Menjalani Ibadah Umroh dengan Paket Umroh Pebruari

Umroh adalah ibadah umat Islam yang harus dilakukan dengan benar dan khusyuk. Niat untuk umroh memang sangat baik, bahkan Malaikat akan langsung mencatat niat baik tersebut meski belum melakukan umroh. Jika Anda mungkin merasa uang untuk bisa berangkat ke tanah suci belum mencukupi, cobalah untuk ikut paket umroh Pebruari agar bisa sedikit meringankan beban Anda. Meski paket yang dimaksud pemotongan harganya tidak terlalu besar, tapi kadang itu sedikit membantu Anda. Lumayan ada sisa beberapa rupiah jika dibandingkan melakukan perjalanan umroh tanpa mengikuti program paket dari beberapa biro perjalanan umroh. Akan tetapi, semuanya harus diperhatikan pula, agar tidak terjebak dengan modus penipuan berkedok agen perjalan umroh.

paket umroh Pebruari

Makkah adalah tanah suci yang siapa saja bagi umat Islam di seluruh dunia ingin mengunjunginya. Bila ke sana, kebanyakan umat Islam untuk melakukan ibadah haji ataupun melakukan ibadah umroh agar bisa menyempurnakan rukun Islam yang terakhir. Untuk rukun Islam yang satu ini, memang tidak semua umat Islam bisa menyanggupinya. Beruntunglah bagi orang-orang yang telah terpanggil ke tanah suci untuk bisa melaksanakan rukun Islam kelima tersebut untuk datang ke tanah suci. Mereka yang belum pernah melaksanakannya sudah pasti menginginkan untuk datang ke sana. Beberapa biro atau agen perjalanan umroh memang banyak yang mengadakan paket umroh Pebruari yang mungkin harganya lebih murah dibandingkan dengan harga umroh yang biasanya.

Melakukan ibadah suci seperti umroh memang tidak boleh sembarangan, diawali dengan niat dan usaha yang tekun untuk bisa datang mengunjungi Baitullah yang ada di Negeri Makkah sana. Jika niat sudah ada berada digenggaman kita, tinggal menonjolkan lagi usaha kita dengan bekerja keras agar bisa mendaftarkan diri di paket umroh Pebruari. Akan tetapi, usaha Anda janganlah terhenti hanya gara-gara Anda menggunakan paket umroh Pebruari yang belum ada benarnya, karena memang zaman sekarang banyak sekali penipuan yang berkedok agen perjalanan umroh. Karena nanti jika Anda tidak teliti, nantinya Anda sendiri yang repot dan sangat dirugikan.

Dalam hukum Islam, ada yang mengatakan apabila rukun umroh memang semuanya harus terpenuhi agar bisa tercapai umrohnya dengan baik, jika salah satu rukun umroh tidak dikerjakan, maka nanti kita harus membayar denda atau biasa disebut dam saat sudah tiba di tanah air, sebelum mempersiapkan segalanya, ada baiknya Anda perlu tahu apa saja rukun umroh:

  1. Ihram

  2. Tawaf

  3. Sa’i

  4. Tahalul

  5. Tertib

Semuanya harus dilakukan secara urut. Jangan sampai Anda tidak melaksanakan atau melewati salah satunya, atau nanti ibadah umroh Anda tidak diterima oleh Allah SWT. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan ibadah umroh

Selain memperhatikan dalam memilih paket umroh Pebruari dan juga tahu syarat serta rukun umroh, Anda juga harus mempersiapkan segalanya. Dari mulai dana, kesehatan dan barang-barang yang harus Anda bawa ke tanah suci. Semuanya harus dipersiapkan dengan baik dan benar. Berikut ada hal-hal yang harus Anda persiapkan sebelum berangkat umroh, agar di sana tidak ketar-ketir :

  1. Pelajarilah segalanya tentang umroh. Tentu akan sangat aneh jika kita akan umroh, tapi tidak mempelajarinya terlebih dahulu. Jika yang sudah umroh berkali-kali mungkin merasa masih ingat, jadi tidak perlu mempelajarinya lagi. Akan tetapi, jika orang yang baru berangkat umroh, mempelajarinya itu wajib. Dan mungkin sedikit-sedikit Anda harus tahu bahasa arab agar saat di sana mungkin tersesat, bisa bertanya pada orang sana.
  2. Jangan lupa untuk mempersiapkan fisik Anda sebelum berangkat ke tanah suci. Karena suhu di sana dan tanah air jelas sekali berbeda, pastinya Anda akan kaget, maka dari itu, agar tubuh Anda bisa bertahan di suhu yang berbeda dengan tanah air, lebih baik mengecek kondisi kesehatan Anda, dan mintalah vitamin kepada dokter, agar pada saat di sana Anda bisa menunaikan ibadah dengan baik dan benar.
  3. Persiapkanlah barang bawaan yang harus Anda bawa. Untuk baju-baju atau barang-barang yang tidak terlalu penting, dimasukkan ke koper. Dan untuk barang yang memang sangat penting seperti obat, tasbih atau minyak angin lebih baik dimasukkan ke tas kecil agar Anda bisa dengan mudah mengambilnya.
  4. Persiapkan pula biaya atau uang untuk keluarga yang ditinggal di tanah air. Rata-rata umroh memang hanya 10 hari, akan tetapi, keluarga yang ada di tanah air juga harus tetap dibiayai agar bisa mencukupi kebutuhannya dengan baik.
  5. Selalu mengecek kondisi terkini dalam pendaftaran Anda di paket umroh Pebruari. Karena mungkin ada perubahan seperti jadwal atau hal lainnya yang harus Anda ketahui.

Dengan banyaknya kasus-kasus penipuan yang menawarkan paket umroh Pebruari, sekarang masyarakat lebih waspada dalam memilih agen umroh yang terpercaya. Untungnya, pemerintah juga peduli akan kekhawatiran rakyatnya dalam menangani kasus seperti ini. Termasuk juga dalam memilih paket umroh Pebruari. Anda harus sangat hati-hati akan hal itu. Jika Anda tidak teliti dalam memilih, bisa saja uang Anda lenyap begitu saja dalam kasus penipuan paket umroh Pebruari tersebut. Lalu bagaimana untuk bisa mengetahui agen travel umroh tersebut penipu atau tidak, Anda harus berani meminta tempat tersebut menunjukkan dokumen-dokumen yang menunjukkan bahwa perusahaan tersebut berdiri atas ijin dari pemerintah.

Surat-surat yang ditunjukkan memang cukup banyak, dan jika perusahaan tersebut adalah perusahaan yang benar-benar berdiri dengan atas dasar legalitas yang sah, sudah pasti akan memiliki :

  1. Tempat tersebut memiliki surat izin tetap usaha pariwisata.

  2. Memiliki NPWP perusahaan asli.

  3. SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Sebagai penyalur dan penyelenggara umroh)

  4. SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (yang mengadakan perjalanan haji dengan jalur khusus).

  5. Surat Keterangan Domisili Perusahaan

  6. SK Menteri Kehakimah: Akta Pendirian Perusahaan

  7. Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah yang didapat dari Dewan Syariah Nasional MUI.

  8. Sertifikat Anggota Amphuri.

Jika agen atau biro yang mengadakan paket umroh Pebruari tersebut mempunyai itu semua, sudah pasti memang benar bahwa tempat tersebut tidak menipu dan benar keberadaannya. Lalu untuk membuktikannya lagi bahwa tempat yang menawarkan paket umroh Pebruari itu benar-benar bukan penipuan, Anda juga harus patut meneliti dari beberapa ulasan dari orang-orang yang sudah melakukan umroh di sana. Dengan melihat ulasan-ulasan tersebut, kita bisa tahu apakah mereka memang benar-benar agen perjalanan umroh yang bagus atau tidak. Jangan sampai Anda tertipu dan terkecoh dengan beberapsa tempat yang memberikan harga murah tapi tidak tahu kebenarannya. Di Elharamain Wisata, Anda bisa percayakan perjalanan umroh Anda, karena Elharamain Wisata sudah jelas dalam mengatur urusan haji dan umroh bagi para calon jamaahnya.

Liburan Akhir Tahun dengan Melakukan Wisata dan Umroh

Liburan identik dengan melakukan wisata ke beberapa destinasi hiburan seperti pantai, gunung, atau taman bermain. Namun tahukah Anda bahwa ternyata banyak sekali yang melakukan liburan akhir tahun dengan melakukan ibadah ke tanah suci untuk melaksanakan Umroh? Beberapa orang memiliki cita-cita terkait dengan kehidupan beragama. Salah satunya melakukan ibadah dengan khusyu’ ke tanah suci. Umroh adalah pilihan yang tepat apabila Anda selalu sibuk dan hanya memiliki waktu senggang di akhir tahun saja. Umroh tidak terpaut dengan usia, Anda tentunya dapat membawa serta keluarga Anda agar dapat melakukan ibadah bersama.

liburan akhir tahun

Seperti yang Anda tahu memang Umroh dapat dilakukan sebagai alternatif liburan akhir tahun, namun tidak semua agen tour memiliki fasilitas ini. Anda dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu pada jadwal yang disediakan di website online dari agen tour yang akan Anda pilih. Terdapat pilihan waktu yang dapat Anda isi dan tentunya masih akan dibuka selama kuota belum terpenuhi.

Meskipun merupakan pengganti liburan, persiapan yang baik akan menyempurnakan ibadah Anda selama Umroh di tanah suci. Beberapa dari Anda tentu membutuhkan bimbingan tentang tata cara, kewajiban yang perlu dilakukan, hingga hal kecil seperti apa saja yang harus dibawa saat berada di tanah suci. Sebagai gambaran untuk Anda, berikut perlengkapan yang dapat disiapkan sedari awal:

  • Dokumen penting adalah syarat yang harus Anda simpan dengan baik. Apabila Anda selalu mempersiapkan paspor hingga visa jika berlibur di luar negeri tertentu, maka tidak jauh berbeda jika Anda akan berangkat liburan akhir tahun ke tanah suci. Persiapkan dan lakukan penyimpanan yang baik dan mudah dijangkau beberapa dokumen yang diperlukan seperti visa khusus Umroh yang biasanya disiapkan bersama agen travel, paspor, kartu atm bahkan kartu kredit untuk penarikan tunai yang memang dapat digunakan di luar negeri termasuk di Saudi Arabia. Apabila diperlukan, Anda dapat mengurus kartu ATM atau kredit Anda kepada bank terkait untuk dapat digunakan selama Umroh.
  • Buku saku atau panduan untuk melakukan Umroh tidak boleh Anda tinggalkan meskipun Anda sudah melakukan hafalan di luar kepala. Sebenarnya bentuk dari buku ini tidak harus sesuatu barang yang besar, Anda dapat meletakkan buku saku secara digital melalui handphone atau smartphone Anda, jika memang lebih nyaman jika menggunakan cara tersebut.
  • Melakukan liburan akhir tahun untuk beribadah, itu artinya jangan melupakan segala macam perlengkapan ibadah Anda. Barang yang harus dibawa yaitu kain ihram bagi jama’ah laki-laki dan mukena atau Anda dapat menggunakan pakaian panjang yang menutup seluruh aurat bagi jama’ah perempuan. Menutup aurat bukan berarti hanya memiliki kain yang panjang, namun pastikan bahwa kain atau pakaian Anda tidak menerawang dan terlalu ketat di tubuh Anda. Tips bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan Umroh, selalu sediakan sajadah dengan bahan tipis yang mudah dibawa dan digunakan saat melakukan ibadah pada tempat yang terbuka.
  • Hal penting yang tidak boleh tertinggal adalah obat pribadi. Bagi Anda yang memiliki penyakit khusus, jangan sampai tidak membawa obat tersebut. Apabila tidak memiliki penyakit yang khusus Anda dapat membawa beberapa obat umum seperti obat batuk, diare, demam, sakit kepala, dan vitamin yang dibutuhkan. Sebagai antisipasi yang dapat Anda lakukan, periksakan diri ke dokter dan pastikan bahwa kesehatan tidak akan mengganggu ibadah Anda selama Umroh.
  • Terkadang meskipun sudah memiliki tempat penginapan, namun tidak ada salahnya pada liburan akhir tahun untuk selalu membawa peralatan mandi serta kosmetik. Hal yang ditakutkan adalah dalam hotel tersebut sikat gigi atau sabun yang diberikan tidak cocok untuk Anda, dan akan lebih mudah jika Anda membawa sendiri dari murah. Sedangkan kosmetik sendiri digunakan untuk mencegah kulit kering yang mudah terjadi pada cuaca di Negara yang berbeda. Suhu dan cuaca di tanah suci termasuk ekstrem untuk kulit masyarakat Indonesia.
  • Agen tour tanah suci selama liburan akhir tahun memang selalu memastikan dengan baik apakah jama’ah telah mengikuti perjalanan dengan baik selama hari yang ditentukan. Namun alat komunikasi yang dapat membantu koordinasi jama’ah dengan baik merupakan poin yang sangat penting. Hal ini juga antisipasi yang dapat membantu jika Anda terpisah sejenak dari rombongan jama’ah Anda.
  • Pakaian yang cukup selama liburan akhir tahun di tanah suci juga perlu Anda perhatikan. Jangan terlalu banyak dalam membawa pakaian karena yang ditakutkan Anda hanya akan memberatkan koper Anda. Sebaiknya hitung jumlah pakaian dengan baik dan sertakan kantong wudhu yang akan memudahkan Anda dalam beribadah tanpa harus lama mengantre di suatu tempat.
  • Uang tunai yang cukup harus Anda persiapkan sebagai langkah antisipasi jika ingin melakukan pembelian dengan cara tunai. Akan membutuhkan waktu lama jika Anda harus selalu menarik tunai menggunakan kartu ATM berkali-kali selama perjalanan.
  • Buku doa dan tentunya Al-Qur’an jangan sampai Anda lewatkan pada liburan akhir tahun di tanah suci. Umroh adalah salah satu ibadah dengan pahala yang besar, melewatkan untuk melakukan amalan yang baik tentu menjadi suatu kerugian bagi Anda. Perlu Anda ketahui bahwa banyak tempat yang mustajab bagi Anda yang berdoa dengan khusyu’.
  • Terakhir, hal yang terkadang luput adalah menggunakan alas kaki yang nyaman. Perjalanan saat Umroh tidaklah mudah dengan medan yang terjal. Alas kaki akan melindungi kaki Anda dan membuat perjalanan ibadah Anda semakin nyaman di tanah suci.

Beberapa perlengkapan di atas biasanya sudah diberitahukan pula oleh agen tour yang terpercaya untuk kenyamanan jama’ahnya. Selain perlengkapan yang telah disebutkan, pilihlah agen tour yang terpercaya dan memiliki tanggung jawab atas keberangkatan rombongannya. Agen resmi yang terdaftar dan sudah disetujui oleh Kemenag akan sangat membantu sebagai referensi dari agen tour travel yang dipilih untuk liburan akhir tahun.

Umroh memiliki pilihan berapa lama waktu yang dibutuhkan biasanya berkisar 3 hingga 14 hari dan akan mempengaruhi harga yang ditawarkan. Kisaran harganya kurang lebih 22 juta sudah termasuk dengan fasilitas penginapan, pelayanan tambahan seperti koper, pendampingan dengan Ustadz yang terpercaya, dan bantuan mengurus visa Umroh yang tidak bisa sembarangan dimiliki oleh Anda yang tidak terdaftar dengan agen tertentu.

Anda dapat melakukan pencarian melalui online agen yang melayani Umroh pada akhir tahun. Salah satu agen tour yang sudah terpercaya dan memberikan pelayanan tersebut adalah Elharamain Wisata dengan fasilitas yang memadai untuk melakukan ibadah Anda. Bimbingan juga dilakukan sebelum melakukan perjalanan Umroh agar rombongan atau jama’ah dapat mengetahui tata cara yang dibutuhkan . Selain melakukan perjalanan ke tanah suci, agen tour ini juga dapat melayani liburan akhir tahun Anda dengan mengunjungi tempat wisata indah seperti Turki atau berkeliling di Saudi Arabia

Memilih Tour Travel Terbaik Untuk Mengunjungi Hajar Aswad

Umroh merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh banyak umat Islam khususnya tentu bagi Anda yang berada di Indonesia. Mengunjungi tanah suci untuk melakukan doa tentu tujuan utama dari Umroh itu sendiri. Tempat yang sangat dinantikan oleh umat yang melakukan Umroh tentu saja untuk mengunjungi Hajar Aswad. Selain Umroh, sebenarnya terdapat program Haji yang dapat digunakan oleh Anda. Namun harga yang tinggi dan waktu yang cukup lama untuk mengikuti antrean yang disediakan setiap tahunnya oleh Kemenag, tentu membuat Umroh menjadi salah satu alternatif utama yang bagus untuk Anda. Umroh memiliki waktu yang lebih fleksibel dan tidak dipungkiri memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan menunaikan ibadah Haji.

Travel Umroh Terbaik

Meskipun  sama-sama mengunjungi tanah suci, namun terdapat beberapa hal yang berbeda antara Umroh dan Haji. Beberapa tata cara yang digunakan hampir serupa hanya saja perbedaannya di bagian Wukuf saja. Selain itu terdapat beberapa rukun dan doa yang pastinya berbeda antara Umroh dan Haji. Anda tentunya mengetahui bahwa Haji juga memiliki tata cara dalam berpakaian yang wajib untuk dilakukan, namun Umroh tidak memiliki kewajiban tersebut dan dapat menggunakan pakaian yang dijahit. Hal yang sama beberapa di antaranya tentu berdoa di Hajar Aswad yang memang dinantikan oleh para jama’ah Umroh suatu tour travel.

Mencium Hajar Aswad

Apabila Anda juga ingin memiliki cita-cita menyentuh dan berdoa di Hajar Aswad, Anda sebelumnya harus memilih agen tavel Umroh yang tepat yang dapat membantu keberangkatan Anda dengan aman dan memiliki fasilitas yang terbaik. Seperti yang Anda tahu, beberapa agen travel sekarang ini harus diamati dengan baik. Beberapa kecurangan, ketidak sesuaian fasilitas, hingga keberangkatan yang terkadang tertunda harus kita hindari dengan memilih agen yang tepat. Terdapat beberapa tips bagi Anda untuk mengantisipasi hal terburuk dalam memilih agen tersebut :

  • Pilih agen yang akan menuntun Anda menuju Hajar Aswad yang memang resmi dan sudah terdaftar pada Kemenag atau Kementerian Agama. Kemenag memiliki agen mana saja yang sudah mendaftarkan diri dan dapat dilihat secara transparan oleh calon jama’ah. Anda juga dapat melihat segala SK atau Surat Keputusan yang memang sudah resmi dikeluarkan oleh Kemenag. Daftar ini pastinya membuktikan bahwa agen tersebut sudah mengurus segala macam hal yang terkait dengan perizinan, keamanan, dan tentunya memiliki tanggung jawab kepada para calon jama’ahnya.
  • Setiap keberangkatan Umroh sudah memiliki jadwal yang pasti dan tentu sudah disetujui oleh Kemenag. Anda dapat melihat jadwal tersebut secara online pada sistem yang dikeluarkan oleh Kemenag yaitu Sitem Terpadu Umroh dan Haji. Apabila nama dari tour travel Anda belum masuk dalam sistem tersebut, Anda jangan langsung percaya dan cari tahu lebih lanjut atau Anda dapat memilih agen yang lain. Setiap agen yang terpercaya tidak pernah merahasiakan tanggal keberangkatan apalagi jika menunda tanggal keberangkatan tanpa alasan yang rasional.
  • Menyentuh Hajar Aswad dan berdoa saat melakukan Umroh memerlukan prinsip-prinsip yang harus dipegang oleh para calon jama’ah. Agen tour yang baik meskipun memasukkan wisata ke beberapa kota di tengah-tengah Umroh, selalu menerapkan prinsip Syar’i dalam setiap kegiatan yang dilakukan.
  • Ada baiknya untuk Anda yang baru melaksanakan ibadah Umroh, pilihlah agen tour yang dapat mendampingi ibadah Anda dari awal hingga akhir. Pendampingan biasanya dilakukan secara intensif dan bertahap kepada calon jama’ah Umroh dan menggunakan pendamping yang sudah terpercaya. Pendamping atau pembimbing yang diberikan adalah ustadz yang memang merupakan lulusan terbaik dari Timur Tengah yang sudah pasti mengetahui medan dan prinsip yang harus dijalankan selama Umroh.
  • Pilihlah fasilitas dan pelayanan yang memang akan mempermudah Anda untuk sampai di Hajar Aswad dengan baik. Suhu udara, makanan, dan beberapa hal tentu akan menjadi sesuatu yang baru bagi Anda. Anda tidak perlu memiliki fasilitas yang sangat mewah dengan harga yang tinggi. Namun cukup agar agen tour mengetahui kebutuhan Anda dapat memberikan yang Anda butuhkan agar ibadah Anda tetap nyaman dan dapat terlaksana dengan baik tanpa hambatan fasilitas yang tidak memadai.
  • Terakhir, banyak agen tour yang menawarkan harga terbaik. Hanya saja pilih dan pilah yang harganya tidak terlalu rendah di bawah batas wajar. Dibandingkan memilih harga yang rendah, Anda dapat melihat program apa saja yang ditawarkan dengan harga kompetitif dengan agen tour yang lainnya. Banyak pilihan seperti melakukan tour di luar melakukan Umroh dan menyentuh Hajar Aswad, adanya souvenir yang diberikan, atau bahkan program tambahan yang dilakukan sebelum jama’ah berangkat ke tanah suci. Anda harus cermat untuk menyikapi pilihan terkait harga tersebut.

Sekarang ini, Anda dapat melakukan pendaftaran secara online dengan mudah kapan saja apabila Anda sudah memiliki anggaran yang dibutuhkan. Umroh memiliki waktu yang fleksibel dibandingkan Haji baik dari segi keberangkatan hingga berapa lama Anda berada di tanah suci. Penawaran tersebut akan berpengaruh pada biaya yang ditawarkan. Umumnya Umroh hanya dapat dilakukan selama tiga hari, namun beberapa agen tour memberikan destinasi tambahan di luar kewajiban Umroh dan menyentuh Hajar Aswad yaitu mengunjungi kota lain yang dekat atau melakukan ziarah. Biasanya waktu yang dibutuhkan sekitar 9 hingga 10 hari perjalanan dengan biaya berkisar kurang lebih 22 juta.

hajar aswad

Beberapa kegiatan lain yang biasanya dilakukan adalah mengunjungi Turki dan menikmati kota tersebut, berkeliling ke Saudi Arabia, melakukan perjalanan ke Istanbul, hingga salah satu yang merupakan paket Umroh plus adalah Umrah Aqsa yang memiliki harga paling tinggi dengan waktu terlama dibandingkan Umroh yang lain. Sesuaikan waktu Umroh Anda dengan aktivitas atau pekerjaan Anda agar tidak meninggalkan hal yang penting selama melakukan ibadah.

Anda tidak perlu khawatir dalam mempersiapkan perlengkapan Umroh, karena biasanya pihak agen travel telah mempersiapkan dan memberikan daftar barang apa saja yang akan dapat Anda bawa. Agen tour yang terpercaya juga mempersiapkan koper, setelan baju yang dapat digunakan, audio haji selama perjalanan, hingga beberapa tas dan tentunya buku yang diperlukan untuk menuntun para jama’ah Umroh agar dapat melakukan ibadah dan dapat melakukan doa di Hajar Aswad dengan baik. Tidak semua agen memberikan fasilitas tersebut, maka dari itu pilih agen yang dapat membantu Anda hingga hal detail seperti barang bawaan selama Umroh.

Meskipun dapat memesan dan melakukan pendaftaran secara mudah melalui online, cari sumber yang terpercaya dan tentu pastikan alamat agen tour Anda. Salah satu pilihan yang dapat Anda kunjungi dan pilih adalah Elharamain Wisata, agen tour travel yang dapat membimbing Anda melakukan Umroh dan menyentuh serta berdoa di Hajar Aswad. Segala hal mengenai fasilitas, pelayanan, bahkan tentunya izin dari Kemenag sudah ditangani dengan baik. Anda dapat melakukan pemesanan untuk keberangkatan Umroh pada agen yang terpercaya ini dan memilih jadwal yang paling sesuai.

Mengenal Suntik Meningitis untuk Jamaah Umroh dan Haji

Vaksin meningitis yang diberikan dalam bentuk suntikan identik dengan vaksin yang akan diberikan pada jamaah umroh ataupun haji. Pada kenyataannya, suntik meningitis ini tak hanya perlu dilakukan bagi mereka yang hendak beribadah ke Tanah Suci. Vaksinasi meningitis juga penting untuk semua orang agar dapat meminimalkan resiko munculnya penyakit meningitis. Penyakit ini sendiri dapat dengan mudah ditularkan lewat batuk, bersin ataupun kontak seperti ciuman bersama orang yang telah terinfeksi bakteri Neisseria meningitidis. Seperti apa sebenarnya penyakit ini, kapan vaksin harus diberikan dan seberapa ampuh pemberian vaksin pada penyebaran penyakit? Berikut penjelasan lengkapnya.

Suntik Meningitis

Meningitis ialah peradangan yang terjadi pada selaput otak serta tulang belakang oleh bakteri maupun virus. Guna meminimalkan bakteri ataupun virus yang menyebabkan meningitis, pemberian vaksin akan sangat diperlukan. Suntik meningitis terutama akan dibutuhkan oleh kita yang berusia antara 16 hingga 23 tahun. Usia tersebut ialah usia di mana seseorang paling beresiko dalam terserang meningitis. Vaksin meningitis sendiri mengandung antigen, suatu zat yang akan merangsang sistem imunitas atau kekebalan tubuh dalam membentuk antibodi yang bisa melawan bakteri penyebab penyakit meningitis. Vaksin meningokokus pertama yaitu MPSV4 atau meningokokus polisakarida diciptakan pertama kali pada 1978. Berikutnya, vaksin MCV4 atau meningokokus kojugasi diciptakan pada 2005.

Suntik Meningitis Untuk Kesehatan

Kedua vaksin meningitis ini akan melindungi manusia dari empat jenis penyakit meningokokus, yaitu penyakit yang disebabkan serogroup A, W, C serta Y. Sementara saat ini sendiri diketahui sudah ada setidaknya 13 serogroup Neisseria meningitidis. Suntik meningitis tepatnya vaksin MCV4 sangat disarankan untuk diberikan pada anak yang sudah berusia antara 11 hingga 12 tahun. Lalu pada usia 16 hingga 18 tahun akan ditambahkan atau di-booster. Remaja yang mendapat vaksin meningitis pertama kali pada usia 16 tahun ke atas takkan lagi membutuhkan booster. Booster ini dibutuhkan karena vaksin biasanya hanya akan bisa melindungi remaja selama lima tahun.

 

Pemberian suntik meningitis vaksin MCV4 juga akan disarankan bagi beberapa kelompok tertentu. Di antaranya adalah umat muslim yang hendak menjalankan ibadah umroh ataupun haji, orang yang hendak melakukan perjalanan ataupun tinggal di suatu negara endemik, orang yang tinggal dalam asrama, orang yang menderita gangguan limpa maupun pernah menjalani operasi pengangkatan limpa, orang yang memiliki gangguan dalam sistem imunitas atau kekebalan tubuhnya, anak-anak usia 2 bulan hingga 10 tahun yang beresiko terkena penyakit meningitis, orang yang baru saja terkena meningitis serta ahli mikrobiologi yang tiap harinya memeriksa bakteri meningokokus. Sementara pemberian vaksin MPSV4 ditujukan pada kelompok orang yang berbeda.

 

Mereka yang sebaiknya mendapat vaksin MPSV4 ialah orang-orang dengan usia 55 tahun ke atas yang akan melakukan perjalanan maupun tinggal di sebuah negara endemik serta mereka yang berusia 55 tahun ke atas serta berada di populasi yang peningkatan resiko infeksi meningokokus cukup tinggi pada serogrup A, W, C serta Y. Pemberian suntik meningitis memang terbukti dapat menurunkan resiko terserang penyakit meningitis ini. Di samping vaksin meningokokus, pemberian vaksin Hib juga terbilang efektif dalam pencegahan penyakit ini. Walau demikian, bukan berarti seseorang yang telah menerima vaksin bisa sama sekali bebas dari meningitis. Nyatanya, masih ada kesempatan bagi mereka yang sudah divaksin untuk tetap terkena penyakit ini. Selain itu, bisa jadi seseorang yang belum divaksin justru tidak terpapar meningitis sama sekali.

 

Suntik meningitis umumnya akan memberikan efek samping tersendiri. Sekitar lima puluh persen atau separuh dari keseluruhan jumlah orang yang mendapat vaksin meningitis akan mengalami efek samping berupa nyeri ringan serta kulit kemerahan di area di mana suntikan tersebut diberikan. Sebagian orang lainnya yang menerima suntikan ini juga dapat mengalami demam. Namun, tidak perlu khawatir karena kondisi ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu antara satu hingga dua hari. Efek samping lain adalah pingsan. Akan tetapi, efek satu ini bisa diminimalisir dengan cara duduk ataupun berbaring selama kira-kira 15 menit pasca suntikan diberikan. Hal ini akan membantu dalam mengurangi resiko dari efek samping yang bisa terjadi.

 

Seperti jenis vaksin lainnya, pemberian vaksin meningitis juga dapat menimbulkan aneka reaksi alergi. Reaksi ini biasanya akan muncul hanya dalam hitungan menit maupun jam pasca suntik meningitis. Alergi ditandai dengan munculnya beragam gejala seperti sulit bernapas, lemas, pucat, pusing, gatal-gatal serta detak jantung yang cepat. Apabila hal ini terjadi, maka segeralah pergi ke rumah sakit agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut. Walau vaksin ini terbilang penting, namun ada beberapa kelompok tertentu yang harus menunggu dan bahkan menghindari vaksin. Ini karena pemberian vaksin meningitis justru akan memberikan dampak serius pada mereka.

 

Kelompok orang yang harus menghindari

Vaksin meningitis yang diberikan dalam bentuk suntikan identik dengan vaksin yang akan diberikan pada jamaah umroh ataupun haji. Pada kenyataannya, suntik meningitis ini tak hanya perlu dilakukan bagi mereka yang hendak beribadah ke Tanah Suci. Vaksinasi meningitis juga penting untuk semua orang agar dapat meminimalkan resiko munculnya penyakit meningitis. Penyakit ini sendiri dapat dengan mudah ditularkan lewat batuk, bersin ataupun kontak seperti ciuman bersama orang yang telah terinfeksi bakteri Neisseria meningitidis. Seperti apa sebenarnya penyakit ini, kapan vaksin harus diberikan dan seberapa ampuh pemberian vaksin pada penyebaran penyakit? Berikut penjelasan lengkapnya.

 

Meningitis ialah peradangan yang terjadi pada selaput otak serta tulang belakang oleh bakteri maupun virus. Guna meminimalkan bakteri ataupun virus yang menyebabkan meningitis, pemberian vaksin akan sangat diperlukan. Suntik meningitis terutama akan dibutuhkan oleh kita yang berusia antara 16 hingga 23 tahun. Usia tersebut ialah usia di mana seseorang paling beresiko dalam terserang meningitis. Vaksin meningitis sendiri mengandung antigen, suatu zat yang akan merangsang sistem imunitas atau kekebalan tubuh dalam membentuk antibodi yang bisa melawan bakteri penyebab penyakit meningitis. Vaksin meningokokus pertama yaitu MPSV4 atau meningokokus polisakarida diciptakan pertama kali pada 1978. Berikutnya, vaksin MCV4 atau meningokokus kojugasi diciptakan pada 2005.

 

Kedua vaksin meningitis ini akan melindungi manusia dari empat jenis penyakit meningokokus, yaitu penyakit yang disebabkan serogroup A, W, C serta Y. Sementara saat ini sendiri diketahui sudah ada setidaknya 13 serogroup Neisseria meningitidis. Suntik meningitis tepatnya vaksin MCV4 sangat disarankan untuk diberikan pada anak yang sudah berusia antara 11 hingga 12 tahun. Lalu pada usia 16 hingga 18 tahun akan ditambahkan atau di-booster. Remaja yang mendapat vaksin meningitis pertama kali pada usia 16 tahun ke atas takkan lagi membutuhkan booster. Booster ini dibutuhkan karena vaksin biasanya hanya akan bisa melindungi remaja selama lima tahun.

Pemberian suntik meningitis vaksin MCV4

Pemberian suntik meningitis vaksin MCV4 juga akan disarankan bagi beberapa kelompok tertentu. Di antaranya adalah umat muslim yang hendak menjalankan ibadah umroh ataupun haji, orang yang hendak melakukan perjalanan ataupun tinggal di suatu negara endemik, orang yang tinggal dalam asrama, orang yang menderita gangguan limpa maupun pernah menjalani operasi pengangkatan limpa, orang yang memiliki gangguan dalam sistem imunitas atau kekebalan tubuhnya, anak-anak usia 2 bulan hingga 10 tahun yang beresiko terkena penyakit meningitis, orang yang baru saja terkena meningitis serta ahli mikrobiologi yang tiap harinya memeriksa bakteri meningokokus. Sementara pemberian vaksin MPSV4 ditujukan pada kelompok orang yang berbeda.

 

Mereka yang sebaiknya mendapat vaksin MPSV4 ialah orang-orang dengan usia 55 tahun ke atas yang akan melakukan perjalanan maupun tinggal di sebuah negara endemik serta mereka yang berusia 55 tahun ke atas serta berada di populasi yang peningkatan resiko infeksi meningokokus cukup tinggi pada serogrup A, W, C serta Y. Pemberian suntik meningitis memang terbukti dapat menurunkan resiko terserang penyakit meningitis ini. Di samping vaksin meningokokus, pemberian vaksin Hib juga terbilang efektif dalam pencegahan penyakit ini. Walau demikian, bukan berarti seseorang yang telah menerima vaksin bisa sama sekali bebas dari meningitis. Nyatanya, masih ada kesempatan bagi mereka yang sudah divaksin untuk tetap terkena penyakit ini. Selain itu, bisa jadi seseorang yang belum divaksin justru tidak terpapar meningitis sama sekali.

Suntik Meningitis

Suntik meningitis umumnya akan memberikan efek samping tersendiri. Sekitar lima puluh persen atau separuh dari keseluruhan jumlah orang yang mendapat vaksin meningitis akan mengalami efek samping berupa nyeri ringan serta kulit kemerahan di area di mana suntikan tersebut diberikan. Sebagian orang lainnya yang menerima suntikan ini juga dapat mengalami demam. Namun, tidak perlu khawatir karena kondisi ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu antara satu hingga dua hari. Efek samping lain adalah pingsan. Akan tetapi, efek satu ini bisa diminimalisir dengan cara duduk ataupun berbaring selama kira-kira 15 menit pasca suntikan diberikan. Hal ini akan membantu dalam mengurangi resiko dari efek samping yang bisa terjadi.

 

Seperti jenis vaksin lainnya, pemberian vaksin meningitis juga dapat menimbulkan aneka reaksi alergi. Reaksi ini biasanya akan muncul hanya dalam hitungan menit maupun jam pasca suntik meningitis. Alergi ditandai dengan munculnya beragam gejala seperti sulit bernapas, lemas, pucat, pusing, gatal-gatal serta detak jantung yang cepat. Apabila hal ini terjadi, maka segeralah pergi ke rumah sakit agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut. Walau vaksin ini terbilang penting, namun ada beberapa kelompok tertentu yang harus menunggu dan bahkan menghindari vaksin. Ini karena pemberian vaksin meningitis justru akan memberikan dampak serius pada mereka.

