Liburan Akhir Tahun dengan Melakukan Wisata dan Umroh

Liburan identik dengan melakukan wisata ke beberapa destinasi hiburan seperti pantai, gunung, atau taman bermain. Namun tahukah Anda bahwa ternyata banyak sekali yang melakukan liburan akhir tahun dengan melakukan ibadah ke tanah suci untuk melaksanakan Umroh? Beberapa orang memiliki cita-cita terkait dengan kehidupan beragama. Salah satunya melakukan ibadah dengan khusyu’ ke tanah suci. Umroh adalah pilihan yang tepat apabila Anda selalu sibuk dan hanya memiliki waktu senggang di akhir tahun saja. Umroh tidak terpaut dengan usia, Anda tentunya dapat membawa serta keluarga Anda agar dapat melakukan ibadah bersama.

liburan akhir tahun

Seperti yang Anda tahu memang Umroh dapat dilakukan sebagai alternatif liburan akhir tahun, namun tidak semua agen tour memiliki fasilitas ini. Anda dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu pada jadwal yang disediakan di website online dari agen tour yang akan Anda pilih. Terdapat pilihan waktu yang dapat Anda isi dan tentunya masih akan dibuka selama kuota belum terpenuhi.

Meskipun merupakan pengganti liburan, persiapan yang baik akan menyempurnakan ibadah Anda selama Umroh di tanah suci. Beberapa dari Anda tentu membutuhkan bimbingan tentang tata cara, kewajiban yang perlu dilakukan, hingga hal kecil seperti apa saja yang harus dibawa saat berada di tanah suci. Sebagai gambaran untuk Anda, berikut perlengkapan yang dapat disiapkan sedari awal:

  • Dokumen penting adalah syarat yang harus Anda simpan dengan baik. Apabila Anda selalu mempersiapkan paspor hingga visa jika berlibur di luar negeri tertentu, maka tidak jauh berbeda jika Anda akan berangkat liburan akhir tahun ke tanah suci. Persiapkan dan lakukan penyimpanan yang baik dan mudah dijangkau beberapa dokumen yang diperlukan seperti visa khusus Umroh yang biasanya disiapkan bersama agen travel, paspor, kartu atm bahkan kartu kredit untuk penarikan tunai yang memang dapat digunakan di luar negeri termasuk di Saudi Arabia. Apabila diperlukan, Anda dapat mengurus kartu ATM atau kredit Anda kepada bank terkait untuk dapat digunakan selama Umroh.
  • Buku saku atau panduan untuk melakukan Umroh tidak boleh Anda tinggalkan meskipun Anda sudah melakukan hafalan di luar kepala. Sebenarnya bentuk dari buku ini tidak harus sesuatu barang yang besar, Anda dapat meletakkan buku saku secara digital melalui handphone atau smartphone Anda, jika memang lebih nyaman jika menggunakan cara tersebut.
  • Melakukan liburan akhir tahun untuk beribadah, itu artinya jangan melupakan segala macam perlengkapan ibadah Anda. Barang yang harus dibawa yaitu kain ihram bagi jama’ah laki-laki dan mukena atau Anda dapat menggunakan pakaian panjang yang menutup seluruh aurat bagi jama’ah perempuan. Menutup aurat bukan berarti hanya memiliki kain yang panjang, namun pastikan bahwa kain atau pakaian Anda tidak menerawang dan terlalu ketat di tubuh Anda. Tips bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan Umroh, selalu sediakan sajadah dengan bahan tipis yang mudah dibawa dan digunakan saat melakukan ibadah pada tempat yang terbuka.
  • Hal penting yang tidak boleh tertinggal adalah obat pribadi. Bagi Anda yang memiliki penyakit khusus, jangan sampai tidak membawa obat tersebut. Apabila tidak memiliki penyakit yang khusus Anda dapat membawa beberapa obat umum seperti obat batuk, diare, demam, sakit kepala, dan vitamin yang dibutuhkan. Sebagai antisipasi yang dapat Anda lakukan, periksakan diri ke dokter dan pastikan bahwa kesehatan tidak akan mengganggu ibadah Anda selama Umroh.
  • Terkadang meskipun sudah memiliki tempat penginapan, namun tidak ada salahnya pada liburan akhir tahun untuk selalu membawa peralatan mandi serta kosmetik. Hal yang ditakutkan adalah dalam hotel tersebut sikat gigi atau sabun yang diberikan tidak cocok untuk Anda, dan akan lebih mudah jika Anda membawa sendiri dari murah. Sedangkan kosmetik sendiri digunakan untuk mencegah kulit kering yang mudah terjadi pada cuaca di Negara yang berbeda. Suhu dan cuaca di tanah suci termasuk ekstrem untuk kulit masyarakat Indonesia.
  • Agen tour tanah suci selama liburan akhir tahun memang selalu memastikan dengan baik apakah jama’ah telah mengikuti perjalanan dengan baik selama hari yang ditentukan. Namun alat komunikasi yang dapat membantu koordinasi jama’ah dengan baik merupakan poin yang sangat penting. Hal ini juga antisipasi yang dapat membantu jika Anda terpisah sejenak dari rombongan jama’ah Anda.
  • Pakaian yang cukup selama liburan akhir tahun di tanah suci juga perlu Anda perhatikan. Jangan terlalu banyak dalam membawa pakaian karena yang ditakutkan Anda hanya akan memberatkan koper Anda. Sebaiknya hitung jumlah pakaian dengan baik dan sertakan kantong wudhu yang akan memudahkan Anda dalam beribadah tanpa harus lama mengantre di suatu tempat.
  • Uang tunai yang cukup harus Anda persiapkan sebagai langkah antisipasi jika ingin melakukan pembelian dengan cara tunai. Akan membutuhkan waktu lama jika Anda harus selalu menarik tunai menggunakan kartu ATM berkali-kali selama perjalanan.
  • Buku doa dan tentunya Al-Qur’an jangan sampai Anda lewatkan pada liburan akhir tahun di tanah suci. Umroh adalah salah satu ibadah dengan pahala yang besar, melewatkan untuk melakukan amalan yang baik tentu menjadi suatu kerugian bagi Anda. Perlu Anda ketahui bahwa banyak tempat yang mustajab bagi Anda yang berdoa dengan khusyu’.
  • Terakhir, hal yang terkadang luput adalah menggunakan alas kaki yang nyaman. Perjalanan saat Umroh tidaklah mudah dengan medan yang terjal. Alas kaki akan melindungi kaki Anda dan membuat perjalanan ibadah Anda semakin nyaman di tanah suci.

Beberapa perlengkapan di atas biasanya sudah diberitahukan pula oleh agen tour yang terpercaya untuk kenyamanan jama’ahnya. Selain perlengkapan yang telah disebutkan, pilihlah agen tour yang terpercaya dan memiliki tanggung jawab atas keberangkatan rombongannya. Agen resmi yang terdaftar dan sudah disetujui oleh Kemenag akan sangat membantu sebagai referensi dari agen tour travel yang dipilih untuk liburan akhir tahun.

Umroh memiliki pilihan berapa lama waktu yang dibutuhkan biasanya berkisar 3 hingga 14 hari dan akan mempengaruhi harga yang ditawarkan. Kisaran harganya kurang lebih 22 juta sudah termasuk dengan fasilitas penginapan, pelayanan tambahan seperti koper, pendampingan dengan Ustadz yang terpercaya, dan bantuan mengurus visa Umroh yang tidak bisa sembarangan dimiliki oleh Anda yang tidak terdaftar dengan agen tertentu.

Anda dapat melakukan pencarian melalui online agen yang melayani Umroh pada akhir tahun. Salah satu agen tour yang sudah terpercaya dan memberikan pelayanan tersebut adalah Elharamain Wisata dengan fasilitas yang memadai untuk melakukan ibadah Anda. Bimbingan juga dilakukan sebelum melakukan perjalanan Umroh agar rombongan atau jama’ah dapat mengetahui tata cara yang dibutuhkan . Selain melakukan perjalanan ke tanah suci, agen tour ini juga dapat melayani liburan akhir tahun Anda dengan mengunjungi tempat wisata indah seperti Turki atau berkeliling di Saudi Arabia