Lima Rukun Umroh yang Harus Diketahui!

Umroh tentu menjadi salah satu cita-cita yang kini sudah Anda masukkan ke dalam list tahunan Anda. Hal ini tentunya dikarenakan ada rasa rindu, rasa ingin datang ke rumah Allah, dan rasa ingin secara langsung memanjatkan doa-doa. Untuk memenuhi panggilan Allah tersebut harus dipersiapkan dengan maksimal bahkan tidak boleh sembaranga. Nah, maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan segalanya mulai dari sekarang. Setidaknya, Anda sudah mengetahui informasi rukun umroh sehingga nantinya ketika sudah dekat dengan hari H maka Anda tidak akan kaget.

rukun umroh

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini secara khusus akan kami bahas. Berikut ini penjelasan mengenai rukun umroh.

Penuhi Rukun Umroh

  1. Mengenakan ihram

Ihram adalah pakaian yang dikenakan ketika sedang melaksanakan umrah. Untuk laki-laki, ihram ini terdiri dari dua kain yang tidak memiliki jahitan dengan satu lembar melilit di selempangkan dari bahu ke ketiak bawah sedangkangkan untuk satu lembar lagi dililitkan di pinggang sampai dengan di bawah lutut. Satu hal yang perlu diingat bahwa laki-laki ketika mengenakan pakaian ihram tidak diperkenankan untuk mengenakan kemeja, celana, dan dalam pemakaiannya pun tidak diperbolehkan sampai menutup kaki. Nah, untuk wanita pakaian ihram yang digunakan jauh lebih bebas jika dibandingkan dengan laki-laki. Bahkan diperbolehkan boleh mengenakan pakaian lain asalkan berwarna putih yang menutup aurat secara keseluruhan kecuali bagian telapak tangan dan wajah saja. Bagian lengan baju dipastikan harus panjang dan tidak dijahit. Selain itu, jangan lupa menggunakan kaos kaki atau sepatu yang tidak bertumit. Kerudung yang dikenakan harus lebar, menutupi bagian dada baju dan pastikan benar-benar sudah menutup lekuk-lekuk bagian tubuh.

  1. Sai

Sai menjadi salah satu rukun umroh yang wajib untuk dipenuhi. Sai adalah lari-lari kecil dari bukti shafa ke bukit marwah. Lari-lari kecil ini dilakukan untuk mengenang kisah siti hajar yang pada saat itu berlari-lari mencari air untuk putranya yaitu nabi ismail. Maka dari itu, lari-lari kecil ini dilakukan sebanyak tujuh kali.

  1. Tawaf

Tawaf yaitu mengelilingi ka’bah selama tujuh kali. Tentunya dalam hal ini Anda juga harus mempelajari doa-doa apa saja yang harus dipanjatkan setiap kali menjalani tahap demi tahap umrah sehingga umrah Anda akan berhasil.

  1. Tertib

Tertib yang dimaksud dalam hal ini diantaranya adalah tertib dalam hal menjalankan tahap-tahapnya, tertib dengan tidak melakukan hal-hal yang di larang selama di tanah suci Mekkah, dan juga tertib dengan menjalankan semua tahapan dengan ikhlas, tulus, dan tanpa ada paksaan apapun. Jangan sampai, umrah Anda tidak ada artinya hanya karena Anda lalai dengan peraturan yang ada, tidak mematuhi perintah yang ada dan lain sebagainya. Jika Anda merasa kebingungan dan merasa butuh informasi, Anda bisa langsung menghubungi agen perjalanan umroh Anda sesegera mungkin.

  1. Tahalul

Rukun umroh yang terakhir dibahas dalam kesempatan kali ini adalah tahalul. Apa itu tahalul? Tahalul adalah mencukur pada sebagian rambut. Ini dijadikan sebagai penanda bahwa umroh yang sudah Anda lakukan sudah sempurna. Biasanya, tahalul ini dilakukan setelah Anda sudah selesai melaksanakan sai.

 

Lima rukun umroh yang sudah disampaikan di atas wajib dilaksanakan oleh Anda karena jika tidak bisa jadi umrah Anda belum sempurnah. Maka dari itu, bagi Anda yang saat ini memiliki keinginan dan berencana untuk umroh maka pastikan Anda menggunakan jasa umroh Elharamina wisata.