Cara Mensiasati Panjangnya Daftar Tunggu Depag Haji Khusus

Cara Mensiasati Panjangnya Daftar Tunggu Depag Haji Khusus,Ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke-5 yang diwajibkan bagi mereka yang mampu baik secara materi maupun secara fisik. Ibadah haji ini adalah sebuah pencapaian terbesar seorang Muslim dalam hal ibadah. Semakin tingginya kesadaran umat Muslim Indonesia untuk melengkapi rukun Islam ini membuat daftar tunggu depag haji semakin lama semakin panjang.

Anda yang mendaftar tahun ini bisa jadi baru bisa diberangkatkan 10 tahun dari sekarang. Hal ini terkadang menjadi kendala bagi orang-orang yang telah berusia lanjut, sehingga banyak yang memilih haji khusus yang daftar tunggunya lebih singkat.

depag haji
depag haji

Ibadah haji adalah serangkaian ibadah yang terdiri dari amalan-amalan tertentu yang dilaksanakan pada waktu dan tempat yang telah ditentukan. Bulan pelaksanaan haji dimulai dari bulan syawal sampai dengan 10 Dzulhijjah. Ibadah wajib di dalam rangkaian haji ini diantaranya meliputi thawaf, sa’i, wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah, melempar jumroh dan mabit di Mina. Inti dari pelaksanaan ibadah haji sendiri dimulai dengan bermalam di Mina pada tanggal 8 Dzulhijjah kemudian wukuf di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah dan diakhiri dengan lempar jumroh pada 10 Dzulhijjah.

Perbedaan Haji Khusus dan Depag Haji

Dalam pelaksanaannya, haji dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya haji reguler atau depag haji dan haji plus atau haji khusus. Haji khusus ini berbeda dari haji reguler yang dikelola oleh pemerintah. Haji khusus ini diselenggarakan secara mandiri oleh travel-travel atau agen perjalanan swasta. Ada beberapa hal yang berbeda pada haji khusus ini dibandingkan dengan haji reguler. Beberapa perbedaan haji khusus dengan haji reguler mencakup:

  • Daftar Tunggu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, daftar tunggu haji khusus ini jauh lebih singkat daripada haji reguler. Hal ini karena jumlah jamaah yang mendaftarkan diri melalui jalur ini juga jumlahnya jauh lebih sedikit. Lebih pendeknya daftar tunggu ini bisa memungkinkan Anda bisa lebih cepat berangkat ke tanah suci.

  • Fasilitas

Fasilitas yang ditawarkan pada haji khusus ini adalah fasilitas prima kelas eksklusif. Berbeda dengan depag haji, segala aktivitas terkait haji yang diselenggarakan oleh pihak swasta ini tidak dilakukan di kantor Kementerian Agama tetapi di hotel-hotel. Terkait transportasi, jamaah haji khusus juga memperoleh fasilitas transportasi dengan kelas yang lebih baik. Begitu pun masalah penginapan selama pelaksanaan ibadah haji. Fasilitas penginapan yang diperoleh jauh berbeda dengan jamaah haji reguler atau depag haji.

Umumnya jamaah haji khusus mendapatkan penginapan di hotel berbintang dengan segala fasilitasnya. Hotel yang diperoleh jamaah haji plus ini juga lebih dekat dengan lokasi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sehingga akan jauh mempermudah jamaah jika akan berangkat beribadah. Makanan yang diperoleh jamaah juga berbeda dengan makanan jamaah reguler, makanan yang diperoleh biasanya lebih enak dan variatif. Berbeda dengan jamaah haji reguler yang hanya disediakan konsumsi selama 10 hari, jamaah haji khusus ini akan mendapatkan fasilitas konsumsi selama berada di tanah suci.

  • Lama Perjalanan

Berbeda dengan depag haji yang memerlukan waktu sekitar 40 hari dalam seluruh rangkaian pelaksanaannya, perjalanan haji dengan haji khusus ini memerlukan waktu yang lebih sedikit. Ada agen perjalanan yang menawarkan perjalanan haji dari 14 hari sampai 21 hari. Semakin sebentar waktu yang dibutuhkan, harga yang harus dibayarkan akan semakin mahal. Puncak dari pelaksanaan ibadah haji sendiri sebenarnya hanyalah 10 hari, sisanya digunakan untuk beribadah sembari menunggu seluruh rombongan kloter haji tiba di tanah suci.

