Melaksanakan Umrah di Musim Dingin Secara Khidmat bersama Travel Umroh Jakarta Elharamin Wisata

Sebagai agen travel umroh Jakarta yang paling direkomendasikan, Elharamain Wisata menyediakan paket-paket ibadah dengan harga terjangkau. Umrah—seperti yang Anda tahu—merupakan salah satu ibadah yang dijalankan umat Muslim dan dapat dijalankan kapan saja. Fleksibilitas yang ditawarkan pun membuat calon jemaah yang punya bujet terbatas dan tak bisa naik haji lebih memilih umrah.

Supaya semakin afdal, sebagian besar calon jemaah pergi umrah saat Ramadan atau Iduladha; bersama dengan jemaah yang ingin menunaikan haji. Namun, ada kalanya kedua momen penting tersebut jatuh saat musim panas. Sehingga, calon jemaah yang kurang akrab dengan cuaca ekstrem sering kali sakit atau pingsan saat beribadah. Adapun masalah lain seperti padatnya Mekah dan Madinah dan mahalnya ongkos yang memberatkan calon jemaah.

Jika Anda ingin melaksanakan umrah dalam keadaan tenang, tidak ada salahnya untuk pergi saat musim dingin berlangsung. Harga yang lebih terjangkau dan destinasi yang lebih sepi akan memudahkan calon jemaah untuk beribadah secara khusyuk. Musim dingin di kawasan Timur Tengah berlangsung dari bulan Desember hingga April. Pilihlah jadwal di bulan-bulan tersebut bila Anda tertarik.

Kelebihan menjalankan umrah di musim dingin

Umrah di musim dingin mungkin tidak akan membuat Anda memperoleh keutamaan Ramadan maupun Iduladha. Meski demikian, bukan berarti ibadah Anda jadi sia-sia, apalagi bila dilakukan dengan sungguh-sungguh. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan sejumlah kelebihan saat berumrah di musim tersebut, di antaranya:

  • Bertepatan dengan momen liburan

Desember hingga Januari merupakan bulan-bulan yang sarat liburan, dari liburan sekolah, Natal, sampai Tahun Baru. Hal ini mungkin akan membuat paket umrah cepat penuh, jadi alangkah baiknya kalau Anda segera booking ke travel umroh Jakarta dan sekitarnya yang tepercaya seperti Elharamain Wisata. Lalu, Anda yang berstatus sebagai karyawan pun tidak perlu mengambil jatah cuti banyak, sehingga jatah cuti tadi bisa dimanfaatkan buat keperluan lain.

  • Muhasabah (intropeksi) akhir tahun

Daripada menghabiskan masa libur akhir tahun dengan hura-hura yang tak penting, akan lebih baik kalau Anda menjalankan muhasabah. Dengan umrah di musim dingin, Anda tak hanya melakukan ibadah, tapi juga intropeksi lahir dan batin yang optimal. Manfaatkan waktu Anda dengan mengunjungi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk salat, membaca Alquran, dan kegiatan berfaedah lainnya. Begitu pulang ke Indonesia, Anda akan menjadi pribadi baru yang lebih baik.

  • Ada banyak promo yang menarik

Akhir tahun menjadi salah satu momen yang sering dimanfaatkan biro perjalanan seperti Elharamain Wisata untuk memberikan berbagai promo menarik. Di antaranya potongan harga untuk pilihan paket umrah tertentu hingga wisata religi ke objek wisata seperti Turki hingga negara-negara di Eropa. Anda mungkin akan mengeluarkan biaya ekstra untuk wisata religi, tetapi hal tersebut setara dengan kesan ibadah sekaligus liburan yang menyenangkan.

  • Tidak membuat tubuh cepat lelah

Seperti yang telah disinggung, umrah saat musim dingin akan mengurangi risiko terpapar suhu panas. Anda yang ingin umrah bersama orangtua atau kerabat lainnya dapat memilih jadwal pada bulan-bulan sejuk ini demi menghindari risiko sakit dan kemungkinan buruk lain yang bisa mengganggu kesehatan. Temperatur yang relatif dingin juga akan membuat tubuh Anda tak cepat lelah, dengan catatan Anda pun mengenakan pakaian yang sesuai dengan musim tersebut.

Setelah memastikan paket musim dingin dari travel umroh Jakarta tepercaya, sekarang Anda harus tahu keperluan apa saja yang harus disiapkan. Terutama kalau perjalanan ini jadi yang pertama buat Anda.

Menjaga kesehatan tubuh saat umrah di musim dingin

Musim dingin di negara sub-tropis tidaklah sama dengan musim penghujan di negara tropis. Temperatur paling ekstrem bahkan bisa sampai di bawah 0oC. Bagi jemaah yang tingga di negara empat musim, hal ini mungkin tidak jadi masalah, karena mereka sudah terbiasa. Namun, Anda yang selama ini menetap di negara dua musim mungkin akan kaget saat menginjakkan kaki di tanah suci saat musim dingin. Apabila persiapan Anda kurang matang, maka ibadah pun tidak akan berjalan sesuai rencana.

Agar tubuh tetap sehat dan prima saat beribadah, lakukan hal-hal di bawah ini:

  1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Asupan makan yang Anda konsumsi akan menjaga kesehatan dan stamina selama umrah nanti. Jadi, pastikan Anda menyantap makanan sarat gizi dan nutrisi seperti buah, sayur, susu, daging, dan sumber makanan yang membuat Anda prima. Cara pengolahan dan suhu makanan yang hendak disantap pun turut andil dalam meningkatkan kesehatan Anda.

  1. Rutin minum air putih yang hangat

Selain makanan, minuman yang Anda konsumsi juga harus diperhatikan. Air putih merupakan jenis yang paling aman dan menyehatkan. Lantas, karena berada di tengah musim dingin, Anda disarankan untuk minum satu gelas air per jam untuk menjaga kapasitas air dalam tubuh. Setidaknya, jemaah harus minum sekitar 5 sampai 6 liter air putih setiap harinya.

  1. Membawa bodi losion dan obat pribadi

Walau travel umroh Jakarta menjamin keselamatan jemaah selama beribadah, Anda tetap harus bawa kebutuhan sendiri yang tidak disediakan agen travel. Jika Anda punya penyakit, bawa obat pribadi yang diresepkan dokter. Gunakan juga bodi losion mengingat cuaca dingin akan membuat kulit Anda cepat kering karena kurang terhidrasi.

  1. Pastikan porsi istirahat mencukupi

Penerbangan ke tanah suci akan memakan waktu berjam-jam. Kemudian, perbedaan waktu pun akan membuat jemaah kelelahan. Untuk mengembalikan kondisi tubuh agar kembali prima, Anda dianjurkan untuk tidur selama 6 sampai 8 jam per hari. Selimut tebal dan pakaian nyaman membuat tubuh Anda pun tetap hangat selama sedang beristirahat.

  1. Membawa pakaian tebal yang nyaman

Seperti yang telah disinggung, Anda harus mengenakan pakaian tebal di tengah musim dingin. Selain itu, jemaah laki-laki disarankan untuk memakai ihram tebal supaya mereka tidak kedinginan saat beribadah. Anda yang alergi udara dingin bisa membawa salep atau minyak gosok khusus untuk meringankan gejala dan risiko dari suhu ekstrem yang kerap datang di tanah suci.

  1. Menyiapkan multivitamin dan suplemen

Kebutuhan penunjang yang dapat Anda bawa selama beribadah di Mekah dan Madinah ialah suplemen dan multivitamin. Kelembapan tinggi yang kadang mengadang Arab Saudi tak jarang membuat Anda tak nyaman dan kalau dibiarkan, tubuh akan cepat sakit. Konsumsi multivitamin dan suplemen supaya tubuh Anda tetap sehat dan stamina stabil selama menjalankan umrah di musim dingin.

Dari penjelasan di atas, Anda bisa menyimpulkan bahwa umrah di musim dingin bisa dilakukan selama Anda mempersiapkan kebutuhan dengan baik. Memilih Elharamain Wisata sebagai partner Anda untuk travel umroh Jakarta dan sekitarnya pun akan memaksimalkan pengalaman selama berada di tanah suci, sehingga ibadah jadi optimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *