Menghafal Doa Umroh dan Memilih Agen Perjalanan Umroh

Menghafal Doa Umroh dan Memilih Agen Perjalanan Umroh

Assalamualaikum Sahabat Elharamain Wisata Sekarang saatnya Kita Belajar Doa Umroh, Umroh adalah salah satu ibadah yang banyak dilakukan. Hal ini dapat digunakan sebagai pemanasan sebelum melaksanakan ibadah haji. Hal ini karena kuota haji yang terbatas sehingga kita perlu menunggu lama untuk dapat berangkat haji. Bagi Anda yang ingin melaksanakan umroh, Anda tentunya harus mempelajari bagaimana rukun umroh dan doa umroh apa saja yang harus dipanjatkan saat melakukan ibadah. Selain doa pribadi, kita juga harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan selama menjalankan ibadah umroh. Ibadah umroh dan ibadah haji memiliki rukun yang hampir sama. Hal yang membuatnya berbeda adalah saat melakukan manasik, waktu pelaksanaan, serta hukum ibadah ini. Di sini kami ulas mengenai apa saja yang dapat dilakukan ketika melakukan ibadah umroh.

Doa Umroh dan Memilih Agen Perjalanan Umroh
Doa Umroh dan Memilih Agen Perjalanan Umroh

Cara Menghafal Doa Umroh

Untuk mengiringi ibadah umroh yang akan kita laksanakan, sebenarnya ada banyak doa umroh yang dapat kita panjatkan. Bagi Anda yang memiliki daya ingat tinggi, Anda tentunya dapat menghafal semua. Namun, bagi Anda yang sulit menghafal dan memiliki daya ingat terbatas, Anda dapat menghafal beberapa doa yang penting saja. Dalam memanjatkan doa umroh dan doa pada umumnya, akan sangat penting jika kita mengerti artinya. Sehingga ada baiknya sembari menghafal doa, kita juga mempelajari apa arti dari doa tersebut agar Anda dapat paham apa yang sedang Anda utarakan di rumah allah nantinya.

Ibadah Anda dapat lebih khusyuk dan bermakna dibandingkan hanya sekadar menghafal doa saja. Mengapa perlu demikian? Karena dapat memanjatkan doa dan beribadah di Mekkah bukan lah kesempatan yang sering terjadi. Bagi sebagian orang bahkan membutuhkan perjuangan dan pengorbanan besar. Oleh sebab itu, sangat penting untuk dapat beribadah dengan sebaik-baiknya.

Dalam melaksanakan umroh, akan lebih mudah jika Anda memilih umroh dengan agen perjalanan umroh, mengapa? Hal ini karena Anda akan dimudahkan dalam segala hal. Mulai dari pengurusan berkas, pembelian tiket pesawat, pengurusan akomodasi selama umroh termasuk makan dan sebagainya.  Anda juga bisa melakukan ziarah dan sekaligus berwisata selama melakukan umroh tergantung paket apa yang Anda pilih. Yang paling penting, Anda akan didampingi oleh pendamping umroh yang tentunya sudah jauh berpengalaman. Anda tidak akan tersesat dan dapat melakukan ibadah dengan baik dan benar. Saat Anda hendak umroh, Anda biasanya akan diberi buku kumpulan doa umroh yang sangat banyak jenisnya. Adapun doa umroh tersebut termasuk di dalamnya adalah doa safar, doa tawaf, doa ziarah saat sedang di Madinah, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana kita menghafalkan doa umroh yang banyak tersebut? Caranya adalah dengan memilah mana yang penting untuk dihafalkan terlebih dahulu. Beberapa doa yang penting untuk dihafalkan terlebih dahulu diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Doa umroh yang pertama adalah niat. Niat umroh adalah hal utama yang harus Anda pahami dan Anda hafalkan terlebih dahulu.
  2. Doa umroh yang kedua adalah bacaan talbiyah. Bacaan ini sama seperti halnya bacaan talbiyah saat haji. Bacaan ini adalah bacaan yang sudah sering kita dengar saat musim haji tiba.
  3. Doa umroh yang ketiga adalah doa yang dipanjatkan ketika meminum air zam-zam.

Ketiga dia tersebut adalah doa yang dapat Anda hafalkan terlebih dahulu. Begitu Anda sudah dapat menyelesaikan ibadah tersebut, Anda bisa mulai menghafalkan doa untuk umroh yang lainnya.

Pembeda Doa Ibadah Umroh Dan Ibadah Haji

Sebagai pemanasan sebelum berangkat haji, kita dapat merasakan bagaimana haji dengan melaksanakan ibadah umroh. Bacaan doa umroh juga hampir sama dengan doa saat melakukan ibadah haji. Yang menjadi pembeda antara ibadah umroh dan ibadah haji ada 3 hal seperti yang sudah disinggung di atas. Adapun perbedaannya diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Waktu

Perbedaan yang pertama adalah waktu. Ibadah haji, seperti yang sudah kita ketahui bersama adalah badah yang dilakukan pada waktu tertentu saja yaitu pada saat 9 Dzulhijjah sampai dengan 13 Dzulhijjah setiap tahunnya. Tidak seperti haji, umroh dapat dilakukan sewaktu-waktu saat Anda memiliki waktu luang dan anggaran. Itulah sebabnya, ada banyak orang yang melakukan ibadah umroh sebelum melakukan haji mengingat kuota haji yang terbatas setiap tahunnya dan harus mengantre bertahun-tahun sebelum dapat berangkat.

  1. Tata cara pelaksanaan

Tata cara pelaksanaan haji tentunya berbeda dengan tata cara melakukan ibadah umroh. Ibadah umroh yang dapat dilakukan sewaktu-waktu ini memiliki rukun yang lebih sedikit dibandingkan dengan haji. Rukun ibadah haji lebih banyak dibandingkan umroh. Adapun rukun umroh diantaranya adalah niat, melakukan thawaf serta sai, dan tahalul atau memotong rambut. Sedangkan rukun haji melakukan semua rukun umroh dan ditambah dengan wukuf, mabit, serta melempar jumrah.

  1. Hukum

Selain dua perbedaan di atas, perbedaan terakhir ada pada hukumnya. Hukum ibadah haji adalah wajib bagi mereka yang memiliki kemampuan. Adapun kemampuan yang dimaksud termasuk kemampuan dalam materi atau ketersediaan dana untuk berangkat haji, kesehatan fisik, dan mampu dalam kesehatan psikologis. Sedangkan ibadah umroh adalah sunah bagi yang mampu menjalankannya.

Cara Memilih Agen Perjalanan Umroh

Bagi Anda yang ingin berangkat umroh, seperti yang sudah disinggung di atas, akan sangat baik jika Anda mengikuti agen perjalanan umroh yang terpercaya. Dengan menggunakan agen perjalanan umroh terpercaya, ada banyak fasilitas dan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Adapun keuntungan dan fasilitas yang didapatkan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kemudahan dalam pengurusan berkas dan akomodasi. Kita tidak akan repot sendirian. Segala kebutuhan Anda dapat ditangani dengan baik oleh agen perjalanan umroh terpercaya.
  2. Kemudahan dalam melaksanakan ibadah karena tersedia pendamping yang sudah berpengalaman di bidangnya. Anda akan dipandu dan dibimbing dengan baik sehingga ibadah Anda menjadi lebih khusyuk.
  3. Tersedia banyak paket umroh menarik yang dapat disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Bagi Anda yang ingin pergi umroh, Anda dapat menyesuaikan anggaran yang dimiliki dengan paket umroh yang Anda inginkan. Ada paket umroh yang menyertakan singgah di Turki. Ada juga paket umroh dengan pelayanan akomodasi bintang lima. Ada juga paket umroh ekonomis dengan pelayanan akomodasi prima.

Dari banyaknya keuntungan yang dapat diperoleh, menjadi hal yang sangat penting untuk memilih agen perjalanan umroh yang terpercaya dan tidak main-main. Untuk menghindari penipuan, lakukan pengecekan background agen perjalanan umroh yang ingin Anda jadikan sebagai agen perjalanan umroh Anda. Tanyakan testimoni jamaah yang pernah pergi dengan agen perjalanan tersebut. Testimoni yang baik biasanya menggambarkan agen tersebut adalah agen perjalanan umroh yang dapat dipercaya.

Nah, itu tadi ulasan mengenai beberapa doa umroh dan keuntungan yang akan didapatkan dengan memilih agen umroh yang tepat. Anda dapat menghafalkan doa untuk ibadah umroh secara perlahan karena kapasitas hafalan orang berbeda. Buat prioritas mana yang harus dihafal terlebih dahulu agar Anda dapat menghafal dengan baik dan benar. Semoga ulasan kali ini bermanfaat. Selamat umroh!