 

Kelompok orang yang harus menghindari suntik meningitis di ataranya adalah orang yang sebelumnya pernah mengalami alergi berat sampai mengancam nyawa terutama setelah diberikan vaksin meningitis atau vaksin lain, orang yang telah sakit sehingga pemberian vaksin sebaiknya ditunda sampai penyakitnya benar-benar sembuh serta orang yang pernah mengalami sindrom bernama Guillain-Barre Syndrom, maka pemberian vaksin meningitis harus dikonsultasikan dulu pada dokter. Pemberian vaksin pada ibu hamil tetap dapat dilakukan apabila memang diperlukan. Akan tetapi, tetap konsultasikan pemberian vaksin ini pada dokter agar bisa terhindar dari efek samping baik bagi ibu maupun janin yang dikandung.

 

Suntik meningitis sendiri belum termasuk dalam vaksin yang wajib diberikan bagi anak-anak di Indonesia. Anak-anak di Indonesia lebih umum akan pemberian vaksin campak hingga polio. Akan tetapi, mengingat bahaya dari resiko penyakit yang mungkin ditimbulkan, pemberian vaksin meningitis untuk anak sebaiknya diprioritaskan serta diberikan secara tepat waktu. Hubungi dokter anak guna mengetahui lebih lanjut informasi seputar pemberian vaksin meningitis pada anak. Kini, pemberian vaksin meningitis hanya diprioritaskan bagi jamaah umroh serta haji. Pemberian vaksin meningitis juga telah jadi prosedur standar yang harus dilakukan kira-kira sebulan sebelum keberangkatan. Pihak biro travel umroh dan haji biasanya sudah memberitahukan seputar pemberian vaksin ini pada para calon jamaah. Biaya vaksin sendiri umumnya sudah termasuk dalam rincian dana perjalanan umroh atau haji yang dijalani.

 

Jika kita hendak melakukan perjalanan ibadah haji maupun umroh, tak perlu lagi khawatir soal biaya vaksin meningitis. Kita cukup mengikuti prosedur kapan suntik dilakukan dan di mana rumah sakit yang ditunjuk sebagai tempat pemberian vaksin. Biro haji maupun umroh telah menyediakan fasilitas vaksin meningitis ini sebagai salah satu jaminan keamanan dan keselamatan bagi para jamaah setibanya di Tanah Suci nanti. Salah satu biro perjalanan haji maupun umroh yang bisa kita percayai adalah Elharamain Wisata. Biro satu ini telah berpengalaman dalam membawa para jamaah menunaikan ibadah di Tanah Suci. Fasilitas yang diberikan juga cukup lengkap termasuk suntik meningitis.

di ataranya adalah orang yang sebelumnya pernah mengalami alergi berat sampai mengancam nyawa terutama setelah diberikan vaksin meningitis atau vaksin lain, orang yang telah sakit sehingga pemberian vaksin sebaiknya ditunda sampai penyakitnya benar-benar sembuh serta orang yang pernah mengalami sindrom bernama Guillain-Barre Syndrom, maka pemberian vaksin meningitis harus dikonsultasikan dulu pada dokter. Pemberian vaksin pada ibu hamil tetap dapat dilakukan apabila memang diperlukan. Akan tetapi, tetap konsultasikan pemberian vaksin ini pada dokter agar bisa terhindar dari efek samping baik bagi ibu maupun janin yang dikandung.

 

Suntik meningitis sendiri belum termasuk dalam vaksin yang wajib diberikan bagi anak-anak di Indonesia. Anak-anak di Indonesia lebih umum akan pemberian vaksin campak hingga polio. Akan tetapi, mengingat bahaya dari resiko penyakit yang mungkin ditimbulkan, pemberian vaksin meningitis untuk anak sebaiknya diprioritaskan serta diberikan secara tepat waktu. Hubungi dokter anak guna mengetahui lebih lanjut informasi seputar pemberian vaksin meningitis pada anak. Kini, pemberian vaksin meningitis hanya diprioritaskan bagi jamaah umroh serta haji. Pemberian vaksin meningitis juga telah jadi prosedur standar yang harus dilakukan kira-kira sebulan sebelum keberangkatan. Pihak biro travel umroh dan haji biasanya sudah memberitahukan seputar pemberian vaksin ini pada para calon jamaah. Biaya vaksin sendiri umumnya sudah termasuk dalam rincian dana perjalanan umroh atau haji yang dijalani.

 

Jika kita hendak melakukan perjalanan ibadah haji maupun umroh, tak perlu lagi khawatir soal biaya vaksin meningitis. Kita cukup mengikuti prosedur kapan suntik dilakukan dan di mana rumah sakit yang ditunjuk sebagai tempat pemberian vaksin. Biro haji maupun umroh telah menyediakan fasilitas vaksin meningitis ini sebagai salah satu jaminan keamanan dan keselamatan bagi para jamaah setibanya di Tanah Suci nanti. Salah satu biro perjalanan haji maupun umroh yang bisa kita percayai adalah Elharamain Wisata. Biro satu ini telah berpengalaman dalam membawa para jamaah menunaikan ibadah di Tanah Suci. Fasilitas yang diberikan juga cukup lengkap termasuk suntik meningitis.

Berbagai Hal Unik yang Bisa Ditemui Saat Umroh Akhir Tahun

Akhir tahun adalah saat yang banyak dimanfaatkan banyak orang untuk liburan. Apa Anda sudah menentukan liburan akhir tahun Anda? Jika Anda merasa liburan hanya pemborosan dan kurang bermanfaat, bagaimana jika mengalihkan dana liburan Anda untuk beribadah. Anda bisa lho menjalankan ibadah umroh saat akhir tahun. Umroh akhir tahun dapat menjadi pilihan saat Anda memiliki waktu libur panjang dan anggaran yang memadai. Dibandingkan melakukan kegiatan liburan yang hanya hura-hura, umroh justru akan menambah pahala karena Anda dapat menjalankan ibadah yang disunnahkan tersebut. Liburan akhir tahun Anda akan lebih bermakna dan anggaran yang Anda keluarkan akan lebih bermanfaat. Selain itu, Anda tetap dapat merasakan holiday vibe karena ada banyak ibadah umroh yang satu paket dengan kunjungan ke negara terdekat dan melakukan wisata singkat.

Umroh Akhir Tahun

Hal Unik yang Dapat Dirasakan saat Melakukan Umroh Akhir Tahun

 

Selain menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat dalam memanfaatkan libur akhir tahun, ada juga hal unik yang akan Anda rasakan saat melakukan umroh akhir tahun. Hal unik yang dapat Anda rasakan yang akan Anda rasakan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pas dengan saat liburan

Hal unik pertama yang akan Anda rasakan adalah waktunya yang bertepatan dengan liburan membuat Anda tidak perlu melakukan cuti yang panjang. Hal ini membuat Anda lebih mudah menjalankan ibadah umroh akhir tahun. Jika Anda melakukan ibadah umroh pada bulan lainnya, Anda bisa jadi kesulitan mengajukan cuti karena Anda harus mengajukan cuti yang cukup panjang untuk dapat menjalankan ibadah ini. Anda tentunya sudah tahu jika ibadah umroh sekurang-kurangnyanya membutuhkan waktu 9 hari. Hal ini tentunya akan sangat menyusahkan karena cuti yang sangat panjang biasanya akan cukup sulit terutama jika Anda bekerja di perusahaan besar atau perusahaan pelayanan. Pada saat akhir tahun, Anda juga akan lebih mudah saat hendak membawa serta keluarga karena anak-anak juga dalam kondisi liburan jadi Anda bisa mengajak serta anak-anak menjalankan ibadah umroh dan mengajak mereka untuk lebih mengenal dan dekat dengan Allah SWT.

  1. Hal yang mengesankan untuk menutup tahun

Keunikan umroh akhir tahun yang kedua adalah momen yang berharga. Mengapa umroh di akhir tahun dapat menjadi salah satu momen yang berharga? Hal ini karena umroh di akhir tahun dapat menjadi salah satu kegiatan tutup tahun yang berkesan. Setelah kita bekerja keras selama setahun penuh dalam mencari nafkah, akan sangat berkesan jika kita menikmati hasil kerja keras kita untuk mendekatkan diri pada Allah SWT dengan menjalankan ibadah umroh. Kita tahu bahwa ibadah umroh tidak dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini karena tidak semua orang memiliki cukup anggaran untuk berangkat ke tanah suci. Tidak semua orang memiliki kesehatan untuk dapat pergi walaupun memiliki anggaran yang cukup. Ada banyak rintangan, sehingga dapat melaksanakan umroh dan bertempat dengan akhir tahun tentunya dapat menjadi hal yang sangat berkesan bukan?

  1. Cuaca bersahabat di tanah suci

Walaupun kita sudah terbiasa dengan cuaca yang panas dan udara yang lembab karena biasa tinggal di daerah tropis, namun, cuaca di tanah suci masih termasuk ekstrem bahkan bagi orang Indonesia. Hal ini karena suhu udaranya yang terlampau panas pada saat siang hari dan kadang sangat dingin di malam hari. Perbedaan suhu yang ekstrem tersebut keram membuat kesehatan jamaah umroh down. Apalagi jika kita tidak pandai menjaga kesehatan. Nah, keunikan umroh akhir tahun juga ada pada cuaca. Pada saat akhir tahun, kita akan merasakan cuaca tanah suci yang lebih bersahabat. Hal ini karena perbedaan cuaca yang tidak terlalu ekstrem sehingga kita dapat melaksanakan ibadah umroh dengan lebih nyaman.

 

3 keunikan tersebut yang membuat umroh akhir tahun dapat menjadi salah satu hal yang patut Anda pertimbangkan. Apalagi, umroh akhir tahun biasanya juga diikuti dengan promo menarik dari berbagai agen travel umroh terpercaya sehingga dapat Anda jadikan sebagai pilihan.

Persiapkan Kesehatan Sebelum Umroh Akhir Tahun

Umroh adalah kegiatan ibadah yang cukup berat bahkan bagi kita yang masih muda. Jadi, jangan remehkan ibadah satu ini. Selain membutuhkan waktu yang panjang, ibadah umroh juga dilakukan di tanah suci yang notabene sangat jauh dari Indonesia dan memiliki banyak perbedaan seperti perbedaan cuaca, perbedaan makan, dan sebagainya. Oleh sebab itu Anda perlu melakukan beberapa persiapan sebelum melakukan ibadah satu ini. Apa saja persiapan yang kira-kira perlu Anda lakukan? Persiapan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menjaga kebugaran tubuh

Menjaga kebugaran tubuh menjadi modal yang sangat penting sebelum menjalankan ibadah umroh. Hal ini karena umroh nanti kita akan banyak melakukan kegiatan yang berkaitan dengan jalan kaki, bagi Anda yang tidak terbiasa jalan kaki jauh, Anda dapat mulai berlatih jalan kaki agar terbiasa, dengan demikian Anda tidak akan cepat lelah saat melakukan ibadah umroh nantinya.

  1. Packing dengan tepat

Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah melakukan packing dengan tepat. Jangan sampai Anda terlalu banyak membawa barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan namun lupa membawa hal penting yang seharusnya diprioritaskan. Hal yang tidak boleh Anda lupa adalah obat-obatan pribadi yang harus Anda bawa, terutama jika Anda memiliki penyakit yang membutuhkan obat khusus seperti asma dan sebagainya. Pastkan Anda melakukan packing jauh hari dan membuat list agar tidak ada yang tertinggal. Jangan terlalu banyak membawa baju dan bawa hal-hal yang sangat diperlukan. Selain membawa koper, pastikan Anda membawa tas kecil untuk meletakan dompet, paspor, gadget, kacamata, dan hal penting lainnya. Melakukan persiapan dengan matang akan mengurangi risiko lupa.

  1. Persiapkan mental

Selain menjaga kebugaran tubuh, menyiapkan mental juga diperlukan agar Anda tidak mengalami stress saat berada di tanah suci nantinya. Latihan mental dapat dilakukan dengan mencari tahu kondisi riil saat di tanah suci nantinya. Seperti apa cuaca yang akan kita hadapi, ibadah seperti apa yang akan kita jalankan, berapa lama waktu perjalanan yang dibutuhkan, dan dengan kendaraan yang seperti apa. Hal ini diperlukan agar kita mengenal medan dan lebih siap saat nantinya kita berada di tanah suci. Beradaptasi dengan cepat akan memudahkan kita dalam melakukan ibadah dengan nyaman.

Nah, itu tadi ulasan mengenai berbagai hal unik yang akan Anda rasakan saat melakukan kegiatan umroh akhir tahun dan apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum Anda melakukan umroh. Ada persiapan kesehatan tubuh dan mental serta kesiapan dalam bentuk barang yang akan kita bawa nantinya. Ha tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan Anda. Untuk informasi mengenai umroh yang terpercaya, pastikan Anda mengunjungi laman resmi Elharamain Wisata.

Alasan Pilih Umroh Desember dan Tips Menjaga Kesehatan Saat Umroh

Menentukan bulan saat hendak berangkat umroh menjadi hal yang sangat penting. Hal ini karena bulan yang tepat akan mempengaruhi banyak hal, misalnya izin cuti, anggaran yang dibutuhkan, dan berbagai hal lainnya. Oleh karenanya, memilih bulan yang tepat sangat perlu dipertimbangkan. Desember atau akhir tahun dapat menjadi bulan pilihan. Umroh Desember dapat menjadi solusi Anda saat menentukan bulan yang tepat. Bulan Desember dapat menjadi salah satu bulan yang tepat karena banyak alasan. Nah, ulasan kali ini membahas mengenai bulan keberangkatan umroh dan alasan mengapa bulan Desember dapat menjadi bulan pilihan yang tepat bagi Anda. Penasaran? Mari kita simak ulasannya pada bahasan berikut ini.

 

Umroh Desember

Mengapa Umroh Desember Menjadi Pilihan?

 

Hal pertama yang dibahas pada ulasan kali ini adalah alasan masuk akal yang membuat umroh pada bulan Desember menjadi umroh yang banyak dicari terutama untuk keberangkatan tahun ini dan tahun depan. Umroh Desember banyak dipilih tentunya bukan tanpa alasan. Di sini dibahas mengenai 4 alasan mengapa kini banyak orang yang tertarik berangkat umroh pada akhir tahun yaitu bulan Desember. Adapun alasannya adalah sebagai berikut.

  1. Promo akhir tahun maskapai penerbangan

Alasan pertama mengapa banyak rang tertarik untuk melakukan umroh Desember adalah karena ada banyak maskapai penerbangan yang memberikan diskon pada akhir tahun. Hal ini membuat biaya penerbangan menuju tanah suci menjadi lebih rendah. Tidak heran jika ada banyak travel umroh yang juga menawarkan harga yang rendah pada keberangkatan akhir tahun ini. Memang kita perlu waspada pada agen umroh yang menawarkan harga umroh terlampau murah, namun, selama harga yang ditawarkan oleh jasa travel masuk akal dengan harga penerbangan yang memang sedang promo, kesempatan tersebut tentunya tidak boleh Anda abaikan bukan?

  1. Mudah mendapatkan cuti

Akhir tahun memang jadwalnya para pekerja mengambil cuti. Apalagi ada dua hari libur besar yang berdekatan sehingga Desember kerap menjadi bulan pilihan untuk melakukan umroh. Kita tahu bahwa dalam melakukan ibadah umroh membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Setidaknya kita membutuhkan 9 sampai dengan 12 hari untuk melakukan ibadah satu ini. Selain karena jarak ke tanah suci membutuhkan waktu yang panjang, uraian ibadah yang harus dilaksanakan juga cukup panjang sehingga banyak orang yang kesulitan dalam pengurusan cuti panjang tersebut. Umroh Desember dapat menjadi pilihan karena pada bulan ini, Anda bisa mengambil cuti dengan lebih mudah. Rentetan libur tahun baru dapat menjadi alasan Anda untuk mengisi liburan dengan beribadah umroh. Anda juga dapat menjadikan ini sebagai liburan akhir tahun bersama keluarga. Menyenangkan bukan?

  1. Lebih lega

Umroh Desember pada tahun ini dan beberapa tahun ke depan kemungkinan masih jauh dari waktu ibadah haji dan bulan ramadhan. Hal ini membuat kita dapat melakukan ibadah ini dengan tempat yang lebih lega. Puncak kunjungan ke tanah suci tentunya ada pada saat bulan haji. Bulan puncak jamaah kedua adalah saat bulan ramadhan. Hal ini karena pada bulan ramadhan, ada banyak jamaah yang sengaja ingin melakukan ibadah full di tanah suci dan merasakan secara langsung suasana puasa di tanah suci. Bagi Anda yang ingin melakukan ibadah dengan suasana yang lebih lega, Anda bisa memilih bulan Desember jika keberangkatan Anda pada tahun ini atau beberapa tahun ke depan.

  1. Cuaca yang bersahabat

Kita tahu bahwa cuaca di tanah suci sangat ekstrem. Suhu udara di sana cenderung sangat panas terutama pada siang hari. Itulah sebabnya, sebaiknya ibadah umroh dan haji dilakukan oleh mereka yang masih sehat dan memiliki kondisi fisik prima. Nah, pada bulan Desember, cuaca di tanah suci masuk dalam kategori cukup sejuk sehingga membuat Anda nyaman dalam melakukan ibadah. Anda juga tidak mudah lelah karena paparan panas. Walaupun demikian, pastikan Anda dalam kondisi sehat saat berangkat ke tanah suci agar Anda dapat melakukan ibadah dengan lancar.

Itu tadi alasan mengapa banyak orang ingin melakukan ibadah umroh di bulan Desember. Ada beberapa hal yang membuat pertimbangan umroh Desember menjadi hal yang menyenangkan.

Menjaga Kesehatan Saat Ibadah Umroh

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, untuk dapat menjalankan ibadah umroh Desember dengan lancar, kita harus menjaga kesehatan kita. Sebisa mungkin jaga stamina agar kita dapat melakukan tiap rukun umroh dengan khusyuk. Bagi Anda yang sedang bersiap umroh Desember ini, Anda harus mengetahui hal penting yang harus Anda lakukan dalam menjalankan ibadah umroh agar stamina kita tetap terjaga. Adapun beberapa hal yang dapat Anda lakukan ialah sebagai berikut.

 

  1. Banyak minum air putih

Karena udara di tanah suci sangat lembab, kita akan sangat mudah berkeringat. Hal ini membuat kita akan semakin mudah dehidrasi. Untuk menghindari tubuh kekurangan air dan dehidrasi, pastikan Anda minum air putih yang cukup. Minum air putih cukup juga dapat menjaga tubuh Anda tetap prima selama beraktivitas.

  1. Makan teratur

Saat di tanah suci, pastikan Anda makan dengan teratur. Ada banyak jenis makanan yang dapat Anda cicipi, pastikan Anda makan secukupnya dan tidak berlebihan. Jika Anda termasuk picky eater, pastikan Anda membawa senjata agar Anda dapat makan dengan lebih selera, misalnya saja membawa mi instan dan sbeagainya sebagai cadangan saat Anda tidak berselera. Anda juga dapat memilih jasa travel yang menyediakan makanan khas Indonesia sehingga tidak ada alasan Anda tidak dapat beradaptasi dengan makanan yang disediakan. Kini, banyak travel umroh yang berani menjamin siap untuk menyediakan masakan indonesia.

  1. Perbanyak buah dan sayur

Agar tubuh Anda tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit, memakan banyak buah dan sayur dapat menjadi solusi. Buah dan sayur dengan kandungan serat yang tinggi juga dapat membantu Anda dalam memperlancar buang air besar. Beberapa vitamin memang bisa didapatkan dari konsumsi vitamin, namun, tidak ada salahnya untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda dengan banyak makan sayur dan buah.

  1. Istirahat cukup

Satu hal lagi yang tidak boleh Anda lupakan adalah melakukan istirahat yang cukup. Walaupun ibadah merupakan hal yang utama, namun, menjaga kesehatan dan kebugaran badan juga sangat penting. Jangan paksakan diri Anda untuk beribadah terus menerus tanpa istirahat. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk istirahat yang cukup sehingga Anda dapat menyelesaikan ibadah umroh Anda dengan sehat, lancar, dan tentunya kusyuk tanpa gangguan sakit.

 

Umroh Desember memang dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan umroh dengan nyaman bersama keluarga. Jika Anda ingin mendapatkan agen travel yang tepat dengan harga yang terjangkau dan terpercaya, Anda dapat mengandalkan Elharamain Wisata sebagai agen umroh Anda. Anda akan dimanjakan dengan pelayanan prima dan tentunya harga yang masuk akal.

Panduan Umroh Bagi Anda yang Hendak Berangkat ke Tanah Suci

Umroh merupakan salah satu ibadah yang ingin dijalankan oleh banyak umat muslim di seluruh dunia. Banyak orang melaksanakan ibadah umroh terlebih dahulu karena tidak peru menunggu lama terkait waktu keberangkatannya. Bagi Anda yang sudah terdaftar sebagai calon jamaah umroh, kenali panduan umroh berikut ini untuk memudahkan Anda selama pelaksanaannya.

panduan umroh elharamain wisata

Panduan Umroh Mulai dari Persiapan Hingga Selesainya Rangkaian Ibadah Umroh

Bagi Anda yang kurang memahami seluruh rangkaian kegiatan umroh tidak perlu khawatir karena jika Anda bergabung dengan biro perjalanan umroh, biasanya dilakukan manasik umroh terlebih dahulu. Berikut beberapa panduan umroh khusus bagi Anda yang akan segara pergi ke tanah suci:

  • Melakukan persiapan ibadah umro

Sebelum ibadah umroh dilaksanakan, terdapat beberapa persiapan yang perlu dilakukan, di antaranya:

Membersihkan diri sebelum memulai ihram

Para jamaah umroh sebaiknya membersihkan diri terlebih dahulu sebelum memulai seluruh rangkaian ibadah umroh. Membersihkan diri yang dimaksud dapat berupa mandi dengan berniat akan melaksanakan ihram, menggunting kuku, dan berwudu.

Menggunakan pakaian ihram

Selanjutnya, para jamaah menggunakan pakaian ihram. Pakaian ihram yang digunakan kaum laki-laki berupa dua lembar kain yang tidak dijahit, sementara bagi kaum perempuan menggunakan pakaian yang disunahkan berwarna putih dan dapat menutupi tubuh kecuali bagian muka dan telapak tangan.

Berangkat menuju tempat Miqat

Para jamaah akan berangkat menuju miqat yaitu batas yang telah ditentukan sebagai tempat untuk mengucapkan niat beribadah umroh. Miqat setiap rombongan bisa berbeda karena ditentukan berdasarkan kedatangan para jamaah.

Melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan umroh

panduan umroh

Panduan umroh selanjutnya mengenai rukun melaksanakan ibadah umroh yang terdiri dari:

Ihram

Ihram merupakan rangkaian ibadah umroh yang pertama berupa mengucapkan niat setelah sampai di Miqat. Setelah itu perjalanan dilakukan menuju Mekah untuk melaksanakan rangkaian ibadah selanjutnya dan para jamaah dapat membaca kalimat talbiyah selama perjalanan. Setelah melakukan ihram, maka terdapat beberapa larangan yang harus dihindari jamaah selama melaksanakan ibadah umroh.

Tawaf

Tawaf berupa mengelilingi Ka’bah 7 kali yang dapat dimulai dari Hajar Aswad hingga kembali ke Hajar Aswad pula. Para jamaah umroh dapat berdoa maupun berzikir selama melakukan tawaf. Sebelum tawaf, para jamaah diharuskan dalam keadaan suci dan dapat dilakukan dengan berwudu dahulu. Setelah tawaf selesai, jamaah dapat melaksanakan sholat dua rakaat di belakang makam Nabi Ibrahim atau di tempat mana saja yang memungkinkan untuk sholat. Kemudian para jamaah dapat meminum air zam-zam.

Sa’i

Rukun selanjutnya yaitu melakukan perjalanan dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah secara bolak-balik dengan total 7 kali. Sa’i boleh dilakukan oleh wanita yang sedang mengalami halangan atau datang bulan karena tidak diharuskan dalam keadaan suci.

Tahalul

Panduan umroh selanjutnya membahas rangkaian terakhir dari kegiatan umroh yaitu tahalul. Tahalul berupa mencukur sebagian atau seluruh rambut. Bagi jamaah wanita dapat menggunting minimal tiga helai rambut saja. Hal ini menandakan bahwa rangkaian kegiatan umroh telah selesai.

Setelah mengetahui panduan umroh, apakah Anda sudah siap menuju ke tanah suci? Bagi Anda yang masih bingung memilih jasa biro perjalanan umroh, Anda dapat menggunakan Elharamina Wisata. Elharamina Wisata merupakan biro perjalanan umroh yang tepat untuk menemani Anda selama melaksanakan ibadah umroh. Selain itu, terdapat berbagai pilihan paket umroh yang dapat dipilih sesuai keinginan Anda.

Ingin Segera Umroh? Rencanakan Tabungan Umroh Mulai Sekarang

Salah satu impian umat muslim adalah menunaikan ibadah haji maupun umroh. Banyak orang menunaikan ibadah umroh terlebih dahulu sebelum menjalankan ibadah haji karena mereka tidak perlu menunggu jatah keberangkatan terlalu lama. Mindset kebanyakan orang menganggap bahwa beribadah umroh hanya bisa dilakukan oleh orang kaya saja. Anda dapat merencanakan tabungan umroh dari sekarang untuk mewujudkan impian pergi ke tanah suci. Ibadah umroh bukan sekadar impian lagi bagi Anda yang mau berusaha.

tabungan umroh

Tips Menabung untuk Mewujudkan Ibadah Umroh

 

Bagi Anda yang mendambakan untuk pergi umroh ke tanah suci namun memiliki dana terbatas, cobalah untuk menabung dari sekarang. Berikut terdapat beberapa tips bagi Anda yang ingin merencanakan tabungan umroh untuk segera mewujudkan mimpi ke tanah suci.

  • Mempersiapkan mental dan luruskan niat untuk beribadah umroh

Anda perlu mempersiapkan diri secara mental sebelum membuat tabungan umroh. Anda perlu membuat beberapa persiapan seperti target waktu untuk berangkat umroh dan menyesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Selain itu, luruskan kembali niat Anda. Hal ini berguna sebagai motivasi bagi diri sendiri untuk mewujudkan impian umroh tersebut. Perbaiki niat bahwa menjalankan umroh semata-mata untuk beribadah kepada Allah. Anda dapat berniat untuk melaksanakan umroh pada usia mudah. Hal ini mampu mendorong Anda semakin giat menabung ke depannya karena memiliki target.

  • Memperbaiki lifestyle Anda

Jika Anda sudah memiliki niat yang kuat untuk membuat tabungan umroh, maka Anda juga harus menerima risikonya. Risiko tersebut yaitu memperbaiki gaya hidup Anda. Lifestyle ini turut mempengaruhi seseorang dalam upaya menabung untuk tujuan tertentu. Anda harus menanamkan pola hidup hemat namun tetap sewajarnya. Jangan mudah tergiur dengan berbagai diskon atau potongan harga ketika berbelanja. Belilah sesuatu sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan.

  • Memilih bank yang tepat untuk menabung biaya umroh

Langkah selanjutnya yaitu menetapkan jenis tabungan umroh dari berbagai lembaga keuangan. Anda dapat membuat perbandingan terlebih dahulu sebelum memilih program yang tepat. Sebaiknya Anda memilih jenis tabungan dan bank yang sesuai dengan finansial Anda. Anda dapat memilih bank syariah sebagai tempat untuk menabung biaya umroh. Selain itu, target biaya umroh dan lamanya menabung juga menjadi pertimbangan penting. Selain dalam bentuk tabungan rencana, Anda dapat memilih reksadana syariah maupun deposito syariah untuk menyimpan uang Anda. Pilihlah jenis tabungan rencana yang memiliki jangka waktu tertentu sehingga tidak dapat diambil sewaktu-waktu. Hal ini dapat menahan godaan untuk mengambil tabungan umroh sewaktu-waktu.

  • Membandingkan beberapa biro perjalanan umroh dan pilih yang tepat

Anda tidak boleh malas untuk membandingkan beberapa biro perjalanan umroh. Biro ini memiliki peran penting untuk memberikan kenyamanan Anda selama menjalankan umroh. Selain legalitas dari biro tersebut, biaya juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Anda dapat menyesuaikan paket umroh sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda. Hal ini berguna untuk mendapatkan biro perjalanan umroh yang tepat. Dalam hal ini Anda harus rajin untuk mencari berbagai informasi terkait umroh.

  • Memilih paket umroh sesuai dengan kemampuan

Pilihlah sebuah paket perjalanan umroh sesuai dengan kemampuan Anda. Biaya umroh yang ditawarkan setiap paket dan fasilitasnya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Anda tidak perlu memilih paket mahal dengan fasilitas mewah jika ingin finansial Anda terbatas. Namun, kenyamanan selama perjalanan yang perlu diperhatikan.

  • Menyisihkan uang per bulan untuk ditabung

Setelah memilih lembaga keuangan sebagai tempat untuk menabung umroh, langkah selanjutnya adalah menentukan besarnya uang yang akan ditabung secara rutin setiap bulannya. Misalnya Anda menyisihkan uang seratus ribu per bulan secara rutin. Maka dalam beberapa tahun kemudian Anda bisa mencapai target tabungan. Sebelum menyetorkan pada bank atau lembaga keuangan lainnya, Anda bisa membuat celengan sederhana sebagai tempat untuk menyimpan tabungan umroh.

  • Disiplin dan Konsisten

Hal ini penting dilakukan karena semua usaha Anda akan sia-sia jika Anda tidak disiplin dalam menabung. Anda bisa membuat alarm atau notifikasi sebagai pengingat untuk menyetor uang setiap bulannya. Selain itu, jagalah komitmen agar Anda selalu konsisten dalam upaya mewujudkan ibadah umroh ini. Jangan mudah menyerah dan selalu berupaya untuk tetap konsisten.

  • Melakukan investasi untuk menambah penghasilan

Jika Anda memiliki penghasilan yang terbatas, maka carilah penghasilan tambahan dengan pekerjaan sampingan. Misalnya memanfaatkan waktu luang saat weekend untuk berjualan atau menjalankan usaha kecil-kecilan di rumah. Selain itu, Anda juga bisa berinvestasi dalam bentuk lain untuk tambahan biaya umroh. Salah satunya dengan membeli emas dan menyimpannya. Harga emas yang cenderung naik ini akan aman dan dapat Anda jual ketika saatnya tiba.

  • Membuat jadwal keberangkatan umroh

Tips selanjutnya adalah menentukan jadwal keberangkatan umroh yang tepat. Sebaiknya Anda berangkat umroh pada saat low season. Hindari untuk berangkat umroh pada libur panjang atau pada bulan puasa karena pada saat tersebut banyak orang yang pergi umroh. Hal ini dapat menyebabkan biaya umroh menjadi semakin naik pada musim tersebut. Anda dapat berangkat umroh pada low season di mana tidak banyak jamaah yang mengantre untuk umroh sehingga bisa mendapatkan harga normal.

Kini apakah Anda semakin bersemangat untuk membuat rencana tabungan umroh? Jika ya, segera wujudkan rencana tersebut dan mulailah memilih travel agen yang tepat untuk menemani Anda selama perjalanan umroh. Bagi Anda yang ingin menikmati perjalanan umroh dengan nyaman dan berkesan, Elharamain Wisata menjadi pilihan yang tepat.

 

Mengapa Elharamain Wisata?

Eharamain Wisata menjadi pilihan tepat bagi Anda untuk merealisasikan tabungan umroh menjadi perjalanan indah ke tanah suci yang tak terlupakan. Berikut beberapa keunggulan biro perjalanan tersebut:

  • Elharamain Wisata sudah memiliki izin resmi dari Kementerian Agama
  • Memiliki kantor resmi secara fisik di Bekasi yang dapat Anda cek keberadaannya
  • Terdapat fasilitas pembimbing selama melaksanakan perjalanan umroh
  • Memberikan paket travel umroh yang ekonomis dan dapat dijangkau oleh masyarakat

Elharamain Wisata menawarkan berbagai paket umroh ekonomis bagi Anda yang memiliki tabungan umroh terbatas. Selain itu, paket umroh plus city tour juga dihadirkan bagi Anda yang ingin menjalankan ibadah umroh sekaligus berziarah dan berwisata mengunjungi berbagai tempat terkait sejarah Islam. Harga yang ditawarkan beragam mulai dari 19,9 juta hingga 39 juta Rupiah per paket. Beberapa pilihan paket tersebut yaitu:

  • Umroh plus City Tour Turki
  • Umroh Ekonomis
  • Paket Umroh Hemat
  • Umroh Plus Turki
  • Umroh Plus Mesir
  • Umroh Plus Aqsa

Ingin segera melaksanakan ibadah umroh saat usia muda? Mulailah dengan membuat tabungan umroh. Setelah mengetahui tips terkait merencanakan umroh dan memilih biro perjalanan umroh yang tepat, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mewujudkan impian berupa menjalankan ibadah umroh. Rencanakan berangkat umroh sedini mungkin dan dapat Anda mulai dari sekarang juga. Jangan ragu lagi, mari menabung dari sekarang untuk impian umroh Anda.

Waspadai Paket Umroh Bodong dengan Aplikasi Umroh cerdas

Sebagai salah satu negara dengan mayoritas umat muslim terbesar di dunia, Indonesia kerap mengirimkan jamaahnya untuk haji ataupun umroh. Untuk mempermudah pengurusan berkas, sebagai jamaah, kita dibantu oleh keberadaan agen perjalanan yang khusus mengurus umroh dan haji. Banyak jamaah yang menggunakan jasa travel atau agen perjalanan dan mengambil paket umroh agar lebih mudah dan nyaman selama beribadah. Dilansir dari kumparan.com, Indonesia merupakan negara dengan jamaah umroh terbesar kedua setelah Pakistan. Pada tahun 2017 saja Indonesia mengirimkan sebanyak 875.958 jemaah haji. Angka ini mengalami kenaikan sekitar 25 persen dari tahun sebelumnya.

Paket Umroh Terpercaya

Bagi umat muslim, ibadah umroh merupakan sunnah muakkad, yaitu salah satu sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan tanpa penekanan kuat. Ibadah umroh baik untuk dijalankan jika memiliki kemampuan dari segi finansial, mental, maupun fisik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merealisasikan ibadah ini. Salah satunya dengan mendaftarkan diri ke jasa travel untuk mengambil paket umroh.

 

Saat ini telah banyak jasa travel umroh yang bisa Anda jadikan pilihan, baik dari pihak pemerintah maupun swasta. Perjalanan yang ditawarkan biasanya berupa paket umroh yang di dalamnya sudah termasuk tiket pesawat, penginapan hotel, seragam, dan kebutuhan lainnya sesuai dengan travel yang Anda pilih.

