Memilih Travel Umroh Terpercaya untuk Ibadah Umroh

Memilih Travel Umroh Terpercaya untuk Ibadah Umroh

Bagi sebagian umat Muslim, ibadah umroh adalah ibadah yang ingin dilakukan. Walaupun tidak masuk dalam rukun Islam, namun ibadah umroh dapat dijadikan alternatif apabila ingin mengunjungi Baitullah dan berziarah ke makam Rasul di Mekah dan Madinah. Selain itu, ibadah umroh bersama travel umroh juga menjadi cara bagi umat Muslim yang ingin memanjatkan doa langsung di Baitullah. Ibadah umroh memang memiliki biaya yang jauh lebih sedikit dari pada ibadah haji, dan hal ini yang menjadikan banyak umat Muslim untuk melaksanakan ibadah umroh sebelum mampu untuk melaksanakan ibadah haji.

Travel Umroh Terpercaya
Travel Umroh Terpercaya

Beribadah Umroh Dengan Travel Umroh Terpercaya

Namun banyak juga umat Muslim yang menjalankan ibadah umroh setelah pernah melaksanakan ibadah haji sebelumnya. Hal ini biasanya dilakukan apabila memiliki hajat yang ingin dipanjatkan langsung di Baitullah. Dalam melaksanakan ibadah umroh, para calon jamaah harus mengikutsertakan dirinya pada agen perjalanan yang menyediakan layanan umroh. Hal ini dilakukan agar memperoleh bimbingan mengenai tata cara ibadah umroh dan terlindungi selama berada di tanah suci Mekah.

Ada beberapa hal yang wajib diketahui sebelum melaksanakan ibadah umroh seperti berikut:

  1. Beragama Islam

Ketentuan pertama yang sifatnya wajib adalah beragama Islam, karena umroh merupakan ibadah yang sifatnya sunnah dan diatur dalam agama Islam.

  1. Berakal

Syarat yang kedua yang sifatnya juga wajib adalah umat Muslim yang menjalankan ibadah umroh haruslah memiliki akal yang sehat. Hal ini penting karena ketika menjalankan ibadah umroh nanti, para jamaah diharuskan melakukan berbagai runtutan ibadah yang semuanya memerlukan fokus dan pikiran yang sehat lagi berakal.

  1. Mampu

Syarat yang ketiga adalah mampu atau disebut dengan istitaah. Mampu atau istitaah yang dimaksud adalah para jamaah yang menunaikan umroh haruslah memiliki kemampuan dari segi fisik, kemampuan finansial maupun keamanannya. Dari segi fisik karena ibadah umroh mengharuskan jamaah untuk melakukan beberapa kegiatan atau ibadah ketika di Mekah nanti. Kemampuan dari sisi finansial dibutuhkan karena untuk bisa menunaikan ibadah umroh, jamaah harus mengeluarkan biaya perjalanan dan akomodasi selain itu biaya yang dikeluarkan ketika berada di sana.

  1. Sudah Baligh

Ketentuan yang selanjutnya adalah sudah baligh dan merupakan rukun dari ibadah umroh. Bagi seseorang yang belum baligh maka tidak disyariatkan untuk melaksanakan ibadah umroh.

  1. Merdeka

Syarat yang selanjutnya adalah merdeka. Merdeka dalam hal ini, seorang umat Muslim yang akan melakukan ibadah umroh haruslah seseorang yang merdeka atau bukan seorang budak dari seorang tuan. Hal ini karena menjalankan ibadah umroh memerlukan waktu yang cukup lama dan berhari-hari. Apabila seseorang berstatus belum merdeka dari seorang tuan, maka dianjurkan untuk tidak melakukan ibadah ini, kecuali sudah diizinkan oleh tuannya.

Semua syarat-syarat di atas biasanya akan disampaikan oleh travel umroh sebelum seseorang memutuskan untuk melaksanakan ibadah umroh dan melakukan berbagai ketentuan seperti yang disyaratkan oleh travel umroh.

Selain ketentuan-ketentuan di atas, terdapat rukun lainnya yang harus dilakukan oleh jamaah umroh ketika berada di Baitullah, antara lain:

  1. Memakai Pakaian Ihram

Rukun dari umroh selanjutnya yang sifatnya wajib untuk dilakukan adalah memakai pakaian ihram. Pakaian ihram bagi laki-laki dan perempuan berbeda dalam ketentuan dan pemakaiannya. Bagi laki-laki, pakaian ihram terdiri dari dua jenis kain yang disunnahkan berwarna putih. Kain pertama dipakai seperti sarung, yaitu untuk menutupi tubuh bagian bawah, dari pusar sampai mata kaki, sedangkan kain yang satu lagi digunakan untuk menutupi bagian atas dengan cara dislempangkan. Bagi perempuan, pakaian ihram terdiri baju yang disunnahkan berwarna putih dan menutupi seluruh badan kecuali telapa tangan dan wajah. Kerudung yang dipakai haruslah panjang, dan dianjurkan menutupi dada. Dianjurkan memakai kaus kaki dan memakai sepatu tanpa tumit dan dianjurkan terbuat dari bahan karet. Pakaian ihram dan perlengkapannya biasanya akan disediakan oleh travel umroh sebelum ibadah umroh dilaksanakan. Hal ini merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh travel umroh.

