Info Haji Terbaru, Dari Mendaftar Hingga Pemberangkatan

Haji adalah salah satu rukun Islam yang harus dijalankan bagi yang mampu. Setiap umat Islam yang mampu menjalankan ibadah ini, harus menjalankannya di mana pun berada. Haji dilakukan pada waktu tertentu setiap tahunnya. Tidak dapat dijalankan sewaktu-waktu seperti halnya umroh. Kuota tiap negaranya juga terbatas. Oleh sebabnya mengetahui info haji dan bagaimana cara mendaftarnya sangat penting untuk dilakukan. Banyaknya umat Islam terutama di Indonesia yang ingin menunaikan ibadah haji membuat peluang penipuan semakin besar. Ketidaktahuan masyarakat mengenai info haji, serta bagaimana mendaftar haji yang baik dan benar banyak dimanfaatkan oleh penipu. Kasus penipuan kerap terjadi dengan memanfaatkan ketidaktahuan tersebut.

Info Haji Terbaru
Info Haji Terbaru

Untuk menghindari hal tersebut, memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai bagaimana cara mendaftar haji terutama di Indonesia sangat penting dilakukan. Nah, bagi Anda yang berencana untuk menunaikan ibadah haji, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pada ulasan kali ini, dibahas mengenai info haji dan berbagai hal yang perlu Anda perhatikan seputar haji. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda baik sekarang maupun di kemudian hari.

Info Cara Mendaftar Ibadah Haji

Mungkin beberapa dari Anda sudah tahu bahwa ada dua penyelenggara ibadah haji yang dapat Anda ikuti. Yang pertama adalah ibadah haji reguler dan yang kedua adalah ibadah haji khusus. Perbedaannya ada pada fasilitas yang akan didapatkan. Anda tentunya akan mendapatkan fasilitas yang lebih baik jika mendaftar haji plus. Anda dapat menyelesaikan seluruh rangkaian haji lebih cepat, yaitu sekitar 25 hari. Sedangkan untuk ibadah haji reguler, Anda perlu menginap sampai dengan 40 hari. Nah, untuk dapat melaksanakan haji, kita perlu mengantre nomor urutan pemberangkatan haji terlebih dahulu. Baik mendaftar haji reguler maupun haji plus tetap harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum dapat berangkat. Info haji ini harus Anda pegang baik-baik agar Anda tidak mudah tertipu iming-iming haji cepat tanpa mengantre. Kesempatan antrean dapat maju lebih cepat atau diunggulkan memang mungkin terjadi. Hal ini dapat terjadi jika calon haji sudah berusia lanjut, calon haji dalam kondisi sakit sehingga tidak bisa menunggu dalam waktu lama, atau ada calon ibadah dengan nomor urut yang lebih tinggi mencabut pendaftarannya karena berbagai hal sehingga antrean kita menjadi lebih cepat.

Lalu, bagaimana cara mendaftar haji reguler? Informasi haji ini tentunya menjadi info yang sangat penting dan banyak membuat orang penasaran, bukan? Nah, bagi Anda yang ingin mendaftar haji secara reguler, berikut adalah urutan cara yang dapat Anda lakukan.

  1. Rekening haji

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk mendaftar haji secara reguler adalah dengan membuat rekening haji. Info haji ini adalah info yang harus diketahui semua orang. Siapa saja yang ingin naik haji haruslah memiliki rekening haji dari bank yang sudah ditunjuk oleh Kementerian Agama. Perlu Anda garis bawahi bahwa tidak semua bank yang ada menerima pembukaan rekening haji. Hanya bank-bank terpilih saja. Adapun bank yang dapat menerima setoran haji diantaranya adalah BRI Syariah, BRI, Bank Mandiri, Bank Muamalat, Bank Mandiri Syariah, Bank Jateng, BTN, Bank Mega Syariah, dan Bank CIMB. Anda dapat membuka rekening tabungan khusus haji Anda pada bank-bank yang sudah ditunjuk tersebut.

Sekarang kita pelajari bagaimana cara membuka tabungan haji dan apa saja yang perlu dilengkapi. Info haji ini sangat penting. Agar Anda dapat membuka rekening tabungan haji, pertama yang harus Anda lakukan adalah mendatangi secara langsung bank yang akan Anda jadikan partner dalam membuka rekening haji sesuai dengan list yang disebutkan tadi. Seperti pembukaan rekening bank biasa, Anda akan diminta mengisi formulir. Barang yang harus dibawa adalah fotokopi KTP dan KTP asli. Adapun setoran awal untuk pembukaan rekening adalah Rp 500.000,- dan kemudian setoran minimal yang harus dibayarkan pada waktu selanjutnya minimal adalah Rp 100.000,-. Bagi Anda yang khawatir dengan riba dan sebagainya, Anda tidak perlu khawatir, tabungan haji ini tidak memiliki bunga dan tidak dikenakan potongan. Tabungan ini juga tidak dikenakan biaya apapun termasuk biaya administrasi. Anda juga tidak akan diberi kartu ATM karena sifat tabungan ini tidak dapat diambil kecuali sesuai perjanjian dan tujuan utamanya adalah untuk bisa naik haji secepatnya bukan?

Bagi Anda yang ingin dapat segera menunaikan ibadah haji, seberapa pun uang yang Anda miliki, akan lebih baik jika Anda segera membukanya. Hal ini membuat Anda dapat mewujudkan mimpi Anda dengan lebih cepat. Semakin dini Anda mendaftar, maka Anda akan semakin cepat menunaikan ibadah wajib ini. Jika Anda sudah menabung sampai dengan Rp 25.000.000,-, Anda sudah bisa mendaftarkan diri Anda ke Kementerian Agama dan mendapatkan nomor porsi keberangkatan Anda. Nomor antrean keberangkatan haji ini sudah panjang. Anda dapat bertahun-tahun mengantre sebelum bisa menunaikan ibadah haji. Mendaftar lebih dini juga akan memudahkan Anda karena Anda dapat menunaikan ibadah haji saat usia Anda belum terlalu tua. Anda dapat melaksanakan ibadah dengan lebih maksimal karena tubuh Anda masih kuat.

  1. Keterangan golongan darah dan surat keterangan sehat

Kini kita memasuki tahap kedua mengenai cara mendaftar haji reguler. Info haji ini wajib Anda ketahui. Setelah Anda memiliki tabungan haji sejumlah Rp 25.000.000,-, Anda sudah dapat mendaftarkan diri Anda ke Kementerian Agama untuk menunaikan ibadah haji. Perlengkapan yang harus Anda bawa adalah surat golongan darah dan keterangan sehat. Surat ini bisa Anda dapatkan di Puskesmas terdekat. Jangan lupa untuk mengatakan pada petugas bahwa surat yang Anda minta adalah sebagai syarat untuk mendaftarkan haji.

  1. SPPH dan nomor porsi

Info haji selanjutnya adalah mendatangi Kementerian Agama. Di sana, Anda akan diberi SPPH atau surat pendaftaran pergi haji. Surat tersebut berbentuk formulir yang berisi data yang harus kita lengkapi. SPPH tersebut kemudian Anda bawa ke bank tempat Anda mendaftarkan rekening haji Anda untuk meminta nomor porsi. Setelah Anda mendapatkan porsi, Anda dapat kembali lagi ke kementerian agama sambil membawa kelengkapan seperti bukti tanda setoran BPIH, pas foto berwarna, SPPH, fotokopi akta kelahiran, fotokopi serat sehat, fotokopi KK dan KTP.

Satu lagi info haji penting yang perlu Anda ketahui. Pendaftaran di atas tidak dipungut biaya sama sekali. Anda dapat mengurusnya sendiri dengan mudah tanpa makelar.

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang, atau ingin mendaftar haji plus, Anda dapat menggunakan biro perjalanan Elharamainwisata. Info haji plus ini akan dengan mudah Anda dapatkan jika Anda menemukan biro perjalanan haji yang tepat. Jangan lupa pilih biro perjalanan yang terpercaya dan jelas perizinannya. Jangan sampai Anda tertipu karena pergi haji mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Semoga kita semua dimudahkan dan disegerakan menunaikan rukun Islam yang kelima ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.