Keutamaan Umroh Ramadhan yang Belum Banyak Diketahui

Keutamaan Umroh Ramadhan yang Belum Banyak Diketahui

Umroh termasuk dalam salah satu ibadah yang dapat dilaksanakan umat Muslim apabila telah memiliki cukup biaya. Ini karena dibutuhkan dana besar untuk menuju Tanah Suci. Selain itu, dibutuhkan pula kekuatan fisik karena banyaknya jamaah di Mekkah serta panjangnya perjalanan yang harus dilalui. Umroh Ramadhan termasuk dalam umroh yang diyakini memiliki banyak keutamaan dibanding umroh di bulan-bulan yang lain. Bagi pemeluk agama Islam, bulan Ramadhan memang adalah bulan penuh berkah di mana pahala dari tiap amal kebaikan yang dilakukan akan dilipatgandakan. Tak heran banyak orang memilih untuk melakukan ibadah umroh di bulan ini agar amalnya berlipat ganda pula. Namun, benarkah demikian?

umroh Ramadhan

3 Pendapat ulama tentang umroh di bulan ramadhan

Diriwayatkan Ibnu Abbas r.a, Rasulullah shallalllahu ‘alaihi wa sallam pernah menyarankan seorang wanita Anshar untuk melakukan ibadah umroh di bulan Ramadhan, karena nilainya sama seperti naik haji bersama beliau. Para ulama kemudian saling berbeda pendapat terkait umroh Ramadhan ini. Setidaknya ada tiga pendapat ulama terkait masalah ini.

  1. Pertama, menurut sebagian ulama, keutamaan umroh di bulan Ramadhan hanya berlaku bagi wanita serta tidak berlaku bagi yang lainnya. Salah satu ulama yang meyakini ini adalah Said bin Jubair, murid Ibnu Abbas ra. Hadis Ummu Ma’qil terutama mendukung pendapat ini. Namun, tambahan keterangan dari Ummu Ma’qil terbilang lemah sehingga tak dapat diterima sebagai dalil yang sahih.
  2. Kedua, ada pula yang mengatakan bahwa keutamaan dari umroh Ramadhan hanya berlaku bagi orang yang telah memiliki niat haji namun tak mampu melaksanakannya. Barulah ia mengganti ibadah hajinya dengan umroh di bulan Ramadhan, sehingga ia mendapat pahala haji yang sempurna. Walau hanya umroh, namun niatnya adalah berangkat haji bersama Rasulullah.
  3. Pendapat ketiga adalah bahwa keutamaan ini berlaku untuk semua kaum muslimin. Pendapat ini diyakini sebagian besar ulama dari empat mazhab serta menjadi pendapat yang paling kuat. Alasannya karena banyak sahabat Rasulullah yang turut meriwayatkan hadist ini sehingga keutamannya tak hanya berlaku bagi Ummu Ma’qil. Selain itu, pendapat yang menyatakan bahwa keutamaan ini hanya berlaku bagi mereka yang niat haji tapi tak mampu melakukannya sebenarnya kurang tepat. Orang yang sungguh-sungguh ingin naik haji dan melakukan aneka usaha namun mendapat halangan yang berada di luar kehendaknya, maka Allah memberi pahala seperti orang yang mengamalkannya. Hal ini karena ada semangat kebaikan dalam diri orang tersebut.

keutamaan umroh Ramadhan

Selain perdebatan terkait keutamaan umroh Ramadhan, ada lagi yang mempertanyakan manakah yang lebih utama antara umroh di bulan Ramadhan dengan umroh di bulan Dzulqa’dah. Seperti telah dibahas sebelumnya bahwa umroh yang dilakukan pada bulan Ramadhan akan memiliki pahala setara ibadah haji serta berlaku secara umum untuk semua orang. Sementara itu, orang yang melakukan umroh secara berulang-ulang, misalnya keluar masuk Mekkah maka tidak akan termasuk dalam orang yang pahala umrohnya setara ibadah haji. Kita juga harus memperhatikan perkara pahala yang didapat. Mungkin ada yang bertanya-tanya, mengapa umroh yang lebih sederhana dari haji bisa mendapat pahala yang sama besarnya?

Hal ini sebenarnya sama dengan sabda Nabi terkait membaca surat Al Ikhlas yang sama pahalanya dengan 1/3 Al Quran, padahal surat Al Ikhlas itu sendiri hanya terdiri dari 4 ayat saja. Yang disamakan di sini adalah pahala yang didapat, walau ibadah haji ada lebih banyak aktivitas dan juga kesulitan yang dialami. Lalu, manakah yang lebih utama antara umroh Ramadhan dengan umroh di bulan Dzulqa’dah? Sebenarnya, tidak ada satu pun penjelasan yang berasal dari Rasulullah terkait keutamaan umroh pada bulan Dzulqa’dah. Namun, ada juga satu fakta di mana semua ibadah umroh yang dilaksanakan Rasulullah selalu pada bulan tersebut. Dari sinilah muncul perdebatan mengenai mana yang lebih utama antara umroh pada bulan Ramadhan atau bulan Dzulqa’dah.

Terkait hal ini, para jumhur ulama mengemukakan pendapat bahwa umroh Ramadhan lebih memiliki keutamaan dibanding umroh pada bulan Dzulqa’dah. Hal ini terkait tidak adanya dalil yang menguatkan keutamaan umroh di bulan tersebut, kecuali jika hanya ingin menyesuaikan dengan apa yang sering dilakukan Rasulullah. Umroh pada bulan Ramadhan sendiri telah dijelaskan keutamaannya pada dalil-dalil sahih sehingga lebih kuat dan dapat dipercaya. Jelas bahwa umroh pada bulan Ramadhan memiliki pahala setara ibadah haji, sementara umroh pada bulan Dzulqo’dah hanya mengikuti kebiasaan Rasulullah saja.

Agen travel umroh Ramadhan yang terpercaya

Satu hal lain yang harus turut diperhatikan terkait keutamaan umroh Ramadhan ialah memilih biro travel yang akan membawa kita ke Tanah Suci. Belakangan ini tengah ramai pembicaraan seputar kasus penipuan agen umroh yang korbannya mencapai ribuan orang. Tentu kita merasa takut dan khawatir akan turut tertipu juga. Memang penting memilih agen travel yang berpengalaman serta terpercaya agar bisa melakukan perjalanan ibadah dengan tenang serta nyaman.

Untuk bisa memilih agen travel umroh Ramadhan yang terpercaya, salah satunya adalah kita harus memastikan apakah agen travel tersebut profesional. Pastikan agen travel memang memiliki reputasi bagus dan jam terbangnya tinggi. Kita bisa lihat juga testimoni dari konsumen terdahulu agar bisa menilai seberapa bagus pelayanan yang diberikan, terutama dari segi harga serta fasilitas apa saja yang akan didapat dengan harga demikian. Tiap agen travel umumnya akan memasang harga yang berbeda untuk layanan yang berbeda, misalnya umroh dengan fasilitas mewah maupun fasilitas yang biasa saja namun tetap memadai.

Kita bisa memilih paket umroh Ramadhan yang sesuai ketersediaan dana masing-masing. Tentu harga akan menentukan kualitas, sehingga sebaiknya kita tak tergoda dengan penawaran harga murah yang terkadang akan dibarengi fasilitas yang kurang memadai. Lebih baik jika kita memilih agen travel umroh berdasarkan rekomendasi dari orang-orang terpercaya yang sudah pernah mencobanya, misalkan rekomendasi teman, kerabat ataupun keluarga. Cara ini akan memastikan kita mendapat layanan terbaik dari agen travel pilihan yang sudah pasti bisa dipercaya serta tak melakukan tindak penipuan. Cek juga fasilitas apa yang akan kita dapat berdasarkan paket yang dipilih serta harga yang dibayarkan. Pastikan semua fasilitas yang didapat itu sesuai biaya yang sudah kita keluarkan.

Salah satu agen travel umroh yang bisa kita pilih adalah Elharamain Wisata. Dengan pengalaman dan jam terbang tinggi, agen travel umroh satu ini dapat dipilih sebagai partner dalam melakukan perjalanan ibadah ke Tanah Suci. Jangan lupa juga untuk persiapkan kesehatan sebaik mungkin karena ibadah satu ini akan sangat menguras fisik kita. Perjalanan jauh serta aktivitas yang padat membuat kita harus selalu memiliki tubuh yang sehat agar bisa mengikuti semua kegiatan yang dijadwalkan. Umroh Ramadhan bersama Elharamain Wisata travel umroh terpercaya bisa jadi salah satu cara bagi kita dalam semakin mendekatkan diri pada Yang Kuasa karena ibadahnya dianggap setara dengan ibadah haji.