  • Pelayanan

Pelayanan yang diperoleh oleh jamaah haji khusus juga berbeda dengan jamaah depag haji reguler. Jamaah reguler mungkin mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan karena jumlah jamaahnya yang luar biasa banyak. Jamaan haji khusus ini jumlahnya jauh lebih sedikit sehingga pelayanan yang diperoleh juga bisa lebih maksimal. Jamaah haji khusus ini bisa memperoleh bimbingan yang lebih maksimal dari pembimbing. Jumlah jamaah haji dengan jumlah pembimbing yang seimbang membuat kelompok jamaah haji khusus ini lebih mudah dikoordinasi.

  • Biaya

Semua kelebihan yang ditawarkan oleh haji khusus ini juga harus dibayar dengan harga yang berbeda. Anda harus mengeluarkan biaya lebih banyak jika memilih berangkat menggunakan haji khusus dibandingkan depag haji. Harga yang harus dibayarkan pada haji khusus ini bisa dua kali lipat bahkan lebih dari harga haji reguler. Harga ini tentunya sebanding dengan segala fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan selama pelaksanaan ibadah haji.

Cara Pendaftaran Haji Khusus

Tidak seperti jamah depag haji yang mendaftarkan diri melalui kantor departemen agama, jamaah haji khusus ini bisa mendaftarkan diri secara langsung ke agen travel haji yang diinginkan. Anda harus selektif dalam memiliki agen perjalanan ini, pastikan agen yang Anda pilih sudah memiliki izin resmi dari pemerintah dan sudah terpercaya dalam pelaksanaan haji khusus. Beberapa persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai jamaah haji khusus ini adalah :

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Paspor Asli
  • Pas foto berwarna ukuran 3×4 35 lembar
  • Pasfoto 4×6 berlatar belakang putih 15 lembar

Semua dokumen ini Anda serahkan kepada pihak travel dengan membayarkan uang muka (DP) sebanyak 5000 US Dolar. Calon jamaah yang sudah membayarkan uang muka ini nantinya akan langsung didaftarkan ke kementerian agama untuk memperoleh nomor porsi.

Agen perjalanan yang berkualitas dan terpercaya sangat menentukan kelancaran dalam beribadah. Pastikan biaya perjalanan yang Anda bayarkan sesuai dengan segala fasilitas dan kemudahan yang Anda peroleh selama pelaksanaan ibadah haji. Pelaksanaannya yang ditangani oleh pihak swasta membuat Anda harus ekstra hati-hati dalam menyeleksi agen travel yang akan Anda gunakan. Pilihlah agen perjalanan yang telah berhasil memberangkatkan banyak jamaah sebelumnya dengan testimoni yang baik pula. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencari informasi berbagai agen travel haji khusus ini atau dengan bertanya langsung pada kerabat yang sudah terlebih dulu pergi haji dengan memanfaatkan jasa agen perjalanan haji khusus ini.

Travel Umroh Terbaik Elharamainwisata merupakan agen perjalanan haji dan umroh yang melayani perjalan haji khusus atau haji plus. Travel ini sudah terpercaya karena memiliki izin resmi dari Kementrian Agama sehingga Anda tidak perlu khawatir tertipu. Travel ini menawarkan pelayanan terbaik dengan fasilitas nomor satu untuk menjamin kenyamanan jamaah selama beribadah. Agen travel yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat ini juga menyediakan pembimbing profesional yang akan memandu jamaah selama pelaksanaan ibadah haji. Anda akan dapat melaksanakan semua rangkaian ibadah dengan tenang dan khusyu dengan adanya pembimbing yang selalu siap sedia melayani semua jamaah. Daftar tunggu jamaah depag haji yang panjang sudah bukan kendala lagi dengan perjalanan haji khusus lengkap dengan segala fasilitas premiumnya bersama Elharamainwisata Travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *