sudah dipastikan akan berangkat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan terlebih dahulu dan tentunya dengan harga yang wajar dan sesuai. Di dalam travel ini juga sudah terdapat pembimbing yang profesional sehingga dapat ibadah Anda semakin sempurna ketika menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekah.

Biaya Haji Murah Elharamain Wisata

Ibadah haji termasuk rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi orang yang mampu. Sekarang ini, untuk melaksanakan ibadah haji sudah terkoordinir dengan baik dan mudah. Kini semakin banyak yang ingin pergi ibadah haji, hingga kita ketahui bahwa antrean untuk pergi beribadah haji bisa selama 17 tahun. walaupun diketahui bahwa biaya haji akan selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Namun, hal itu tidak menyurutkan minat umat muslim di Indonesia untuk tidak pergi haji. Elharamain Wisata punya solusinya! Travel haji dan umroh Elharamain Wisata  menyediakan layanan haji ONH Plus. Haji ONH Plus ini memberikan biaya haji yang lebih murah, jadwal lebih singkat, dan lebih dimudahkan akomodasinya. Kegiatan yang akan dilaksanakan oleh jamaah haji ONH Plus juga sama dengan jamaah ibadah haji reguler.

Biaya Haji Murah
Biaya Haji Murah

Jangan Anda tidak perlu khawatir. Travel Elharamain Wisata sudah mengantongi izin dari Departemen Agama RI  dengan SK Kemenag no.146 tahun 2017. Mempunyai kantor resmi di ruko Grand Boulevard Asia Tropis Blok AT 12 NO. 02, Harapan Indah, Desa Pusaka Rakyat, Kec. Tarumajaya, Kab. Bekasi, Jawa Barat. Jadi, apabila terjadi sesuatu Anda bisa lebih mempercayai travel ini dan bisa langsung datang ke kantor resminya. Lalu, bagaimanakah caranya kita menyiapkan biaya haji ONH Plus ini? Berikut tipsnya.

Biaya Haji Plus Elharamain WIsata

  1. Tabungan Haji

Beberapa Bank di Indonesia, khususnya Bank Syariah sudah bisa melayani tabungan ke tanah suci, baik untuk umroh maupun haji. Dengan adanya tabungan haji ini, biaya haji bisa kita persiapkan sejak dini dan lebih aman tentunya. Menjadi nasabah ibadah haji, Anda bisa langsung mendaftarkan diri ke Departemen Agama melalui jalur online bernama Siskohat (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu). Adapun kelebihan lainnya yaitu mendapatkan informasi yang lebih cepat, tepat, dan kepastian mengenai pemberangkatan haji. Selain itu, pendaftaran haji lewat tabungan berguna untuk menghindari membludaknya kuota. Apabila nasabah memiliki kendala dalam pembayaran kas, maka bank bisa menalangi biaya haji tersebut dengan sementara dan diberikan ketentuan bahwa nasabah harus melunasi sebelum berangkat haji.

  1. Tabungan Emas

Kelebihan emas daripada uang adalah emas memiliki harga yang stabil ketimbang inflasi (kenaikan harga). Nilai emas yang harus dipersiapkan agar Anda bisa berangkat haji adalah sekitar 2.500-3.000 gram. Akan tetapi, apabila Anda ingin emas dijadikan sebagai biaya haji, Anda wajib membayar zakat 2,5% apabila berat emas sudah lebih dari 85 gram pada saat menjelang Idul Fitri. Kekurangan investasi menggunakan emas sebagai biaya haji adalah terlalu berisiko sehingga Anda harus lebih hati-hati dalam menyimpan logam mulia tersebut. Sebaiknya jangan simpan emas di dalam rumah dan tabungkan ke bank dengan memanfaatkan deposit box. Cara lainnya, bisa juga Anda titipkan ke Pegadaian dan membeli koin emas untuk biaya haji ONH Plus ini.

  1. Asuransi Haji

Mempercayakan biaya haji ke asuransi adalah alternatif lainnya. Banyak asuransi yang menawarkan layanan ini kepada calon jamaah. Sistemnya pun sama seperti asuransi pendidikan atau asuransi lainnya. Sebagian premi yang Anda bayar akan dialokasikan sebagai investasi dan sebagian yang lain untuk proteksi. Kelebihannya, Anda bisa lebih terjadwal dan terencana saat menyiapkan dana. Sangat membantu terutama bagi Anda yang pertama kali berangkat ke tanah suci. Anda hanya perlu menentukan target ibadah haji, lalu perusahaan asuransi membantu perhitungan setoran wajibnya. Kelebihan lainnya, asuransi haji menyediakan santunan kepada ahli waris apabila seandainya ada calon jamaah yang meninggal, lalu biaya yang telas dikumpulkan oleh mendiang akan diserahkan kepada pihak keluarganya. Bisa pula Anda menggantikan posisi nasabah yang meninggal tersebut dalam catatan masih dalam satu keluarga.

 

Ketentuan umum dan Persyaratan Haji ONH Plus yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

  1. Mengisi Form pendaftaran.
  2. Membayar uang muka sesuai ketentuan Kementerian Agama yaitu sebesar USD 4000 (kurs rupiah bisa berbeda-beda setiap tahun).
  3. Pelunasan sesuai aturan Kementerian Agama RI.
  4. Pas foto berwarna terbaru, dengan background putih dan tampak wajah 80%, berukuran 3×4 sebanyak 20 lembar, 4×6 sebanyak 5 lembar, apabila jamaah adalah wanita maka pas foto wajib berjilbab.
  5. Fotokopi KTP yang masih berlaku 2 lembar.
  6. Fotokopi KK (Kartu Keluarga) 2 lembar.
  7. Fotokopi surat nikah bagi suami istri sebanyak 2 lembar.
  8. Fotokopi akta kelahiran 2 lembar.
  9. Persyaratan bisa berubah sewaktu-waktu menyesuaikan pemerintah Arab Saudi atau penerbangan.

Harga ONH Plus sudah termasuk pelayanan dan fasilitas berikut.

  1. Setoran BPIH ke Kementerian Agama untuk biaya general service di Arab Saudi.
  2. Tiket pesawat kelas Ekonomi (Jakarta-Jeddah-Jakarta).
  3. Penginapan di hotel berbintang dan konsumsi.
  4. Bus AC VIP.
  5. Pembimbingan Ibadah Mutawwif dan petugas.
  6. Full ziarah Madinah dan Mekah.
  7. Bimbingan manasik haji dan umroh.
  8. Bagasi mak. 30 kg untuk internasional dan 20 kg untuk domestik.
  9. Perlengkapan standar haji lengkap seperti: kain ihram (pria), mukena dan bergo (wanita), koper besar travel, tas paspor, ikat pinggang, seragam nasional, seragam batik, ransel, dan tas tenteng.
  10. Air zamzam 5 liter per jamaah.

Itulah tawaran haji ekonomis oleh travel Elharamain Wisata. Apabila Anda berniat untuk mendaftar dan ingin mengetahui biaya haji lebih lanjut, bisa menghubungi lewat telepon (021) 88382764, ponsel 082177397288, atau melalui email ke [email protected]. Dengan banyaknya kemudahan ini tentu haruslah memberikan semangat lebih dalam merencanakan ibadah haji. Selamat menjalankan ibadah umroh dan haji. Semoga amal dan ibadah kita di tanah suci nantinya dapat diterima Allah SWT. Amin.

Info Haji Terbaru yang Wajib Anda Ketahui

Penyelenggaraan haji dan umroh di Indonesia tentu saja tidak terlepas dari pantauan dari pemerintah. Banyaknya kasus penipuan travel dan biro umroh yang saat ini sangat marak menyebabkan pemerintah harus turun langsung ke lapangan untuk bisa melindungi dan memperjuangkan hak-hak pada calon jamaah. Hingga kini, ada banyak sekali info haji terbaru yang mungkin saja sangat penting untuk Anda ketahui sebagai calon jamaah. Salah satu infonya yaitu adanya harga penentuan dari pemerintah untuk pemberangkatan umroh. Nah, dengan cara ini diharapkan pemerintah bisa memantau dan secara langsung mendampingi para calon jamaah untuk mendapatkan agen travel dengan harga terjangkau dan tentunya terpercaya.

Info Haji Terbaru yang Wajib Anda Ketahui
Info Haji Terbaru yang Wajib Anda Ketahui

Info Haji Terbaru yang Wajib Anda Ketahui

Upaya ini dilakukan untuk bisa meningkatkan penyelenggaraan umroh ke arah yang lebih baik dan tentu saja tidak merugikan para calon jamaah. Harga referensi umroh yang nantinya akan ditetapkan juga akan menguntungkan para calon jamaah yang tentunya bisa menunaikan umroh dengan harga rata-rata atau kisarannya sama dari satu agen dengan agen yang lainnya. Tujuan penting dari adanya harga referensi ini agar masyarakat tidak tergiur dengan penawaran pemberangkatan umroh dengan biaya yang super murah namun ternyata hanya penipuan. Seperti satu kasus yang pernah dilakukan oleh salah satu agen travel yang terbukti merugikan banyak sekali pihak.  Info haji terbaru seperti ini akan sangat baik dipantau secara langsung oleh para calon jamaah.

Harga referensi tidak hanya menguntungkan para calon jamaah saja tetapi juga sangat menguntungkan bagi jasa travel dan biro umroh karena mereka bisa bersaing secara sehat tanpa harus berlomba-lomba menurunkan biaya pemberangkatan untuk bisa menarik minat para calon jamaah. Hal ini juga akan meminimalisir keinginan para travel nakal untuk bisa menyesatkan lagi. Info haji terbaru mengenai harga referensi kini sedang hangat diperbincangkan baik dari pihak pemerintah atau secara langsung oleh asosiasi travel umroh yang ada di Indonesia.

Hati Hati Travel Haji Umroh Murah

Travel yang mematok harga yang sangat murah untuk sekali berangkat tentu saja menawarkan fasilitas yang tidak memenuhi standar bahkan tidak layak. Hal ini akan memicu anggapan masyarakat bahwa agen tersebut nakal, curang, korupsi, atau istilah lainnya yang menyebabkan munculnya laporan kasus penipuan. Nah, hal ini yang sekarang marak terjadi pada beberapa artikel dan berita mengenai info haji terbaru. Anda sebagai calon jamaah juga harus cerdas untuk bisa menentukan jenis travel dan biro umroh mana yang akan dipilih. Jangan langsung tergiur dengan penawaran yang super murah karena nantinya fasilitas yang tidak layaklah yang akan Anda dapatkan. Bahkan, bisa jadi Anda berpeluang untuk menjadi jamaah yang telantar di tanah suci semata-mata karena tingkah laku agen perjalanan umroh murah yang tidak bertanggung jawab.

Info haji terbaru lainnya selain harga referensi adalah penambahan jumlah untuk jamaah. Setiap tahunnya, terjadi peningkatan jumlah jamaah yang sangat signifikan di berbagai tempat tanpa meninjau terlebih dahulu daya tampung yang ada di Mina. Hal ini tentu saja menjadi salah satu penyebab banyaknya tenda-tenda yang digunakan untuk menginap kelebihan daya tampung dan tidak bisa menjadi tempat bernaung bagi para calon jamaah. Kondisi ini tentu saja sangat memprihatinkan sehingga secara langsung akan ditangani secepat mungkin. Semua upaya yang akan dilakukan semata-mata untuk memberikan perlindungan kepada para calon jamaah Indonesia.

Cari Informasi Haji Terkini

Tragedi kemanusiaan akan menjadi info haji terbaru dan paling hangat yang sangat luar biasa. Meskipun di tanah suci sudah dilakukan perluasan baik di area Masjidil Haram atau pun area lainnya yang bisa digunakan untuk menginap, tetap saja problem utama adalah area yang berada di kawasan Mina yang bahkan sampai sekarang tidak berubah dan tidak mengalami pemugaran. Salah satu hal yang diharapkan oleh pemerintah yaitu adanya penambahan daya tampung khususnya yang berada di area Mina sehingga nantinya jamaah tidak akan terlantar. Khusus di tahun 2018 ini, pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia secara langsung berjanji untuk terfokus untuk upaya yang dilakukan untuk bisa menambah daya tampung yang ada di Mina.

Selain info haji terbaru yang wajib Anda ketahui sebelum pemberangkatan, hal lain yang wajib Anda ikuti dan lalui adalah manasik haji. Apa itu manasik haji? Manasik haji menjadi salah satu gladi bersih yang akan Anda jalani selama dua kali atau tiga kali sebelum pemberangkatan. Ada banyak sekali hal yang akan Anda ketahui dengan mengikuti manasik tersebut seperti bagaimana haji itu, peraturan dan tata cara apa saja yang dilakukan ketika haji, seperti apa gambaran umum dari tanah suci mulai dari cuaca, kondisi wilayah dan masih banyak lagi. Sangat pentingnya manasik haji ini tentunya membuat Anda wajib hadir setiap kali diadakan manasik sekaligus mengikuti penyuntikan vaksin.

Penyuntikan vaksin ini dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh Anda ketika haji tetap dalam keadaan sehat dan tidak mudah terserang virus atau bakteri yang akan sangat mudah di temukan di sana karena banyaknya jamaah yang berasal dari suku dan negara lain. Suntik vaksin ini juga menjadi salah satu kewajiban sebagai salah satu syarat resmi pengajuan visa di pemerintahan Saudi Arabia. Banyak sekali info haji terbaru yang bisa Anda temukan di berbagai sumber seperti di artikel online, surat kabar, berita radio, berita televisi dan masih banyak lagi. Nah, bagi Anda yang masih bingung memilih agen travel haji terpercaya maka bisa langsung memilih Elharamain Wisata yang sudah terbukti terpercaya. Semoga ulasan kali ini bermanfaat.

 

Dahulukan Ibadah Haji dengan Manasik Haji pada Agen Travel Haji Terpercaya

Dapat mengunjungi Baitullah dan menjalankan ibadah haji adalah impian bagi para umat Muslim. Banyak orang yang rela menabung berpuluh-puluh tahun untuk bisa menunaikan ibadah haji dan menyempurnakan rukun Islam dan dapat mencium Hajar Aswad. Sebelum menunaikan ibadah haji, calon jamaah juga disarankan mengikuti manasik haji atau melakukan latihan haji terlebih dahulu agar ibadah di Tanah Suci nanti sempurna.

Manasik Haji
Manasik Haji

Belajar Manasik Haji pada Agen Travel Haji Terpercaya

Manasik haji bisa disebut dengan latihan sebelum benar-benar menunaikan ibadah haji ke Baitullah dan dilakukan beberapa kali dalam tempo waktu tertentu secara bersama-bersama. Ada beberapa hal penting yang harus diketahui dalam pelaksanaan manasik haji, meliputi hal-hal yang bersifat wajib, sunnah maupun mubah yang dilakukan ketika menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya di Baitullah. Selain kewajiban maupun hal-hal yang dianggap sunnah, calon jamaah juga akan diberikan pengetahuan mengenai hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika menjalankan ibadah haji. Berikut adalah hal-hal yang harus diketahui dan dipraktekkan oleh calon jamaah haji ketika manasik haji berlangsung.

  1. Pakaian Ihram

Tata cara berpakaian bagi para calon jamaah haji merupakan salah satu hal yang pokok untuk diketahui ketika melaksanakan kegiatan manasik haji. Pakaian yang dikenakan ketika melaksanakan ibadah haji nanti berbeda dengan pakaian muslin yang digunakan sehari-hari dan sifatnya adalah wajib untuk dilakukan. Pakaian ihram bagi laki-laki dan perempuan berbeda. Pakaian ihram bagi laku-laki adalah berupa dua lembar kain putih yang tidak memiliki jahitan dari sisi mana pun. Kedua kain ini memiliki dua fungsi yang berbeda, yaitu kain yang pertama berfungsi sebagai penutup tubuh bagian bawah dan dipakai seperti memakai sarung, dari perut hingga ke mata kaki. Sedangkan kain yang lainnya berfungsi untuk diselempangkan seperti memakai selendang untuk menutupi tubuh bagian atas. Bagi jamaah perempuan, pakaian ihram berupa kain ihram yang menutup seluruh badan kecuali dua bagian tubuh yaitu bagian muka dan telapak tangan. Seperti pakaian ihram yang dikenakan laki-laki, pakaian ihram yang dikenakan perempuan disunnahkan untuk berwarna putih.

  1. Simulasi ibadah

Dalam kegiatan manasik haji, area yang digunakan di-setting agar menyerupai ibadah haji yang sebenarnya. Panitia biasanya akan menyediakan ka’bah, tempat untuk melempar jumrah, dan perlengkapan lainnya. Pada pelaksanaannya, calon jamaah haji akan dituntun runtutan ibadah yang harus dilakukan, dan diberikan penjelasan mengenai ibadah-ibadah apa saja yang wajib dilakukan ataupun yang sunnah dilakukan. Semua tahapan ibadah haji ini diajarkan secara urut hingga tahap terakhir yaitu tahap memotong rambut bagi jamaah laki-laki setelah melakukan ibadah sa’i.

Dalam pelaksanaan manasik haji dilakukan beberapa kali hingga waktu mendekati pelaksanaan haji yang sebenarnya di Mekah. Walaupun kelihatannya sangat sederhana, namun, pelaksanaan latihan sebelum benar-benar melaksanakan ibadah haji ini memiliki banyak sekali manfaat bagi para calon jamaah haji, antara lain:

  1. Calon jamaah haji mengetahui dan memahami berbagai macam ibadah yang sifatnya wajib maupun sunnah yang dilakukan ketika ibadah haji yang sesungguhnya di Baitullah nanti. Selain itu, calon jamaah haji juga mengetahui hal-hal yang sifatnya haram atau dilarang untuk dilakukan ketika menjalankan ibadah haji di Baitullah.
  2. Calon jamaah haji yang akan berangkat menunaikan ibadah haji ke Mekkah biasanya tidak berangkat secara bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya, atau dengan orang-orang yang sudah dikenal sehari-hari. Calon jamaah haji biasanya akan berangkat berdua antara suami istri, orang tua dan anak, atau dengan beberapa kerabat saja. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengikuti latihan-latihan sebelum benar-benar melaksanakan ibadah haji, agar dapat lebih mengenal para calon jamaah haji lainnya. Menjalin hubungan yang baik dengan para jamaah haji lainnya penting karena di Baitullah nanti jamaah haji bisa saling menjaga dan menolong satu sama lain, terutama bagi calon jamaah yang telah berusia lanjut dan memerlukan banyak bantuan. Walaupun ada crew dari penyedia perjalanan haji, namun jumlahnya hanya sedikit dan tidak bisa selalu berada di dekat para calon jamaah haji.
  3. Banyak jamaah haji yang baru pertama akan melaksanakan ibadah haji dan belum pernah berkunjung ke Mekah. Oleh karena itu, pihak penyedia perjalanan haji akan memberikan gambaran umum bagaimana kondisi kota Mekah dan sekitarnya, terutama tentang larangan-larangan yang tidak boleh dilakukan di sana oleh jamaah haji. Oleh karena itu, mengikuti latihan yang diselenggarakan sangat penting diikuti.
  4. Hal yang paling mencolok dan harus diketahui oleh jamaah haji adalah perihal bahasa. Walaupun nanti jamaah haji tidak harus menggunakan bahasa Arab dengan sesama jamaah haji ketika di Mekah dan sekitarnya, namun bahasa Arab sehari-hari akan sangat berguna untuk digunakan sewaktu-waktu terjadi hal yang darurat dan mengharuskan jamaah untuk berkomunikasi dengan orang-orang Arab yang ada di Bahasa Arab yang akan diajarkan bukanlah bahasa Arab yang sulit, namun bahasa Arab sehari-hari yang digunakan untuk keperluan sehari-hari dan sifatnya darurat.

Kegiatan manasik haji bukanlah kegiatan yang berat untuk dilakukan. Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat penting dan sangat berguna untuk diikuti oleh para calon jamaah haji. Mengetahui setiap detail ibadah sangat penting sebelum benar-benar melaksanakan ibadah haji di Mekah, karena di Mekah nanti, setiap jamaah diharuskan untuk mandiri dalam melakukan berbagai ibadah dan tidak terlalu dituntun seperti ketika melakukan latihan. Ada beberapa tips yang bisa dicoba ketika melakukan manasik haji, antara lain:

  1. Membawa Buku Catatan

Buku catatan adalah hal penting yang harus dibawa oleh calon jamaah haji. Buku catatan ini sangat berguna untuk mencatat setiap detail ibadah, ketentuan dan lain-lain. Buku catatan ini akan sangat berguna ketika di Mekah nanti, dimana buku catatan dapat menuntun jamaah untuk melaksanakan kegiatan maupun ibadah dengan terperinci tanpa ada yang terlewat. Buku catatan juga berguna untuk mencatat bahasa Arab sehari-hari yang mungkin akan berguna ketika di Mekah nanti.

  1. Mencatat Nomor Telepon Jamaah Haji Lain

Mengenal calon jamaah haji yang lain tidak hanya sebatas mengenal saja, tetapi juga harus terjalin hubungan dan silaturahmi yang baik. Mencatat nomor telepon jamaah lain sangat penting dilakukan.

  1. Makan-makanan Bergizi dan Siapkan Stamina

Melaksanakan latihan haruslah didukung dengan tubuh yang sehat dan fit. Oleh karena itu, selama latihan rutin dilaksanakan, selalu konsumsi makanan bergizi dan persiapkan selalu fisik yang fit dan stamina yang bagus, misalnya dengan rutin melakukan olahraga.

Manasik haji bukan hanya dilakukan oleh para calon jamaah haji yang akan berangkat ke Baitullah, tetapi juga dilaksanakan oleh anak-anak sebagai bentuk pengenalan akan rukun Islam yang terakhir dan menumbuhkan kecintaan pada Allah, rasul, dan para nabi. Bagi Anda yang belum siap untuk pergi haji dan ingin mengawali dengan umroh sebagai perkenalan, maka Anda bisa menghubungi Elharamainwisata. Biro umroh dan travel resmi yang telah terdaftar di Kementerian Agama ini siap mengantar ibadah Anda ke Tanah Suci.

Ketahui Perbedaan Haji dan Umroh Agar Ibadah Lebih Bermanfaat

Ketahui Perbedaan Haji dan Umroh Agar Ibadah Lebih Bermanfaat

Haji dan umroh sama-sama merupakan sebuah ibadah yang dilaksanakan di tanah suci Mekah oleh umat Muslim. Namun, keduanya tentu memiliki perbedaan. Tahukah Anda perbedaan keduanya? Kali ini kita akan membahas tentang perbedaan haji dan umroh. Tentunya dalam setiap menjalankan ibadah, kita jangan sampai hanya menjalankannya saja tanpa tahu makna dan keutamaan dibaliknya. Dengan mengetahui makna dan keutamaannya, tentu ibadah yang kita jalankan akan lebih bermanfaat. Kita pun menjalankannya dengan penuh pengetahuan, bukan hanya sebatas tahu bahwa kita sedang menjalankan ibadah saja.

Perbedaan Haji dan Umroh
Perbedaan Haji dan Umroh

Inilah Perbedaan Haji dan Umroh

Sedikitnya perbedaan haji dan umroh ada 3 yaitu terkait hukum, waktu, dan rukunnya. Pertama yang harus diketahui oleh para calon jamaah baik haji maupun umroh adalah tentang hukum kedua ibadah tersebut. Ibadah haji hukumnya wajib bagi yang mampu. Ibadah yang satu ini masuk dalam lima rukun Islam. Sebagai umat Islam, tentu kita sekalian memahami bahwa rukun Islam merupakan pilar bagi umat Islam untuk menjalankan kehidupan beragamanya. Dalam pilar tersebut, haji berada pada urutan nomor 5 setelah syahadat, sholat, zakat, dan puasa. Saat seseorang dalam keadaan mampu, haji menjadi sebuah ibadah yang wajib dijalankannya. Namun, Islam merupakan agama yang tak pernah memaksa dan membebani umatnya. Maka, ibadah haji tidak dipaksakan bagi mereka yang belum mampu. Tentunya setiap Muslim tetap wajib berusaha untuk bisa menunaikan rukun Islam yang kelima ini.

Jika haji hukumnya wajib, maka tidak begitu untuk ibadah umroh. Umroh merupakan ibadah yang hukumnya sunnah. Artinya jika dikerjakan mendapatkan pahala, namun jika tidak dijalankan tidak menyebabkan dosa. Maka, nampak bahwa haji lebih utama daripada umroh. Meski begitu biasanya biaya umroh yang lebih murah daripada haji menjadikan kaum Muslim lebih dulu menjalankan ibadah umroh. Selain itu, alasan belum siap juga kadang membuat kaum Muslim lebih memilih umroh terlebih dahulu sebelum mantap secara mental untuk menjalankan ibadah haji. Tentu bukanlah sebuah masalah jika kita menjalankan ibadah umroh sebelum menjalankan ibadah haji. Keduanya juga merupakan ibadah yang akan meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT. Selain itu, tidak ada aturan yang mengharuskan kaum Muslim untuk mendahulukan haji sebelum umroh. Namun, tentu saja sebagai umat Islam, haji tetaplah merupakan ibadah yang wajib hukumnya dan tidak boleh dilupakan. Itulah perbedaan haji dan umroh yang pertama.

Selanjutnya perbedaan haji dan umroh yang kedua adalah terkait waktunya. Untuk ibadah haji, waktunya hanya pada bisa dilakukan pada tanggal 9 sampai 13 Dzulhijah. Di luar waktu tersebut, haji yang dijalankan tidak sah. Sedangkan ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja. Namun dimakruhkan pada tanggal 9 Dzulhijah atau hari Arofah, tanggal 10 Dzulhijah atau hari Nahar, juga pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijah atau hari Tasyrik. Selain alasan yang sudah dikemukakan sebelumnya, perbedaan haji dan umroh yang satu ini juga menjadi seringkali menjadi alasan kenapa orang memilih menjalankan umroh lebih dulu. Rezeki kadang datang tanpa diduga, saat itu kita ingin mengunjungi tanah suci Mekah namun terbentur waktu dan antrean keberangkatan haji, maka umroh dipilih untuk lebih dulu dijalankan.

Waktu ibadah haji yang terbatas hanya pada 9 Dzulhijah sampai 13 Dzulhijah saja yang artinya hanya ada 1 kesempatan haji dalam satu tahun, membuat adanya perbedaan haji dan umroh pada tingkat keramaiannya. Kesempatan 1 tahun sekali tersebut dibagi untuk berbagai negara di dunia ini. Tentunya umat Islam bukan hanya terdapat di Indonesia atau beberapa negara saja. Diantara para umat Muslim di seluruh penjuru dunia, tentunya memiliki keinginan yang sama untuk menunaikan ibadah haji. Oleh karena itu, tingkat keramaian pada saat ibadah haji tentu saja jauh lebih tinggi. Bahkan sudah ramai pun, masih banyak antrean calon jemaah haji di berbagai negara. Seperti di Indonesia yang tak mungkin hanya mengantre sebentar untuk bisa berangkat haji. Jika mendaftar sekarang, Anda perlu menunggu untuk bisa berangkat. Bisa dibayangkan bagaimana ramainya? Ya, meski tentunya kuota haji juga selalu dibatasi.

Perbedaan yang ketiga atau perbedaan haji dan umroh yang terakhir yaitu terkait rukunnya. Antara keduanya, ada beberapa rukun yang sama-sama dijalankan. Namun, lebih banyak rukun haji daripada rukun umroh. Rukun haji terdiri dari ihram, thawaf, sa’i, tahalul, wukuf di Arafah, mabit (menginap) di Musdalifah, dan melempar jumroh. Sedangkan rukun umroh hanya terdiri dari ihram, thawaf, sa’i, dan tahalul saja. Dengan perbedaan rukun ini, ternyata juga menyebabkan sedikit perbedaan tempat pelaksanaan antara ibadah haji dan umroh. Beberapa rukun haji dilaksanakan di luar kota Mekkah, yaitu rukun haji seperti wukuf di Arafah, mabit di Musdalifah, dan melempar jumroh di Mina. Sementara untuk menjalankan ibadah umroh, Anda bisa memilih waktu yang tepat ketika tanah suci Mekkah sekiranya dalam keadaan tak terlalu ramai.

Selain perbedaan haji dan umroh, tentu ada hal-hal yang sama selain kesamaan bahwa keduanya merupakan sebuah ibadah bagi umat Muslim. Apa persamaannya? Keduanya sama-sama harus menyiapkan batin dan fisik. Kesiapan batin sudah tentu harus dimiliki oleh semua calon jamaah haji maupun umroh. Semua ibadah tentu harus dijalankan dengan hati yang lapang dan ikhlas diniatkan untuk mencari ridho Allah SWT. Nah, selanjutnya adalah terkait kesiapan fisik. Khususnya untuk masyarakat dari luar Mekah atau negara-negara dengan cuaca tropis bahkan dingin, tentu akan cukup kesulitan untuk beradaptasi di negara dengan cuaca yang sangat panas seperti Arab Saudi. Oleh karena itu, baik calon jamaah haji maupun umroh, sama-sama harus mempersiapkan fisik dan bekal yang mumpuni untuk bisa menjalankan hari-hari di negara dengan cuaca cukup ekstrim.

Sebelum berangkat haji maupun umroh, pastikan Anda sudah menyiapkan koper beserta isinya jauh-jauh hari sehingga dapat dipastikan bahwa tidak ada keperluan yang tertinggal. Anda bisa membuat list untuk mencatat apa saja yang perlu dibawa sebagai bekal hidup di negara bercuaca ekstrem. Barang-barang yang tidak boleh tertinggal antara lain perlengkapan pribadi seperti baju secukupnya dan peralatan mandi yang cocok untuk Anda dan juga tabir surya serta kacamata. Kemudian perlengkapan ibadah seperti mukena. Al-Quran, tasbih, dan sajadah. Juga jangan sampai lupa membawa obat-obatan pribadi. Apalagi jika Anda memiliki sakit tertentu. karena terdapat perbedaan haji dan umroh, maka mungkin ada beberapa kebutuhan perlengkapan yang berbeda. Anda bisa membuat catatan sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Nah, jika Anda akan melaksanakan ibadah umroh. Selain kebutuhan pribadi, tentu harus terlebih dahulu mendaftar di agen perjalanan umroh. Untuk keperluan yang satu ini, jangan sampai salah pilih. Pastikan bahwa agen perjalanan yang Anda ikuti merupakan agen perjalanan terpercaya dan bertanggungjawab. Juga memiliki kualitas layanan dan fasilitas yang mumpuni. Hal penting lainnya adalah soal harga dan paket yang ditawarkan oleh agen perjalanan tersebut. Untuk itu, Elharamainwisata merupakan sebuah agen perjalanan umroh yang memenuhi hal-hal tersebut. Terpercaya, bertanggungjawab, fasilitas dan layanan oke, tentu harga dan paket juga bersaudara. Sekian pembahasan tentang perbedaan haji dan umroh kali ini. Semoga Anda senantiasa diberi kelancaran rezeki agar bisa segera menjalankan ibadah haji dan umroh, serta mengunjungi Mekah

Info Haji Terbaru, Dari Mendaftar Hingga Pemberangkatan

Haji adalah salah satu rukun Islam yang harus dijalankan bagi yang mampu. Setiap umat Islam yang mampu menjalankan ibadah ini, harus menjalankannya di mana pun berada. Haji dilakukan pada waktu tertentu setiap tahunnya. Tidak dapat dijalankan sewaktu-waktu seperti halnya umroh. Kuota tiap negaranya juga terbatas. Oleh sebabnya mengetahui info haji dan bagaimana cara mendaftarnya sangat penting untuk dilakukan. Banyaknya umat Islam terutama di Indonesia yang ingin menunaikan ibadah haji membuat peluang penipuan semakin besar. Ketidaktahuan masyarakat mengenai info haji, serta bagaimana mendaftar haji yang baik dan benar banyak dimanfaatkan oleh penipu. Kasus penipuan kerap terjadi dengan memanfaatkan ketidaktahuan tersebut.

Info Haji Terbaru
Info Haji Terbaru

Untuk menghindari hal tersebut, memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai bagaimana cara mendaftar haji terutama di Indonesia sangat penting dilakukan. Nah, bagi Anda yang berencana untuk menunaikan ibadah haji, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pada ulasan kali ini, dibahas mengenai info haji dan berbagai hal yang perlu Anda perhatikan seputar haji. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda baik sekarang maupun di kemudian hari.

Info Cara Mendaftar Ibadah Haji

Mungkin beberapa dari Anda sudah tahu bahwa ada dua penyelenggara ibadah haji yang dapat Anda ikuti. Yang pertama adalah ibadah haji reguler dan yang kedua adalah ibadah haji khusus. Perbedaannya ada pada fasilitas yang akan didapatkan. Anda tentunya akan mendapatkan fasilitas yang lebih baik jika mendaftar haji plus. Anda dapat menyelesaikan seluruh rangkaian haji lebih cepat, yaitu sekitar 25 hari. Sedangkan untuk ibadah haji reguler, Anda perlu menginap sampai dengan 40 hari. Nah, untuk dapat melaksanakan haji, kita perlu mengantre nomor urutan pemberangkatan haji terlebih dahulu. Baik mendaftar haji reguler maupun haji plus tetap harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum dapat berangkat. Info haji ini harus Anda pegang baik-baik agar Anda tidak mudah tertipu iming-iming haji cepat tanpa mengantre. Kesempatan antrean dapat maju lebih cepat atau diunggulkan memang mungkin terjadi. Hal ini dapat terjadi jika calon haji sudah berusia lanjut, calon haji dalam kondisi sakit sehingga tidak bisa menunggu dalam waktu lama, atau ada calon ibadah dengan nomor urut yang lebih tinggi mencabut pendaftarannya karena berbagai hal sehingga antrean kita menjadi lebih cepat.

Lalu, bagaimana cara mendaftar haji reguler? Informasi haji ini tentunya menjadi info yang sangat penting dan banyak membuat orang penasaran, bukan? Nah, bagi Anda yang ingin mendaftar haji secara reguler, berikut adalah urutan cara yang dapat Anda lakukan.