Umroh Cerdas Dengan Paket Umroh Terpercaya

Di antara keuntungan yang didapatkan tersebut, jika Anda tidak pintar-pintar memilah jasa travel umroh yang benar, Anda bisa saja tertipu. Sebab, banyak sekali kasus penipuan terhadap calon jamaah umroh yang hingga kini masih santer terdengar. Bahkan, baru-baru ini terdapat kasus penggelapan dana umroh milik ratusan calon jamaah haji salah satu jasa travel milik desainer ternama.

umroh cerdas

Mengapa hal ini bisa terjadi? Ibadah umroh tidak seperti ibadah haji yang dilakukan dalam satu waktu dalam setahun. Ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja Anda mampu, sehingga jelas saja potensi untuk jasa travel tak bertanggung jawab melakukan penipuan terhadap calon jamaahnya sangat besar. Untuk itu, Anda perlu cermat memilih jasa travel umroh terpercaya.

Percayakan keberangkatan umroh Anda dengan paket umroh menggunakan jasa travel terpercaya dan jelas memiliki kredibilitas yang baik. Jangan pernah menentukan jasa travel hanya karena mereka menawarkan harga yang jauh lebih rendah daripada travel lainnya. Jangan terbujuk rayu oleh penawaran fasilitas-fasilitas mewah dengan harga rendah. Apalagi, terpengaruh pada kalimat-kalimat persuasif yang disangkut-pautkan dengan agama. Jasa travel umroh bodong atau ‘nakal’ akan melakukan apa saja demi menarik untung yang besar dari para jamaah.

Dikatakan bodong, karena biasanya travel umroh nakal seperti demikian tiak memiliki surat-surat lengkap syarat legalnya jasa travel umroh yang terdaftar di Kemenag bisa di cek di aplikasi Umroh Cerdas. Mereka hanya memikirkan keuntungan semata, tanpa memikirkan nasib para jamaahnya.

Ciri Ciri Jasa Travel Umroh Bodong

Maka dari itu, kami akan memberikan beberapa ciri dari jasa travel umroh yang bodong. Anda harus membaca dengan saksama, karena penting untuk Anda ketahui. APalagi bagi Anda yang ingin mengambul paket umroh dari jasa travel.

  1. Tidak terdaftar dalam website Kemenag

Sebelum memilih jasa travel, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan nama jasa travel apakah terdaftar di website Kemenag ataukah tidak. Di sana, tersedia lengkap travel mana saja yang sudah dinyatakan legal dan memiliki surat-surat jalan resmi.

  1. Sering menawarkan harga murah dengan fasilitas mewah

Meski harga murah tidak bisa memastikan bahwa jasa travel yang Anda pilih adalah jasa travel bodong, Anda bisa melihat dari kewajaran harganya. Jika sebuah jasa travel menawarkan jasa yang paket umroh begitu mewah dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan harga normal, tentunya Anda patut untuk mencurigainya. Perlu diketahui paket umroh yang ditawarkan jasa travel, biasanya mulai dari harga 17 jutaan.

  1. Membayar DP dan Dijanjikan Keberangkatan

Travel umroh bodong akan memberikan syarat pembayaran di awal atau menggunakan uang muka untuk pembiayaan dalam jumlah besar. Keberangkatannya biasanys dijanjikan satu sampai dua tahun setelah melakukan pembayaran. Padahal, sejatinya umroh tidak seperti haji yang hanya bisa dilaksanakan setahun sekali. Umroh bisa dilakukan kapan saja Anda mau dan siap secara fisik, mental, dan finansial. Jasa travel yang memberikan jaminan DP, bisa jadi ingin menggunakan dana tersebut untuk modal usaha atau dibawa kabur.

  1. Alamat kantor palsu

“Kesana kemari membawa alamat, namun yang kutemui bukan dirinya”. Sepenggal lagu ini bisa menggambarkan betapa jasa travel bodong berani memberikan alamat palsu pada para calon jamaahnya. Untuk itu, pastikan keberadaan kantor jasa travel. Jangan sampai Anda dengan mudahnya memberikan uang Anda begitu saja kepada jasa travel.

  1. Tidak memiliki Website Resmi

Jasa travel umroh resmi pasti sudah terorganisir dengan baik. Mereka akan melakukan cara paling mutakhir untuk melakukan promosi. Sadar akan kemajuan teknologi, mereka tentu akan menggunakan promosi melalui website resmi. Biasanya jasa travel umroh sudah dilengkapi dengan website resmi yang dikelola secara profesional dna juga mudah di akses via Google. Jika jasa travel yang akan Anda gunakan tidak memiliki website resmi, sebaiknya patut diwaspadai.

  1. Pelunasan pembayaran dengan rekening individu

Jangan buru-buru memutuskan mengambil paket umroh dari jasa travel, jika transaksi pembayaran dilakukan menggunakan rekening individu. Hanya percayakan perjalanan religi Anda menggunakan jasa travel yang menerapkan transaksi pembayaran perbankan menggunakan rekening perusahaan. Selain terlihat lebih profesional, jasa travel ini sudah tentu terpercaya dan aman.

  1. Tidak ada pembimbingan jamaah

Usahakan menggunakan jasa travel umroh yang melakukan pembimbingan hingga ke tanah suci. Sebab, memang itulah yang membedakan travel agen dan travel umroh. Travel agen hanya menjual produk travel dari travel umroh atau umum yang berupa tiket pesawat, paket tour wisata, paket umroh, dan sebagainya. Travel agen tidak menyediakan jasa pembimbingan pada para calon jamaah. Sedangkan travel umroh adalah perusahaan yang menyusun, menjual, hingga menyelenggarakan paket perjalanan umroh. Karenanya, melakukan pembimbingan terhadap para calon jamaah dari mulai persiapan, keberangkatan, hingga pemulangan adalah tanggung jawab dari travel umroh.

  1. Memberikan tanggung jawab untuk mengajak orang lain menjadi downline

Jika Anda mendaftarkan diri Anda pada salah satu travel agen, diiming-imingi biaya murah, dan diberikan tanggung jawab untuk mencari downline dengan jumlah tertentu, baiknya diwaspadai. Cara tersebut persis dengan cara-cara kerja MLM yang tentu saja tidak baik. Biasanya jasa travel yang menerapkan cara tersebut hanyalah sekadar mencari keuntungan semata.

 

Ciri-ciri tersebut harus diperhatikan guna menjauhkan Anda pada praktik-praktik tak jujur yang dilanggengkan jasa travel umroh. Biasanya yang dilakukan para jasa travel umroh bodong adalah uang jamaah disalahgunakan. Mereka menggunakan dana umroh para calon jamaah untuk modal cepat atau ditaruh di pasar ruang. Jika mendapatkan keuntungan, maka bisa saja betul-betul diberangkatkan. Namun, jika rugi, mereka tak segan untuk kebur dan menghilangkan uang jutaan rupiah.

Karenanya, selalu memilih paket umroh yang menawarkan harga masuk akal dan sesuai dengan fasilitas yang akan kita dapatkan nantinya. Salah satu jasa travel yang sudah terjamin dan terpercaya adalah jasa travel Elharamain Wisata yang sudah berpengalaman menangani banyak jamaah untuk menjalankan ibadah umroh dengan lancar. Elharamain Wisata sudah terbukti kredibilitasnya dan terdaftar Kemenag.

Meluruskan Niat Umroh karena Allah SWT

Menjelang akhir tahun atau mendekati hari libur panjang biasanya sering digunakan oleh masyarakat khususnya bagi umat Islam untuk mengambil cuti dengan niat melaksanakan ibadah Umroh bersama orang tercinta seperti keluarga. Niat Umroh ini sangatlah bermanfaat untuk semua muslim dan muslimah bagi yang mampu. Karena jika jalan-jalan ke luar negeri saja hanya akan menghabiskan banyak biaya terutama untuk shopping dan lain-lain. Sebagai umat Islam tentunya pertimbangan ini menjadi salah satu yang diutamakan, karena beribadah Umroh akan jauh lebih bermanfaat daripada hanya sekadar jalan-jalan ke luar negeri saja. Namun, ketika niat Umroh hanya karena mengikuti trend atau orang lain juga sangat tidak dianjurkan, karena ibadah Umroh ini tidak akan diterima oleh Allah SWT dengan niat yang tidak semestinya. Namun tidak hanya niat saja yang perlu diperhatikan, tetapi syarat dan juga rukun ibadah harus selalu dipenuhi selama menjalankan Umroh. Hal ini sangat penting agar ibadah Umroh Anda bisa diterima oleh Allah SWT.

Niat Umroh

syarat dan rukun dari Niat Umroh

Adanya syarat dan rukun dari ibadah Umroh adalah penentu untuk diterimanya ibadah tersebut. Untuk melakukan syarat dan rukun Umroh, yang pertama memang harus melakukannya dengan niat Umroh yaitu dikerjakan dengan hati yang ikhlas. Selanjutnya, semua perintah atau syarat dilakukan dengan benar yang sesuai dengan agama Islam atau ajaran dari Rasulullah Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan nama mutaba’atur rasul. Jika dilakukan dengan ikhlas namun dikerjakan dengan tidak benar maka akan menjadi sia-sia atau tidak akan diterima ibadahnya. Sebaliknya, jika dikerjakan dengan benar namun tidak dengan hati yang ikhlas juga tidak diterima ibadahnya oleh Allah SWT. Jadi, untuk niat Umroh yang benar adalah dilakukan dengan ikhlas dan benar. Kedua hal tersebut harus dilakukan dengan baik. Jadi, ketika melakukan Umroh sambil memanfaatkan untuk liburan, niat untuk Umroh juga harus tetap dilakukan dan dijaga dengan sebaik mungkin, karena niat lah yang menentukan ibadah diterima atau tidak. Sebagian besar masyarakat di Indonesia memang sudah lebih banyak yang melakukan Umroh dibandingkan Haji. Hal ini mungkin yang menyebabkan ada pemikiran Umroh telah menggantikan posisi Haji. Hal tersebut terjadi karena banyaknya masyarakat yang terlalu lama menunggu antrean untuk pergi Haji, sehingga lebih memilih untuk pergi ibadah Umroh terlebih dahulu.

Namun yang jadi permasalahan saat ini adalah semakin berkurangnya niat Umroh yang benar. Saat ini, sudah banyak jamaah Umroh yang melakukan Umroh hanya untuk dijadikan sebuah ajang gengsi. Yang mana menjadikan Umroh sebagai objek untuk memperlihatkan kekayaan atau semacam ria kepada orang lain. Hal ini yang akan membuat ibadah Umroh menjadi sia-sia dan tidak akan diterima oleh Allah SWT. Untuk pandangan serta realita seperti itu sudah sepantasnya menjadi sebuah bahan untuk intropeksi bagi orang-orang atau umat Islam yang akan melakukan ibadah Umroh. Dengan senantiasa meluruskan niat Umroh yang benar serta melakukannya dengan sepenuh hati atau ikhlas, maka ibadah Umroh yang akan dilakukan memiliki banyak manfaat, tujuan, landasan, dan juga hikmah yang besar bagi yang melakukannya. Jangan sampai ibadah Umroh yang dilakukan tidak sesuai dengan apa yang sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dengan melakukan ibadah Umroh dengan benar sesuai dengan ajaran nabi Muhamad SAW, maka hal tersebut akan membuat Anda semakin dekat dengan sang pencipta yaitu Allah SWT. Beberapa rangkaian yang dilakukan pada saat ibadah Umroh dilakukan adalah Thawaf, berdzikir, shalat, dan ibadah yang lainnya. Sebagai umat Islam yang melakukan ibadah dengan niat yang sepenuh hati, maka ibadah Umroh juga harus dilakukan secara khusyu agar sebagai seorang hamba bisa semakin mendekatkan diri kepada-Nya.

persiapan umroh

Umroh disebut sebagai haji kecil, hanya bedanya yaitu untuk ibadah Umroh tidak melakukan 3 hal seperti jumroh, mabit, dan juga wukuf. Ibadah Umroh inu juga memiliki arti dari bahasa yaitu berkunjung atau lebih tepatnya ziarah, namun arti dalam agama yaitu mengunjungi Baitullah bersama dengan adanya niat ibadah yaitu niat Umroh pada saat melakukan haji kecil. Sebenarnya untuk hukum melakukan ibadah Umroh adalah wajib 1x seumur hidup untuk yang mampu dalam perekonomian, dilakukan sebelum Haji besar. Karena walaupun semua umat ingin melakukannya agama islam tidak mengharuskan semua umatnya melakukan sesuatu diluar batas kemampuannya seperti melakukan ibadah Umroh yang memang memerlukan biaya tidak sedikit. Selain niat Umroh yang merupakan syarat utama penting dalam ibadah Umroh ini, selama sedang menjalankan ibadah Umroh kita pun akan banyak mengunjungi tempat-tempat bersejarah di zaman Islam terdahulu. Beberapa tempat penting yang akan Anda kunjungi ketika melakukan ibadah Umroh yaitu pergi ke kota Madinah yang bertujuan untuk berziarah ke makam Rasulullah dan para sahabatnya serta pergi ke tempat bersejarah Islam lainnya yang memiliki peranan penting di dalam sejarah Islam.

Bagi Anda yang ingin melakukan ibadah Umroh dengan benar, adapun cara untuk melaksanakan Umroh dengan benar yaitu mandi, wudhu, mengenakan pakaian ihram ketika di Miqat, melakukan shalat sunnah ihram sebanyak dua rakaat, membaca niat Umroh yaitu “Labbaik Allahumma ‘umratan, meneruskan perjalanan menuju Mekah sambil membaca Talbiah berkali-kali serta patuh terhadap semua larangan ketika ihram, tawaf 7x, Sa’i di Bukit Safa dan Marwah 7x, memotong rambut atau Tahallul, dan ibadah Umroh sudah selesai. Jika Anda melakukan ibadah Umroh, pastinya ada beberapa hal yang harus dihindari atau beberapa larangan ketika Umroh yaitu sebagai berikut:

  • Berhubungan seksual atau melakukan apapun yang berkaitan dengan seksual
  • Berbuat tercela seperti melakukan maksiat
  • Bermusuhan dengan orang lain
  • Mengenakan pakaian berjahit untuk lak-i-laki
  • Menggunakan parfum atau semacam wangi-wangian
  • Mengenakan khuff (semacam sepatu atau kaos kaki yang dapat menutup mata kaki)
  • Melaksanakan akad nikah
  • Membunuh binatang buruan dan memakannya
  • Memotong kuku
  • Mencukur rambut

Jika umat yang sedang melakukan ibadah Umroh melakukan larangan yang sudah dilarang oleh aturan tersebut, maka ibadah Umroh akan sia-sia yaitu tidak diterima oleh Allah SWT. Jadi, selama melakukan ibadah Umroh harus melakukan hal-hal yang baik, karena pelaksanaan Umroh dilakukan di tempat yang suci. Untuk itu, jangan sia siakan ibadah Umroh jika Anda sudah mampu melaksanakannya. Karena tidak semua umat dapat menjalankan ibadah Umroh, maka lakukanlah ibadah Umroh ini dengan sebaik mungkin agar niat dapat diterima dengan baik.

Melakukan ibadah Umroh memang wajib hukumnya untuk dilakukan sekali seumur hidup jika orang tersebut memang mampu. Jika Anda sudah mampu dan memiliki niat Umroh yang mantab bisa langsung mendaftarkan diri untuk melaksanakan ibadah Umroh bersama orang terdekat seperti suami/istri, keluarga, ayah, ibu, anak, dan lainnya. Untuk melakukan ibadah Umroh dengan lancar, Anda bisa menggunakan Elharamain Wisata yang memberikan paket Umroh dan segala fasilitasnya dengan amanah.

Perlengkapan Umroh yang Wajib Anda Bawa

Sebelum berangkat umroh, beberapa perlengkapan umroh yang harus Anda bawa tentu tidak boleh terlupakan. Bahkan, semua itu bisa Anda persiapkan jauh-jauh hari. Lalu apa sebenarnya manfaat dari perlengkapan ini? sesuai dengan arti katanya, perlengkapan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang harus dikenakan ketika umrah, atau juga bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang nantinya akan Anda butuhkan ketika umrah. Maka dari itu, pastikan jika tidak ada satupun perlengkapan yang tidak dibawa. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami sampaikan mengenai list perlengkapan umroh yang wajib Anda persiapkan bahkan mulai dari sekarang.

Perlengkapan Umroh

Daftar Perlengkapan Umroh yang Harus Dipersiapkan

  1. Tukarkan rupiah dengan Riyal

Penukaran Riyal ini bisa Anda lakukan dari jauh-jauh hari. Hal ini bisa Anda lakukan sebagai salah satu langkah antisipasi sehingga ketika mendekati hari H Anda tidak perlu repot-repot lagi ke money changer. Atau jika memang pada saat itu sedang musim umrah, pastikan Anda sudah menukarkan uang ke money changer karena barangkali stok Riyal di money changer kota Anda sudah kosong.

  1. Persiapan untuk pakaian

Pakaian yang dikenakan selama umrah bukanlah pakaian yang sembarang. Pakaian wajib yang harus dibawa adalah pakaian ihram berjumlah 2 set. Satu set bisa langsung dipakai dan satu set lagi dijadikan sebagai pakaian ganti. Selain baju ihram, baju non ihram juga harus dibawa sebanyak 3 pakaian yang tidak ketat dan panjang. Selain itu, pastikan Anda juga membawa celana panjang yang tidak nerawang, jaket, kerudung panjang, pakaian dalam, kaos kaki, pantyliner, tutup kepala, filter hidung, peepis kantong urine ketika umrah.

  1. Perlengkapan umrah khusus alas kaki

Selain perlengkapan pakaian, perlengkapan alas kaki juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Alas kaki yang harus Anda bawa diantaranya adalah sandal gunung, sepatu kets yang tidak memiliki tali, dan sandal jepit. Ketiga jenis alas kaki ini memiliki fungsi masing-masing.

  1. Perlengkapan umrah untuk tidur

Tentu saja Mekkah akan sangat berbeda sekali dengan Indonesia, maka dari itu penting bagi Anda untuk memikirkan secara detail mengenai barang-barang yang Anda perlukan selama menjalani aktivitas salah satunya adalah ketika tidur. Untuk perlengkapan tidur, pastikan Anda membawa pakaian 2 sampai dengan 3 stel pakaian berbentuk daster dan tidak tersingkap pada saat dikenakan tidur, sarung bantal berjumlah 2 buah, dan juga kain panjang sejumlah 2 lembar yang bisa dijadikan sebagai alas tidur atau juga untuk selimut.

  1. Perlengkapan ibadah

Perlengkapan ibadah yang harus Anda bawa diantaranya adalah atasan khususnya untuk mukena berjumlah 2 buah dan juga sajadah tipis dengan ukuran standar berjumlah 2 buah. Pastikan Anda memilih perlengkapan yang tidak nerawang, mudah dilipat, dan nyaman ketika dikenakan.

  1. Perlengkapan khusus untuk perawatan wajah dan tubuh

Perlengkapan umrah yang penting juga untuk dibahas yaitu tabir surya, pemebab wajah, face spray, pelembab tubuh, bedak, pelembab bibir, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, dan pastikan Anda tidak membawa perlengkapan make up yang biasanya Anda kenakan sehari-hari atau selama menjalani kegiatan sehari-hari selain ketika umrah.

Nah, enam jenis perlengkapan yang sudah dibahas secara mendetail di atas bisa Anda jadikan sebagai patokan sehingga list perlengkapan  yang sudah Anda persiapkan benar-benar lengkap dan susah sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa memilih jasa umroh Elharamina wisata yang bisa menjadi partner umrah Anda.

Lima Rukun Umroh yang Harus Diketahui!

Umroh tentu menjadi salah satu cita-cita yang kini sudah Anda masukkan ke dalam list tahunan Anda. Hal ini tentunya dikarenakan ada rasa rindu, rasa ingin datang ke rumah Allah, dan rasa ingin secara langsung memanjatkan doa-doa. Untuk memenuhi panggilan Allah tersebut harus dipersiapkan dengan maksimal bahkan tidak boleh sembaranga. Nah, maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan segalanya mulai dari sekarang. Setidaknya, Anda sudah mengetahui informasi rukun umroh sehingga nantinya ketika sudah dekat dengan hari H maka Anda tidak akan kaget.

rukun umroh

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini secara khusus akan kami bahas. Berikut ini penjelasan mengenai rukun umroh.

Penuhi Rukun Umroh

  1. Mengenakan ihram

Ihram adalah pakaian yang dikenakan ketika sedang melaksanakan umrah. Untuk laki-laki, ihram ini terdiri dari dua kain yang tidak memiliki jahitan dengan satu lembar melilit di selempangkan dari bahu ke ketiak bawah sedangkangkan untuk satu lembar lagi dililitkan di pinggang sampai dengan di bawah lutut. Satu hal yang perlu diingat bahwa laki-laki ketika mengenakan pakaian ihram tidak diperkenankan untuk mengenakan kemeja, celana, dan dalam pemakaiannya pun tidak diperbolehkan sampai menutup kaki. Nah, untuk wanita pakaian ihram yang digunakan jauh lebih bebas jika dibandingkan dengan laki-laki. Bahkan diperbolehkan boleh mengenakan pakaian lain asalkan berwarna putih yang menutup aurat secara keseluruhan kecuali bagian telapak tangan dan wajah saja. Bagian lengan baju dipastikan harus panjang dan tidak dijahit. Selain itu, jangan lupa menggunakan kaos kaki atau sepatu yang tidak bertumit. Kerudung yang dikenakan harus lebar, menutupi bagian dada baju dan pastikan benar-benar sudah menutup lekuk-lekuk bagian tubuh.

  1. Sai

Sai menjadi salah satu rukun umroh yang wajib untuk dipenuhi. Sai adalah lari-lari kecil dari bukti shafa ke bukit marwah. Lari-lari kecil ini dilakukan untuk mengenang kisah siti hajar yang pada saat itu berlari-lari mencari air untuk putranya yaitu nabi ismail. Maka dari itu, lari-lari kecil ini dilakukan sebanyak tujuh kali.

  1. Tawaf

Tawaf yaitu mengelilingi ka’bah selama tujuh kali. Tentunya dalam hal ini Anda juga harus mempelajari doa-doa apa saja yang harus dipanjatkan setiap kali menjalani tahap demi tahap umrah sehingga umrah Anda akan berhasil.

  1. Tertib

Tertib yang dimaksud dalam hal ini diantaranya adalah tertib dalam hal menjalankan tahap-tahapnya, tertib dengan tidak melakukan hal-hal yang di larang selama di tanah suci Mekkah, dan juga tertib dengan menjalankan semua tahapan dengan ikhlas, tulus, dan tanpa ada paksaan apapun. Jangan sampai, umrah Anda tidak ada artinya hanya karena Anda lalai dengan peraturan yang ada, tidak mematuhi perintah yang ada dan lain sebagainya. Jika Anda merasa kebingungan dan merasa butuh informasi, Anda bisa langsung menghubungi agen perjalanan umroh Anda sesegera mungkin.

  1. Tahalul

Rukun umroh yang terakhir dibahas dalam kesempatan kali ini adalah tahalul. Apa itu tahalul? Tahalul adalah mencukur pada sebagian rambut. Ini dijadikan sebagai penanda bahwa umroh yang sudah Anda lakukan sudah sempurna. Biasanya, tahalul ini dilakukan setelah Anda sudah selesai melaksanakan sai.

 

Lima rukun umroh yang sudah disampaikan di atas wajib dilaksanakan oleh Anda karena jika tidak bisa jadi umrah Anda belum sempurnah. Maka dari itu, bagi Anda yang saat ini memiliki keinginan dan berencana untuk umroh maka pastikan Anda menggunakan jasa umroh Elharamina wisata.