Ketahui Tentang Biaya Haji Plus Bagi Anda yang Ingin Segera Melaksanakan Ibadah Haji

Ketahui Tentang Biaya Haji Plus Bagi Anda yang Ingin Segera Melaksanakan Ibadah Haji

Melaksanakan ibadah haji tentu menjadi tujuan umat Islam di seluruh dunia. Ibadah haji tergolong sebagai rukun Islam kelima dan menjadi sebuah kewajiban bagi mereka yang mampu. Mampu di sini berkaitan dengan kemampuan secara fisik maupun finansial. Bagi Anda yang tidak ingin terlalu lama menunggu giliran keberangkatan haji, biaya haji plus dapat menjadi salah satu solusinya.

 

biaya haji plus

Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk umat muslim yang banyak, memberikan konsekuensi tersendiri dalam hal keberangkatan ibadah haji. Semakin meningkatnya jumlah umat muslim yang ingin menunaikan ibadah haji, membuat pemerintah mengambil aturan dengan membatasi kloter haji setiap tahunnya Hal ini juga berkaitan dengan  jatah kloter keberangkatan haji yang diberikan pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia. Inilah yang menyebabkan terjadinya antrean haji. Akibatnya, orang yang ingin mendaftar haji membutuhkan waktu lama untuk menunggu giliran keberangkatannya. Masa menunggu itu bisa memakan waktu sekitar 15 tahun hingga 25 tahun atau bahkan lebih.

Anda yang telah memiliki biaya haji tidak bisa langsung berangkat begitu saja karena harus menunggu antrean yang lama dan panjang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda merencanakan ibadah haji sejak sedini mungkin yaitu pada usia muda. Namun bagi Anda yang ingin segera menunaikan ibadah haji, terdapat solusi khusus agar jangka waktu menunggu keberangkatannya tidak terlalu lama yaitu dengan memanfaatkan program khusus berupa biaya haji plus.

 

Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui dari Biaya Haji Plus

Apakah Anda sudah familiar dengan adanya biaya haji plus? Mungkin kebanyakan orang lebih mengenal tentang haji secara reguler. Mendaftar haji secara reguler membutuhkan waktu yang lama hingga proses keberangkatan. Oleh karena itu muncullah alternatif berupa kuota haji plus.

Kuota haji plus merupakan salah satu cara untuk mendaftar haji khusus yang diperuntukkan bagi orang yang ingin berangkat haji tanpa harus menunggu antrean yang sangat lama seperti ketika mendaftar haji reguler. Haji plus ini diselenggarakan oleh biro perjalanan khusus yang diawasi secara langsung oleh Kementerian Agama. Konsekuensinya adalah adanya pembebanan biaya haji plus yang lebih mahal daripada biaya haji reguler.

Biaya haji plus yang lebih mahal ini sebanding dengan fasilitas yang akan diterima oleh para calon jamaah haji. Fasilitas yang akan didapatkan di antaranya:

  • Para calon jamaah haji tidak menunggu waktu keberangkatan yang terlalu lama

Meskipun menggunakan jenis haji plus, namun para calon jamaah haji masih harus tetap mengantre keberangkatan. Meskipun begitu, antrean haji tersebut tidak akan selama haji reguler. Lama waktu menunggu sekitar 7 hingga 8 tahun. Hal ini lebih cepat beberapa puluh tahun dari pada haji reguler.

  • Adanya fasilitas hotel bintang lima

ELAF MASHAIR

Biaya yang mahal tersebut juga sebanding dengan fasilitas yang akan didapatkan para jamaah. Jamaah haji akan mendapatkan fasilitas berupa tempat tinggal atau hotel sekelas bintang lima selama melaksanakan ibadah haji. Selain itu, hotel tersebut biasanya dekat dengan tempat untuk menjalankan rangkaian ibadah haji seperti Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sehingga dapat memudahkan para jamaah dan membuat mereka lebih nyaman selama berada di tanah suci.

  • Waktu pelaksanaan haji menjadi lebih cepat

Waktu pelaksanaan haji menjadi lebih cepat daripada haji reguler yaitu sekitar 25 hingga 27 hari saja. Sementara waktu yang diperlukan untuk melaksanakan haji reguler memakan waktu sekitar 38 hingga 40 hari.

Lalu berapakah biaya haji plus yang harus dibayarkan oleh calon jamaah haji? Biaya ONH plus yang harus dikeluarkan oleh para calon jamaah minimal sekitar Rp 106.984.000 yang disetorkan untuk mendapatkan nomor porsi. Jika Anda menggunakan biro perjalanan haji atau umroh maka prose pengurusan pendaftaran menjadi lebih mudah dan biaya keseluruhan bisa mencapai kurang lebih 130 juta rupiah. Biaya yang dikeluarkan tersebut sudah termasuk untuk biaya maskapai, penginapan, dan komponen lain seperti living allowance.

Bagaimana cara mendaftar haji plus?

Bagi Anda yang sudah memiliki biaya haji plus dapat mendaftar melalui KEMENAG untuk mendapatkan SPPH atau Surat Permohonan Pergi Haji. Kemudian Anda harus menyetorkan sejumlah uang minimal biaya ONH plus untuk mendapatkan nomor porsi atau nomor kuota. Anda dapat melunasi seluruh proses pembayaran apabila sudah diketahui waktu keberangkatan secara pasti. Anda juga bisa menggunakan jasa perjalanan umroh untuk memudahkan proses pendaftaran. Penyedia jasa akan membantu mengurus segala proses tersebut.

Selain menggunakan biaya haji plus, bagi Anda yang ingin segera berangkat haji tanpa harus menunggu antrean haji dapat menggunakan alternatif lain. Alternatif tersebut yaitu haji plus non kuota yang juga dikenal dengan program visa undangan atau Visa Furoda. Mengapa bisa demikian? Karena visa ini merupakan visa undangan kerajaan dari pemerintah Arab Saudi. Lebih mudahnya, para calon jamaah menggunakan jatah kuota pemerintah Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Namun tentu saja biaya yang dikeluarkan lebih mahal. Bahkan biaya pengurusan Visa Furoda ini melebihi biaya haji plus.

Pendaftaran haji plus dan haji menggunakan Visa Furoda tentu memerlukan biaya yang sangat banyak dan biasanya hanya dilakukan oleh masyarakat dengan penghasilan menengah ke atas. Namun bagi Anda yang ingin merasakan nikmatnya berkunjung ke tanah suci namun memiliki penghasilan terbatas tidak perlu khawatir. Anda dapat mewujudkan impian untuk pergi ke tanah suci dengan cara menjalankan ibadah umroh terlebih dahulu. Anda hanya perlu memastikan untuk memilih agen perjalanan umroh terbaik.

Elharamain Wisata dapat Anda jadikan sebagai pilihan travel terbaik untuk menemani perjalanan umroh ke tanah suci. Berbagai paket umroh dengan harga terjangkau juga tersedia. Berikut terdapat beberapa pilihan paket yang paling banyak diminati oleh para calon jamaah umroh:

  • Umroh Ekonomis

Paket umroh ekonomis ini menjadi pilihan banyak orang yang ingin menjalankan ibadah umroh. Harga yang ditawarkan mulai dari 19,9 jutaan untuk sekamar berempat, 20,9 juta untuk sekamar bertiga, hingga 21,9 juta untuk sekamar berdua. Selain menjalankan ibadah umroh, Anda akan berziarah dan mengelilingi beberapa situ bersejarah di Kota Mekah dan Madinah.

  • Umroh Plus City Tour Turki

Paket ini menawarkan rangkaian kegiatan umroh sekaligus berwisata ke berbagai objek wisata di Turki seperti Blue Mosque, Hagia Sophia, Hippodrome, Tokapi Place, dan lain-lain. Anda akan melakukan perjalanan sekitar 10 hari. Harga yang ditawarkan mulai dari 23,8 juta untuk fasilitas sekamar berempat atau 24,8 juta untuk sekamar bertiga, dan 25,8 juta untuk sekamar berdua.

Melaksanakan ibadah umroh dapat menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang ingin segera mengunjungi tanah suci mengingat umroh tidak memerlukan antrean yang lama seperti haji reguler maupun layanan biaya haji plus. Anda bisa menabung untuk biaya umroh setelah menentukan target biaya sesuai dengan paket umroh yang disediakan oleh Elharamain Wisata. Ada banyak paket yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan. Ada juga paket yang disertai dengan wisata ziarah ke beberapa tempat seperti Turki, Mesir, Al Aqsa, dan sebagainya