Inilah Beberapa Hal yang Mempengaruhi Biaya Umroh 2018

Inilah Beberapa Hal yang Mempengaruhi Biaya Umroh 2018

biaya umroh 2018
biaya umroh 2018

Beberapa Hal yang Mempengaruhi Biaya Umroh 2018,Ibadah ke tanah suci terkenal dengan biayanya yang tidak murah. Hal tersebut sering kali menjadi alasan untuk beberapa Muslim tidak bisa menunaikan haji atau pergi umroh,

Biaya umroh 2018 dan tahun-tahun sebelumnya tentu tidak sama. Pemerintah sendiri sering membuat kebijakan mengenai ONH atau ongkos naik haji. ONH Haji Plus ini bisa menjadi patokan untuk harga standar yang perlu dikeluarkan untuk membiayai perjalanan haji atau umroh. Memang sedikit berbeda dengan biaya haji, untuk umroh ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi harga untuk ongkos umroh.

Besarnya Biaya Umroh 2018

Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk bisa pergi ke tanah suci dari mulai materi tenaga pikiran sampai biaya di karenakan jauhnya dari negara indonesia mungkin kita banyak bertanya apa yang membuat umroh ekonomis itu spesial, termasuk biayanya yang terbilang mahal tergantung beberapa hal berikut.

  1. Regulasi Visa Arab Saudi

Visa merupakan dokumen yang hanya dikeluarkan oleh perwakilan pemerintah Arab Saudi di tanah air. Biaya untuk membuat visa pun berbeda dengan biaya pembuatan paspor. Untuk visa, besarnya biaya tergantung dari peraturan pemerintah negara yang bersangkutan. Bagi jamaah haji pun perlu membuat visa untuk izin masuk ke tanah suci. Mulai tahun 2017, pemerintah Arab Saudi sudah membuat kebijakan yaitu biaya progresif untuk visa yang besarnya SR 2000. Tarif pembuatan visa tersebut tentunya berpengaruh pada biaya umroh 2018 dan tahun-tahun selanjutnya. Jika Anda membutuhkan informasi mengenai tarif progresif visa Arab Saudi ini, bisa cek langsung di website resmi eservices.haj.gov.sa.

  1. Waktu pelaksanaan umroh

Biaya untuk perjalanan umroh memang belasan juta dan bahkan ada yang lebih dari 20 juta. Salah satu faktor yang turut mempengaruhi biaya umroh adalah waktu pelaksanaan umroh. Jika Anda akan melaksanakan umroh di high season seperti musim liburan, siap-siap untuk membayar biaya umroh yang lebih tinggi. Seperti biaya umroh 2018 di bulan Ramadhan yang begitu mahal dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Untuk Anda yang mencari umroh dengan biaya murah, sebaiknya pilih yang perjalanannya dilakukan setelah musim haji. Bulan Februari hingga Mei pun bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin umroh dengan lebih hemat.

  1. Maskapai yang digunakan

Setiap agen umroh bisa saja memiliki biaya umroh yang berbeda-beda. Hal tersebut wajar, jika memang pesawat yang akan digunakan berbeda. Untuk jamaah umroh, umumnya menggunakan pesawat seperti Saudi Arabia, Ettihad, atau pun Garuda Indonesia. Masing-masing pesawat ini mempunyai fasilitas dan harga yang tidak sama. Jika Anda menggunakan pesawat Ettihad, mungkin akan membutuhkan dana yang lebih besar untuk biaya umroh 2018 atau tahun selanjutnya. Sebenarnya, pesawat Garuda Indonesia merupakan yang paling banyak digunakan untuk perjalanan ke tanah suci. Pesawat dalam negeri ini tentu saja menawarkan biaya yang lebih terjangkau, jadi biaya umroh yang diperlukan pun lebih murah.

  1. Hotel yang ditinggali

Saat umroh, jamaah bisa menginap di Mekah atau pun Madinah. Di sana tersedia hotel dengan berbagai pilihan. Mulai dari hotel bintang 3 hingga hotel mewah berbintang 5. Apabila Anda menginap di hotel biasa, maka biaya umrohnya pun lebih terjangkau. Namun untuk Anda yang ingin perjalanan eksklusif dan menginap di hotel bintang 5, biaya umroh yang diperlukan tentu lebih mahal. Biaya umroh 2018 ini tidak hanya ditentukan dari jenis hotel yang dipilih. Seperti saat high season dan banyak hotel yang penuh. Hal tersebut tentu bisa membuat biaya penginapan lebih mahal, walaupun menggunakan hotel yang standar.

  1. City tour

Siapa yang tidak mau jalan-jalan di Mekah. Kota suci bagi umat Muslim ini memang memiliki banyak hal yang menarik. Tidak heran jika banyak jamaah yang selesai umroh kemudian melanjutkan perjalanan dengan jalan-jalan ke beberapa tempat. Agen umroh pun banyak yang menawarkan paket umroh dan city tour ini. Mungkin untuk beberapa biro perjalanan, biaya umroh sudah lengkap untuk perjalanan keliling kota. Namun ada pula yang mungkin hanya sebatas perjalanan ke tempat ibadah untuk umroh saja. Jadi sebaiknya Anda bertanya terlebih dulu, apabila akan umroh dan juga mengikuti city tour.

  1. Umroh plus

Sekarang ini sudah menjadi tren sendiri untuk jamaah umroh yang menggunakan paket plus wisata. Setelah menjalankan ibadah umroh, perjalanan dilanjutkan ke negara lain untuk wisata religi. Perjalanan yang dikenal umroh plus wisata ini memiliki destinasi favorit seperti Turki, Palestina, dan Mesir. Jika Anda menggunakan paket wisata seperti ini, tentu saja biaya umrohnya akan lebih tinggi. Sedangkan untuk biaya umroh 2018 yang hanya di Mekah dan Madinah, biayanya sekitar 17 hingga 25 juta. Untuk umroh yang dilanjutkan dengan wisata lain, biayanya bisa mencapai puluhan juta tergantung negara tujuannya. Walaupun cukup mahal, peminat umroh plus ini begitu tinggi.

  1. Promo dari agen

Selain faktor di atas, faktor dari dalam agen umroh sendiri bisa mempengaruhi biaya yang ditetapkan untuk umroh. Untuk biro perjalanan yang sudah besar, biasanya mengadakan promo umroh dengan biaya yang jauh lebih murah dari biasanya. Promo seperti itu umumnya diadakan saat hari-hari besar atau momen penting sebuah perusahaan atau biro umroh. Maka dari itu, Anda perlu mengecek dan mencari informasi dari setiap agen. Bisa saja sedang diadakan umroh dengan harga yang lebih murah dari biaya umroh 2018 pada umumnya. Namun untuk promo seperti ini, Anda harus tetap berhati-hati. Jangan langsung tergiur saat ditawari promo, tetapi lakukan pengecekan dulu untuk memastikan promo itu benar.

  1. Umroh sendiri

Kebanyakan masyarakat tanah air melakukan umroh dengan menggunakan agen wisata. Namun pernahkah Anda berpikir untuk umroh mandiri. Semua urusan umroh Anda urus sendiri, mulai dari pengurusan dokumen, tiket pesawat, dan urusan akomodasi di sana. Mungkin untuk sebagian orang hal tersebut tidak berani dilakukan. Padahal cara ini bisa membuat Anda dapat berangkat umroh dengan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan biaya umroh 2018 bersama agen atau biro umroh. Jika Anda tertarik untuk melakukan umroh sendiri, sebaiknya lakukan persiapan jauh-jauh hari. Seperti memesan tiket pesawat 1 atau 2 bulan sebelum keberangkatan. Anda pun bisa mendapatkan harga yang lebih murah untuk pemesanan tiket pesawat jauh-jauh hari.

  1. Layanan tambahan dari biro umroh

Faktor lain yang bisa membuat biaya umroh lebih mahal dari biaya umroh 2018 adalah layanan eksklusif atau tambahan dari biro. Beberapa agen umroh tentu memiliki beberapa paket umroh dengan fasilitas dan biaya yang beragam. Untuk paket standar pastinya memiliki harga yang paling murah. Namun untuk paket umroh dengan fasilitas tambahan, harganya bisa lebih mahal. Elharamain Wisata bisa menjadi pilihan untuk Anda yang berniat pergi umroh. Ada berbagai pilihan paket umroh dengan fasilitas yang bagus. Anda bisa umroh dan keliling ke negara Islam lain menggunakan paket umroh plus.

Demikian beberapa informasi mengenai hal-hal yang mempengaruhi biaya umroh. Setiap jamaah bisa saja mendapatkan biaya umroh yang berbeda dari biaya umroh 2018 atau tahun sebelumnya. Semua tergantung dari fasilitas dan juga waktu pelaksanaan umroh.