  1. Melaksanakan Tawaf

Sama halnya dengan ibadah haji, tawaf adalah rukun dalam ibadah umroh yang sifatnya wajib, yaitu dengan mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali.

  1. Melaksanakan Sa’i

Ibadah selanjutnya yang sama dengan ketika melaksanakan ibadah haji adalah melaksanakan Sa’i. Ibadah Sa’i adalah berlari-lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah sebanyak 7 kali putaran.

  1. Tahalul

Tahalul atau memotong sebagian rambut adalah rukun umroh yang menandai telah dilaksanakannya semua ibadah dalam rukun umroh.

  1. Tertib

Rukun terakhir yang harus dilaksanakan adalah tertib, artinya semua rukun umroh tersebut harus dilaksanakan secara berurutan dan teratur.

Semua rukun di atas biasanya akan disampaikan oleh travel umroh sebelum pelaksanaan ibadah umroh dilakukan. Selain rukun-rukun di atas, travel umroh juga akan menyampaikan hal-hal yang sifatnya wajib, seperti :

  1. Niat ihram dari miqot
  2. Meninggalkan hal-hal yang dilarang dalam rukun umroh
  3. Melaksanakan Tawaf wada’

Tawaf wada’ disebut juga sebagai tawaf perpisahan. Tawaf ini dilakukan sebagai penanda telah dilaksanakannya seluruh rangkaian ibadah umroh. Tawaf wada’ dilaksanakan setelah shalat tahajud yang kemudian disusul dengan melaksanakan shalat subuh berjamaah di Baitullah.

Selain hal-hal wajib di atas, ada juga larangan-larangan yang tidak boleh dilanggar oleh jamaah umroh dan biasanya akan disampaikan oleh travel umroh, seperti berikut :

Larangan bagi Jamaah Laki-laki

Ada beberapa larangan yang tidak boleh dilanggar oleh jamaah laki-laki antara lain memakai pakaian yang berjahit. Sebagaimana yang telah diatur, pakaian ihram haruslah terdiri dari dua kain yang tidak memiliki jahitan sama sekali. Selain pakaian, jamaah laki-laki juga tidak dianjurkan untuk mengenakan sepatu yang menutupi mata kaki dan tidak boleh menutupi kepala yang melekat di kepala, namun diperbolehkan untuk memakai payung saja apabila merasa panas oleh terik sinar matahari.

Larangan bagi Jamaah Perempuan

Ketentuan yang tidak boleh dilarang bagi jamaah perempuan adalah menutupi telapak tangan dengan memakai kaus tangan dan menutupi wajah dengan menggunakan cadar.

Selain kedua larangan yang berbeda seperti di atas, terdapat juga larangan yang sama-sama tidak boleh dilanggar baik oleh jamaah laki-laki maupun perempuan, seperti:

  • Membunuh hewan dengan cara apapun tidak diperbolehkan ketika melaksanakan ibadah umroh.
  • Selain tidak boleh membunuh hewan, juga tidak diperbolehkan merusak tanaman.
  • Tidak boleh meminang atau menikah ketika menjalankan ibadah umroh. Selain itu juga tidak diperbolehkan untuk menjadi saksi dari suatu pernikahan ketika sedang menjalankan ibadah umroh.
  • Baik jamaah laki-laki maupun perempuan, dilarang untuk memakai wewangian ketika memakai pakaian ihram.
  • Tidak diperbolehkan memotong kuku dan mencukur atau mencabut bulu di badan
  • Tidak boleh melakukan hubungan badan antara suami istri
  • Dilarang untuk bertikai dan mengeluarkan kata-kata kasar selama ibadah umroh.

Segala ketentuan-ketentuan tersebut akan disampaikan oleh travel umroh yang dipilih dan bahkan diberikan dalam bentuk buku panduan. Bila Anda berminat menjalankan ibadah umroh, maka pilihlah travel yang berkualitas dan aman sehingga Anda dapat menjalankan ibadah dengan baik. Elharamainwisata adalah travel umroh yang berkualitas yang dijamin akan memberikan pelayanan yang paling baik bagi para jamaah. Elharamainwisata menyediakan berbagai jenis paket travel yang berkualitas dengan berbagai pelayanannya. Bukan hanya umroh, Elharamainwisata juga menyediakan paket umroh lengkap dengan wisata di Turki dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.