  1. Rekening haji

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk mendaftar haji secara reguler adalah dengan membuat rekening haji. Info haji ini adalah info yang harus diketahui semua orang. Siapa saja yang ingin naik haji haruslah memiliki rekening haji dari bank yang sudah ditunjuk oleh Kementerian Agama. Perlu Anda garis bawahi bahwa tidak semua bank yang ada menerima pembukaan rekening haji. Hanya bank-bank terpilih saja. Adapun bank yang dapat menerima setoran haji diantaranya adalah BRI Syariah, BRI, Bank Mandiri, Bank Muamalat, Bank Mandiri Syariah, Bank Jateng, BTN, Bank Mega Syariah, dan Bank CIMB. Anda dapat membuka rekening tabungan khusus haji Anda pada bank-bank yang sudah ditunjuk tersebut.

Sekarang kita pelajari bagaimana cara membuka tabungan haji dan apa saja yang perlu dilengkapi. Info haji ini sangat penting. Agar Anda dapat membuka rekening tabungan haji, pertama yang harus Anda lakukan adalah mendatangi secara langsung bank yang akan Anda jadikan partner dalam membuka rekening haji sesuai dengan list yang disebutkan tadi. Seperti pembukaan rekening bank biasa, Anda akan diminta mengisi formulir. Barang yang harus dibawa adalah fotokopi KTP dan KTP asli. Adapun setoran awal untuk pembukaan rekening adalah Rp 500.000,- dan kemudian setoran minimal yang harus dibayarkan pada waktu selanjutnya minimal adalah Rp 100.000,-. Bagi Anda yang khawatir dengan riba dan sebagainya, Anda tidak perlu khawatir, tabungan haji ini tidak memiliki bunga dan tidak dikenakan potongan. Tabungan ini juga tidak dikenakan biaya apapun termasuk biaya administrasi. Anda juga tidak akan diberi kartu ATM karena sifat tabungan ini tidak dapat diambil kecuali sesuai perjanjian dan tujuan utamanya adalah untuk bisa naik haji secepatnya bukan?

Bagi Anda yang ingin dapat segera menunaikan ibadah haji, seberapa pun uang yang Anda miliki, akan lebih baik jika Anda segera membukanya. Hal ini membuat Anda dapat mewujudkan mimpi Anda dengan lebih cepat. Semakin dini Anda mendaftar, maka Anda akan semakin cepat menunaikan ibadah wajib ini. Jika Anda sudah menabung sampai dengan Rp 25.000.000,-, Anda sudah bisa mendaftarkan diri Anda ke Kementerian Agama dan mendapatkan nomor porsi keberangkatan Anda. Nomor antrean keberangkatan haji ini sudah panjang. Anda dapat bertahun-tahun mengantre sebelum bisa menunaikan ibadah haji. Mendaftar lebih dini juga akan memudahkan Anda karena Anda dapat menunaikan ibadah haji saat usia Anda belum terlalu tua. Anda dapat melaksanakan ibadah dengan lebih maksimal karena tubuh Anda masih kuat.

  1. Keterangan golongan darah dan surat keterangan sehat

Kini kita memasuki tahap kedua mengenai cara mendaftar haji reguler. Info haji ini wajib Anda ketahui. Setelah Anda memiliki tabungan haji sejumlah Rp 25.000.000,-, Anda sudah dapat mendaftarkan diri Anda ke Kementerian Agama untuk menunaikan ibadah haji. Perlengkapan yang harus Anda bawa adalah surat golongan darah dan keterangan sehat. Surat ini bisa Anda dapatkan di Puskesmas terdekat. Jangan lupa untuk mengatakan pada petugas bahwa surat yang Anda minta adalah sebagai syarat untuk mendaftarkan haji.

  1. SPPH dan nomor porsi

Info haji selanjutnya adalah mendatangi Kementerian Agama. Di sana, Anda akan diberi SPPH atau surat pendaftaran pergi haji. Surat tersebut berbentuk formulir yang berisi data yang harus kita lengkapi. SPPH tersebut kemudian Anda bawa ke bank tempat Anda mendaftarkan rekening haji Anda untuk meminta nomor porsi. Setelah Anda mendapatkan porsi, Anda dapat kembali lagi ke kementerian agama sambil membawa kelengkapan seperti bukti tanda setoran BPIH, pas foto berwarna, SPPH, fotokopi akta kelahiran, fotokopi serat sehat, fotokopi KK dan KTP.

Satu lagi info haji penting yang perlu Anda ketahui. Pendaftaran di atas tidak dipungut biaya sama sekali. Anda dapat mengurusnya sendiri dengan mudah tanpa makelar.

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang, atau ingin mendaftar haji plus, Anda dapat menggunakan biro perjalanan Elharamainwisata. Info haji plus ini akan dengan mudah Anda dapatkan jika Anda menemukan biro perjalanan haji yang tepat. Jangan lupa pilih biro perjalanan yang terpercaya dan jelas perizinannya. Jangan sampai Anda tertipu karena pergi haji mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Semoga kita semua dimudahkan dan disegerakan menunaikan rukun Islam yang kelima ini