Mempersiapkan Kesiapan Diri Melalui Manasik Umroh

Mempersiapkan Kesiapan Diri Melalui Manasik Umroh

Mengunjungi Rumah Allah tentu saja menjadi salah satu kesempatan yang diidam-idamkan oleh banyak sekali orang, terutama bagi umat muslim. Keyakinan untuk bisa menunaikan salah satu rukun Islam ini tentu saja harus dibekali dengan persiapan yang matang. Tidak hanya ibadah haji, ibadah umroh pun memerlukan persiapan matang melalui tahap manasik umroh. Sesuai dengan namanya, manasik ini adalah salah satu upaya untuk bisa memperkenalkan bagaimana cara menunaikan umroh ketika di tanah suci atau lebih sering disebut sebagai gladi resik sebelum pemberangkatan. Tanpa manasik, calon jamaah tentu saja akan mengalami kesulitan dan tidak memiliki gambaran apapun tentang bagaimana cara bertahan dan cara menunaikan ketika nantinya ada di sana.

Manasik Umroh
Manasik Umroh

Bimbingan Manasik Umroh

Sebelum pemberangkatan, pembahasan mengenai berbagai persiapan akan lebih sering dilakukan. Hal ini tentunya juga termasuk latihan tentang apa saja yang harus dilakukan ketika ada di sana. Selain itu, manasik umroh ini sifatnya gratis atau jamaah tidak perlu lagi membayar biaya tambahan. Bimbingan umroh ini secara otomatis akan menjadi salah satu fasilitas yang akan Anda dapatkan jika Anda memilih salah satu agen umroh terpercaya. Sebelum diberangkatkan, biasanya manasik umroh akan diadakan antara 2 kali sampai dengan 3 kali tergantung dari travel Umroh yang Anda pilih. Dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan ketiga tentu saja akan ada hal berbeda yang akan disampaikan sehingga Anda sebagai calon jamaah wajib untuk menghadiri ketiga manasik ini.

Di pertemuan pertama manasik umroh biasanya akan disampaikan mengenai segala hal tentang ibadah umroh dan juga mengenai beberapa perlengkapan dan persiapan apa saja yang harus dipersiapkan meliputi jenis pakaian yang akan dikenakan, keperluan pribadi yang harus dipersiapkan selama perjalanan dan juga selama ada di sana, peraturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika umroh, persiapan cek kesehatan, dan penyediaan berbagai jenis obat yang mungkin saja dibutuhkan ketika berada di sana, serta masih banyak lagi. Di pertemuan selanjutnya, beberapa hal yang harus dilakukan ketika ada di sana akan menjadi pembahasan yang sering dilakukan. Hal ini diharapkan agar semua jamaah memahami tentang tata cara dan hal-hal apa saya harus tidak boleh dilakukan dan yang harus dilakukan.

Tata Cara Mengenakan Pakaian Ihram

Manasik umroh juga akan memberikan pengetahuan kepada Anda tentang tata cara mengenakan pakaian ihram khususnya untuk jamaah laki-laki. Pakaian ihram terdiri dari dua helai pakaian dan ketika digunakan tidak diperbolehkan mengenakan pakaian lain seperti celana dalam dan lain-lain. Tidak semua orang bisa mengenakan pakaian ihram, bahkan ada banyak sekali pendapat yang menyatakan bahwa mengenakan pakaian ihram tidaklah mudah. Melalui manasik ini, tentu saja pada jamaah laki-laki akan diberi penjelasan secara detail mengenai cara mengenakan ihram dengan cepat, benar, dan juga nyaman ketika menggunakannya, Selain cara mengenakan ihram, di manasik ini Anda juga akan diberikan arahan tentang bagaimana cara tawaf dan juga sai.

Tata Cara Tawaf

Tawaf adalah salah satu cara untuk mengingat Allah dan menjaga hati dengan cara mengelilingi ka’bah selama tujuh kali. Anda akan mengetahui juga bagaimana cara menghitung perputaran tersebut dan doa-doa apa saja yang bisa dibaca ketika tawaf. Sedangkan sai yaitu lari-lari kecil yang dilakukan antara bukit shafa dan bukit marwa. Sai menjadi salah satu cara untuk bisa napak tilas atau merasakan secara langsung bagaimana perjuangan Siti Hajar yang pada saat itu ditinggal oleh nabi Ibrahim sendirian ketika membawa Ismail yang kehausan Tawaf dan sai ini bisa Anda ketahui tentang gambaran pelaksanaannya ketika mengikuti  manasik umroh.

Ketika menjalani manasik umroh, Anda sebagai jamah juga akan disuntik vaksin meningitis yang menjadi salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi karena pemerintahan Arab Saudi menjadikan ini sebagai pedoman resmi untuk bisa mengajukan visa untuk ibadah haji dan ibadah umroh. Vaksin meningitis ini adalah salah satu vaksin yang bisa melindungi tubuh dari segala jenis bakteri yang bisa muncul akibat bersinggungan langsung dengan orang-orang asing. Tentunya, dengan ikut umroh maka tentu saja di tanah suci akan bertemu dengan berbagai jenis suku bangsa yang berasal dari banyak negara. Maka dari itu, vaksin ini sangat penting sekali ada dalam tubuh para jamaah sehingga nantinya bisa menjalani ibadah umroh dalam keadaan sehat.

manasik umroh

Buku panduan manasik umroh

Buku panduan manasik umroh bisa Anda dapatkan secara gratis dan alangkah lebih baiknya di bawa ketika melangsungkan ibadah sehingga bisa mengamalkan berbagai jenis doa yang ada dalam buku tersebut. Akan sangat baik juga jika segala hal yang ada di dalamnya di amalkan misalkan ketika menunggu keberangkatan, menunggu pesawat, ketika beristirahat di hotel dan masih banyak lagi. Dengan menerapkan kebiasaan tersebut tentunya ketika sudah berada di tanah suci bisa semakin ingin dan terdorong untuk bisa mengamalkan semua hal dan melaksanakan semua perkara yang disukai oleh Allah.

Keyakinan bahwa semua doa akan di-hijabah oleh Allah ketika berada di tanah suci bisa menjadi salah satu mindset berfikir yang sangat menarik yang bisa Anda terapkan secara langsung. Keinginan untuk bisa ibadah dengan mabrur tentu saja diharapkan dan diinginkan oleh banyak orang. Maka dari itu, manfaatkan kesempatan umroh sebaik-baiknya dengan mempersiapkan segalanya melalui manasik umroh,Bagi Anda yang berencana untuk menunaikan umroh namun belum mendapatkan agen travel yang sesuai di hati, Anda bisa mempercayakan ibadah Anda langsung kepada travel Elharamain Wisata yang tentu saja akan memberikan kepuasan dan senantiasa melayani Anda dengan pelayanan yang terbaik. Pilih paket perjalanan umroh sesuai dengan keinginan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *