Memilih Tour Travel Terbaik Untuk Mengunjungi Hajar Aswad

Umroh merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh banyak umat Islam khususnya tentu bagi Anda yang berada di Indonesia. Mengunjungi tanah suci untuk melakukan doa tentu tujuan utama dari Umroh itu sendiri. Tempat yang sangat dinantikan oleh umat yang melakukan Umroh tentu saja untuk mengunjungi Hajar Aswad. Selain Umroh, sebenarnya terdapat program Haji yang dapat digunakan oleh Anda. Namun harga yang tinggi dan waktu yang cukup lama untuk mengikuti antrean yang disediakan setiap tahunnya oleh Kemenag, tentu membuat Umroh menjadi salah satu alternatif utama yang bagus untuk Anda. Umroh memiliki waktu yang lebih fleksibel dan tidak dipungkiri memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan menunaikan ibadah Haji.

Travel Umroh Terbaik

Meskipun  sama-sama mengunjungi tanah suci, namun terdapat beberapa hal yang berbeda antara Umroh dan Haji. Beberapa tata cara yang digunakan hampir serupa hanya saja perbedaannya di bagian Wukuf saja. Selain itu terdapat beberapa rukun dan doa yang pastinya berbeda antara Umroh dan Haji. Anda tentunya mengetahui bahwa Haji juga memiliki tata cara dalam berpakaian yang wajib untuk dilakukan, namun Umroh tidak memiliki kewajiban tersebut dan dapat menggunakan pakaian yang dijahit. Hal yang sama beberapa di antaranya tentu berdoa di Hajar Aswad yang memang dinantikan oleh para jama’ah Umroh suatu tour travel.

Mencium Hajar Aswad

Apabila Anda juga ingin memiliki cita-cita menyentuh dan berdoa di Hajar Aswad, Anda sebelumnya harus memilih agen tavel Umroh yang tepat yang dapat membantu keberangkatan Anda dengan aman dan memiliki fasilitas yang terbaik. Seperti yang Anda tahu, beberapa agen travel sekarang ini harus diamati dengan baik. Beberapa kecurangan, ketidak sesuaian fasilitas, hingga keberangkatan yang terkadang tertunda harus kita hindari dengan memilih agen yang tepat. Terdapat beberapa tips bagi Anda untuk mengantisipasi hal terburuk dalam memilih agen tersebut :

  • Pilih agen yang akan menuntun Anda menuju Hajar Aswad yang memang resmi dan sudah terdaftar pada Kemenag atau Kementerian Agama. Kemenag memiliki agen mana saja yang sudah mendaftarkan diri dan dapat dilihat secara transparan oleh calon jama’ah. Anda juga dapat melihat segala SK atau Surat Keputusan yang memang sudah resmi dikeluarkan oleh Kemenag. Daftar ini pastinya membuktikan bahwa agen tersebut sudah mengurus segala macam hal yang terkait dengan perizinan, keamanan, dan tentunya memiliki tanggung jawab kepada para calon jama’ahnya.
  • Setiap keberangkatan Umroh sudah memiliki jadwal yang pasti dan tentu sudah disetujui oleh Kemenag. Anda dapat melihat jadwal tersebut secara online pada sistem yang dikeluarkan oleh Kemenag yaitu Sitem Terpadu Umroh dan Haji. Apabila nama dari tour travel Anda belum masuk dalam sistem tersebut, Anda jangan langsung percaya dan cari tahu lebih lanjut atau Anda dapat memilih agen yang lain. Setiap agen yang terpercaya tidak pernah merahasiakan tanggal keberangkatan apalagi jika menunda tanggal keberangkatan tanpa alasan yang rasional.
  • Menyentuh Hajar Aswad dan berdoa saat melakukan Umroh memerlukan prinsip-prinsip yang harus dipegang oleh para calon jama’ah. Agen tour yang baik meskipun memasukkan wisata ke beberapa kota di tengah-tengah Umroh, selalu menerapkan prinsip Syar’i dalam setiap kegiatan yang dilakukan.
  • Ada baiknya untuk Anda yang baru melaksanakan ibadah Umroh, pilihlah agen tour yang dapat mendampingi ibadah Anda dari awal hingga akhir. Pendampingan biasanya dilakukan secara intensif dan bertahap kepada calon jama’ah Umroh dan menggunakan pendamping yang sudah terpercaya. Pendamping atau pembimbing yang diberikan adalah ustadz yang memang merupakan lulusan terbaik dari Timur Tengah yang sudah pasti mengetahui medan dan prinsip yang harus dijalankan selama Umroh.
  • Pilihlah fasilitas dan pelayanan yang memang akan mempermudah Anda untuk sampai di Hajar Aswad dengan baik. Suhu udara, makanan, dan beberapa hal tentu akan menjadi sesuatu yang baru bagi Anda. Anda tidak perlu memiliki fasilitas yang sangat mewah dengan harga yang tinggi. Namun cukup agar agen tour mengetahui kebutuhan Anda dapat memberikan yang Anda butuhkan agar ibadah Anda tetap nyaman dan dapat terlaksana dengan baik tanpa hambatan fasilitas yang tidak memadai.
  • Terakhir, banyak agen tour yang menawarkan harga terbaik. Hanya saja pilih dan pilah yang harganya tidak terlalu rendah di bawah batas wajar. Dibandingkan memilih harga yang rendah, Anda dapat melihat program apa saja yang ditawarkan dengan harga kompetitif dengan agen tour yang lainnya. Banyak pilihan seperti melakukan tour di luar melakukan Umroh dan menyentuh Hajar Aswad, adanya souvenir yang diberikan, atau bahkan program tambahan yang dilakukan sebelum jama’ah berangkat ke tanah suci. Anda harus cermat untuk menyikapi pilihan terkait harga tersebut.

Sekarang ini, Anda dapat melakukan pendaftaran secara online dengan mudah kapan saja apabila Anda sudah memiliki anggaran yang dibutuhkan. Umroh memiliki waktu yang fleksibel dibandingkan Haji baik dari segi keberangkatan hingga berapa lama Anda berada di tanah suci. Penawaran tersebut akan berpengaruh pada biaya yang ditawarkan. Umumnya Umroh hanya dapat dilakukan selama tiga hari, namun beberapa agen tour memberikan destinasi tambahan di luar kewajiban Umroh dan menyentuh Hajar Aswad yaitu mengunjungi kota lain yang dekat atau melakukan ziarah. Biasanya waktu yang dibutuhkan sekitar 9 hingga 10 hari perjalanan dengan biaya berkisar kurang lebih 22 juta.

hajar aswad

Beberapa kegiatan lain yang biasanya dilakukan adalah mengunjungi Turki dan menikmati kota tersebut, berkeliling ke Saudi Arabia, melakukan perjalanan ke Istanbul, hingga salah satu yang merupakan paket Umroh plus adalah Umrah Aqsa yang memiliki harga paling tinggi dengan waktu terlama dibandingkan Umroh yang lain. Sesuaikan waktu Umroh Anda dengan aktivitas atau pekerjaan Anda agar tidak meninggalkan hal yang penting selama melakukan ibadah.

Anda tidak perlu khawatir dalam mempersiapkan perlengkapan Umroh, karena biasanya pihak agen travel telah mempersiapkan dan memberikan daftar barang apa saja yang akan dapat Anda bawa. Agen tour yang terpercaya juga mempersiapkan koper, setelan baju yang dapat digunakan, audio haji selama perjalanan, hingga beberapa tas dan tentunya buku yang diperlukan untuk menuntun para jama’ah Umroh agar dapat melakukan ibadah dan dapat melakukan doa di Hajar Aswad dengan baik. Tidak semua agen memberikan fasilitas tersebut, maka dari itu pilih agen yang dapat membantu Anda hingga hal detail seperti barang bawaan selama Umroh.

Meskipun dapat memesan dan melakukan pendaftaran secara mudah melalui online, cari sumber yang terpercaya dan tentu pastikan alamat agen tour Anda. Salah satu pilihan yang dapat Anda kunjungi dan pilih adalah Elharamain Wisata, agen tour travel yang dapat membimbing Anda melakukan Umroh dan menyentuh serta berdoa di Hajar Aswad. Segala hal mengenai fasilitas, pelayanan, bahkan tentunya izin dari Kemenag sudah ditangani dengan baik. Anda dapat melakukan pemesanan untuk keberangkatan Umroh pada agen yang terpercaya ini dan memilih jadwal yang paling sesuai.